Wednesday, February 22, 2017

Berkunjung ke Museum Sampoerna Surabaya

Museum Sampoerna adalah.sebuah museum yang terletak di kota Surabaya. Begitu mendengar namanya tentu kita akan menebak bahwa museum tersebut ada hubungannya dengan salah satu nama pengusaha rokok nasional terkenal di Indonesia yaitu A.H.M Sampoerna. Ya museum Sampoerna atau juga dikenal dengan sebutan House of Sampoerna merupakan salah satu tempat tujuan wisata yang sangat menarik dan bisa anda kunjungi ketika anda berada di kota Surabaya.
Dan saya sendiri baru tahu kalo museum tersebut ada, ketika saya tinggal di Surabaya, setelah melihat sebuah postingan foto seorang teman yang kala itu berfoto di museum tersebut hehe.

Berfoto di salah satu spot di House of Sampoerna
Pertama berkunjung ke museum Sampoerna saya datang bersama suami dan untuk kunjungan kedua saya datang dengan mengajak serta kedua orang tua saya yang saat itu sedang berkunjung ke Surabaya.

Mamah dan bapak tercinta ketika berkunjung ke House of Sampoerna Surabaya

Lokasi Museum Sampoerna

Museum Sampoerna berlokasi di jl. Taman Sampoerna no 6 Surabaya. Sebenarnya lokasinya terletak di tengah kota, tak jauh dari area Jembatan Merah yang terkenal itu, tapi entah mengapa pertama kali berkunjung ke sana perjalanan terasa agak jauh alias sepertinya sedikit nyasar kali ya haha.

Lokasi museum Sampoerna Surabaya | photo source : wisatamuseum.com

Dan apabila menggunakan kendaraan umum, berdasarkan informasi yang saya peroleh, kita bisa menggunakan bus dari Terminal Surabaya dengan tujuan Jembatan merah. Dari Jembatan Merah Plaza (JMP), lokasi House of Sampoerna sudah terlihat dan kita bisa melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki atau naik becak.

Fasilitas Museum Sampoerna

Sebagai orang yang baru pertama kali berkunjung ke museum ini, saya baru tahu kalo museum Sampoerna menyediakan fasilitas berupa kendaraan gratis yaitu bus yang bisa digunakan oleh para wisatawan untuk berkeliling kota Surabaya, wah seru yaa :) ! Jadwal bus nya dimulai pukul 09.00 – 10.00 WIB, 13.00 - 14.00 WIB dan pukul 15.00 – 16.00 WIB.
Jadi persiapkan waktunya dengan matang apabila ingin menikmati fasilitas keliling kota Surabaya dari museum Sampoerna :).

Bus Surabaya Heritage Track yang akan membawa para wisatawan keliling kota Surabaya | photo source : surabaya.panduanwisata.id

Jam Operasional Museum Sampoerna

Museum Sampoerna buka setiap hari mulai hari Senin sampai dengan Minggu mulai pukul 09.00 - 22.00 WIB. Dan waktu itu saya berkunjung pada hari Minggu, sehingga sayang sekali saya melewatkan sebuah kegiatan yang sangat menarik, yaitu aktifitas para wanita pekerja melinting rokok.

Jadi di museum Sampoerna ini ada sebuah ruangan yang sampai saat ini masih digunakan sebagai tempat untuk membuat rokok dengan menggunakan peralatan tradisional yang mana semua pekerjanya adalah wanita yang berjumlah ribuan orang. Dan aktifitas tersebut hanya bisa kita lihat pada hari biasa (Senin - Sabtu) sebelum pukul 15.00 WIB.

Oya, museum Sampoerna buka sampai jam 10 malam karena selain museum dan galeri seni, di House of Sampoerna ini juga terdapat kafe yang bisa anda kunjungi setelah berkeliling di dalam museum ataupun untuk sengaja kita datangi untuk bersantap bersama keluarga atau orang tersayang. Tempatnya sangat nyaman dengan nuansa kafe yang membuat betah untuk duduk santai berlama-lama.

Galeri Seni Museum Sampoerna

Di dalam museum Sampoerna terdapat barang-barang memorabilia yang mewakili sejarah perjalanan perusahaan Sampoerna dari dulu hingga sekarang hingga bisa menjadi salah satu perusahaan rokok besar yang terkenal di Indonesia dan masih eksis sampai sekarang.

Barang-barang tersebut didesain sedemikian rupa menjadi sangat menarik, sehingga pengunjung menjadi betah dan ingin berfoto disitu.

Berfoto di balik kaca ruang pembuatan rokok Dji Sam Soe by Sampoerna | btw saya baru sadar kalo di kaca ada tulisan gambar kamera di coret alias no camera allowed | maap yak :p
Selain benda-benda yang berhubungan dengan sejarah perusahaan Sampoerna, ada juga barang-barang seni lain yang dijual di tempat tersebut seperti kain batik, lukisan dan benda-benda lain yang berciri khas Indonesia.

Ketika berkeliling di dalam museum Sampoerna, pengunjung bisa mendapatkan informasi detail dari guide yang standby bertugas disana. Para guide-guide tersebut ternyata banyak yang masih berstatus sebagai mahasiswa/i. dan mereka memanfaatkan kesempatan untuk menjadi tour guide di museum sebagai salah satu kegiatan yang bisa memberikan penghasilan bagi mereka. Its nice :)

Dan apabila ada kesempatan untuk berkunjung ke kota Surabaya lagi saya ingin datang lagi lho ke museum Sampoerna, karena masih banyak tempat-tempat disana yang belum saya eksplore dan belum saya foto haha. Ga tau kenapa waktu itu kok saya ga banyak ambil foto ya? *ho mungkin karena waktu itu saya masih pake handphone lama yang fitur kameranya kurang mumpuni hehe. Dan saya juga pengen banget bisa ikut tour on bus Surabaya Heritage Track, akan seru dan menyenangkan sepertinya :)

Menurut saya museum merupakan salah satu alternatif tempat tujuan wisata yang sangat menarik dan sarat dengan edukasi terutama apabila kita turut serta mengajak anak-anak. Anak-anak pasti senang karena mendapatkan pengalaman menarik dan mendapatkan banyak ilmu pengetahuan baru :).

Yuk ajak anak-anak untuk berkunjung ke museum !
Ga mesti jauh-jauh ke Surabaya, ajak saja dulu ke museum terdekat yang terletak di kota tempat tinggal kita sekarang :)




4 comments:

  1. kalau ke surabaya, saya pasti akan kunjungi ini tempat :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo mas sukmana...makasih sudah berkunjung ke blog saya :)saya tunggu review tentang museum sampoerna di blog-nya ya :)

      Delete
  2. Kirain Museum Sampoerna itu ada di tengah kota Surabaya yang susah akses jalan dengan angkot, gak taunya dekat dg JMP, kapan2 saya harus kesana neh....

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai mba Muna..sebagai salah satu museum yang recommended memang seharusnya mudah diakses oleh pengunjung.. walopun saya sendiri pertama ke sana berasa keliling-keliling ga nyampe2 hehe..karena belum hafal jalan dan dadakan sepertinya :)

      Delete