Tuesday, December 20, 2016

Belajar Menjadi Travel Blogger Melalui Kitaina.id

Siapa suka travelling? 7 dari 10 orang teman yang saya kenal mengaku bahwa mereka suka travelling. Travelling atau bepergian ke suatu tempat merupakan sebuah pengalaman berharga dan ada kalanya memberikan sebuah kesan yang tidak terlupakan untuk seseorang. Cerita selama travelling biasanya diabadikan dalam bentuk foto, video atau bahkan tulisan.

Nah, supaya pengalaman seru dan menarikmu selama travelling bisa ikut dirasakan oleh teman-teman yang lain, akan lebih baik apabila dituangkan dalam sebuah tulisan berupa artikel yang bisa bisa diposting dan di share melalui akun media sosialmu.


Profesi Travel Blogger

Hari minggu lalu, 18 desember 2016, bertempat di Le Marly café Jl. Citarum No 10, Bandung, ada sebuah acara bertema travel blogger yang menghadirkan seorang travel blogger terkenal yang bernama Mohammad Takdos.

Berfoto bersama di acara #ShareYourIndonesia  bareng travel blogger Adis Takdos | photo source : IG @kitaina.id

Mohammad Takdos atau yang lebih dikenal dengan sebutan Adis Takdos adalah seorang backpacker yang memiliki pengalaman travelling ke berbagai kota dan negara dengan biaya seminimal mungkin yang kemudian pengalamannya itu dia ceritakan kembali secara lugas dan menarik, dengan gaya bahasanya yang konyol dan menghibur di travel blog pribadinya.

Berbicara soal travel blog, sebenarnya tujuan awal saya membuat blog pribadi adalah untuk mengabadikan perjalanan saya ke tempat-tempat wisata yang ada di Indonesia khususnya perjalanan ketika saya tinggal di kota Makassar (2009-2012) dan kota Surabaya (2012-2014). Melalui blog, saya mencoba menceritakan kembali semua perjalanan dan pengalaman yang pernah saya alami sedetail mungkin. Berbekal koleksi foto-foto yang berhasil saya abadikan di handphone, saya mencoba mengingat kembali peristiwa-peristiwa menarik yang pernah saya alami. Dan berhubung perjalanan saya terjadi pada beberapa tahun yang lalu, maka blog saya lebih pas kalo disebut dengan sebutan travel memoar blog sepertinya. Melalui blog kita bisa menceritakan secara detail semua perjalanan menarik dan tak terlupakan yang pernah kita alami dan membaginya ke seluruh dunia, dengan harapan bisa bermanfaat dan menjadi inspirasi bagi orang lain. Dan tak ada kata terlambat untuk segera mulai membuat rangkaian tulisan mengenai pengalaman travellingmu. #BetterLateThanNever

Kembali ke profesi travel blogger, sosok Adis Takdos ini ternyata kocak dan “to the point’ ya?, kocak menurut saya karena tamu undangan yang hadir Le Marly minggu sore itu, ikut terbahak-bahak mendengar jawaban Adis yang cenderung ‘to the point’ dalam menjawab pertanyaan seputar backpacker dan travel blog. #haha. Mungkin karena kekonyolan nya itu yang kemudian menjadi ciri khas sekaligus sebagai nilai tambah yang akhirnya berpengaruh pada jumlah pengunjung blognya yang semakin bertambah dari hari ke hari. *blognya Adis Takdos memiliki pageviews lebih dari 3 juta viewers #great.

Adis Takdos pun berusaha membuktikan bahwa profesi travel blogger adalah sebuah profesi yang cukup menjanjikan. Melalui kegiatan menulis di travel blog nya, Adis bisa mendapatkan penghasilan yang lumayan. Unsur bisnis diselipkan Adis dalam travel blognya melalui penjualan merchandise berupa kaos, tas gendong (backpack) dan paket travel. Dan yang menarik, sebagian uang yang diperoleh dari penjualan barang-barang tersebut, disalurkan ke pihak yang membutuhkan (charity program). 

