Keuntungan Menggunakan Top Level Domain Seperti (Dot) Com Atau (Dot) Net

Top level domain apaan tuh ?.. mungkin sebagian orang masih belum familiar dengan istilah tersebut. 

Beda halnya untuk para blogger, Top Level Domain (TLD) itu ibarat sebuah nama yang dapat menunjukkan ‘identitas’ seorang blogger sekaligus sebagai personal branding mereka.

Top Level Domain atau TLD merupakan domain berbayar dengan nama khusus yang bisa kita pilih sendiri untuk dijadikan sebagai nama website, apakah itu website pribadi ataupun website bersama. 

Seorang blogger biasanya pertama kali nge-blog menggunakan media blog gratisan seperti blogspot atau wordpress.

Tapi seiring dengan kebutuhan untuk mendapatkan penghasilan yang lebih maksimal dari blog, seorang blogger sebaiknya memiliki blog pribadi dengan TLD. 

Walaupun nyatanya masih banyak blogger diluar sana yang berfikir puluhan kali untuk memiliki sebuah domain berbayar, dan apakah itu termasuk Anda? 

Hehe don’t worry, saya juga dulu sama seperti Anda, butuh waktu dan mikir lamaa banget..

Perlu apa engga sih punya blog dengan TLD? Secara nulis masih semaunya alias blog jarang di-update..khan sayang tuh..kalo mesti ngeluarin uang ratusan ribu. 

Padahal iuran TLD cukup bayar satu tahun sekali loh..worthed banget kok, dengan manfaat yang akan diperoleh. 

cara bikin website



Sampai akhirnya sekitar awal Oktober 2016 lalu, saya memanfaatkan sebuah promo yang ditawarkan oleh satu perusahaan jasa web dan hosting untuk akhirnya memiliki blog dengan nama saya sendiri www.sarrahgita.com ciee..#bangga

Walaupun masih blogger pemula, punya blog dengan TLD itu penting loh..kenapa ? 

Karena menurut saya di era digital seperti sekarang ini, blog tidak hanya berfungsi sebagai diary online tempat kita curhat atau tempat untuk menulis hal-hal yang kita suka saja.

Tetapi saat ini blog sudah semakin berkembang dan membuka banyak peluang positif bagi para penulisnya seperti munculnya berbagai macam tawaran kerjasama untuk me-review sebuah produk ataupun tawaran untuk memasang iklan di blog kita. 

Yang mana dari proses kerjasama tersebut blogger dapat memperoleh sejumlah uang sebagai tambahan penghasilan. 

Dan blog dengan TLD biasanya lebih mempunyai 'daya jual' untuk diajak kerjasama karena terkesan lebih serius dan profesional.
 
Dan untuk bisa sampai ke tahap tersebut, ada beberapa hal yang bisa blogger pemula lakukan, diantaranya :

1.  Tentukan tema


Ketika pertama kali menulis sebuah blog, setiap orang pasti mempunyai tujuan masing-masing.

Apakah sekedar tempat curhat, tempat menyalurkan hobi atau sekedar ikut-ikutan karena membuat blog itu gratis dan cenderung mudah.

Ada baiknya kita memiliki tema yang spesifik sehingga kita bisa fokus di tema tersebut dan secara otomatis akan membangun personal branding kita. 

Misal : tema tentang travelling, kecantikan atau parenting. Jadi apabila ada pembaca yang membutuhkan informasi tentang tema tertentu, mereka akan ingat pada blog Anda dan langsung mengunjungi blog Anda.

2. Konsisten menulis.


Salah satu hal penting yang kadang masih sulit dilakukan oleh blogger pemula adalah konsisten menulis. 

Rajinlah menulis walaupun anda merasa kemampuan anda menulis masih biasa saja. Kalimat masih berantakan seperti saya ga masalah hehe, udah pede aja, saya percaya kalau Practice Makes Perfect. 

