Monday, June 26, 2017

Wisata Baru di Bandung : Galeri Pembuatan Berlian Indo Wisata Permata

Bandung dikenal sebagai kota dengan berbagai macam pilihan tempat wisata. Seperti wisata kuliner yang enak dan murah hingga tempat wisata keluarga dengan konsep alam, yang sedang kekinian saat ini.

Dan yang tak kalah menarik, sekarang Bandung punya tempat wisata baru yang bernama Indo Wisata Permata (IWP).
IWP merupakan tempat pengolahan berlian terbesar di Indonesia bahkan di Asia. Wow 😍.

Sekali-sekali ga ada salahnya lho kita berkunjung ke tempat wisata yang memberikan sesuatu yang berbeda dari yang lain, seperti berkunjung ke Indo Wisata Permata (galeri pembuatan berlian).

Berkenalan dengan Indo Wisata Permata (IWP)

Galeri pembuatan berlian Indo Wisata Permata terletak di daerah Bandung Utara tepatnya di daerah Dago atas (tak jauh dari terminal Dago, arah ke kawasan Punclut). IWP dibuka untuk umum sejak bulan Februari tahun 2016. Dan bisa kamu kunjungi beramai-ramai bersama teman atau keluarga. 
Jujur, saya sendiri sebagai warga Bandung yang tinggal tak jauh dari daerah Dago, baru berkesempatan untuk berkunjung ke IWP sekitar minggu lalu (21/06) ☺ bersama teman-teman dari komunitas Blogger Bandung.
 
Indo Wisata Permata berlokasi di komp Citra Green Dago dekat sekolah Stamford International School
Pertama kali mendengar kata berlian, sebagai orang awam tentu kita akan langsung mengidentikkannya dengan harga yang mahal dan langsung menutup mata, pengen punya tapi kayaknya ga sanggup, agak-agak under estimate gimanaa gitu  hehe.
Namun setelah saya berkunjung ke IWP, saya mendapatkan banyak informasi dan edukasi mengenai ‘sosok’ berlian, mulai dari proses terjadinya hingga proses pembuatannya. Dan hal tersebut sangat menarik dan perlu kita ketahui. Terutama bagi kita kaum wanita, karena ternyata di IWP juga tersedia berlian yang dijual mulai harga ratusan ribu rupiah (masih terjangkau) sampai dengan tak terhingga. Wahh, mauu.. . Tentunya sesuai dengan spesifikasinya masing-masing ya , seperti tingkat kejernihan berlian (clarity), warna  berlian (color), bentuk potongan berlian (cutting) serta jumlah karat berlian (carat).

Salah satu mba cantik  yang siap melayani pengunjung yang datang ke IWP

Mengenal berlian

Pengunjung yang datang ke IWP, akan mendapatkan penjelasan dari seorang tour guide mengenai proses terjadinya hingga proses pembuatan berlian. Pengunjung bisa melihat langsung proses pembuatan berlian tersebut dari bilik kaca. Yang mana tenaga ahli yang mengerjakan semua proses tersebut merupakan tenaga asing yang berasal dari negara India.  Kenapa India? Karena berdasarkan penuturan mba Dian selaku Public Relation Manager di IWP, India merupakan salah satu negara yang pertama kali memperkenalkan pembuatan berlian, jadi mereka sudah terlatih dan ahli di bidang tersebut.

Salah satu pekerja asal India sedang mengerjakan pembuatan berlian
Walaupun berlian bisa dijual kembali, namun IWP tidak menerima penjualan berlian. IWP menyediakan  berbagai macam koleksi berlian yang dipajang di dalam lemari etalase, yang bisa kita lihat, kita coba dan bisa kita beli, dan bahkan kita juga bisa memesan bentuk perhiasan berlian sesuai keinginan kita (custom design). Selain itu di IWP juga tersedia berlian bersertifikat yang dikeluarkan oleh GIA (Gemological Institute of America).

Contoh sertifikat berlian yang dikeluarkan oleh GIA (gemological Institute of America)

 
Begitu liat berlian, mata para pengunjung wanita pun pasti langsung berbinar-binar..wow..mupeng☺
Produksi berlian di IWP dikerjakan setiap hari kecuali hari Senin dan bisa mencapai 500 karat dalam satu bulan. Dan untuk menjamin keaslian dari berlian tersebut, pengunjung yang membeli berlian di IWP bisa mengecek langsung keaslian dari berlian tersebut, menggunakan alat uji khusus yang terdapat di IWP.

Berlian merupakan perhiasan yang memiliki nilai tinggi namun lebih tepat untuk dijadikan sebagai benda koleksi, berbeda dengan perhiasan emas yang bisa dijadikan investasi (mudah untuk dijual kembali setiap saat). 

Desti sedang mencoba dan mengabadikan salah satu cincin berlian | siapa tau bisa jadi referensi buat cincin perhiasan di acara lamaran nanti ya Des☺

Selain berlian, di IWP juga terdapat wisata lain yaitu Art Space (galeri seni) dan Skylight (cafe & resto)

Setelah puas melihat proses pembuatan berlian (wisata edukasi), kami beranjak ke lantai 2. Dimana terdapat sebuah gallery art space yang sedang memajang koleksi lukisan (solo exhibition) hasil karya Tjutju Widjaja, seorang pelukis asal kota Bandung.

Sekaali-sekali berkunjung ke galleri lukisan seru juga loh ☺
Salah satu lukisan cat air karya Tjutju Widjaja yang menarik perhatian saya |  dengan judul swinging into the future
Dan kemudian diakhiri dengan melihat pemandangan indah kota Bandung (Bandung city view) dari lantai 3 IWP  yang merupakan tempat beradanya café Skylight, sebuah lounge dengan deretan sofa empuk yang nyaman dan pas banget untuk bersantai bersama pasangan, teman atau keluarga. Menu  makanan yang ada di Skylight terdiri dari menu Indonesia dan menu barat (western food).

Skylight cafe n resto terdapat di lantai 3 gedung IWP
Sofa berwarna coklat yang empuk di Skylight cafe n resto dan bikin mager (males gerak)☺

Cafe Skylight yang berada di lantai 3 ini buka mulai pukul 17.00 sampai dengan pukul 22.00 wib. Hingga terbayang bagaimana  indahnya serta romantisnya suasana di Skylight, makan malam sambil ditemani ribuan cahaya lampu kota Bandung.

Sedangkan untuk siang hari, terdapat area kafe di lantai bawah yang bisa dikunjungi setelah berkeliling melihat-lihat koleksi berlian di IWP.

Wah, saya jadi ga sabar untuk segera kembali ke IWP dan mengajak suami untuk membeli berlian kemudian makan malam berdua saja di Skylight ..*mimpi dan berhayal beda tipis yak..haha..

Tertarik untuk berkunjung ke IWP?

Yuk buruan ajak teman atau saudara kesana, mumpung GRATIS alias free entrance

Berkunjung ke IWP ga mesti beli berlian kok :) | karena IWP adalah tempat wisata edukasi yang recommended untuk dikunjungi | berwisata sekaligus dapet pengetahuan tentang berlian :)





No comments:

Post a Comment