Tuesday, May 16, 2017

Pancake Manis Korea Alias Hotteok, Sudah Pernah Coba?

Apabila mendengar kata pancake, apa yang kemudian kamu bayangkan? Hmm, tentunya makanan manis yang diberi topping sirup dan es krim serta buah strawberry yang segar.
Tekstur empuk pancake yang dikombinasikan dengan es krim yang lumer di mulut, membuat pancake menjadi salah satu kudapan yang tidak pernah bisa saya tolak haha. Saya suka pancake terutama pancake dengan saus strawberry, rasanya manis seger-seger gimana gitu :)

Dan beberapa waktu yang lalu, secara tak sengaja, saya mencicipi pancake yang berbeda dari biasanya yaitu pancake manis Korea :). Waktu itu saya sedang mengunjungi salah satu restoran Korea di kota Bandung yang sedang happening dan cukup menarik perhatian karena desain interior restorannya yang unik. 


Dan pancake manis tersebut akhirnya saya pesan sebagai makanan teman ngobrol sambil menunggu hujan reda. 

Pancake Manis Korea Alias Hotteok

Hotteok merupakan makanan terkenal khas Korea mirip pancake yang sudah ada sejak abad 19. Di negara asalnya hotteok masuk ke dalam kategori street food alias bisa ditemui di pinggir jalan, terbuat dari tepung beras dengan isian pasta kacang. Hotteok mempunyai ukuran yang lebih kecil dibanding pancake pada umumnya. Pancake manis ala Korea ini berukuran bulat pipih tebal, kira-kira sedikit lebih besar dari bakpia dan dihidangkan satuan (tidak dihidangkan bertumpuk seperti halnya pancake biasa). 

Pancake manis ala Korea atau tepatnya Hotteok versi Indonesia :)
Pancake manis Korea yang saya coba adalah pancake isi coklat dengan topping es krim vanilla. Teksturnya renyah dan nuttiness (mengandung unsur kacang), berbeda dengan tekstur pancake biasa yang lembut seperti sponge. Pancake manis Korea digoreng menggunakan minyak dan dihidangkan hangat karena berdasarkan asal usulnya pancake manis Korea merupakan salah satu makanan favorit yang dinikmati disaat musim dingin.
Rasa pancake manis korea ini lumayan enak, namun sedikit terlalu manis buat saya, dan apabila disuruh memilih, tentunya saya lebih suka pancake biasa. :)

Pancake sebagai menu sarapan

Selain sebagai menu dessert, pancake dikenal sebagai salah satu menu sarapan yang praktis. Cara membuat pancake pun lumayan mudah dan bahan-bahannya gampang ditemukan di toko-toko sekitar kita. Pancake berbahan dasar tepung terigu, tinggal dicampur dengan telur, margarine, gula putih, susu serta baking powder

Berikut ini resep pancake sederhana yang bisa kamu coba di rumah, karena cara membuatnya relatif mudah, cepat dan praktis. Namun apabila kamu ingin mencoba pancake ala-ala restoran dengan topping yang beragam, kamu bisa mengunjungi beberapa tempat berikut di kota Bandung, yang terkenal dengan hidangan pancake-nya yang lezat yaitu antara lain : Nanny’s pavillon ( jl. RE martadinata no 125, Bandung), Pancious (mal Paris Van Java, jl. Sukajadi, Bandung), dan Le Marly (jl. Citarum no 10, Bandung).

Banana Pancake di restoran Nannys Pavillon | photo source IG @nannyspavillon

 
Oreo pancake di Pancious | photo source : IG @panciouspancious

Fruit pancake di Lemarly | photo source IG @lemarly10








2 comments:

  1. Wah, tebel-tebel gini pancankenya, pasti ngenyangin. mau berburu pancake ah, soalnya ankku suka banget. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. asiik berburu pancake..ikut dongs :) ..aku juga pancake lover nih :)

      Delete