 
Charity program | The funds would be distributed into the products and school equipment | photo source : www.whateverbackpacker.com

Selain itu Adis Takdos juga menawarkan paket travelling dengan biaya minim ala backpacker yang ga kalah menarik yang dikemas menjadi satu paket dengan produk tas gendong bermotif tradisional khas Indonesia (Product bundling - Geniroga series backpack - with travel package to Lombok). Interesting !
 
Platinum package (bundling product - backpack with travel package to Lombok) | photo source : www.whateverbackpacker.com

Berkenalan Dengan Kitaina.id

Nah, setuju khan kalo profesi travel blogger ini merupakan profesi yang cukup menarik? Dan walaupun tidak setiap orang memiliki blog, hobi travelling dan hobi menulismu tetap bisa kamu salurkan melalui sebuah platform online yang mudah diakses setiap saat, yaitu kitaina.id.

Kitaina.id merupakan sebuah sarana bagi kita untuk berkontribusi dengan BERBAGI CERITA mengenai seputar dunia PARIWISATA dengan tujuan untuk mengubah sudut pandang dunia terhadap Indonesia.

Melalui kitaina.id kamu dapat menceritakan semua perjalanan travelling kamu khususnya ke berbagai tempat wisata menarik yang ada di Indonesia. Sertakan foto yang paling kece dan upload video juga bisa loh (max 20mb).

Untuk berkontribusi di kitaina.id melalui tulisan, sebelumnya kamu harus mendaftar terlebih dahulu dengan cara login ke web kitaina.id kemudian isi data di kolom register berupa data pribadi, nama, alamat email serta kota tempat kamu tinggal. Setelah itu kamu akan dapat email verifikasi untuk mengaktifasi akun tersebut dan kemudian menginformasikan bahwa kamu sudah bisa mulai menuliskan perjalanan travellingmu di kitaina.id. As simple as that :)

Selain tentang tema travelling seperti backpacker, petualangan (adventure), atau pantai dan pulau (beach and island), masih banyak kategori lain yang masih berhubungan dan bisa jadi bahan ceritamu seperti tentang makanan (culinary), budaya (culture), keluarga (family), alam (nature), belanja (shopping), tempat spa (spa and relaxation), olahraga (sports) dan lain sebagainya.


Kitaina Holiday Competition

Kebetulan banget nih, punya banyak cerita tentang travelling yang ingin dibagi, pas kitaina.id bikin lomba bertemakan Holiday In Indonesia. Hadiahnya seru banget lohh, yaitu trip selama 3 hari 2 malam ke Labuan Bajo dimana terdapat 12 lokasi yang akan kamu kunjungi seperti Labuan Bajo, Pulau Kanawa, Pulau Komodo, Jellyfish point, Pulau Kalong, Pulau Padar, Pulau Rinca, Pulau Kelor, Gili Laba, Pasir Timbul, Pink Beach serta Manta Point. Wahhh, seru banget yahh. Bayangin 12 tempat aja gitu lohh. #mupeng.
Yang pasti pulang dari sana, segunung cerita menanti untuk dibagikan pada pembaca di seluruh dunia. *kalau menang *harus menang *pasti menang *yes menang #hihi #maksa.

Kesempatan menarik #KitaINAholiday Competition sponsored by kitaina.id | photo source : IG @kitaina.id


Kompetisi ini berlaku mulai tanggal 09 Desember 2016 sampai dengan 08 Januari 2017, dengan syarat utama cerita harus orisinil alias merupakan hasil karya sendiri, bukan jiplakan atau copy paste cerita orang lain ya.
Untuk info lebih lengkap silahkan kunjungi website kitaina.id dan langsung ikutan aja lomba #KitaINAholiday competition nya !


Share your travel story and always love Indonesia !

#ShareYourIndonesia
#CeritaIndonesia






4 comments:

  1. Sukses lombanya. Semoga menang ya mba.. Duuh jth cinta itu sama bacpack nya.. Jd gatel pgn meluncur ke web nya tp tkt mupeng. Hehehhehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe..mudah2an ya..iya nih..saya juga mupeng sama backpacknya..indonesia banget :)

      Delete
  2. Wah seru bangeet ya acaranya. Jadi travel blogger emang menyenangkan mbak. Seru banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. profesi travel blogger emang menyenangkan n seru ya :)..btw saya baru tau loh kalo suaminya sinta ternyata travel blogger juga..kerennn

      Delete