Sunday, April 23, 2017

5 tempat baca buku di Bandung buat kamu yang hobi baca

Tanggal 23 april diperingati sebagai hari buku sedunia. Saya sendiri baru ngeh setelah melihat postingan beberapa teman di instagram yang men-share tentang buku dan semua kegiatan yang berhubungan dengan buku.

Saya adalah penyuka buku, senang membaca buku dan mencari buku sebagai ‘obat’ di saat saya butuh penyegaran. Ya, membaca buku bisa menjadi sebuah hiburan dan sarana refreshing buat saya :). Setelah membaca buku biasanya saya mendapatkan pencerahan dan inspirasi. Thats why i love books.

Berkaitan dengan hal tersebut, saya ingin berbagi informasi tentang 5 tempat baca buku di Bandung yang pernah saya kunjungi yaitu :
  1.   Little wings : Books and café
Little wings memiliki konsep book café dan lokasinya paling dekat dari rumah. Cukup 10 menit saja untuk menuju kesana, lokasi tepatnya berada di jalan Cigadung Raya Barat No 2, daerah Bandung utara, bangunannya bercat merah dan berlantai tigaSaya baru tahu dari internet kalo bangunan bercat merah tersebut adalah sebuah café yang juga menyediakan buku. Ya gitu deh, jaman sekarang, informasi memang cenderung lebih cepat tersebar lewat internet atau socmed (social media). Seperti halnya, kudet (kurang update) yang satu ini, saya juga baru tahu kalo punya tetangga yang berjualan selai organik via online dan produknya digemari banyak orang. Waduh, ketauan deh kalo saya kurang bertetangga hehe. Abis di depan rumahnya ada guguk gede sih *eaa *ngeles

Oya, setiap orang yang berkunjung ke Little Wings, terutama perempuan, pasti pengen foto-foto deh, soalnya desain interior di Little Wings memang instagramable banget. Di dekat pintu masuk terdapat sebuah boneka beruang besar yang bisa dipeluk dan diajak berfoto bareng. Dindingnya pun dihiasi oleh berbagai hiasan buatan tangan (handmade) yang sangat menarik serta inspiratif dan pengen saya bawa pulang #eh.

Sebenernya saya belum pernah membaca dan meminjam buku yang ada di Little wings, karena waktu pertama kali berkunjung ke sana saya datang bersama pak suami yang tidak begitu suka baca buku. 

Little Wings memang cocok dijadikan sebagai tempat untuk sekedar ngopi-ngopi cantik sama teman atau pasangan. Di bagian luar ada gazebo yang bisa digunakan untuk bersantai sambil ngobrol. Naik ke lantai dua, suasana nyaman semakin terasa, di sudut kiri ada sebuah meja beralas karpet yang bisa dipake duduk sambil lesehan yang bikin betah menurut saya :)

Kayaknya dalam waktu dekat ini, saya harus segera berkunjung lagi ke Little wings :)

2.       Pitimoss : books and library

Pitimoss book and library terletak di Jl. Banda No 12 S,  tak jauh dari stadion Siliwangi, Bandung. Koleksi buku di Pitimoss lebih banyak berupa buku bacaan popular seperti novel, komik dan sebagainya. Sehingga target marketnya adalah anak-anak usia sekolah dan mahasiswa. Namun saya sebagai ibu rumah tangga juga tetap berkunjung ke sana untuk meminjam buku karena ga ada larangan toh hehe.

Kalo ke Pitimoss biasanya saya sengaja datang meminjam buku untuk dibaca di rumah, karena konsep tempat baca di Pitimoss bukanlah library café dimana orang-orang bisa duduk berlama-lama sambil menikmati minuman atau makanan. Tapi kalo kebetulan lagi haus, Ptimoss juga menjual berbagai macam minuman dingin. Di teras Pitimos disediakan kursi panjang berbahan kayu yang bisa digunakan untuk membaca buku.

Untuk menjadi member di Pitimoss dikenakan biaya sekitar Rp 15 ribu untuk pembuatan kartu member. Dan kita akan langsung difoto di tempat menggunakan handphone sebagai bukti identitas. Kita akan langsung memperoleh nomor keanggotaan akan tetapi kartu membernya baru akan selesai dalam beberapa hari kemudian.

