Menikmati Olahraga Yoga Bersama di Taman Musik, Bandung

Siapa suka olahraga? Saya..saya..saya..dalam hati saya berharap menjawab demikian haha. Saya memang senang olahraga, tepatnya senang melihat orang yang rajin berolahraga *oemji #LOL

Coba tengok contoh publik figur yang rajin dan konsisten berolahraga seperti Sophia Latjuba (aktris) dan Andien Aisyah (penyanyi). Tubuh mereka terlihat ideal dan nyaris sempurna karena rajin berolahraga. 

Olahraga merupakan sebuah kegiatan yang apabila konsisten dilakukan dapat memberikan manfaat dan efek positif bagi tubuh. 

Ya, mereka berdua sudah sejak lama menggeluti olahraga Yoga. Tak heran di usianya yang hampir 50 tahun, Sophia Latjuba tetap terlihat langsing dan cenderung awet muda.

Begitu pun dengan penyanyi Andien, beberapa bulan yang lalu Andien baru saja melahirkan anak pertamanya, dan coba lihat, sekarang tubuh Andien sudah kembali ke ukuran awal seperti sedia kala sebelum ia hamil dan melahirkan, karena sebelum dan ketika hamil andien tetap konsisten berolahraga.

Melakukan kegiatan olahraga memang harus dibarengi dengan niat dan komitmen yang tinggi. Terutama apabila ingin mendapatkan hasil yang maksimal. Dan hal tersebut menjadi tantangan yang lumayan berat bagi semua orang.

Mengenal Olahraga Yoga 


Seiring dengan tingginya minat masyarakat akan manfaat yang bisa diperoleh dari olahraga yoga, maka mulai banyak kelas latihan yoga yang dibuka untuk umum.

Saya sendiri mengenal olahraga yoga sekitar 7 tahun yang lalu. Waktu itu ketika masih tinggal di kota Makassar, saya sempat rutin mengikuti olahraga yoga di sebuah sanggar yoga di daerah jl. Andi Tonro, Makassar, tak jauh dari rumah. 

Saya memilih sanggar yoga tersebut karena semua pesertanya khusus wanita. 

Sebagai perempuan yang memakai jilbab saya pun merasa senang sekali dan nyaman berolahraga di tempat tersebut. Sehingga saya bisa melakukan setiap gerakan dengan bebas tanpa harus merasa risih, berbeda apabila pesertanya digabung dengan laki-laki.

Oya, sebelum mengenal yoga, saya mengikuti olahraga Aerobik dan sempat mencoba Zumba. 

Akan tetapi olahraga Aerobik dan Zumba sepertinya kurang cocok untuk saya. Karena gerakan di olahraga Aerobik terutama Zumba bersifat aktif dan membutuhkan tenaga 'ekstra'. Saya ga sanggup hehe.

Sedangkan di olahraga Yoga, gerakan-gerakannya cenderung berpusat pada pernafasan dan gerakan yang dilakukan pun lebih fleksibel tapi tetap mengeluarkan keringat. Itu yang menurut saya luar biasa.

Kata ‘yoga’ berasal dari bahasa sansekerta yang memiliki makna memusatkan seluruh pikiran agar bisa mengendalikan panca indera. 

Jadi ketika kita melakukan gerakan Yoga kita harus mampu berkonsentrasi sambil mengontrol tubuh supaya tercipta keselarasan dan keseimbangan antara pikiran, jiwa dan tubuh.

Gerakan-gerakan dalam Yoga bisa membantu kita untuk lebih mengenali diri sendiri (sejauh mana kemampuan kita dalam melakukan gerakan yoga tanpa harus memaksakan diri).

Selain itu gerakan-gerakan yoga juga bisa membantu untuk memperbaiki postur tubuh yang kurang baik seperti bongkok dan sebagainya.


Berolahraga Yoga di Ruangan Terbuka (Taman Musik, Bandung)

Olahraga yoga biasanya dilakukan di dalam ruangan walaupun ada juga yang diadakan di luar ruangan seperti pada event-event tertentu. 

Dan olahraga yang berasal dari kebudayaan India kuno ini bisa dilakukan oleh siapa saja, tua dan muda bahkan anak-anak. 

Pengalaman pertama berolahraga yoga di ruangan terbuka yang pernah saya ikuti yaitu di pantai Akkarena, Makassar. Waktu itu beramai-ramai bersama teman-teman dari sanggar yoga Nur’s studio di Makassar. 

Seru dan menyenangkan, sebuah pengalaman yang tak terlupakan berolahraga yoga di tepi pantai beramai-ramai bersama teman-teman. Sayang fotonya sudah ga ada huhu.

Dan beberapa hari yang lalu tepatnya pada hari Minggu pagi tanggal 05 Maret 2017 saya kembali mengikuti kegiatan yoga di luar ruangan. Bertempat di Taman Musik, Bandung, saya bergabung bersama banyak teman baru untuk berolahraga yoga bersama.

taman musik bandung
Taman Musik, Bandung yang berlokasi di Jln. Belitung bersebelahan dengan SMU Negeri 3 Bandung

taman bandung terdekat
Taman musik dahulu dikenal juga dengan sebutan Centrum | yang se-usia saya pasti kenal dengan nama Centrum :)

Saya mendapatkan informasi tentang kegiatan yoga bersama tersebut dari sebuah akun instagram salah satu brand yoga mat (matras yoga) yang berpusat di kota Bandung. 

