Tuesday, November 7, 2017

Punya Hobi Fotografi Atau Hobi Menulis?..Yuk Ikutan Lomba Astra Satu Indonesia 2017 !

Setiap orang pasti punya minimal satu hobi. Entah itu hobi memasak, hobi makan, hobi jalan-jalan, hobi mengkoleksi benda atau hobi apapun. Nah, dari sekian banyak hobi yang ada, fotografi dan menulis merupakan hobi terbaru saya saat ini. Ciye ciye..haha
 
Iya betul, saat ini saya sedang ketagihan dan menikmati setiap kegiatan yang berhubungan dengan kegiatan pepotoan ataupun kegiatan tulis-menulis *harap maklum saya newbie ☺☺

Saya sedang menikmati menjadi seorang smartphone photographer, wah istilahnya keren banget ya, padahal kerjaannya sih cuman cekrek-cekrek pake kamera handphone, edit dikit trus upload deh di social media (intip yuk akun instagram saya @sarrahgita) ☺ *kemudian promosi.


Saya juga menikmati menulis di blog pribadi, yang isinya gado-gado alias lifestyle blog gitu deh. Awalnya saya membuat blog untuk mendokumentasikan beberapa pengalaman pribadi saya ketika mengunjungi sebuah tempat, atau ketika mencoba makanan baru.FYI saya juga hobi makan alias kulineran lho. Duh belum apa-apa hobi saya udah ada 3 aja nih. Belum hobi lainnya, seperti berkebun atau memelihara kucing. Loh kok banyak yaa.

Dan daripada jadi bahas soal hobi saya yang ternyata banyak dan gak penting itu, sebenarnya saya cuma pengen ngasih info tentang sebuah lomba yang melibatkan dua hobi, yaitu fotografi dan menulis.

Lomba Foto dan Anugerah Pewarta Astra 2017

Jadi, Jumat lalu, tanggal 03 November 2017, saya berkesempatan hadir di sebuah acara gathering blogger Astra, yang diadakan di sebuah cafe kekinian di kota Bandung yang berlokasi di Jl. Ganesha No 3.

Pemandangan dari lantai 2 Cafe One Eighty Coffee n Music, tempat acara blogger Astra 2017 berlangsung
Astra mengundang para blogger dan para fotografer mewakili beberapa komunitas yang ada di kota Bandung, untuk ikut berpartisipasi dalam lomba foto dan anugerah pewarta Astra 2017,  yang sudah berlangsung sejak tanggal 23 agustus 2017 lalu.

Lomba foto Astra dan Anugerah pewarta Astra 2017 diadakan rutin setiap tahun
Tema yang dipilih dalam lomba ini adalah tema Perjalanan Penuh Inspirasi, yang menitik beratkan pada 60 tahun perjalanan Astra dalam menginspirasi negeri.
 
Periode lomba sampai dengan 31 Desember 2017 dengan tema  perjalanan (menangkap momen ketika menikmati pemandangan alam (landscape) Indonesia yang begitu indah)
Dalam lomba ini terdapat dua kategori, yaitu kategori umum dan kategori wartawan. Sekilas saya mengintip beberapa foto yang sudah disetor oleh para peserta, wihh, foto-fotonya keren-keren bangeet. 

Ga heran hadiah yang akan diberikan kepada para pemenang lomba nanti pun sangat menggoda dan menggiurkan, berupa mobil Daihatsu Ayla, motor Honda CBR, kamera mirrorless Fuji xa10, 8 digital camera Samsung gear 360, serta 40 buah smartphone Xiaomi. Pasti pada mupeng khan?
 
Hadiahnya bikin mupeng semua nih
Sedangkan untuk lomba karya tulis, bisa berisi tentang sesuatu hal yang menginspirasi seperti halnya Astra yang telah menginspirasi Indonesia, melalui produk dan layanan karya anak bangsa, sumber daya manusia yang unggul, serta kontribusi sosial yang berkelanjutan bagi bangsa dan negara. Kira-kira tentang apa yaa..? *langsung mikir *kayak mo ikutan aja hehe.

