Tuesday, June 6, 2017

Olahraga Lomba Lari Bandung Ultra 100K – Tantangan Seru Di Hari Ulang Tahun Kota Bandung Yang Ke-207

Beberapa tahun terakhir ini, olahraga lari menjadi salah satu jenis olahraga yang digemari oleh berbagai kalangan. Termasuk juga beberapa public figure yang menggemari olahraga lari seperti Sigi Wimala (model), Ibnu Jamil (aktor), Melanie Putria (mantan putri Indonesia) dan bahkan calon wagub DKI Jakarta yang akan datang yaitu Sandiaga Uno merupakan salah satu sosok pegiat olahraga lari.

Selain sebagai kegiatan olahraga, lari juga merupakan bagian dari gaya hidup yang ternyata memiliki banyak manfaat. Tak hanya baik bagi kesehatan tubuh khususnya jantung, melalui berlari kita juga bisa mendapatkan banyak pembelajaran serta wawasan bahwa berlari itu tidak sekedar berlari, melainkan didalamnya melibatkan banyak aspek seperti bagaimana teknik yang baik dan benar dalam berlari, unsur kedisiplinan, kegigihan, kesabaran dan masih banyak lagi. Dalam hal ini, kegiatan berlari yang dilakukan adalah kegiatan lari jarak jauh (marathon) minimal 42 km dan masuk ke dalam kategori ultra.

Lomba Lari Bandung Ultra 100K

Dan tahun ini kota Bandung akan mengadakan sebuah acara bertemakan olahraga lari yaitu Bandung Ultra 100K, yang akan diselenggarakan pada tanggal 16-17 September 2017  mendatang dalam rangka memperingati hari lahir kota Bandung ke 207. Bertempat di hotel Zodiak Jl. Kebon Kawung, Sabtu,03 Juni 2017 lalu, digelar acara press conference Bandung Ultra 100K yang dihadiri oleh beberapa pihak terkait seperti Kang Dian R Sukmara, selaku Race Director Bandung Ultra 100K, Bapak Dani dari Dispora (Dinas Pemuda dan Olahraga) RI,  serta perwakilan dari pihak sponsor yaitu BJB (Bank Jabar Banten) dan perusahaan minuman air mineral Perfect.

Acara press conference Bandung Ultra 100K di hotel Zodiak, Kebon Kawung, Bandung, Sabtu (03/06) | Kang Dian (duduk), Bapak Soni (perwakilan dari Bank Jabar Banten).
Bapak Dani (kemeja biru) dari Dispora (dinas pemuda dan olahraga) memberikan sambutan di acara press conference Bandung Ultra 100K

Berdasarkan penuturan kang Dian, lomba lari Bandung Ultra 100K ini dibagi menjadi 3 kategori, yaitu kategori jarak 100K, relay 100K serta nomor 50K. Untuk kategori relay (berantai),  peserta lari terdiri dari 4 orang, dan dalam satu tim tersebut harus terdapat 1 orang peserta wanita. Di kategori ini panitia membuka kelas umum dan kelas master. Kelas master berlaku bagi peserta yang berusia di atas 45 tahun, sedangkan kelas umum berlaku untuk peserta usia di bawah 45 tahun.

Untuk bisa mengikut kegiatan lari Bandung Ultra 100K ini, peserta harus sudah  pernah mengikuti lomba lari ultra dengan jarak minimum 50 kilometer. Serta syarat-syarat lainnya seperti faktor kesehatan dan lain sebagainya.

Teman-teman dari Bandung mewakili Indonesia akan ikut lomba lari UTMB (Ultra Trail du Mont Blanc)di Perancis | Hebat yah ! Bandung Juara :)

Rute dalam lomba lari Bandung Ultra 100K ini memiliki daya tarik tersendiri, karena akan melintasi 4 puncak bukit di kota Bandung yaitu Palasari, Bukit Tunggul, Tangkuban Parahu serta Burangrang. Start lari berawal di Taman hutan raya (Tahura) Juanda, Dago dan akan berakhir (finish) di Vila Istana Bunga (Lembang), kabupaten Bandung Barat.

