Friday, August 5, 2016

Merencanakan liburan

Yes! liburan..siapa sih yang ga suka liburan. Setiap orang pasti suka mendengar kata liburan karena liburan identik dengan hal-hal yang menyenangkan.
Liburan identik dengan kegiatan jalan-jalan, makan-makan,foto-foto dan tentunya belanja !.
 
Nah, untuk bisa liburan, selain uang, ada 5 hal penting lainnya yang  mesti anda persiapkan terlebih dahulu, seperti :

 
1. Kapan
Tentukan kapan anda akan berangkat liburan. Apakah minggu depan, bulan depan atau tahun depan? 
Setelah tahu kapan akan berangkat liburan, buatlah perencanaan budget dengan cara melakukan survei total biaya liburan yang dibutuhkan (termasuk di dalamnya biaya tiket, biaya penginapan, akomodasi dll). 
  
Misal : anda berencana pergi liburan berdua bersama pasangan ke suatu tempat dan butuh biaya sekitar Rp 10 juta. Apabila anda berencana pergi tahun depan terutama ke luar negeri ada 2 hal yang mesti anda pertimbangkan, yaitu inflasi dan nilai tukar mata uang. Inflasi setiap tahun sekitar 10%, jadi kalo berangkat tahun depan biaya yang dibutuhkan bertambah total menjadi 11juta.

Maka pergunakanlah sisa waktu yang ada untuk menabung. Sehingga di waktu yang sudah ditentukan kita bisa memperoleh nominal uang yang dibutuhkan untuk berlibur.
Menyiapkan budget khusus untuk liburan jauh lebih baik daripada mengandalkan dana lain seperti misalnya menggunakan dana talangan dari  kartu kredit alias berhutang.
Dengan berhutang, yang ada setelah pulang liburan, anda akan stres karena mendapat masalah baru berupa beban cicilan. Sementara tujuan dari liburan itu sendiri adalah untuk melepas stres.




2. Pergi sama siapa
   Tentukan apakah anda akan pergi liburan dengan orang terkasih, misal suami, pacar?, teman-teman? atau pergi bersama keluarga (membawa anak kecil atau orang tua). Karena hal tersebut akan berpengaruh pada pilihan tempat liburan serta susunan acara selama liburan

3. Tempat
Setelah tahu akan pergi liburan sama siapa dan kapan, langkah selanjutnya tentukan tempat anda akan berlibur, mau kemana? Apakah berlibur di dalam negeri atau berlibur ke luar negeri.

4. Tujuan
Ketika akan berlibur anda harus tau, apa tujuan anda berlibur? apakah untuk wisata kuliner? wisata ke tempat bersejarah atau wisata ke tempat hiburan.

5. Transportasi
Jenis transportasi apa yang akan anda gunakan untuk mencapai tempat berlibur. Apakah mobil pribadi, kendaraan umum seperti bis atau pesawat terbang? 
Menurut Parmadi Budiprasetyo (travel blogger), apabila tempat liburan yang akan anda tuju jaraknya tidak memakan waktu lebih dari 12 jam, sebaiknya gunakan kendaraan mobil saja. Kenapa? karena dengan bepergian menggunakan mobil, kita bisa lebih menikmati perjalanan dalam arti bisa bebas menentukan apakah ingin berhenti di sebuah tempat yang dianggap menarik untuk disinggahi. Dan selain itu, dengan menggunakan mobil, jumlah barang yang kita bawa bisa jauh lebih banyak dibandingkan dengan pergi menggunakan transportasi umum. Contoh : apabila berlibur bersama anak balita, kita bisa membawa stroller (kursi dorong bayi).

Yuk, segera mulai rencana liburanmu!


No comments:

Post a Comment