Skip to main content

Closing meeting proyek JUARA (Jaringan Usaha Ramah Anak)

Bandung yang merupakan salah satu kota dari daftar 10 kota tujuan wisata di nusantara memiliki daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Banyaknya tempat wisata yang ada didukung pula oleh banyaknya tempat penginapan (hotel) dan restoran sebagai sarana penunjang yang saling berkaitan satu sama lain. Walaupun sekarang jarak dari kota Jakarta ke Bandung bisa ditempuh dalam waktu sekitar 2 jam yang memungkinkan untuk pulang pergi, tapi tetap saja banyak wisatawan yang ingin menghabiskan waktu berlibur bersama keluarga terutama anak-anak dengan menginap di hotel.

Namun disadari atau tidak masih banyak hotel di kota Bandung yang belum memperhatikan hak anak, seperti misalnya belum tersedianya fasilitas yang ramah anak seperti fasilitas keamanan untuk anak, makanan yang cocok dikonsumsi oleh anak, fasilitas bermain untuk anak dan lain sebagainya. Dalam hal ini anak merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari pengunjung hotel dan restoran yang ingin menghabiskan waktu berlibur bersama anggota keluarganya di hotel atau restoran.

Save The Children sebagai salah satu organisasi yang bergerak di bidang kepedulian sosial tentang anak merasa peduli dan menaruh perhatian lebih  ingin bekerjasama dengan pemerintah Indonesia untuk melaksanakan program JUARA yaitu program Jaringan Usaha Ramah Anak.

Program Jaringan Usaha Ramah Anak dengan tema ‘Children’s Rights and Business Principles (CRBP) merupakan perjanjian kerjasama antara pemerintah Indonesia dengan negara Denmark untuk mempromosikan prinsip dunia usaha dan hak anak. Dimana penandatanganan kerjasama tersebut diwakili oleh pihak PHRI (Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia) Jawa Barat selaku asosiasi yang menaungi perhotelan dan restoran di Indonesia bekerjasama dengan organisasi Save The Children Denmark melalui yayasan Sayangi Tunas Cilik (partner dari organisasi Save The Children).

Kami ikut mendukung program JUARA

Children’s Right and Business Principles (CRBP)

CRBP merupakan inspirasi dan panduan bagi dunia usaha dalam berinteraksi dengan anak karena dengan mengimplementasikan CRBP dalam dunia usaha, banyak MANFAAT yang bisa diperoleh, antara lain :

  1. Membangun reputasi yang baik untuk perusahaan
  2. Berkontribusi untuk usaha/bisnis yang berkelanjutan
  3. Membantu untuk mendapatkan dukungan lebih dari masyarakat dan karyawan
  4. Mengembangkan pekerja yang berbakat untuk meneruskan / menjalankan perusahaannya.
Yayasan Sayangi Tunas Cilik ( Partner of Save The Children).


Yayasan Sayangi Tunas Cilik sejak November 2014 mulai melakukan kegiatan penggalangan dana publik melalui program Save The Children. Program penggalangan dana ini dilakukan untuk mencari dukungan dari donator individu yang ingin berkontribusi langsung membantu program-program Save the Children di Indonesia.

Kegiatan penggalangan dana yang dilakukan oleh Save the Children- yayasan Sayangi Tunas Cilik adalah :

  1. Program Face to face Fund Raising, yakni kegiatan penggalangan dana yang dilakukan di pusat perbelanjaan (mal) atau tempat public lainnya. Staff Save the Children – yayasan Sayangi Tunas Cilik menggunakan seragam resmi (memakai rompi merah dan kartu pengenal / ID card) serta menggunakan sarana penunjang komunikasi (booth untuk display program Save the Children- yayasan Sayangi Tunas Cilik) dan mendapatkan izin resmi untuk melakukan kegiatan penggalangan dana dan melakukan sosialisasi program-program save the Children – yayasan Sayangi Tunas Cilik dari pengelola mal atau tempat public lainnya.
  2. Online donasi melalui website www.savethechildren.or.id atau http://donations.savethechildren.or.id
  3. Telefundraising, yakni kegiatan penggalangan dana yang dilakukan melalui program telemarketing dengan nomor telepon 021- 300 5787.
Tim fund raising (penggalangan dana) Save the Children – yayasan sayangi Tunas Cilik hanya melakukan kegiatan resmi seperti yang diinformasikan diatas. Untuk informasi lebih lanjut terkait kegiatan fund raising Save the Children – yayasan Sayangi Tunas Cilik bisa menghubungi nomor telepon 021- 781 2336 atau melalui email ke DonorServices.ID@savethechildren.org. Dan untuk kantor perwakilan yayasan Sayangi Tunas Cilik cabang Bandung ada di Jl. H.Kurdi Timur I no 1 (daerah Mohamad Toha) dengan nomor telepon 022- 520 3594.

