Wednesday, May 31, 2017

3 Kuliner Ikan di Bandung Yang Wajib Dicoba Dan Bisa Bikin Ketagihan

Salah satu menu makanan sehat yang mengandung protein tinggi adalah ikan. Ikan laut seperti bawal, kerapu, kakap dan sebagainya nikmat sekali apabila diolah dengan cara digoreng, dibakar atau bahkan diasap. Nah, berikut ini informasi mengenai 3 warung makan di Bandung yang menyajikan kuliner khusus ikan :

1.   Ikan Reds Dipo

Warung Ikan Reds Dipo, sudah berdiri sejak 10 tahun yang lalu. Reds Dipo pertama kali berjualan di trotoar pinggir jalan sekitar jalan Diponegoro, Bandung. dan kemudian sempat membuka cabang di Jl. Martadinata (Jl. Riau).

Warung Reds Dipo kala itu | salah satu warung ikan yang digemari anak muda di Bandung | photo source : IG @redsdipothebest

Ikan bawal goreng yang gurih dengan sambalnya yang pedas menjadi ciri khas dan digemari oleh banyak orang termasuk saya kala itu. Dulu sepulang kerja saya sering sengaja datang ke Reds Dipo untuk makan ikan bawal gorengnya yang super nikmat.

Dan saat ini warung ikan Reds Dipo tak hanya menyajikan ikan bawal saja tapi juga makanan laut lainnya seperti kepiting, udang dan lain sebagainya. dan bisa dijumpai di jl. Dipatiukur no 1 (dekat perempatan jalan Dago-Cikapayang) bersebrangan dengan warung bakso Bujangan. Dan karena rasa ikannya yang memang enak dan berkualitas baik, warung Reds Dipo mampu bertahan sampai sekarang. Hebat yah :)

2. Ikan Sambal Pesisir

Warung ikan Sambal Pesisir pertama kali berjualan di daerah Sukaluyu (Jl. Rereng wulung) namun sejak bulan April 2017 lalu, warung ikan bakar sambal pesisir pindah lokasi ke cabangnya yang terletak di Jl. Cihapit (dekat Pet Park).

photo source : IG @ikansambalpesisir
Warung ikan Sambal Pesisir hanya menghidangkan sajian khusus ikan bakar saja. Yang menjadi favorit saya adalah ikan bakar barakuda. Bentuk ikan barakuda yang panjang menjadi salah satu daya tarik dan ternyata rasa dagingnya sangat lembut dan gurih. Dan yang menjadi ciri khas adalah sambal pesisirnya yang juara banget. Sambal pesisir merupakan racikan sambal bawang yang cocok sekali dipadankan dengan nasi hangat, ikan bakar serta lalapan segar. Wah, sambil cerita sampe jadi ngiler sendiri nih haha.
 
ikan bakar barakuda favorit saya | abaikan porsi nasi yang tampak jumbo padahal pasti habis haha
ikan bakar barakuda dengan sambal khas pesisir yang pedasnya nendang banget bikin ketagihan

3. Ikan Gombal Asap




Warung ikan gombal asap terletak di jl. Taman Cibeunying selatan persis di halaman samping rumah makan gudeg Banda. Apabila anda adalah penyuka ikan dan ingin mencoba hidangan ikan yang unik dan berbeda dari biasanya, langsung saja kunjungi warung ikan Gombal Asap ini dengan pilihan ikan laut seperti ikan bawal, ikan tongkol, ikan kuwe serta ikan pari dan juga variasi sambal seperti sambal terasi, sambal matah, sambal mangga dan sambal belimbing yang segar.

Berbeda dengan ikan Reds Dipo yang digoreng dan ikan Sambal Pesisir yang dibakar. Ikan Gombal Asap merupakan perpaduan keduanya, jadi sebelum diolah, semua ikan di gombal asap melalui proses pengasapan terlebih dahulu dan baru kemudian disajikan dalam pilihan digoreng atau dibakar, menarik ya ! :)

Jadi, segera tentukan pilihan, kuliner ikan laut  yang mana yang mau kamu coba terlebih dahulu? Digoreng, dibakar atau diasap..tiga-tiganya sama enaknya :) Saya suka ikan :) #marimakanikan #ikanituenak.                                    












2 comments:

  1. Ikan bakar barakudanya dong mupeng pisan.. duh ingin teh.. siang-siang puasa liat yang ginian huhu :((

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nessa..wajib coba si barakuda bakar itu mah..cuss langsung ke tkp :)

      Delete