3.       Zoe library :  books corner and café

Untuk Zoe library, saya sering sengaja datang kesana sambil menunggu waktu janjian sama teman. Letak Zoe library paling strategis  dibanding tempat baca lainnya karena lokasinya berada  di tengah-tengah yaitu di Jalan Pager Gunung  no 3 dekat cafe Victoria, cafe jaman dulu yang jual macam-macam kue

Koleksi buku di Zoe library hampir mirip dengan koleksi buku di Pitimoss yang berupa buku-buku popular namun lebih banyak komik dan ada juga majalah. Nah di Zoe ini saya lebih sering membaca buku di tempat, satu buku biasanya dihargai mulai Rp 2ribu sampai dengan Rp 3500 apabila dibaca di tempat, sedangkan kalau meminjam untuk dibawa ke rumah dikenakan biaya sewa per minggu (maksimal pinjam 1 minggu).

4.       Kineruku : rumah buku

Kineruku merupakan salah satu tempat baca buku yang lumayan lawas karena sudah ada sejak tahun 2003 dan awalnya bernama Rumah Buku, namun sejak tahun 2012 berganti nama menjadi Kineruku. Kineruku terletak di Jl. Hegarmanah nomor 52 ke arah Sesko AD (jalan setelah supermarket Setiabudi Bandung).

Saya sendiri akhirnya baru berkunjung kesana pada pertengahan bulan April lalu. Di tengah suasana long weekend yang lumayan padat dan macet, saya sengaja datang ke sana untuk membaca buku dan menikmati me time saya:).   Kineruku buka setiap hari termasuk hari libur seperti hari minggu dan libur nasional dan tutup setiap hari Kamis. Kineruku berada di sebuah rumah yang nyaman dan saya betah berlama-lama membaca disana, homey banget deh.
Di halaman depan Kineruku terdapat sebuah pohon kaktus berukuran besar yang menjadi ciri khas dan di sebelahnya terdapat sebuah toko vintage bernama Garasi Opa.

Koleksi buku yang ada di Kineruku lumayan banyak dan sangat variatif, campuran antara buku berbahasa Indonesia dan buku berbahasa Inggris. Tema utama koleksi buku di Kineruku adalah sastra, sosiologi, budaya, sejarah, arsitektur, seni, desain dan filsafat. Selain buku, di Kineruku juga ada CD musik dan DVD film koleksi Kineruku serta barang-barang lucu seperti kartu pos, keramik, dan tote bag.

Kineruku juga sering digunakan sebagai tempat untuk membedah buku dan menonton film bareng oleh berbagai komunitas yang ada di Bandung.


5.       Cokotetra : library and books

Cokotetra library and books adalah salah satu tempat baca favorit saya yang terletak di daerah Dago tepatnya jl.Ir.H.Juanda no 322 Bandung. Tempat tersebut ga sengaja saya ‘temukan’ ketika saya sedang browsing di internet. Begitu tahu lokasinya berada tak jauh dari sekolah saya ketika SD dulu, saya pun memutuskan untuk berkunjung ke sana dan menemukan sebuah library café yang kecil mungil di sebuah ruko tapi cukup nyaman untuk menghabiskan me time saya.

Koleksi buku yang ada di Cokotetra tidak begitu banyak tapi judul-judulnya cukup menarik perhatian saya karena bukan buku-buku popular seperti novel dan sebagainya. Sambil baca buku, kita bisa menikmati minuman khas cokotetra seperti minuman coklat, kopi atau teh. Karena cokotetra sendiri memiliki arti coklat, kopi, teh dan sastra.

Nah, untuk kamu yang hobi baca dan ingin menghabiskan waktu dengan membaca,silahkan  datang langsung ke 5 tempat baca buku tersebut dan kemudian share disini tempat baca buku  mana yang menjadi favoritmu?

There’s a lot of good books

And

I do believe something very magical can happen when you read a good book - J.K Rowling -

 




                                                                                                                                                           


2 comments:

  1. Replies
    1. hehe.. iya teh ini tempat bacanya di daerah bandung utara semua :)

      Delete