5 Tempat Baca Buku di Bandung

tempat baca buku di bandung 
 
Tanggal 23 april diperingati sebagai hari buku sedunia. Saya sendiri baru ngeh setelah melihat postingan beberapa teman di Instagram yang membagikan info tentang buku dan semua kegiatan yang berhubungan dengan buku.

Saya adalah penyuka buku, senang membaca buku dan mencari buku sebagai ‘obat’ di saat saya butuh penyegaran. Ya, membaca buku bisa menjadi sebuah hiburan dan sarana refreshing buat saya. Setelah membaca buku biasanya saya mendapatkan pencerahan dan inspirasi. Thats why i love books.

Nah berikut ini 5 tempat baca buku di Bandung favorit saya dan recommended untuk dikunjungi. Simak yuk :
  1.   Little Wings : Books and café

Little Wings memiliki konsep books and café. Berlokasi di jalan Cigadung Raya Barat No 2, sebuah kawasan di Bandung utara yang nyaman dan relatif sepi. 

Cocok banget buat man-teman yang ingin menikmati membaca buku tanpa harus terganggu oleh suara bising dari kendaraan yang lalu lalang.

Little Wings ini memiliki ciri khas bangunannya yang berwarna merah. Dan yang menarik desain interior di Little Wings instagramable banget lho. Di dekat pintu masuk terdapat sebuah boneka beruang besar yang bisa dipeluk dan diajak berfoto bareng. Dindingnya pun dihiasi oleh berbagai hiasan buatan tangan (handmade) yang sangat menarik serta inspiratif dan pengen saya bawa pulang #eh.

Little Wings memang cocok dijadikan sebagai tempat untuk sekedar ngopi-ngopi cantik sama teman atau pasangan. Di bagian luar ada gazebo yang bisa digunakan untuk bersantai sambil ngobrol. Naik ke lantai dua, suasana nyaman semakin terasa, di sudut kiri ada sebuah meja beralas karpet yang bisa dipake duduk sambil lesehan yang bikin betah.

2. Pitimoss : Books and Library


Pitimoss Books and Library terletak di Jl. Banda No 12 S,  tak jauh dari stadion Siliwangi, Bandung. Koleksi buku di Pitimoss lebih banyak berupa buku bacaan popular seperti novel, komik dan sebagainya. 

Sehingga target market-nya adalah anak-anak usia sekolah dan mahasiswa. Namun saya sebagai ibu rumah tangga juga tetap berkunjung ke sana untuk meminjam buku karena ga ada larangan toh hehe.

Kalo ke Pitimoss biasanya saya sengaja datang meminjam buku untuk dibaca di rumah, karena konsep tempat baca di Pitimoss bukanlah library café dimana orang-orang bisa duduk berlama-lama sambil menikmati minuman atau makanan. 

Tapi kalo kebetulan lagi haus, Pitimoss juga menjual berbagai macam minuman dingin. Di teras Pitimos disediakan kursi panjang berbahan kayu yang bisa digunakan untuk membaca buku.

Untuk menjadi member di Pitimoss dikenakan biaya sekitar Rp 15 ribu untuk pembuatan kartu member. Dan kita akan langsung difoto di tempat menggunakan handphone sebagai bukti identitas. Kita akan langsung memperoleh nomor keanggotaan akan tetapi kartu membernya baru akan selesai dalam beberapa hari kemudian.

3. Zoe Library :  Books Corner and Café


Untuk Zoe Library, saya sering sengaja datang kesana sambil menunggu waktu janjian sama teman. Letak Zoe Library paling strategis  dibanding tempat baca lainnya karena lokasinya berada di tengah-kota (daerah Dago dekat Jl Dipatiukur) yaitu di Jalan Pager Gunung  no 3. Zoe Library berada persis di sebelah kanan cafe Victoria, sebuah cafe legendaris yang menjual aneka kue

Koleksi buku di Zoe library hampir mirip dengan koleksi buku di Pitimoss yang berupa buku-buku popular namun lebih banyak komik dan ada juga majalah. 

Nah di Zoe ini saya lebih sering membaca buku di tempat, satu buku biasanya dikenakan harga mulai Rp 2000 sampai dengan Rp 3500 apabila dibaca di tempat, sedangkan kalau meminjam untuk dibawa ke rumah dikenakan biaya sewa per minggu (maksimal pinjam 1 minggu).

4. Kineruku : Rumah Buku


Kineruku merupakan salah satu tempat baca buku yang lumayan lawas karena sudah ada sejak tahun 2003 dan awalnya bernama Rumah Buku, namun sejak tahun 2012 berganti nama menjadi Kineruku. Kineruku terletak di Jl. Hegarmanah nomor 52 ke arah Sesko AD (daerah jalan Setiabudi, Bandung).

Saya sendiri akhirnya baru berkunjung kesana pada pertengahan bulan April lalu. Di tengah suasana long weekend yang lumayan padat dan macet, saya sengaja datang ke sana untuk membaca buku dan menikmati me time.   

Kineruku buka setiap hari termasuk hari libur seperti hari minggu dan libur nasional dan tutup setiap hari Kamis. Kineruku berada di sebuah rumah yang nyaman dan saya betah berlama-lama membaca disana, homey banget deh.

Di halaman depan Kineruku terdapat sebuah pohon kaktus berukuran besar yang menjadi ciri khas dan di sebelahnya terdapat sebuah toko vintage bernama Garasi Opa.

Koleksi buku yang ada di Kineruku lumayan banyak dan sangat variatif, campuran antara buku berbahasa Indonesia dan buku berbahasa Inggris. Tema utama koleksi buku di Kineruku adalah sastra, sosiologi, budaya, sejarah, arsitektur, seni, desain dan filsafat. 

Selain buku, di Kineruku juga ada CD musik dan DVD film koleksi Kineruku serta barang-barang lucu seperti kartu pos, keramik, dan tote bag.

Kineruku juga sering digunakan sebagai tempat untuk membedah buku dan menonton film bareng oleh berbagai komunitas yang ada di Bandung.

5. Cokotetra : Library and Books


Cokotetra Library and Books adalah salah satu tempat baca favorit saya yang terletak di daerah Dago tepatnya Jl.Ir.H.Juanda no 322 Bandung (setelah pasar Simpang, Dago). 

Tempat tersebut ga sengaja saya ‘temukan’ ketika saya sedang browsing di internet. Begitu tahu lokasinya berada sekitar 20 meter dari sekolah saya ketika SD dulu, saya pun memutuskan untuk berkunjung ke sana. Dan saya menemukan sebuah library café yang kecil mungil di sebuah ruko tapi cukup nyaman untuk menghabiskan me time.

Koleksi buku yang ada di Cokotetra tidak begitu banyak tapi judul-judulnya cukup menarik perhatian saya karena bukan buku-buku popular seperti novel dan sebagainya. Sambil baca buku, kita bisa menikmati minuman khas Cokotetra seperti minuman coklat, kopi atau teh. FYI Cokotetra ini merupakan singkatan dari Coklat, Kopi, Teh dan Sastra 😄

Nah, untuk kamu yang hobi baca dan ingin menghabiskan waktu dengan membaca, silahkan datang langsung ke 5 tempat baca buku tersebut dan kemudian share disini tempat baca buku  mana yang menjadi favoritmu?

There’s a lot of good books

And

I do believe something very magical can happen when you read a good book - J.K Rowling -

 





                                                                                                                                                           


2 Comments

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya :)
Untuk menghindari Spam yang masuk, komentarnya saya moderasi dulu ya. .