Skip to main content

Temu Blogger di Hotel Bidakara Savoy Homan : Ayo Dukung Germas !

Pada tanggal 21 April 2017 lalu, saya berkunjung ke hotel Savoy Homan untuk menghadiri sebuah event bertajuk Wujudkan Indonesia Sehat Melalui GERMAS dan Pendekatan Keluarga   Acara yang diadakan oleh Kemenkes (kementrian kesehatan) RI tersebut bekerja sama dengan pemerintah kota Bandung dan didukung oleh TOSKA PR (Urang Bandung Dukung Germas).

Pemateri di acara temu blogger kesehatan 2017 : (dari kiri) Indra Rizon (kepala bagian hubungan media dan lembaga kemenkes RI) , drg.Oscar Primadi (kepala biro dan komunikasi pelayanan masyarakat kemenkes RI), Nina Manarosana (sekretaris dinas kesehatan kota Bandung) , dan Uus  (Sukmarasekretaris dinas kesehatan provinsi Jawa Barat).


Apa Itu Germas ?


Jujur ini adalah kali pertama saya mendengar istilah Germas, dan berdasarkan pemaparan dari Kepala Biro Komunikasi Pelayanan Masyarakat Kemenkes RI, yaitu bapak drg. Oscar Primadi, Germas atau Gerakan Masyarakat Hidup Sehat merupakan suatu tindakan sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup.

Pengertian Germas | doc : sehatnegeriku.kemkes.go.id

Tujuan Germas


Germas merupakan bagian dari Instruksi Presiden (Inpres) no 1 tahun 2017 yang bertujuan agar masyarakat dapat berperilaku sehat sehingga berdampak pada terjaganya kesehatan, masyarakat menjadi lebih produktif, lingkungan menjadi bersih serta berkurangnya biaya untuk berobat.

Tujuan Germas yang diharapkan dapat tercapai

Bentuk Kegiatan Germas


Sebagai masyarakat termasuk saya banyak yang belum tahu seperti apa contoh kegiatan yang termasuk ke dalam Germas.

Berikut ini adalah 7 contoh kegiatan Germas yang bisa dilakukan dalam aktifitas sehari-hari :

1. Melakukan aktifitas fisik.
2    2. Mengonsumsi buah dan sayur secara rutin terutama buah dan sayuran lokal.
      3. Tidak merokok.
4    4. Tidak mengonsumsi alkohol.
5    5. Memeriksa kesehatan secara rutin dan berkala.
6    6. Membersihkan lingkungan sekitar.
7    7. Menggunakan jamban.

Bentuk kegiatan Gerakan masyarakat hidup sehat

Dan yang menjadi fokus Kemenkes di tahun 2017 ini sehubungan dengan kegiatan Germas melalui pendekatan keluarga mencakup 3 hal yaitu melakukan aktifitas fisik, mengonsumsi buah dan sayur serta memeriksa kesehatan secara rutin dan berkala.

Fokus kegiatan Germas tahun 2017

Melakukan Aktifitas Fisik


Disadari atau tidak, masyarakat jaman sekarang mulai jarang melakukan aktifitas fisik yang mengeluarkan keringat yaitu olahraga. Padahal banyak sekali contoh kegiatan fisik yang bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja, seperti halnya di sela-sela acara temu blogger Germas ini, seluruh peserta diajak untuk melakukan kegiatan fisik bersama berupa berolahraga di dalam ruangan. Hanya membutuhkan sekitar 15 menit saja, dan badan pun terasa lebih segar.

Jadi, di awal dan di tengah-tengah acara, pihak panitia memutar sebuah tayangan video yang berisi tentang gerakan-gerakan senam yang bisa dilakukan di dalam ruangan. Dan setelah melakukan gerakan-gerakan ringan tersebut, rasa kantuk dan sedikit rasa pegal yang saya rasakan karena duduk berjam-jam di dalam ruangan pun bisa berkurang.

Hal tersebut merupakan hal positif dan perlu disosialisasikan terutama di instansi-instansi dan organisasi yang karyawannya lebih banyak duduk dan bekerja di dalam ruangan.

Sedangkan salah satu contoh kegiatan fisik yang bisa dilakukan di rumah, antara lain ikut aktif mengerjakan pekerjaan rumah tanpa harus tergantung pada tenaga asisten rumah tangga. Aktifitas kecil seperti menyapu lantai, menyiram bunga dan membersihkan meja bisa menjadi salah satu kegiatan rutin yang bisa kita lakukan setiap hari.

Selain itu, aplikasi penghitung langkah yang ada di dalam handphone juga bisa menjadi  sarana pendukung supaya kita terpacu untuk aktif bergerak dengan berjalan kaki setiap harinya. Jadi kita bisa memasang target untuk berjalan kaki setiap hari sebanyak minimal sekian ribu langkah. Yang mana hal tersebut bisa berdampak positif bagi kesehatan jantung dan tubuh kita.

