Monday, October 2, 2017

5 Fakta Menarik Mengenai Kucing

K..u..c..i..n..g.. apa yang kamu pikirkan ketika pertama kali mendengar kata kucing? Kalo menurut saya sih, kucing adalah salah satu binatang peliharaan yang sangat lucu, manja dan peluk-able banget . duh, gemeessh. Ya, sejak 3 tahun terakhir ini saya berubah menjadi seorang pemelihara sekaligus pecinta kucing.

Padahal sebelumnya, saya sama sekali tidak tertarik pada binatang berbulu yang satu itu, suka mengeong dan kadang suka melingkar di kaki  (I used to hate that thing), hanya karena dulu saya merasa geli.

Berbeda dengan sekarang, setiap tingkah laku kedua kucing saya di rumah, selalu menarik perhatian dan membuat saya senang. Oya, di rumah, saya memiliki 2 ekor kucing, satu  betina dan satu jantan.

Kedua kucing saya berasal dari 2 ras berbeda dengan postur wajah serta postur tubuh yang berbeda pula. Untuk membedakan mana yang betina dan mana yang jantan cukup mudah, soalnya kucing yang memiliki 3 macam warna bulu bisa dipastikan berjenis kelamin betina.  Dan kucing betina tersebut saya beri nama Cimbul, yang merupakan singkatan dari Ci mata bulat *eaa..karena ketika mendelik matanya terlihat sangat bulat setengah melotot gitu deh..lucu pokoknya..hehe..gapapa khan muji-muji kucing kesayangan sendiri ? *siapa lagi yang muji kalo bukan emaknya sendiri.

Cimbul, kucing betina kesayangan saya yang juga setengah panda karena dia doyan makan daun bambu muda plus punya cita-cita yang belum pernah kesampaian yaitu nangkep kupu-kupu.


Sedangkan kucing yang jantan saya beri nama Marcello, sering dipanggil cello atau oncell, dan itu pun ada sejarahnya lho. Oncell ini adalah kucing yang saya peroleh dari seorang kawan baik, yang kemudian saya adopsi ketika dia masih berumur 3 bulan. Dan sekarang Oncell tumbuh menjadi kucing ceria dengan perutnya yang endut. Sebenernya banyak kisah lucu yang ingin saya ceritakan tentang si oncell ini, tapi kayaknya bakalan panjang dan bisa nyampe sekian episode haha. Mungkin di kesempatan yang lain saya akan cerita soal tingkah laku lucu si oncell ini 😀.

Marcello, kucing kesayangan yang gembul dan pelor alias nempel langsung molor, mirip yang punya haha #eh. Dan hobinya adalah mem-bully Cimbul #duh

Dan berikut ini, 5 fakta menarik mengenai kucing, yang jujur baru saya ketahui sekarang :

    1. Ailurophiles adalah nama lain bagi para pecinta kucing.

      Ailurophiles berasal dari bahasa yunani, yaitu dari kata ailouros yang artinya kucing, dan kata phil yang berasal dari kata philos yang artinya sayang sekali. Dan apabila kita suka melakukan hal berikut seperti secara diam-diam menyapa kucing yang secara tak sengaja kita temui, atau dengan sukarela memberi makanan kepada kucing, maka kita termasuk ke dalam kategori ailurophiles loh

     2. Seekor kucing akan menghabiskan 30% dari hidupnya hanya untuk membersihkan diri.

Sebagai pemelihara kucing, setiap 2 minggu sekali, saya suka memandikan kucing-kucing saya menggunakan air hangat. Walaupun sebetulnya kucing memiliki kebiasaan untuk membersihkan dirinya sendiri (self grooming). Kucing adalah binatang yang suka menjaga kebersihan badannya, menggunakan lidahnya yang berduri halus. Tekstur lidah kucing yang kasar bisa membuat rambut (bulu) yang rontok dan kotoran dapat terangkat. Dan kegiatan menjilati bulu (self grooming) di bawah sinar matahari dapat memenuhi kebutuhan vitamin D pada kucing. Namun untuk kucing yang berbulu panjang memang sebaiknya rutin dibersihkan dengan cara dimandikan atau disisir setiap hari.

3   3. Bentuk hidung kucing sama uniknya dengan bentuk sidik jari manusia.

Tahukah kamu, Tuhan menciptakan sidik jari manusia dengan desain khusus. Dimana desain sidik jari setiap manusia yang ada di dunia ini dibuat berbeda satu sama lain. Nah begitu pun dengan hidung kucing. Bentuk hidung (nose pad) setiap kucing saling berbeda satu sama lainnya. Unik ya ?

4   4. Kucing sangat mengandalkan indera penciumannya.