Rute Bandung Ultra 100K | pelari pertama di nomor relay diberi waktu selama 8 jam (cut off time) untuk menyelesaikan sesi nya 
 
Rute Bandung Ultra nomor 50K

Biaya pendaftaran untuk lomba lari Bandung Ultra 100K ini yaitu sebesar Rp 850 ribu untuk nomor 100K, Rp 650ribu untuk nomor 50K dan Rp 2 juta untuk kategori relay/tim nomor 100K.
Pendaftaran lomba dibuka sampai dengan tanggal 27 agustus 2017 dan peserta yang berminat bisa mendaftar lewat jaringan internet di www.bdg100.id

Dan hingga akhir bulan Mei 2017 ini, panitia sudah menerima sebanyak 152 pendaftar, termasuk diantaranya 8 orang (7 pria dan 1 wanita) pelari asing yang berasal dari negara Malaysia, Brunei Darusalam, India dan Perancis.

Bandung Explorer Sebagai Penyelenggara Bandung Ultra 100K

Kang Dian R Sukmara selaku race director di acara Bandung Ultra 100k ini juga aktif di salah satu komunitas lari di Bandung yang bernama Bandung Explorer. Bandung Explorer adalah komunitas terbuka bagi para pecinta kegiatan luar ruang, khususnya olahraga lari jalanan dan alam terbuka.

Komunitas Bandung Explorer terbentuk di Bandung pada tahun 2014 dan sampai saat ini sudah memiliki anggota sebanyak 138 orang dengan ragam usia mulai dari usia 6 tahun sampai dengan usia diatas 50 tahun. Nama komunitas ini pertama kali digunakan pada saat acara lari amal dengan rute Bandung-Jakarta sebagai salah satu bentuk support untuk penggalangan dana rumah singgah anak-anak penderita leukeumia.

Untuk kegiatan rutin, komunitas Bandung Explorer mengadakan kegiatan lari bersama setiap hari Senin, Rabu dan Jumat. Lari bersama yaitu kegiatan lari beramai-ramai menyusuri jalanan kota hingga ke daerah pinggiran dan pelosok hutan, lembah serta gunung. Dan di bulan Ramadhan seperti sekarang, kegiatan lari diadakan pada malam hari yang biasanya dilanjutkan dengan acara sahur bersama. Wah sepertinya seru ya :). Nah, buat kamu yang punya hobi petualang dan memiliki minat dalam kegiatan lari, tidak ada salahnya untuk ikut bergabung dalam kegiatan positif seperti ini.   

Hidup olahraga !
Hidup lari!
Hidup Bandung !







10 comments:

  1. yang pake kerudung keren banget ya teeeh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya keren banget, ternyata itu teh novi temennya sepupuku :)

      Delete
  2. Keren ya yang ikutan. Kebayang deh lari dengan jarak segitu. Saya aja keliling lapang bola 4-6 kali, ngos-ngosannya payah banget. Pengen bisa jago kayak mereka. Hihihi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe iya teh nia..mereka mah udah kelas expert banget..hebat yahh :)

      Delete
  3. emang keren - keren ya buat para pelari asal jangan lari dari kenyataan aja, hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha..sekali-sekali mah boleh kali yak #eh

      Delete
  4. Waaah udah lumayan banyak juga ya yang daftar? Berarti banyak yang suka olahraga lari :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya yaa..peminatnya banyak juga..bahkan peserta dari luar negeri juga ada :)

      Delete
  5. Pengen deh coba ikutan komunitas Bandung Explorer.. Kalo lari sendiri sih emang sering nggak kuat jauh-jauh, tapi mungkin kalo lari barng temen-temen komunitas mungkin jadi lebih semangat kali ya.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nih..seru juga kayaknya lari rame-rame..jadi lebih semangat pastinya :)

      Delete