Thursday, March 30, 2017

#MemesonaItu Ketika Melakukan Perjalanan Wisata Bareng 40 Orang Wanita Dari Komunitas Foto

Beberapa waktu yang lalu saya berkesempatan untuk mengunjungi kota Semarang dalam rangka kunjungan wisata (the culture visit 2017) bersama 40 orang wanita dari sebuah komunitas foto.

The culture visit 2017
Sungguh sebuah pengalaman yang menyenangkan dan tak terlupakan, bisa berkunjung ke beberapa tempat di kota Semarang yang memiliki nilai sejarah seperti Lawang sewu, klenteng sam Poo Kong dan kawasan Kota Lama.

Kami tergabung dalam sebuah komunitas foto dan memiliki minat yang sama akan fotografi. Salah satu hal yang memesona buat saya, semua anggota dalam komunitas foto ini adalah perempuan. Perempuan dengan segala pesona dan kecantikannya selain identik sebagai objek foto juga memiliki keinginan untuk belajar fotografi. Fotografi merupakan salah satu kegiatan yang mulai digemari oleh para wanita muda akhir-akhir ini. Jadi, salah satu tujuan kami mengunjungi ketiga tempat tersebut yaitu untuk berburu foto.

Jaman dahulu, kegiatan fotografi erat kaitannya dengan penggunaan kamera seperti kamera DSLR  atau kamera pocket, akan tetapi seiring perkembangan jaman dan teknologi, sekarang mulai banyak smartphone yang diciptakan satu paket dengan fitur kamera yang tak kalah canggihnya dengan kamera khusus foto. Dan komunitas foto yang saya ikuti ini merupakan salah satu komunitas yang memfasilitasi hobi para wanita untuk berfoto menggunakan kamera smartphone dan kemudian mempostingnya di akun instagram .

#memesona itu ketika belajar tidak mengenal batasan umur

Belajar fotografi khususnya food fotografi memang sedang digemari oleh para wanita muda. Dan saya terpesona ketika mengetahui ada beberapa orang wanita dalam rombongan kami yang berusia lebih dari 50 tahun dan memiliki anak gadis yang sudah lulus kuliah :). Bahkan kamera yang mereka gunakan jauh lebih canggih dari kamera saya hehe. Hal tersebut merupakan sesuatu yang sungguh menarik dan menginspirasi serta membuktikan bahwa belajar itu tidak mengenal usia. Setiap orang memiliki kesempatan yang sama untuk maju dan berkembang menjadi lebih baik.

#memesona itu ketika hunting foto di beberapa tempat yang mengandung nilai sejarah

Selain memotret makanan sebagai objek foto, di Semarang kami lebih fokus untuk memotret spot-spot foto yang mengandung nilai sejarah seperti bangunan tua dan tempat beribadah. Gedung Lawang Sewu merupakan salah satu bangunan tua peninggalan penjajah Belanda yang sudah ada sejak ratusan tahun lalu, memiliki sejarah sebagai sebuah penjara yang cukup mengandung misteri akan tetapi mempunyai banyak spot menarik yang menjadi objek favorit para pemburu foto.
 
Salah satu lorong di Lawang Sewu

Spot favorit di Lawang Sewu
Selain Lawang Sewu, di Semarang terdapat sebuah kawasan yang dipenuhi oleh bangunan tua yang menarik yaitu kawasan Kota Lama. Di Kota Lama terdapat beberapa bangunan tua seperti gereja Blenduk yang sudah berdiri sejak tahun 1753 serta bangunan-bangunan tua lainnya seperti salah satu bangunan yang terdapat di sebuah lorong dengan ciri khas dinding yang dipenuhi oleh akar pohon berukuran besar.
Lorong favorit di kawasan Kota Lama yang sering dijadikan sebagai objek foto

Gereja Blenduk peninggalan jaman Belanda yang dibangun pada tahun 1753
 
Gedung Marba yang terletak di salah satu sudut di kawasan kota lama | diprakarsai oleh seorang berkebangsaan Yaman yang bernama Marta Badjunet
Jendela-jendela berukuran besar pun banyak menghiasi bangunan-bangunan tua yang ada di Kota Lama dan menjadi background foto yang unik dan menarik.

Dinding sebuah bangunan tua yang dipenuhi akar dan menjadi objek foto yang menarik
Apabila Lawang Sewu dan Kota Lama menjadi objek foto dengan ciri khas bangunan kuno nya, klenteng Sam Poo Kong menjadi satu-satunya tempat ibadah yang kita kunjungi di Semarang. Klenteng Sam Poo Kong adalah sebuah tempat yang digunakan sebagai tempat pemujaan atau tempat beribadah para warga penganut agama budha dan konghucu. Sebagai klenteng, warna bangunannya didominasi oleh warna merah yang menjadi ciri dari bangunan klenteng yang memiliki arti khusus. Warna merah melambangkan semangat dan kegembiraan.
Oya, di klenteng Sam Poo Kong ini terdapat sebuah patung besar dari Laksamana Zheng He atau yang biasa dikenal dengan Laksamana Cheng Ho. Laksamana Cheng Ho ini merupakan seseorang berkebangsaaan Hongkong tapi beragama muslim dan sempat menyebarkan ajaran agama islam di sebagian wilayah di Semarang.

Patung Laksamana Cheng Ho di klenteng Sam Poo Kong

Berfoto bersama di gerbang klenteng Sam Poo Kong, Semarang


#memesona itu ketika seorang wanita sanggup menjalankan perannya sebagai ibu dan tetap eksis di kegiatan positif

Selama beberapa hari berkenalan dan berinteraksi bersama teman-teman wanita di komunitas ini, saya merasa terpesona, karena di balik status mereka sebagai istri dan ibu dari anak-anaknya, mereka tetap bisa beraktifitas di kegiatan positif dengan restu dan izin suami tentunya.
Sebagai wanita kita memang dituntut untuk selalu meng-upgrade diri dan berkembang menjadi sosok wanita yang cerdas tanpa lepas dari kodrat dan peran sebagai wanita sejati.

Para wanita memesona :)
Jadi, seberapa memesona nya kah dirimu wahai wanita?

#memesonaitu … :)

No comments:

Post a Comment