Wednesday, November 22, 2017

5 Kuliner Khas Surabaya Yang istimewa Dan Tak Terlupakan

Pernah tinggal di kota Surabaya selama sekitar satu setengah tahun, merupakan sebuah pengalaman yang tak terlupakan untuk saya. Lalu lintasnya yang tertib dan teratur, kotanya yang bersih dan tentu saja kuliner khas Surabaya yang beragam dan enak di lidah, menjadi sebuah kenangan indah yang tersimpan di ingatan saya sampai saat ini.

Nah berikut ini 5 kuliner khas Surabaya yang pernah saya cicipi dan rasanya tak terlupakan :

      1.  Lontong balap

Masih lekat di ingatan, lontong balap adalah makanan khas Surabaya, yang pertama kali saya cicipi ketika tiba di Surabaya. Perjalanan selama 12 jam menggunakan kereta malam, dari Bandung menuju Surabaya, membuat perut saya kosong semalaman, dan kemudian lapar di pagi hari.

Sepiring lontong balap pun menjadi menu sarapan saya kala itu. Lontong balap terdiri dari irisan lontong dengan kuah bening yang kemudian diberi kecap, dilengkapi dengan tambahan tahu dan lento (sejenis perkedel yang terbuat dari kacang tolo merah), plus taburan toge (kecambah) yang menurut saya sangat melimpah itu..wow..haha dan topping bawang goreng yang renyah. 

Oya, lontong balap ini biasanya disajikan dengan makanan khas lain yaitu sate kupang alias sate kerang.

Porsi lontong balap ini lumayan besar lho, saya sampai kenyang banget | pic : tripadvisor.com.
       2. Sate Klopo

Klopo dalam bahasa Jawa memiliki arti sama dengan kelapa. Ya sate klopo adalah sate khas Surabaya yang diolah dengan campuran kelapa parut yang sudah disangrai dan diberi bumbu. Dibuat menggunakan daging sapi atau daging ayam, dua-duanya memiliki rasa gurih.. sama enaknya

Sate klopo yang cukup terkenal di Surabaya, adalah sate Ondomohen Bu Asih, yang berada di Jalan Walikota Mustajab, lokasinya tak jauh dari kantor walikota Surabaya.Fyi Ondomohen merupakan nama jalan (bahasa Belanda) tempat kedai sate berada, sebelum berganti nama menjadi jalan yang sekarang.

Sate klopo ini disajikan dengan bumbu kacang dan kecap, dilengkapi dengan irisan bawang merah, potongan cabai rawit dan serundeng kelapa. Tambah klop disantap dengan sepiring lontong atau nasi hangat. Yummy.

Sate klopo yang gurih dengan baluran kelapa sangrai | pic : fahmi anhar

      3. Rujak cingur

Rujak cingur adalah nama rujak khas Surabaya yang cukup terkenal dan digemari banyak orang. Berbeda dengan rujak biasa yang terdiri dari buah-buahan, rujak cingur terdiri dari potongan buah plus beberapa macam sayuran seperti toge, kangkung dan kacang panjang (yang direbus terlebih dahulu). Bahan-bahan tersebut kemudian dicampur dengan bumbu petis (bumbu khas Jawa Timur yang memiliki warna hitam) dan potongan cingur (hidung sapi), menjadikannya istimewa, berbeda dengan rujak lainnya.

Maka ada istilah, belum afdol berkunjung ke Surabaya, kalo belum nyicipin rujak cingur Surabaya. Dan dari sekian banyak penjual rujak cingur, ada beberapa rujak cingur enak yang wajib kamu coba.
 
Rujak cingur dengan bumbu petis khas Surabaya | pic : prelo.co.id
     4. Es krim Zangrandi

Saya adalah penggemar es krim. Dan begitu tahu di Surabaya ada es krim enak yang cukup terkenal, saya pun langsung penasaran dan ingin mencobanya. Ternyata es krim Zangrandi ini cukup legendaris, karena sudah ada sejak lama (sejak tahun 1930). Nama Zangrandi sendiri merupakan nama belakang pendirinya yang bernama Renato Zangrandi.
 
Es krim Zangrandi yang legendaris | pic : tripadvisor.com
Es krim Zangrandi ini memiliki rasa yang istimewa, rasa manisnya pas. Menurut saya tekstur dan rasanya hampir mirip dengan es krim homemade restoran Rasa, Jalan Tamblong, Bandung. Yes! I do love homemade ice cream.
 
     5.Tahu Tek (Tahu telur)

Tahu Tek alias tahu telur adalah salah satu makanan favorit saya. Jajanan yang satu ini sepertinya masuk kategori street food nih. Soalnya dijual juga oleh penjual keliling yang berjualan menggunakan gerobak.
 
Tahu tek favorit saya | pic : gregetin.com
Bahan yang digunakan serta cara membuat tahu Tek ini cukup sederhana lho. Tahu goreng serta telur dadar merupakan bahan utama dari tahu Tek ini. Dan sebagai toping ditambahkan juga potongan kentang rebus dan saus kacang plus petis serta toge. Duh jadi kangen kulineran di Surabaya nih.
                                                                                                                                                                
Yuk share disini pengalamanmu ketika kulineran di Surabaya, apa saja makanan favoritmu?



5 comments:

  1. Aku selera banget lihat lontong balap nya, apalagi disajikan dengan kerang. Mmmm, fovorite aku banget. Supaya nanti waktu ke Surabaya bisa mencicipi kuliner ini.

    ReplyDelete
  2. wah waktu aku ke Surabaya beberapa tahun lalu cuma nyicipin bebek euy. itu pertama kalinya aku makan bebek. moga nanti bisa ke surabaya lagi dan bisa nyicipin lebih banyak kulinernya

    ReplyDelete
  3. Karena bandara denpasar tutup, pulang ke bandung ibu saya jd hrs lewat surabaya dulu, kasih link ini ah biar bisa kulineran di sana...

    ReplyDelete
  4. Jadi pengen icip tahu tek. Aku baru tahu ada makanan itu. Selama ini tahunya tahu jeletot tahu gejrot aja..

    ReplyDelete
  5. Owalaaah.... sore2 nan hujan tanpa tukang gorengan malah disuguhi lontong karo sate klopo. Duh gustiii

    ReplyDelete