Karena berdasarkan data dari dinas kesehatan, dalam jangka 20 tahun terakhir, jumlah penyakit tidak menular naik drastis dibandingkan penyakit menular. Beberapa contoh penyakit tidak menular seperti diabetes, infeksi saluran pernapasan (ISPA), jantung koroner dan sebagainya lebih banyak disebabkan oleh pola gaya hidup manusia yang dari waktu ke waktu semakin tidak teratur (kurang istirahat), makan makanan instan yang kurang sehat serta jarang melakukan kegiatan fisik (olahraga).

doc : sehatnegeriku.kemkes.go.id

Mengonsumsi Buah Dan Sayur


Sebagai penyuka buah dan sayuran, saya setuju sekali apabila hal ini dijadikan sebagai fokus dalam kegiatan Germas 2017, karena dalam keseharian saya masih sering melihat banyak orang yang jarang mengonsumsi buah dan sayur dengan alasan karena tidak suka rasanya. 

Padahal menurut saya makan buah dan sayur itu bukan karena rasanya tapi karena manfaatnya. Bahkan beberapa orang yang saya kenal mau makan buah dan sayur tapi dengan syarat rasa buahnya harus manis dan rasa sayurnya harus enak, waduh…, sementara rasa buah dan sayur itu sendiri beraneka ragam, ada manis, asam dan pahit. Dan buah atau sayur yang pahit itu sebenarnya memiliki khasiat khusus yang dibutuhkan oleh tubuh dan bisa mengobati penyakit tertentu.

Oya, untuk buah dan sayur, ada baiknya kita mengonsumsi buah dan sayuran lokal produksi daerah kita sendiri, karena selain mudah diperoleh, kualitasnya pun jauh lebih baik dan harganya relatif lebih murah. Sementara masih banyak masyarakat yang lebih tertarik untuk mengonsumsi buah dan sayuran impor, yang mungkin secara tampilan jauh lebih menarik. Akan tetapi kita tidak tahu bahwa sebenarnya sayuran dan buah-buahanan yang berasal dari luar negeri sudah mengalami beberapa proses pengawetan dengan tujuan untuk menjaga kualitas dan kesegaran buah serta sayuran tersebut.

Memeriksa Kesehatan Secara Rutin Dan Berkala


Berbicara soal memeriksa kesehatan, peraturan umum yang berlaku di masyarakat yaitu bahwa orang yang berkunjung ke rumah sakit untuk memeriksa kesehatan adalah orang yang sedang sakit sedangkan orang yang sehat tidak mesti memeriksakan kesehatannya. 

Dan hal tersebut merupakan pemahaman yang salah dan harus di sosialisasikan lagi kepada masyarakat, karena berdasarkan ilmu kesehatan sebaiknya kita memeriksakan kondisi kesehatan secara rutin dan berkala.

Sehingga dengan demikian tindakan pencegahan dapat dilakukan terlebih dahulu sebelum masuk ke dalam tahapan pengobatan yang tentunya bisa menguras tenaga, pikiran serta materi. Waktu yang ideal untuk memeriksakan kesehatan yaitu setiap 6 bulan sekali.

Memang hal ini membutuhkan proses dan pemahaman yang lebih dari masyarakat yang tentunya juga harus didukung oleh aparat kesehatan yang terkait termasuk pemerintah didalamnya.

Jadi yuk kita dukung program Germas ini dengan mulai dari hal kecil, mulai dari diri sendiri dan mulai dari sekarang.

Komunitas bloggerbdg mendukung program Germas 2017 | photo : IG @intan_roosmadewi




Comments

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. :)
Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman.

Popular posts

Resep kuah suki

Suki adalah salah satu menu makanan enak dan sehat yang bisa kita nikmati rame-rame bersama teman dan keluarga.

Menu makanan khas negara-negara di Asia timur ini dikenal sebagai salah satu makanan sehat karena, minim penggunaan minyak dan bebas lemak.

Cara memasak suki yaitu dengan cara merebus. Kita tinggal memilih beraneka ragam jenis Suki yang rata-rata terbuat dari berbagai macam seafood, seperti baso udang, baso kepiting, baso ikan dan sebagainya. Dan ada  juga sayuran nya berupa sawi hijau dan jamur untuk kemudian dimasukkan / direbus ke dalam panci/pan yang berisi kuah sup panas. Suki sangat nikmat apabila disajikan hangat, tinggal diberi cocolan saus Suki yang khas.

3 Toko Kue Ulang Tahun Di Bandung Yang Recommended

Hari ulang tahun adalah hari yang istimewa bagi setiap orang. Adakalanya kita menginginkan sesuatu yang istimewa seperti halnya kue ulang tahun.
Walaupun tidak dirayakan secara meriah,biasanya kehadiran kue ulang tahun bisa membawa kesan tersendiri bagi orang yang sedang berulang tahun. #SayItWithCakes 😘
Dan saya pun kerap membeli kue ulang tahun, khusus untuk orang-orang tersayang di tiga tempat berikut :