Sekilas mengenai organisasi Save the Children

Save The Children merupakan organisasi internasional independen di bidang anak yang bekerja di Indonesia sejak tahun 1976. Melalui dukungan jangka panjang serta dukungan darurat selama hampir 40 tahun, organisasi Save The Children bekerja untuk meningkatkan kualitas hidup anak-anak demi masa depan yang lebih cerah.
Save the Children berada di lebih dari 120 negara termasuk Indonesia salah satunya dan Save the Children sudah menjalankan program di 12 propinsi di seluruh Indonesia mulai dari Aceh, Jawa, Sulawesi sampai ke Nusa Tenggara Timur.

Yuk dukung kegiatan yang berkaitan dengan anak-anak dengan mem- follow akun media sosial Save The Children

Acara closing Meeting Proyek JUARA (Jaringan Usaha Ramah Anak).

Program Jaringan Usaha Ramah Anak merupakan program 3 tahun, kerjasama antara pemerintah Indonesia dengan negara Denmark yang ditandatangani pada  tanggal 17 Desember 2014 lalu. Dan pada Rabu, 07 Desember 2016 bertempat di aula Graha Tirta Siliwangi program kerjasama antara Save The Children dengan PHRI resmi berakhir.

Dalam pidato sambutannya, bapak Herman Muchtar selaku ketua PHRI Jawa Barat mengharapkan supaya program Jaringan Usaha Ramah Anak ini dapat terus berlanjut. Karena sayang sekali, dari sekitar 300 hotel dan 600 restoran yang ada di Jawa Barat, baru sekitar 5% alias 52 hotel dan restoran yang mengikuti program Juara ini.
Apabila selama 3 tahun ini program Juara tersebut didanai oleh pihak DANIDA (Denmark) maka untuk dapat meneruskan program ini sudah selayaknya pemerintah mengalokasikan dana khusus misal dari dana APBD.

Bapak Herman Muchtar selaku ketua PHRI Jawa Barat memberikan sambutan pertama di acara closing meeting proyek JUARA (Jaringan Usaha Ramah Anak) di Graha Tirta Siliwangi, Bandung
Dalam program JUARA (Jaringan Usaha Ramah Anak), Save the Children ini sudah ada 52 hotel dan restoran di Jawa Barat yang ikut berpartisipasi, diantaranya yaitu : Hotel Papandayan, Hotel Santika, Hotel Panghegar, Hotel Horison, Hotel Mason Pine dan hotel-hotel lainnya termasuk diantaranya 4 restoran yaitu Warung Pasta, Sindang Reret, Bober Café dan Bebek Garang.

PHRI telah menunjukkan komitmennya untuk mendukung upaya bisnis ramah anak dengan menjadi mitra strategis dalam pembuatan toolkit ICC-CSR (Integrated Child Center - Corporate Social Responsibility) diantaranya dengan membentuk kelompok kerja yang terdiri dari lima penasehat yang mewakili manajemen hotel, pemilik hotel, asosiasi hotel dan Sekolah Tinggi pariwisata (STP) Terdapat lebih dari 20 hotel dan restoran yang berperan aktif dalam proses penyusunan toolkit ini untuk memastikan bahwa toolkit yang disusun benar-benar sesuai dengan kebutuhan.

Comments

  1. seru banget ya,
    kapan diadakan lagi event seperti ini ya?
    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nih, program seperti jaringan usaha ramah anak ini sebaiknya terus diadakan..semoga ya :)

      Delete

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. :)
Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman.

Popular posts

Resep kuah suki

Suki adalah salah satu menu makanan enak dan sehat yang bisa kita nikmati rame-rame bersama teman dan keluarga.

Menu makanan khas negara-negara di Asia timur ini dikenal sebagai salah satu makanan sehat karena, minim penggunaan minyak dan bebas lemak.

Cara memasak suki yaitu dengan cara merebus. Kita tinggal memilih beraneka ragam jenis Suki yang rata-rata terbuat dari berbagai macam seafood, seperti baso udang, baso kepiting, baso ikan dan sebagainya. Dan ada  juga sayuran nya berupa sawi hijau dan jamur untuk kemudian dimasukkan / direbus ke dalam panci/pan yang berisi kuah sup panas. Suki sangat nikmat apabila disajikan hangat, tinggal diberi cocolan saus Suki yang khas.

3 Toko Kue Ulang Tahun Di Bandung Yang Recommended

Hari ulang tahun adalah hari yang istimewa bagi setiap orang. Adakalanya kita menginginkan sesuatu yang istimewa seperti halnya kue ulang tahun.
Walaupun tidak dirayakan secara meriah,biasanya kehadiran kue ulang tahun bisa membawa kesan tersendiri bagi orang yang sedang berulang tahun. #SayItWithCakes 😘
Dan saya pun kerap membeli kue ulang tahun, khusus untuk orang-orang tersayang di tiga tempat berikut :



