Friday, May 12, 2017

Bikin vlog pake hp (smartphone)

Saat ini istilah vlog semakin popular di kalangan masyarakat pengguna internet khususnya kalangan anak muda. Vlog merupakan singkatan dari video blog (blog dalam bentuk tayangan video), dimana video tersebut diposting melalui jaringan internet dan dapat ditonton oleh banyak orang di seluruh dunia melalui aplikasi youtube. 

Kehadiran vlog yang berupa rekaman video yang terdiri dari gambar dan suara menjadi sebuah daya tarik tersendiri bagi para penontonnya. Maka tak heran bila sekarang banyak paket internet dengan kuota khusus untuk menonton tayangan video.

Awalnya saya tak tertarik dengan vlog, namun begitu mendengar kalo belanja iklan sebuah produk sekarang sudah bergeser, ke social media seperti facebook ataupun ke media video youtube seperti vlog. Saya pun jadi pengen tahu dan pengen belajar..gimana sih cara bikin vlog itu? Karena melalui vlog, kita juga bisa mendapatkan tambahan penghasilan. Boleh juga nih :)

Arisan ilmu bareng komunitas KEB (kumpulan emak blogger)

Dan kebetulan sekali, pada hari minggu, tanggal 30 april 2017 lalu, salah satu komunitas blogger yaitu KEB (kelompok emak blogger) Bandung mengadakan sebuah acara rutin yaitu Arisan ilmu dengan tema vlogging pake smartphone.

Saya pun antusias sekali untuk bisa datang ke acara tersebut sekaligus ini adalah acara arisan ilmu pertama saya bersama para emak :). Acara arisan ilmu merupakan acara kopdar (silaturahmi) dan sharing ilmu yang diadakan bergiliran di beberapa kota dan dihadiri oleh member komunitas kumpulan emak blogger. 


Bertempat di BCCF (Bandung Creative City Forum) jl Taman Cibeunying Selatan no 5, acara arisan ilmu mendatangkan seorang blogger hits yaitu Annisa Steviani. Annisa Steviani yang memiliki nama sapaan Icha ini memiliki personal blog bertema lifestyle dan wajib kamu kunjungi karena pageviews blognya Icha tinggi mencapai jutaan loh..wahh keren sekaliih :), pasti ada rahasianya tuh.

Makanya di acara kali ini, mak Annisa diundang sebagai narasumber untuk berbagi ilmu mengenai tips-tips seputar vlog. Kenapa vlog? karena vlog sekarang sedang naik daun...bahkan kabarnya, sekarang pihak sponsor lebih tertarik pada vlog dibanding blog, waduh..atau pada blog yang di kombinasikan dengan vlog. Dan dalam hal ini mak Annisa tentunya sudah lebih dulu mengenal dunia vlogging terutama vlogging menggunakan smartphone :)

Vlogging menggunakan smartphone

Sebagai pemula, kita bisa belajar membuat vlog menggunakan smartphone yang kita miliki. Syarat untuk membuat sebuah vlog sebenarnya cukup mudah, selain punya konsep yang jelas dan rasa percaya diri yang tinggi sebaiknya kita memiliki aplikasi pendukung lain seperti : aplikasi viva video (aplikasi berbayar yang bisa kamu beli di play store), tripod (supaya handphone bisa berdiri dengan stabil), tongsis (digunakan ketika kita ingin merekam aktivitas di luar ruangan) dan aplikasi edit photo seperti Phonto yang bisa kita gunakan untuk menambah tulisan serta membuat cover yang menarik sehingga vlog kita di klik dan ditonton banyak orang.

Alat utama yang dibutuhkan untuk membuat vlog menggunakan smartphone | dokpri annisast
Berdasarkan pemaparan dari mak Icha, ada beberapa poin penting yang harus diperhatikan ketika membuat vlog, yaitu diantaranya :
  1. Durasi vlog sebaiknya tidak lebih dari 3 menit. Hal ini untuk menjaga supaya penonton tertarik untuk melihat tayangan video kita (unsur psikologis dan unsur sayang kuota internet haha). Faktanya tayangan video berdurasi 2 menit 49 detik lebih menarik untuk diklik dibandingkan tayangan video berdurasi 10 menit 29 detik, kecuali kamu adalah seorang seleb yang videonya memang ditunggu-tunggu :)
  2. Gunakan kamera depan dengan resolusi besar supaya kualitas gambar video yang dihasilkan dapat maksimal.
  3. Saat pengambilan video, pastikan mendapat pencahayaan yang cukup. Sumber cahaya yang paling bagus adalah cahaya alami dari sinar matahari, akan tetapi kita juga bisa mengakalinya dengan menggunakan sumber cahaya buatan seperti ring light atau lampu meja belajar
  4. Perhatikan back drop atau latar yang akan digunakan, yang paling aman gunakan dinding warna polos sebagai back drop.
  5.  Miliki konsep yang matang, akan lebih baik apabila kita memiliki sebuah konsep yang jelas dan matang tentang tayangan video apa yang ingin kita rekam dan kita bagi kepada penonton.
  6. Percaya diri. Dalam membuat sebuah vlog dibutuhkan rasa percaya diri yang tinggi. Karena adakalanya setelah melihat hasil video, kita merasa kurang percaya diri karena hal-hal kecil seperti misalnya muka kita yang kelihatan bulat hehe, yang akhirnya membuat kita mengurungkan niat untuk memposting video tersebut. Padahal biasanya penonton tidak terlalu memperhatikan hal yang detil. Just do it !
  7.  Praktek dan praktek. Ketika pertama kali membuat video biasanya kita belum ngeh apa saja yang harus kita rekam dalam sebuah video, maka buatlah catatan kecil sebagai panduan. Semakin sering kita praktek, maka kita akan belajar, hal-hal apa saja yang sebaiknya dilakukan dan tidak. 
 
5 hal penting yang perlu diperhatikan ketika akan membuat vlog | dokpri Annisast

Nah, apabila kamu sudah ga sabar ingin mencoba membuat vlog menggunakan smartphonemu, berikut ini beberapa ide tema video yang bisa kamu tuangkan ke dalam vlog :
 
  • Unboxing barang belanjaan
  • Resep masakan (cara membuat kue / masakan)
  • Review, misal : Tayangan jalan-jalan atau kuliner
  • Permainan anak-anak (games)
  • Tutorial (fashion / make up)
  • Versi video dari blogpost


Youtube stars Indonesia yang sudah mendapatkan penghasilan dari vlogging | dokpri Annisast

Selamat mencoba and happy vlogging ! :)


No comments:

Post a Comment