Monday, October 30, 2017

Batagor Kingsley Oleh-Oleh Khas Kota Bandung

Kota bandung terkenal dengan kulinernya yang enak dan murah meriah. Ya, jajanan khas Bandung memang beragam dan diolah dengan kreatif sehingga menarik para pecinta kuliner. Termasuk diantaranya satu jenis makanan yang terbuat dari campuran tepung terigu dan ikan yaitu batagor. Batagor adalah singkatan dari baso tahu goreng. Yang awalnya baso tahu tersebut merupakan sebutan khusus orang Bandung untuk siomay dan teman-temannya. Namun ketika diolah dengan cara digoreng menjadi berubah nama menjadi batagor. 

batagor goreng yang bisa bikin ketagihan | pic : wikimedia.org
Entah kenapa orang sunda memang senang sekali menyingkat nama sebuah makanan seperti cilok (aci dicolok), cireng (aci digoreng), comro (oncom dijero) dan masih banyak lagi. Mungkin tujuannya supaya lebih mudah diingat ya haha.

Berbicara soal batagor khas kota bandung, siapa yang tak kenal dengan batagor Kingsley. Salah satu batagor yang sering dijadikan sebagai oleh-oleh dan cukup terkenal di kalangan para wisatawan khususnya wisatawan asal Jakarta. Saya sendiri, sebagai warga bandung, jujur baru pernah mencicipi batagor Kingsley satu kali, dan itu pun udah lama banget, nah lho.


Batagor Kingsley Tidak Buka Cabang di Tempat Lain

Kedai batagor Kingsley berlokasi di jalan Veteran no 25 Bandung. Berada tak jauh dari rumah sakit Bungsu. Jalan Veteran ini merupakan jalan satu arah, yang seiring berjalannya waktu, mulai berubah menjadi kawasan wisata kuliner. Fyi salah satu toko kue kekinian milik salah seorang artis berhijab asal Bandung juga terletak di kawasan jalan Veteran ini.

Sejak buka pertama kali sampai sekarang, batagor Kingsley tidak membuka cabang di tempat lain, padahal penggemarnya tersebar di banyak tempat. Mungkin hal tersebut merupakan salah satu bentuk komitmen pemilik kedai dalam menjaga orisinalitas produk mereka.
pic : pesonanusantara.co.id
Selain menjual dan memproduksi batagor sebagai ciri khasnya,  di batagor Kingsley juga terdapat menu lain seperti mie bakso, nasi goreng dan lain-lain serta berbagai macam minuman. Banyak pengunjung yang sengaja datang untuk makan di tempat dan tentu saja membungkus untuk oleh-oleh.

Batagor Kingsley Sering Dijadikan Sebagai Oleh-Oleh Khas Kota Bandung

Rasa batagor yang gurih serta bumbu kacangnya, menjadikan batagor sebagai makanan favorit yang digemari banyak orang. Anak-anak, tua dan muda semuanya suka. Maka tak heran apabila batagor ini cocok sekali untuk dijadikan sebagai buah tangan.

Berdasarkan informasi terbaru, batagor Kingsley ini dijual dengan harga yang relatif mahal yaitu rp 13.500/buah. Untuk kalangan orang Bandung asli, harga sekian memang cenderung tinggi, namun bagi para wisatawan harga tersebut sepertinya tidak menjadi masalah, karena rasa batagor Kingsley memang istimewa dan berbeda dengan batagor lain pada umumnya. Terbukti sampai saat ini, batagor Kingsley tetap memiliki penggemar dan sering dikunjungi oleh pelanggan setianya.

Pelayanan di Batagor Kingsley

Jam operasional batagor Kingsley, buka setiap hari mulai Senin sampai Minggu, mulai pukul 08.00 pagi sampai dengan pukul 21.00 malam. Dan tentunya lebih ramai pada saat weekend (Sabtu dan Minggu) dan hari libur.

Selain membeli langsung ke kedainya, batagor Kingsley juga memberikan jasa delivery order (bisa diantar ke alamat). Penikmat batagor bisa memesan melalui nomor telepon 022-4207104 dengan pilihan paket batagor yang sudah ditentukan, yang terdiri dari paket 5 batagor dan 5 siomay atau 10 batagor dan 10 siomay.

Apabila penasaran dan ingin tahu lebih lengkap mengenai batagor Kingsley ini, silahkan kunjungi langsung kedainya atau kontak via nomor telepon diatas. Makanan khas Bandung emang enak-enak, bikin penasaran and bikin ngangenin yah.

Selamat mencicipi dan selamat berkuliner ria.

No comments:

Post a Comment