3 Toko Kue Ulang Tahun di Bandung, Yang Recommended Versi Saya :
1.Cizz Cheesecake &  Friends
Siapa sih yang ga kenal sama toko kue Cizz, toko yang khusus menyediakan kue berbahan dasar keju yaitucheese cake. Ya toko kue Cizz adalah toko kue favorit saya, yang sudah berdiri sejak tahun 2004, dan tetap bertahan hingga saat ini.
Toko berukuran mungil yang berada di jl.Laswi no 1A Bandung ini, memang sudah memiliki banyak pelanggan setia.Dan setiap berkunjung ke toko kue Cizz saya pasti memilih Fruity Cheese Cake untuk ibu saya. Perpaduan krim keju dan buah-buahannya terasa pas di lidah…

Arti kucing datang ke rumah (belajar tentang sebuah keikhlasan dari seekor kucing)

Disadari atau tidak, banyak sekali kejadian sepele yang terjadi di kehidupan kita sehari-hari. Dan hal tersebut ternyata memiliki arti banyak untuk kita, seperti halnya sebuah kejadian yang saya alami beberapa minggu yang lalu. Hingga kemudian saya pun belajar memaknai akan arti dari kedatangan seekor kucing ke rumah saya. 
Sore itu, ketika pulang ke rumah, saya mendapati seekor kucing yang sedang duduk di bawah pohon dekat pintu pagar. Seekor kucing hitam dengan warna putih di bagian dada serta ke empat bagian ujung kakinya. Pertama melihatnya, saya langsung memanggilnya dengan sebutan kucing kaos kaki yang kemudian saya singkat dengan sebutan Mengkoska ☺.

Beberapa lama kemudian,saya masih mendapati kucing tersebut duduk di bawah pohon. Posisi badannya kelihatan sedikit terkulai,saya pun menghampirinya dan memegangnya ternyata kaki belakang si kucing  lemas sehingga si kucing tidak bisa berjalan dengan normal. Melihat hal tersebut, saya jadi merasa kasihan dan membawanya masuk ke tera…

Mie Ayam Enak Di Bandung, Yang Mana Favoritmu ?

Selain mie bakso, salah satu makanan favorit yang digemari banyak orang adalah mie ayam. Mie ayam sedikit berbeda dibanding mie bakso. Yang membedakan adalah ukuran mie nya yang sedikit lebih besar, racikan minyak, sawi hijau serta taburan ayam suir yang sudah dibumbui dengan rasa manisnya yang khas. 
Biasanya mie ayam disajikan dengan pangsit goreng, namun ada kalanya mie ayam juga dinikmati dengan tambahan bakso. Penjual mie ayam di kota Bandung identik dengan pedagang keliling dengan gerobak dorongnya yang berwarna biru tua. Walaupun ada juga beberapa penjual mie ayam yang berjualan menetap di sebuah tempat.

Keseruan Acara Hokben Blogger Gathering Bdg Bersama Menu Hoka Suka

Irasshaimase .. Ya itu adalah sambutan istimewa bagi setiap customer yang datang ke store Hokben. Sebuah sapaan hangat yang memiliki arti Selamat Datang. 
Saya jadi inget masa kuliah dulu nih, pernah ngambil jurusan bahasa Jepang, punya impian pengen pergi ke Jepang dan beberapa hari yang lalu saya baru saja berkunjung ke sebuah restoran Jepang..lengkap deh haha 😁.

Belajar Berkuda dan Memanah di Muslimah Academy

Tak kenal maka tak tahu, seperti itulah yang saya rasakan, sebelumnyasaya tidak mengenal sama sekali seperti apa kegiatan berkuda dan seperti apa kegiatan memanah. 
Yang saya tahu berkuda identik dengan hobinya princess Syahrini haha atau sebatas mengantar anak-anak untuk naik kuda di hari minggu haha (baca : naik kuda beda bangetdengan berkuda). 
Kalo naik kuda, sebagai penumpang kita cenderung 'pasrah' dan hanya duduk manis di atas kuda karena si kuda dituntun oleh si mamang, tetapi melalui berkuda kita belajar untuk menjadi seorang leader (pemimpin) untukberani mengarahkan dan mengendalikan kuda supaya berjalan sesuai tujuan. 
Begitupun dengan memanah, yang saya tahu sebelumnya, memanah hanya dilakukan oleh para atlet ataupun identik dengan sebuah aktivitas bagian dari peperangan di jaman dahulu..hehe. 
Ternyata memanah merupakan salah satu kegiatan olahraga yang bisa dilakukan oleh siapa saja, termasuk wanita dan anak-anak. Di jaman sekarang kegiatan memanah sudah mulai famili…

RS Melinda Bandung, Rumah Sakit Nyaman Dengan Pelayanan Lengkap

Setelah sekian lama tak berkunjung ke rumah sakit. Siang itu saya datang berkunjung ke RS Melinda bersama empat orang teman. Namun di kunjungan kali ini, kita tidak datang untuk berobat ataupun untuk menjenguk orang lain. Kita datang untuk melakukan hospital tour (tour berkeliling rumah sakit Melinda1 dan Melinda 2) dengan tujuan untuk mengetahui layanan dan fasilitas apa saja yang tersedia di rumah sakit Melinda.