(Me time) Menginap Satu Malam Di Kampung Sampireun Garut

When you (really) need a vacation
And here I am
Enjoying one night at Kampung Sampireun Garut
Yeay !

kampung sampireun garut
Selamat datang di Kampung Sampireun, Garut
Jadi, setelah hampir 15 tahun yang lalu saya berkunjung ke desa Samarang, Garut, pada pertengahan Desember 2017, saya kembali menginjakkan kaki di desa Samarang, dengan berkunjung ke Sampireun Resort, Hotel and Spa atau yang lebih dikenal dengan sebutan Kampung Sampireun.

Hampir setengah tak percaya, kalo dulu saya pernah tinggal di desa Samarang, Garut, sekitar 3 bulan saya sempat tinggal di sebuah rumah milik penduduk di desa Samarang, beramai-ramai bersama 6 orang teman dalam rangka, menyelesaikan mata kuliah KKN (kuliah kerja nyata).

Pernah tinggal di Garut merupakan sebuah pengalaman yang tak terlupakan dan meninggalkan banyak cerita lucu dan cerita cinta  #eh hingga saya pun sempat 'terbang' sejenak ke masa itu  *ciyee *berasa dejavu 

Dan kali ini saya kembali ke desa Samarang untuk tujuan lain, yaitu untuk berlibur sambil bekerja.

Pengalaman Pertama Berkunjung Ke Kampung Sampireun


Sudah sejak lama saya mendengar tentang keberadaan kampung Sampireun, beberapa kali saya melihat liputan di televisi tentang  betapa indahnya suasana di kampung sampireun, hingga sekarang saya bisa melihat langsung dengan mata kepala sendiri, indahnya suasana di kampung Sampireun. 

Pemandangan indah di kampung Sampireun, Garut

Tiba di lobby hotel Sampireun, saya langsung disambut oleh alunan musik sunda serta welcome drink, berupa minuman tradisional hangat khas Jawa Barat yaitu Bajigur. Rasanya sungguh nikmat di tenggorokan, sesuai dengan cuaca di Kampung Sampireun yang relatif sejuk.

Setelah menikmati segelas bajigur hangat, saya pun melihat pemandangan di sekitar lobby, pemandangan sebuah danau besar yang konon katanya merupakan danau peninggalan jaman purba, yang dikelilingi oleh saung-saung tempat menginap para tamu. Sebuah pemandangan indah, yang membuat mata saya terasa segar kembali, karena jarang saya temui di perkotaan. 

Baca juga : Hotel Untuk Honeymoon Di Lembang, Hotel Sandalwood


kampung sampireun garut
 Pemandangan dari arah lobby Sampireun resort hotel & spa 

kampung sampireun garut
Lay out Kampung Sampireun yang memiliki luas 5,5 hektar dengan 58 bungalow bernuansa perkampungan sunda

kampung sampireun garut
Kalo mau naik perahu di Sampireun sebaiknya pake pelampung ya..soalnya danaunya lumayan dalem..kurang lebih 3 m

Kampung Sampireun dikenal sebagai penginapan dengan nuansa perkampungan Sunda dengan pemandangan sebuah danau. Dan danau tersebut merupakan danau purba yang oleh warga setempat dikenal sebagi situ Sampireun. Situ dalam bahasa sunda memiliki arti danau. Situ Sampireun memiliki luas sekitar 1,5 hektar dengan ketinggian sekitar 1000 meter diatas permukaan laut.
kampung sampireun garut
Kampung Sampireun mulai beroperasi sejak Januari 1999

Semalam Di Kampung Sampireun


Saya merasa beruntung sekali bisa menginap di kampung Sampireun. Kamar yang saya tempati  merupakan sebuah kamar yang nyaman, dengan pemandangan menghadap langsung ke arah danau. Sepanjang mata memandang saya bisa melihat perahu-perahu yang siap untuk  dinaiki berkeliling danau. Wahh..sepertinya bakalan romantis banget kalo naik perahunya berdua sama suami ya hihi.

kampung sampireun garut
Ga kalah romantisnya..naik perahu di pagi hari bareng Risky sang pengantin baru