Kucing sangat mengandalkan indera penciumannya, karena hidung kucing memiliki 200 juta reseptor bau, jumlah ini masih dibawah reseptor bau yang dimiliki anjing yaitu 220 juta. Namun jauh melebihi reseptor bau yang dimiliki hidung manusia yaitu 5juta, maka tak heran apabila hidung kucing jauh lebih sensitive dibanding hidung manusia.

Kucing seringkali menggunakan indera penciumannya seperti mengendus-endus dengan tujuan sebagai self orientasi, mengidentifikasi kucing lain (termasuk mengidentifikasi manusia), mengenali bau yang berbahaya, membaca pesan yang ditinggalkan oleh kucing lain dan yang tidak kalah penting yaitu sebagai stimulus nafsu makan.

    5. Kucing memiliki kemampuan untuk menciptakan berbagai macam jenis suara (lebih dari sepuluh suara).

Adakalanya kucing mengeluarkan suara alias mengeong. Dan suara atau eongan seekor kucing mempunyai berbagai macam arti lho. Seperti halnya aktifitas kedipan mata dari seekor kucing ketika melihat kita, hal tersebut memiliki arti sebagai salam pertemanan, dan apabila kita membalasnya, si kucing pun akan merasa tenang dan puas.

Berdasarkan sebuah penelitian, seekor kucing yang cerdas, bisa mengeluarkan 16 jenis suara. Suara tersebut hanya dikeluarkan oleh kucing kepada manusia yang berada di dekatnya dan tidak disampaikan kepada kucing lain.

Suara-suara tersebut bisa diartikan sebagai ajakan untuk bermain di luar, ingin makan ataupun ingin dielus-elus (disayang-sayang). Kalau kamu juga adalah seorang pemelihara kucing, tentu kamu bisa membedakan arti dari suara-suara tersebut.

Dan selain suara kucing, masih banyak bahasa tubuh lain yang terdapat pada kucing, misalnya bahasa pada posisi ekor kucing. Wah ternyata kucing itu memang mahluk yang misterius ya alias penuh kode 😀.

Jadi, untuk kamu yang menyukai kucing, apa hal menarik lainnya yang pernah kamu temui pada seekor kucing? Share disini yuk !


 Referensi : Cattery.co.id
                     Novel Kitten Heels
                     Kucingfelin.com


17 comments:

  1. Kucing itu lucuuu tapi saya geli wkwkwk ga berani deket - deket

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku juga dulu sempet geli sama kucing..tapi sekarang jadi syuka hehe

      Delete
  2. Ada banyak kucing yang sering dateng ke rumah udah standby di teras pas jam makan. Trus nanti kalo kelamaan nunggu satu kucing suka ngedorong pintu belakang kadang pintu atau jendela dipukul-pukul. Bodor pisan yaaa... Makasih info seputar kucingnya ya, Teh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. oya? hihi..iya yah kelakuan si kucing2 teh kadang suka balalodor haha

      Delete
  3. Tetanggaku kiri kanan punya kucing, tp mereka cuek sm kucingnya.. btw kucing sm aku kok lamaan kucing ya bebersihnya hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe..kucing mah emang hobi bebersih yes :)mudah2an si kucing2 tetangga itu ga ganggu ke rumah mba ayu yah :)

      Delete
  4. kucingnya lucu-lucu, setahu saya kucing adalah binatang kesayangan Rasulullah

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya becul..salah satu kucing kesayangan rasul namanya mueeza..kabarnya tiap adzan mueeza suka mengeong seolah menirukan suara adzan..lucu ya :)

      Delete
  5. Anak-anak sangat suka kucing sayang bunda belum bisa memelihara kucing

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga papa bun..kalopun ga melihara di rumah...bisa diwakili dengan ngasi makan kucing yang datang ke rumah aja :)

      Delete
  6. Aku tadinya phobia kucing. Namun secara perlahan kini mulai berani ngasih makan kucing (setelah 10 tahun berusaha sembuh), merasa ingin ngelus-ngelus kucing tapi belum berani.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah..teh uwien sempet phobia kucing yah..mdh2an teh uwien bisa bersahabat lagi sama kucing a.s.a.p :)

      Delete
  7. Kucing suka kode-kodean hahaha *duh. Kadang yang dikodein (aku) nya kurang peka. Hihi 30% menghabiskan hidupnya untuk membersihkan diri. Iya sih teh setuju. Soalnya dikit-dikit mandi, habis makan, bangun tidur, bahkan sebelum tidur pun mandi coba hahaha. Aku kalah bersih sama kuciang

    ReplyDelete
    Replies
    1. kode-kode an gimana nih maksudnya? hihi..soal bebersih badan mah kucing emang juaranya yak :)

      Delete
  8. nama: ncuss
    cita2: melihara kucing di rumah

    tapi suami nggak suka kucing... =))

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahh sayang banget..kudoakan mudah2an cita2 teh ncuss segera tercapai yah :)

      Delete
  9. Kucing juha katanya suka banget sama kotak :D

    ReplyDelete