Saturday, October 14, 2017

Berkunjung Ke Roemah Tafira, Duhh Koleksi Enamelnya Bikin Mupeng

Apa yang terjadi ketika seseorang mempunyai hobi mengkoleksi sebuah benda selama 20 tahun lamanya? Tentu benda koleksinya sudah mencapai ratusan atau bahkan ribuan jumlahnya. Begitupun halnya dengan koleksi enamel milik ibu Tuti Yulianti. Seorang kolektor asal kota Bandung yang memiliki ratusan jenis peralatan makan dan minum yang terbuat dari enamel.

Ibu Tuti Yulianti mulai mengoleksi enamel sejak tahun 1997. jadi tak heran apabila jumlahnya sudah mencapai ratusan. Beliau menyimpan dan memajang koleksi barang-barang enamel miliknya di  rumahnya yang terletak di daerah KPAD, Gegerkalong, Bandung. 

Koleksi enamel milik ibu Tuti cantik-cantik banget yah, tiap orang yang liat pasti mupeng deh haha..termasuk saya ☺. Dan ibu Tuti bercerita bahwa semua koleksi enamel miliknya berasal dari beberapa kota di Indonesia. Hingga banyak online shop yang dengan sukarela menghubungi ibu Tuti untuk menginformasikan apabila ada koleksi enamel terbaru.
 
Berkunjung ke rumah Mam Tuti bareng mba Fira yang datang jauh-jauh dari Pontianak

Ternyata Mam Tuti adalah mantan model majalah loh..

Sekilas Mengenai Roemah Tafira

Ibu Tuti pun menyebut rumah tinggalnya dengan sebutan Roemah Tafira. Nama Tafira tersebut diambil dari nama tengah anak perempuannya yang merupakan singkatan dari Tanjung Pinang Riau, yaitu nama kota tempat kelahiran anak perempuan ibu Tuti, hehe..lucu juga ya..jadi gampang ngingetnya.

H
iasan enamel di dinding teras Roemah Tafira

Koleksi enamel yang dimiliki ibu Tuti beraneka ragam mulai dari piring, cangkir, mangkok, teko, sendok dan masih banyak lagi. Semuanya lucu-lucu dan cantik-cantik, dan warna –warni pula, duh, beneran deh..saya jadi tertarik pengen punya juga alat makan enamel, secara saya belum punya satu pun benda yang terbuat dari enamel (baca : pulang dari situ langsung mau hunting online shop yang jualan enamel ah). #eaa * ratjun banget yak

Benda Berbahan Enamel Identik Dengan Jaman Dulu (Vintage)

Koleksi enamel yang dimiliki ibu Tuti beragam warna dan motifnya, merah, hijau, coklat, biru, mulai dari yang polos, motif bunga, motif buah sedangkan motif blirik merupakan salah satu motif enamel yang paling kekinian.

Enamel polos warna hijau tua
 
Enamel warna merah dipadukan dengan koleksi benda warna merah lainnya ..cantik ya :)


Enamel motif blirik

Peralatan makan berlapis enamel, memiliki kesan jadul karena pada jaman dulu, orang-orang menggunakan alat makan berbahan enamel untuk makan dan minum sehari-hari. 

Kalo liat barang-barang ini langsung inget jaman dulu

Jadi ngingetin saya pada salah satu rumah makan yang terletak di daerah Trunojoyo, Bandung yang mengusung konsep jadul dan semua perlengkapan makannya menggunakan alat makan berbahan enamel. Konsep yang unik dan cukup menarik. terbukti rumah makan tersebut selalu ramai oleh pengunjung yang rindu akan suasana tempo dulu.

Roemah Tafira Dan Kerajinan Tangan

Selain mengoleksi berbagai macam benda enamel, ibu tuti juga membuat berbagai macam kerajinan tangan seperti aksesories (bros, anting dan kalung) dan juga kerajinan tangan lainnya seperti hiasan dinding yang sebagian besar merupakan benda-benda yang terbuat dari bahan daur ulang. 

Talenan yang didaur ulang menjadi hiasan dinding yang cantik

Barang-barang seperti kaleng bekas, botol bekas dan lain sebagainya disulap oleh ibu Tuti menjadi barang-barang yang memiliki nilai lebih sebagai hiasan, bahkan di halaman depan Roemah Tafira terdapat beberapa buah ban mobil bekas yang dicat dan dilukis yang kemudian beralih fungsi menjadi pot tanaman yang cantik. Bahkan ibu Tuti juga sering bekerja sama dengan beberapa UKM (Usaha Kecil Menengah) yang bergerak di bidang kerainan tangan, melalui kegiatan-kegiatan berupa pelatihan mengolah barang-barang bekas menjadi barang yang memiliki manfaat.

Tentunya hal tersebut merupakan sebuah kegiatan yang positif, yang bisa menjadi inspirasi bagi kita untuk bisa melakukan hal kreatif yang bermanfaat.

Oya, selain mengoleksi alat makan berbahan enamel, ibu Tuti juga mengoleksi berbagai macam benda bermotif bunga matahari.
Spot khusus koleksi motif bunga matahari 
Motor pun di cat motif bunga matahari
Nah, kalo penasaran pengen liat lebih banyak koleksi enamel milik ibu Tuti, langsung intip aja akun instagram  @tutiyulianti ya :)

And yang hobi barang-barang vintage selamat mupeng ya ☺☺

10 comments:

  1. aduduhhh itu kok lucuuuu... pengen punyaaaaa... bisa dibeli ga sih teh? rantangnya oldskul pisan

    ReplyDelete
  2. wah,koleksinya keren banget ya, mesti dijauhkan dari anak-anak ini mah

    ReplyDelete
  3. waaaah, kok bisa nemu ya ename-enamel yanlucu-lucu gitu

    ReplyDelete
  4. Mupeng banget sama koleksi enamelnya. Terbukti ternyata baca postingan ini jadi mupeng sama koleksi enamelnya :D

    ReplyDelete
  5. Liat koleksi enamelnya jadi ngingetin sama piring nenek yang tinggal sisa 1 biji lagi hehe
    Lucu2 pisan ituu koleksinya Teh :*

    ReplyDelete
  6. Gak tertarik koleksi, tapi lihatnya mah seneng. Bagus juga ya klo dipajang ramean, jadi kayak karya seni, abstrak. Hehehe

    ReplyDelete
  7. Perasaan beberapa kali mampir ke postingan ini kok komenku gk muncul ya :(
    Apa di postingan org lain yg bahas hal sama ya?
    Btw itu enamelnya bagus2 kyknya buat properti foto :D

    ReplyDelete
  8. Huaaaa... Instagramable bangeet 😍

    ReplyDelete
  9. Duh, mupeng banget liat koleksi pernak-pernik bunga mataharinya

    ReplyDelete