Ukuran kamar yang cukup besar (family room) dengan desain tradisional (terbuat dari bambu dengan dinding bilik), membuat saya merasa betah, 3 ruangan yang terdiri dari dua buah kamar tidur dengan 2 kamar mandi serta 1 buah ruang tengah (ruang televisi). Di bagian luar terdapat balkon tempat duduk-duduk sambil menikmati pemandangan ke arah danau.

kampung sampireun garut
Di bagian balkon terdapat permainan tradisional khas Jawa Barat Congklak

kampung sampireun garut
Bangun tidur di kampung Sampireun langsung disuguhi pemandangan indah ini

Menjelang malam hari, cuaca di kampung Sampireun terasa semakin dingin menusuk kulit, sementara saya lupa tidak membawa baju hangat, duhh, saya ga nyangka kalo udaranya bakal sedingin itu. *jaket mana jaket, dan kaos kaki yang saya bawa pun cuma satu, yang saya pakai sedari pagi. Padahal kalo lagi kedinginan, tidur memakai kaos kaki bisa membantu menghangatkan tubuh.

Kamar tempat saya menginap terletak tak jauh dari Amani spa ini | wah ada paket honeymoon nya
Tapi cuaca dingin berhasil terlupakan dan terlewati oleh hangatnya suasana di dalam kamar, berbagi cerita sebelum tidur bersama teman-teman sekamar membuat saya merasa seperti abege lagi haha. Dan saya bahagia.. menikmati kebersamaan semalam bersama teman-teman.
kampung sampireun garut
my me time bersama teman-teman perempuan (girls day out)

Yang Istimewa Di Kampung Sampireun


Selama menginap di kampung Sampireun, ada beberapa hal yang cukup menarik perhatian saya, diantaranya yaitu lokasi area makan (restoran hotel) yang berada cukup jauh dari area lobby,  (sekitar 100m dari area kamar tempat saya menginap) sehingga untuk menuju area makan tersebut pengunjung harus berjalan kaki terlebih dahulu menyusuri jalan setapak yang diapit oleh pepohonan bambu yang rimbun, serta kolam ikan berukuran besar.

kampung sampireun garut
Suasana di kampung Sampireun yang back to nature
Pengunjung pun seolah berpetualang, bisa kembali merasakan suasana alam yang asli (back to nature). Merasakan segarnya udara serta mendengar suara gemerisik daun bambu yang tertiup angin.

Selain itu, di salah satu sudut hotel (dekat lobby), saya mendapati seorang penjual buah-buahan. Seorang ibu berkebaya hitam yang menjajakan berbagai macam jenis buah seperti jeruk, pisang, mangga, alpukat dan jambu air.

pedagang buah
Spot buah-buahan yang berhasil menarik perhatian para ibu

 
jambu air
Jambu air segar yang berhasil menarik perhatian saya ☺☺

Sebuah pengalaman yang menarik, menginap di kampung Sampireun, Garut. Mudah-mudahan di kesempatan lain saya bisa datang lagi berkunjung ke kampung Sampireun, bareng keluarga atau pasangan.

Thank you kampung Sampireun.

Kampung Sampireun

Alamat : Jl. Raya Samarang, Kamojang.
Kampung Ciparay Desa Sukakarya, Garut, Jawa Barat 

Website : www.kampungsampireun.com
Telepon : 0262-542393 / 081323007130
Email : sales@kampungsampireun.com


6 Comments

  1. Sejuk bangetttt, mbak itu permalam harganya berapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. harganya bervariasi mba..trgantung ukuran kamar dan view nya :) kalo saya ga lupa mulai dari 1 jutaan

      Delete
  2. Wah jadi mupeng... bagus banget tempatnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba..tempatnya sejuk banget..cocok buat liburan brg pasangan atau keluarga

      Delete
  3. Waa ini salah satu impianku, bisa nginep di Sampireun.. Tempatnya enak banget ya mba.. Bisa naik perahu juga lagi.. :D Sukaaa sama Suasananya..

    ReplyDelete
  4. waaah bagus banget mba tempatnyaa, malah enak ya liburan kesana karena tempatnya belom terlalu terkenal jd ga terlalu ramai heheh. jadi pingin deh liburan ke kampung Sampireun

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya :)
Untuk menghindari Spam yang masuk, komentarnya saya moderasi dulu ya. .