Saturday, June 20, 2015

Belajar foodfotografi menggunakan kamera handphone

Pada tanggal 28-29 Mei 2015 lalu, tepatnya hari Jumat dan Sabtu diadakan sebuah acara yang bernama festival TIK 2015 (festival Teknologi dan Ilmu Komunikasi ). Festival TIK diselenggarakan di sabuga (sasana budaya ganesha), Bandung dan dibuka oleh bapak walikota Bandung yaitu Ridwan Kamil. Festival TIK tersebut diadakan selama dua hari. Yang terdiri dari seminar dan beberapa macam sesi workshop.
Salah satu workshop yang diadakan di hari pertama yaitu workshop foodfotografi. Saya pun tertarik untuk mengikuti kelas workshop foodfotografi tersebut. Jumlah peserta yang ikut di kelas foodfotografi ternyata lumayan banyak. Walaupun mayoritas dipenuhi oleh para mahasiswa/i, beberapa orang ibu rumah tangga pun turut hadir, bahkan ada yang ikut serta membawa buah hatinya.
Sesuai jadwal, sesi workshop foodfotografi tersebut dimulai pada pukul 14.00 wib. Yang dipandu oleh ibu Vivera siregar, seorang food photographer yang membuat sebuah komunitas fotografi di facebook yang bernama Rumah Kayu fotografi, yang sudah beranggotakan sekitar 4500 member.  
Di workshop food fotografi ini peserta bebas menggunakan kamera handphone, kamera pocket atopun kamera DSLR. Dan saya pun menggunakan kamera handphone LG G3 milik pribadi.
Setelah mencoba melakukan beberapa shoot, sebagai pemula, saya merasakan bahwa food fotografi itu memiliki tingkat kesulitan tertentu yang cukup menantang karena membutuhkan beberapa hal seperti feeling yang tepat misalnya. Faktor pencahayaan pun menjadi faktor yang paling utama ketika kita akan melakukan photo shoot.
Menurut saya foodfotografi merupakan kegiatan yang menyenangkan. Walaupun belum memiliki kamera khusus, kita bisa mulai belajar dengan menggunakan kamera handphone karena sekarang sudah banyak jenis handphone yang memiliki fasilitas kamera yang cukup canggih. Dengan rajin latihan dan praktek, insyaAllah kemampuan fotografi kita bisa terasah dengan baik.

 Sebelum melakukan photo shoot sebaiknya siapkan dahulu alat-alat pendukung seperti alas foto, hiasan dan sebagainya.



peralatan kelengkapan foto

Dan ini dia hasil jepretan foodfotografi saya di kelasnya bu vivera :)


No comments:

Post a Comment