Info detil mengenai lomba anugerah pewarta Astra 2017 bisa dilihat di  :www.anugerahpewartaastra.satu-indonesia.com


Irwan Bajang salah satu tokoh inspiratif dalam dunia penulisan, pemenang lomba satu Indonesia Award 2014
Syarat & Ketentuan Lomba Foto Astra 2017

Dalam mengikuti sebuah lomba tentu ada syarat dan ketentuan yang harus diikuti, dan berikut ini adalah syarat dan ketentuan yang harus dipatuhi dalam mengikuti lomba foto Astra 2017 :
·         
Boleh mengikut sertakan foto lama selama diambil dalam periode 2013 - 2017

Di dalam foto harus terdapat unsur manusia yang sedang menikmati indahnya pemandangan alam Indonesia
Foto yang diambil menggunakan smartphone DIPERBOLEHKAN IKUT selama mendukung ketentuan format foto
Peserta boleh mengunggah max 16 buah foto

p    Ketentuan Format Foto


Sosok Inspiratif di Acara Blogger Gathering Astra 2017

Karena melibatkan dua hobi yaitu fotografi dan menulis, maka di acara blogger gathering Astra 2017 malam itu , hadir tiga orang bintang tamu sebagai pengisi acara, yaitu kang Dudi Sugandi (Photo Journalist), Windy Ariestanty (travel writer) dan Irwan Bajang (founder Indie Book Corner sekaligus peraih satu-Indonesia Awards tahun 2014). Oya, jangan lupa intip dan follow akun instagram @writingtable (klub menulis) dan @iwashere_id (akun tentang traveling) milik mba Windy..yang menurut saya sangat menarik sekali

Kang Dudi Sugandi - senior fotografer sekaligus wartawan di harian Pikiran Rakyat, Bandung
Windy Ariestanty (kiri) dan Irwan Bajang (kanan)
Mereka berbagi ilmu dan informasi mengenai fotografi dan penulisan, yang tentu saja bermanfaat dan memberikan inspirasi bagi saya khususnya, untuk tetap semangat berlatih menulis dan terus berkarya.

Sekilas Tentang Astra

PT Astra international Tbk merupakan salah satu perusahaan di Indonesia yang memiliki sejarah panjang, tumbuh dan berkembang selama lebih dari setengah abad.

Astra berawal pada tahun 1957 sebagai sebuah perusahaan perdagangan umum dengan nama Astra International Inc., dan kemudian mencatatkan saham di Bursa Efek Indonesia pada tahun 1990. 
Direktur utama PT Astra International TBK, Bapak Prijono Sugiarto | pic : IG @satu-indonesia

Saat ini, Astra adalah salah satu kelompok bisnis terbesar di Indonesia. Dengan lebih dari 200 anak perusahaan, ventura bersama (joint venture) dan perusahaan asosiasi, didukung oleh lebih dari 210.000 karyawan di tujuh lini bisnis dan Sembilan yayasan. Tujuh lini bisnis Astra meliputi bidang otomotif, agribisnis, property, jasa keuangan, infrastruktur & logistic, alat berat, pertambangan dan energy serta teknologi informasi. Wah, luar biasa ya.

Melalui Satu Indonesia, Astra ingin berperan aktif memberikan kontribusi bernilai tambah bagi peningkatan kualitas hidup masyarakat dan kehidupan bangsa melalui karsa, cipta dan karya terpadu.

Satu Indonesia merupakan singkatan dari Semangat Terpadu Untuk (SATU) Indonesia.
Yuk ikut berpartisipasi dalam lomba foto dan anugerah pewarta Astra 2017 dan berikan karya terbaikmu sebagai anak bangsa yang berprestasi. #lfapa #astra60 #satuindonesia

Info lengkap mengenai lomba foto dan anugerah pewarta Astra 2017 dapat diakses melalui :

Website                                           : www.satu-indonesia.com

Info Lomba Foto                           : lombafotoastra.satu-indonesia.com

Info Lomba Anugerah Pewarta : anugerahpewartaastra.satu-indonesia.com

Instagram                                        : @satu-indonesia
 

9 comments:

  1. Teh gita bakat motretnya ada euyyy, aku mah selfie aja kadang burem.. ngeblurr hahaha

    ReplyDelete
  2. nah ini....hadiahnya ga main-main, mihil bingits!

    ReplyDelete
  3. Mupeng yaa liat hadiahnyaaa 😍😍😍

    ReplyDelete
  4. Banyak lomba nih bulan Desember, hadihanya keren-keren

    ReplyDelete
  5. Wow jadi pengen ikutan heheu, tfs ya Teh

    ReplyDelete
  6. Kang Dudi emang mastahnya foto-foto. Pernah barengan satu trip dan hasil fotonya juaraaaa

    ReplyDelete