Sunday, June 4, 2017

Wakaf Quran Kerjasama Penerbit Cordoba dan Gramedia

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang istimewa dan penuh berkah buat umat muslim. Begitu banyak aktivitas yang diselenggarakan di bulan ramadhan yang bertujuan positif demi kepentingan umat, termasuk salah satu diantaranya yaitu diselenggarakannya acara launching wakaf quran pada 02 ramadhan 1438 hijriah lalu yang digagas oleh salah satu penerbit quran yaitu Cordoba bekerjasama dengan toko buku Gramedia cabang Merdeka, Bandung.

Launching wakaf alquran

Alquran adalah kitab suci tuntunan umat islam yang sejatinya selalu dibaca dan isinya diamalkan setiap saat. Namun pada kenyataannya masih banyak dari kita termasuk saya yang masih lalai akan hal tersebut. Sementara di beberapa wilayah lain di Indonesia masih banyak masyarakat yang memiliki keterbatasan dalam memperoleh alquran, sebagai sarana ibadah untuk mendapatkan ilmu agama dan mendekatkan diri kepadaNya. Maka berdasarkan hal tersebut, digagaslah sebuah ide untuk mewakafkan alquran yang akan disalurkan kepada masyarakat saudara kita sesama muslim yang ada di Indonesia khususnya di pelosok daerah.

Bertempat di lantai 3 toko buku Gramedia cabang Merdeka Bandung, Senin pagi itu saya disambut oleh alunan musik akustik bernuansa religi yang dibawakan oleh sebuah band beranggotakan tiga orang anak laki-laki. Suasana terasa begitu syahdu karena lirik lagu yang menyentuh kalbu.
Hiburan band akustik di acara launching wakaf quran
Dan tak lama, acara pun segera dibuka oleh pembawa acara dengan mempersilahkan bapak Wahyu selaku manager toko buku Gramedia cabang merdeka, Bandung untuk memberikan sambutan.


Pembawa acara (Diana & Irgi) di acara wakaf quran

 
Pak Wahyu, Store Manager Gramedia cabang Merdeka Bandung sedang memberikan sambutan

Acara launching wakaf quran dimulai pada pukul 10.00 wib pagi dan dihadiri oleh beberapa pihak terkait  seperti perwakilan dari percetakan Grasindo, penerbit quran Cordoba, global wakaf -  komunitas ACT  (aksi cepat tanggap) , komunitas musisi mengaji (komuji) , komunitas blogger Bandung serta beberapa undangan dari komunitas lainnya.

Launching wakaf quran (kika) : kang asep (komuji),kang Adi (ACT), pak Wahyu (gramedia merdeka), Pak Fahri (Grasindo)

Program wakaf  quran

Program wakaf quran merupakan program kerjasama yang  melibatkan beberapa pihak seperti percetakan Grasindo,  penerbit quran Cordoba, Gramedia selaku penyelenggara serta toko buku tempat memperoleh quran Cordoba dan juga komunitas ACT (aksi cepat tanggap) selaku pihak yang membantu menyalurkan quran tersebut sampai ke tujuan dalam hal ini masyarakat di pelosok daerah yang tersebar di wilayah Indonesia.

Masyarakat yang tertarik untuk ikut dalam program wakaf quran ini bisa datang langsung ke toko buku Gramedia cabang Merdeka Bandung. Dan di setiap lantai toko buku Gramedia sudah disediakan booth khusus program wakaf quran dengan beberapa contoh quran cordoba yang bisa kita pilih.
Booth program quran wakaf di toko Gramedia cabang Merdeka, Bandung

Dengan membeli alquran cordoba di toko buku Gramedia, berarti kita sudah ikut mendukung kegiatan wakaf quran ini, jadi setiap membeli quran cordoba seharga Rp 100.000, kita sudah menyumbang senilai Rp 20.000 untuk kemudian disumbangkan pada kegiatan wakaf quran tersebut atau kita juga bisa mendonasikan langsung dalam bentuk alquran. Berdasarkan penuturan dari bapak Syaiful Anam selaku perwakilan dari Gramedia cabang Merdeka Bandung, saat ini sudah ada sekitar 200 eksemplar quran cordoba yang sudah diwakafkan dan tentunya jumlahnya akan terus bertambah.