3 Toko Kue Ulang Tahun di Bandung, Yang Recommended Versi Saya :
1.Cizz Cheesecake &  Friends
Siapa sih yang ga kenal sama toko kue Cizz, toko yang khusus menyediakan kue berbahan dasar keju yaitucheese cake. Ya toko kue Cizz adalah toko kue favorit saya, yang sudah berdiri sejak tahun 2004, dan tetap bertahan hingga saat ini.
Toko berukuran mungil yang berada di jl.Laswi no 1A Bandung ini, memang sudah memiliki banyak pelanggan setia.Dan setiap berkunjung ke toko kue Cizz saya pasti memilih Fruity Cheese Cake untuk ibu saya. Perpaduan krim keju dan buah-buahannya terasa pas di lidah…

Arti kucing datang ke rumah (belajar tentang sebuah keikhlasan dari seekor kucing)

Disadari atau tidak, banyak sekali kejadian sepele yang terjadi di kehidupan kita sehari-hari. Dan hal tersebut ternyata memiliki arti banyak untuk kita, seperti halnya sebuah kejadian yang saya alami beberapa minggu yang lalu. Hingga kemudian saya pun belajar memaknai akan arti dari kedatangan seekor kucing ke rumah saya. 
Sore itu, ketika pulang ke rumah, saya mendapati seekor kucing yang sedang duduk di bawah pohon dekat pintu pagar. Seekor kucing hitam dengan warna putih di bagian dada serta ke empat bagian ujung kakinya. Pertama melihatnya, saya langsung memanggilnya dengan sebutan kucing kaos kaki yang kemudian saya singkat dengan sebutan Mengkoska ☺.

Beberapa lama kemudian,saya masih mendapati kucing tersebut duduk di bawah pohon. Posisi badannya kelihatan sedikit terkulai,saya pun menghampirinya dan memegangnya ternyata kaki belakang si kucing  lemas sehingga si kucing tidak bisa berjalan dengan normal. Melihat hal tersebut, saya jadi merasa kasihan dan membawanya masuk ke tera…

Mie Ayam Enak Di Bandung, Yang Mana Favoritmu ?

Selain mie bakso, salah satu makanan favorit yang digemari banyak orang adalah mie ayam. Mie ayam sedikit berbeda dibanding mie bakso. Yang membedakan adalah ukuran mie nya yang sedikit lebih besar, racikan minyak, sawi hijau serta taburan ayam suir yang sudah dibumbui dengan rasa manisnya yang khas. 
Biasanya mie ayam disajikan dengan pangsit goreng, namun ada kalanya mie ayam juga dinikmati dengan tambahan bakso. Penjual mie ayam di kota Bandung identik dengan pedagang keliling dengan gerobak dorongnya yang berwarna biru tua. Walaupun ada juga beberapa penjual mie ayam yang berjualan menetap di sebuah tempat.

Keseruan Acara Hokben Blogger Gathering Bdg Bersama Menu Hoka Suka

Irasshaimase .. Ya itu adalah sambutan istimewa bagi setiap customer yang datang ke store Hokben. Sebuah sapaan hangat yang memiliki arti Selamat Datang. 
Saya jadi inget masa kuliah dulu nih, pernah ngambil jurusan bahasa Jepang, punya impian pengen pergi ke Jepang dan beberapa hari yang lalu saya baru saja berkunjung ke sebuah restoran Jepang..lengkap deh haha 😁.

Belajar Berkuda dan Memanah di Muslimah Academy

Tak kenal maka tak tahu, seperti itulah yang saya rasakan, sebelumnyasaya tidak mengenal sama sekali seperti apa kegiatan berkuda dan seperti apa kegiatan memanah. 
Yang saya tahu berkuda identik dengan hobinya princess Syahrini haha atau sebatas mengantar anak-anak untuk naik kuda di hari minggu haha (baca : naik kuda beda bangetdengan berkuda). 
Kalo naik kuda, sebagai penumpang kita cenderung 'pasrah' dan hanya duduk manis di atas kuda karena si kuda dituntun oleh si mamang, tetapi melalui berkuda kita belajar untuk menjadi seorang leader (pemimpin) untukberani mengarahkan dan mengendalikan kuda supaya berjalan sesuai tujuan. 
Begitupun dengan memanah, yang saya tahu sebelumnya, memanah hanya dilakukan oleh para atlet ataupun identik dengan sebuah aktivitas bagian dari peperangan di jaman dahulu..hehe. 
Ternyata memanah merupakan salah satu kegiatan olahraga yang bisa dilakukan oleh siapa saja, termasuk wanita dan anak-anak. Di jaman sekarang kegiatan memanah sudah mulai famili…

RS Melinda Bandung, Rumah Sakit Nyaman Dengan Pelayanan Lengkap

Setelah sekian lama tak berkunjung ke rumah sakit. Siang itu saya datang berkunjung ke RS Melinda bersama empat orang teman. Namun di kunjungan kali ini, kita tidak datang untuk berobat ataupun untuk menjenguk orang lain. Kita datang untuk melakukan hospital tour (tour berkeliling rumah sakit Melinda1 dan Melinda 2) dengan tujuan untuk mengetahui layanan dan fasilitas apa saja yang tersedia di rumah sakit Melinda.