Friday, December 19, 2014

Kursus kue di Arvian Surabaya

Sebagai seorang wanita terutama ibu rumah tangga, ingin rasanya saya bisa pandai membuat kue. Dan di akhir tahun 2012 lalu, ketika saya tinggal di Surabaya, saya menyempatkan tuk ikut kursus kue di Arvian.

Arvian adalah sebuah toko penyalur bahan kue sekaligus tempat kursus kue yang cukup terkenal di kota Surabaya.
Toko Arvian memiliki konsep One stop Shopping  dimana pelanggan yang mengikuti kursus di Arvian dapat dengan langsung membeli bahan-bahan kue yang dibutuhkan.
Toko Arvian terletak di sebuah ruko di daerah Jemursari, kalo dari arah terminal Bratang, brati ada di sebelah kanan pas perempatan lampu merah yang menuju ke arah jl A. Yani.

Kala itu, acara kursus membuat kue ini, diadakan oleh sebuah komunitas hijaber di surabaya, yaitu hijabee. saya melihat iklannya yang diposting di fanpage facebook milik mereka.
Saya pikir, ga ada salahnya kalo saya ikut berpartisipasi dalam kursus tersebut. Saya pun langsung mendaftar.

Acara kursus dimulai sekitar pukul 10.00 pagi. Dan pukul 09.30 saya sudah tiba di Arvian karena kebetulan jarak dari rumah ke Arvian tidak terlalu jauh. 
Kesan pertama masuk ke dalam toko, tokonya terasa nyaman. Display barangnya pun tersusun dengan rapi dan bikin betah. Toko Arvian ini terdiri dari 2 lantai. Lantai pertama merupakan toko tempat menjual peralatan membuat kue, mulai dari bahan-bahan kue seperti tepung, mentega, coklat dll dan ada juga peralatan pendukungnya seperti cetakan dan hiasan kue.
Dan lantai kedua merupakan ruangan tempat kursus diadakan. ruangan kursus lumayan cukup besar, muat untuk sekitar 30 orang.







Setelah semua peserta hadir, kamipun diminta absen, peserta yang hadir kebanyakan masih pada kuliah, yang sudah menikah, hanya dua orang sepertinya, termasuk saya. Jadi berasa seperti muda lagi nih hehe.
 
peralatan utama : celemek dan hand mixer

Jenis kue yang akan kita buat kali ini, terdiri dari 2 jenis yaitu kue tart (red velvet) serta roti rainbow.
Kita dikelompokkan menjadi 5 kelompok, yang masing-masing kelompok terdiri dari 5 orang peserta.
Setiap peserta diberi celemek dan selembar map yang berisi daftar resep kue yang akan dibuat. dan setiap meja di beri 1 buah hand mixer serta bahan-bahan kue untuk digunakan bersama-sama.



adonan kue red velvet

Walaupun masih berbentuk adonan, warna kue red velvet ini sudah menggoda, pinky seperti warna favoritku :)


voila : adonan red velvet setelah di oven

Ini adalah kali pertama saya membuat kue red velvet, dan saya sendiri belum pernah mencicipi seperti apa rasanya kue red velvet ini. Yang saya tau, kue red velvet ini cukup digemari dan harganya pun relatif mahal. Satu potong kue red velvet di restoran terkenal bisa dihargai Rp 35.000,-

Setelah di mixer menjadi rata dan halus, kemudian adonan red velvet dibagi menjadi 3 bagian ke dalam 3 loyang berbeda. Rupanya setelah dipanggang dan matang, kue tersebut kembali ditumpuk menjadi 1 bagian yang masing-masing tumpukan diberi olesan berwarna putih seperti whipcream, kemudian atasnya dan pinggirannya diberi taburan kacang. (sayang foto hasil akhir kue red velvet hasil bikinan kelompok saya, tidak saya temukan filenya, sepertinya sudah terhapus).



praktek menghias roti rainbow
memperhatikan dari dekat cara instruktur menghias roti

Yang pasti kita excited sekali, ketika kue-kue tersebut selesai dibuat dan kita cicipi. Sisanya boleh kita bawa pulang.
Kegiatan membuat kue ini, ternyata cukup seru dan menyenangkan, selain dapat ilmu baru kita pun bisa dapat teman baru.

No comments:

Post a Comment