Dan menurut salah satu tokoh penulis favorit saya dengan rajin berlatih kemampuan menulis kita akan terus terasah sehingga kemudian bisa menghasilkan konten yang menarik dan berkualitas.

Konten yang menarik merupakan kunci utama yang dapat membuat pembaca datang kembali dan setia mengunjungi blog Anda. 

Kalau jumlah pembaca blog Anda sudah banyak, Anda bisa dilirik oleh beberapa perusahaan sebagai influencer yang bisa mewakili produk mereka. Keren khan?

3. Miliki nama blog yang mudah diingat.


Sebagai orang yang hobi browsing, banyak sekali saya temui, nama-nama blog yang terkesan asal dibuat, cenderung alay dan susah diingat.

Padahal nama blog yang dipilih menunjukkan image dan karakter si penulis, terutama untuk personal blog. 

Nama yang paling mudah untuk digunakan sebagai nama domain biasanya adalah nama lengkap si penulis. 

Dan selain supaya lebih mudah diingat, lebih singkat dan lebih keren, Anda bisa memilih domain berbayar sebagai nama blog anda.


Keuntungan Memiliki Blog Dengan Top Level Domain.


Bagi seorang blogger memiliki blog dengan TLD merupakan kebanggaan tersendiri karena terlihat lebih profesional.

Blog kita akan lebih mudah diingat sehingga bisa mendatangkan pengunjung yang lebih banyak setiap harinya

Selain itu yang lebih penting adalah blog dengan TLD cenderung mendatangkan lebih banyak pemasukan karena banyak tawaran pekerjaan untuk para blogger yang salah satu syaratnya adalah blog harus TLD.

Sebagai blogger pemula, keuntungan yang saya rasakan dari memiliki blog dengan Top Level Domain adalah saya dituntut secara positif untuk lebih fokus dalam menekuni dunia blogging. 

Selain itu sebagai ibu rumah tangga, saya ingin tetap produktif dengan bekerja dari rumah melalui kegiatan menulis

Untuk saya pribadi, menulis merupakan terapi sekaligus penyaluran hobi yang bermanfaat. Karena apabila digeluti dengan serius, kegiatan blogging ini bisa menghasilkan uang. 

Memiliki hobi menulis dan kemudian dibayar. Wahh, siapa sih yang ga mau?

Banyak lho buktinya..temen-temen blogger yang jadi rajin menulis setiap hari dan kemudian mendapatkan job terutama setelah berganti domain dari domain gratisan ke domain berbayar.

Jadi buat anda yang masih mikir yes or no untuk beli domain pake nama sendiri, ga usah khawatir rugi karena si TLD ini bisa dihitung sebagai investasi bisnis yang bisa menghasilkan.


Pilih domain Dotcom atau Dotnet?


Nama domain berbayar yang cukup popular di kalangan masyarakat adalah domain dengan akhiran com atau net. 

Dotcom dan Dotnet dirasa lebih popular karena lebih familiar di kalangan masyarakat pengguna internet. 

Com itu sendiri merupakan singkatan dari Commercial yang memiliki arti komersil sedangkan untuk Dotnet, akhiran Net disini adalah singkatan dari Network atau jaringan. 

Dan untuk personal branding atau keperluan bisnis seperti online shop misalnya, biasanya domain dengan akhiran dotcom lebih banyak disukai.

Nah, untuk blogger yang ingin lebih mengoptimalkan blog yang sudah dimiliki,  yuk segera upgrade blog Anda dengan brand Anda sendiri.

Let's Blogging !






1 Comments

  1. Aku juga newbie pake TLD dulu pilih dotcom karena tanya sana-sini katanya mending dotcom, dan karena emang masih cupu jadi ikut aja baiknya kata temen hihihi. Keuntungan pake TLD lebih bisa maksimalkan blog, jadi alhamdulillah suka ada tambahan :)

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya :)
Untuk menghindari Spam yang masuk, komentarnya saya moderasi dulu ya. .