Maka saya pun mengajak seorang teman untuk ikut bersama-sama berpartisipasi di acara tersebut.

komunitas yoga bandung
Kegiatan olahraga yoga bersama dengan tema Ngayoga bersama Lana | sumber foto : IG @Mylanaco


Ternyata kegiatan olahraga yoga bersama di Taman Musik ini sudah beberapa kali diadakan oleh Mylanaco dengan menggandeng instruktur yoga yang berbeda setiap minggunya. 

Dan instruktur Yoga hari Minggu kemarin adalah mba Ganis Handini Dewi, seorang instruktur perempuan berhijab.

Pagi itu, sekitar 25 orang peserta yang mengikuti olahraga yoga bersama di Taman Musik, mayoritas pesertanya adalah perempuan, dan ada juga peserta pria sekitar 4 orang-an. 

Salah satu peserta pria bahkan ada yang datang dengan bersepeda. Seru ya! Dan ada juga pasangan suami istri, ini baru namanya hubungan sehat haha. Sehat dalam arti melakukan olahraga bersama pasangan  That’s good .

yoga class bandung
Sesi awal kegiatan yoga | mendengarkan arahan dari Mba Ganis selaku instruktur Yoga

Kegiatan olahraga minggu pagi lalu menjadi tambah berwarna karena diselingi dengan lewatnya bis Bandros (Bandung Tour on Bus) yang akan berkeliling kota Bandung, pemandu bus Bandros pun kemudian menyapa kita :).

 
pohon hijau
Pemandangan indah yang terlihat ketika berbaring di atas Yoga Mat 

yoga class bandung
Semua peserta Yoga sedang melakukan gerakan Down Dog | btw saya yang mana yaa? :D | sumber foto | IG @Mylanaco

Olahraga yoga berjalan dengan lancar selama sekitar 1 jam lebih. Lumayan berkeringat dan membakar kalori. Satu botol air minum pun menjadi pelepas dahaga.

Dan setelah olahraga yoga selesai, semua peserta dipersilahkan untuk mengisi daftar hadir dan kemudian bersama-sama mencicipi kue.

Cookies homemade yang dibawa oleh seorang perempuan berkacamata berkemeja putih bernama Saskia yang dengan sukarela ikut meramaikan acara Ngayoga tersebut. 



komunitas yoga bandung
Senangnya bisa berolahraga di taman bersama teman-teman baru :). | foto : IG @Mylanaco

Yuk kita mulai berolahraga dari sekarang, karena olahraga bisa dilakukan dimana saja, yang penting ada niat dan kemauan. 

Dengan rutin berolahraga insyaAllah badan kita bisa selalu fit dan tetap sehat sehingga dijauhkan dari berbagai macam penyakit.

Berolahragalah dengan tujuan ingin sehat, kalo soal langsing itu mah bonus. Yekan ? :D












6 Comments

  1. Belakangan ini saya juga olahraga yg kyk yoga, pilates atau jalan kaki keliling kompleks

    Udah ngga kuat klo harus zumba, tabata, dll.

    Maklum, usia ga bs bohong 😆

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi iya, kalo disuruh pilih saya juga lebih suka olahraga yang cenderung kalem, yang penting badan tetep bergerak. Btw mba Nurul nyebutin tabata, saya jadi langsung kepo googling :D

      Delete
  2. Aku termasuk ya suka olah raga nih, pun sekarang lebih sering jogging keliling komplek atau keluar dibanding Yoga ya. Asyik yoga itu bagaimana mind body and soul jadi satu. Suka juga aku sama olah raga satu ini mba.

    ReplyDelete
  3. Aku mau nyombong, tapi karena sombong itu gak disukai Allah, gak jadi deh.. Hahaha, ini niat amat nulis komen begini ya, teh..?

    Sesungguhnya kita sangat berkebalikan teh.
    Dan mungkin ini yang bikin kita cocok kalo ketemu yaa, teh?

    Teh Gita orangnya kaleeum..olahraga yoga.
    Aku berisssiikk...olahraganya zumba. Paling demen kalo uda lunjak-lunjak.

    Aku yoga pernah ketiduraaan...huhu...parah gasiih?
    Soalnya pas itu ada sesi meditasinya siih.. terus diletakkan di akhir. Jadi aku kaya uda terllau capek ato gimana yaa.. alunan musiknya juga tenang.. Bikin aku kesirep.
    Malu iih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi, tiap orang memang punya kecenderungan masing2 ya Len, ada yang doyan olahraga full gerak kayak zumba, dan ada juga yang doyan gerakan full konsentrasi kayak yoga. Kita emang kebalikan kayaknya, kalo aku tiap abis zumba, langsung bobo pules, ga sempet mandi dulu wkwkw

      Delete
  4. Sungguh berat memulai olahraga.. tapi setelah olahraga jadi beneran fresh.... Yoga walau gak banyak gerak tapi bisa bikin keringetan Gobyos..

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya :)
Untuk menghindari Spam yang masuk, komentarnya saya moderasi dulu ya. .