Dan yang menarik, selain wakif (pemberi wakaf) bisa menentukan sendiri tempat penyaluran alquran tersebut, pihak quran cordoba selaku penerbit, juga menerima pesanan cover alquran custom, jadi artinya kita bisa memilih sendiri desain cover alquran yang kita butuhkan atau yang akan kita wakafkan, dengan catatan, memesan minimal 1000 buah alquran. Tertarik? :)

Alquran cordoba

Alquran cordoba merupakan produk alquran yang banyak diminati masyarakat karena kualitasnya yang diatas rata-rata, tampil menarik, full hard cover dan menawarkan berbagai metode. Alquran Cordoba juga memiliki beberapa produk pilihan seperti quran untuk hafalan, yang terdiri dari hafalan mudah (mushaf tahfiz), hafalan cepat (al hafidz), alquran tajwid serta alquran lainnya. Dan kita bisa memilih sendiri sesuai kebutuhan masing-masing.

Berikut ini contoh 2 jenis alquran cordoba yaitu quran alhafidz (quran hafalan) dan quran tartil (quran tajwid ) :

1. Quran Al-hafidz
Quran alhafidz  adalah alquran hafalan metode 3 (tiga) jam dalam 1 hari. Merupakan produk yang bertujuan membantu memudahkan dalam menghafal alquran secara sederhana dan simple.
Metode ini merupakan cara menghafal alquran dengan membagi 3 bagian ayat-ayat dalam satu halaman berdasarkan 3 blok warna berbeda.

Quran al-hafidz dengan metode 3 jam hafal 1 halaman alquran
      
Syarat utama dalam menghafal alquran adalah fokus, rileks dan tidak memegang handphone :)

      2. Quran tartil
Quran tartil adalah quran dengan metode tajwid mudah berupa kode alphabet dan penjelasan ringkas di setiap baris ayat alquran dan menjelaskan lebih dari 40 hukum tajwid secara mudah.
Quran tartil ini merupakan produk terbaru dari quran cordoba dan baru saja diluncurkan di bulan Mei 2017 ini. Informasi lebih jelas mengenai produk-produk quran Cordoba bisa dilihat di  www.qurancordoba.com

Quran tartil untuk belajar tajwid dengan metode alfabet yang memudahkan
Belajar tajwid dengan penjelasan detil alfabetik
Berkaitan dengan hal tersebut, di acara launching wakaf quran ini, hadir kang Asep selaku perwakilan dari komunitas musisi mengaji (komuji). Komuji merupakan komunitas tempat berkumpulnya para musisi yang sekaligus menjembatani masyarakat yang non-musisi dan ingin belajar mengaji tanpa harus terbatas usia. Karena sebenarnya masih banyak dianatara kita yang masih belum bisa membaca alquran dan mengaji, akan tetapi merasa malu dan sungkan apabila harus sengaja datang ke tempat kajian seperti mesjid.

Nah, melalui komuji kita bisa sama-sama belajar membaca alquran tanpa harus merasa malu dan terbebani karena lokasinya yang berada di rumah atau café (public space).  Komuji ini sendiri sudah berdiri sejak tahun 2011 dan mempunyai agenda rutin music performance dengan konsep edutainment - edukasi (pendidikan) dan entertainment (hiburan) - serta acara kajian berupa diskusi agama yang diadakan dari rumah ke rumah dengan mengundang ustad sebagai narasumber.

Melalui kegiatan wakaf quran ini, komuji juga bekerjasama dengan pihak Gramedia dengan mengadakan kegiatan membaca alquran dan kajian islam selama bulan Ramadhan 1438 hijriah yang dilaksanakan di toko Gramedia cabang Merdeka Bandung mulai jam 13.00-15.00 dan terbuka untuk umum tanpa mengenal batasan usia dan pendidikan.

Jadi, apabila kita ingin berpartisipasi dalam kegiatan mulia berupa wakaf quran ini, silahkan kunjungi langsung toko buku Gramedia cabang Merdeka, Bandung atau bisa juga dengan menghubungi contatc person yang sudah ditunjuk. Mudah-mudahan kegiatan wakaf quran ini, bisa menyebarkan manfaat dan  kebaikan bagi semua orang. Amiin :)

Informasi lebih lengkap mengenai program wakaf quran bisa menghubungi data contact person yang tertera
 
Saya dan teman-teman perwakilan dari komunitas blogger Bandung berfoto bersama di acara launching wakaf Quran

No comments:

Post a Comment