Pancake Manis Korea Alias Hotteok, Sudah Pernah Coba?

Apabila mendengar kata pancake, apa yang kemudian kamu bayangkan? Hmm, tentunya makanan manis yang diberi topping seperti sirup, selai, madu, mentega hingga es krim serta buah-buahan segar.

Tekstur empuk pancake yang dikombinasikan dengan es krim yang lumer di mulut, membuat pancake menjadi salah satu kudapan yang tidak pernah bisa saya tolak. Saya suka pancake terutama pancake dengan saus strawberry, rasanya manis seger-seger gimana gitu :)

Suatu waktu secara tak sengaja, saya mencicipi sebuah pancake yang berbeda dari biasanya yaitu pancake manis Korea.

Pancake tersebut saya pesan di sebuah restoran Korea di Bandung yang sedang happening dan cukup menarik perhatian karena desain interior restorannya yang unik. 


Pancake Manis Korea Alias Hotteok


Hotteok merupakan makanan terkenal khas Korea mirip pancake yang sudah ada sejak abad 19. 

Di negara asalnya hotteok masuk ke dalam kategori street food karena bisa ditemui di pinggir jalan. 

Terbuat dari tepung beras dengan isian pasta kacang. Hotteok mempunyai ukuran yang lebih kecil dibanding pancake pada umumnya. 

Pancake manis ala Korea ini berukuran bulat pipih tebal, kira-kira sedikit lebih besar dari bakpia dan saya perhatikan Hotteok dihidangkan satuan (tidak dihidangkan bertumpuk seperti halnya pancake biasa). 

pancake korea
Pancake manis ala Korea yang saya pesan sebagai teman ngobrol di saat menunggu hujan reda
 
Pancake manis Korea yang saya coba adalah pancake isi coklat dengan topping es krim vanilla. Teksturnya renyah, berbeda dengan tekstur pancake biasa yang lembut seperti sponge

Mengutip dari Wikipedia, adonan Hotteok dibuat dari campuran tepung terigu dan tepung beras ketan yang diencerkan dengan air. Kemudian ditambah gula, susu serta ragi.

Setelah dibiarkan beberapa jam, adonan menjadi mengembang hingga bisa dibuat bola-bola seukuran kepalan tangan.

Karena adonan Hotteok cukup liat, maka didalamnya bisa diberi isian pasta manis yang terbuat dari campuran gula cokelat, madu, gilingan kacang tanah dan aroma kayu manis.

Pantesan ketika saya cicipi, terasa sedikit rasa kacang di dalam mulut. 

Pancake manis Korea digoreng menggunakan minyak, walaupun ada juga yang dipanggang dan sebaiknya dihidangkan hangat karena berdasarkan asal usulnya kudapan manis ini merupakan salah satu makanan favorit yang dinikmati disaat musim dingin.
 
Menurut saya rasa Hotteok lumayan enak, namun sedikit terlalu manis buat saya, dan apabila disuruh memilih, tentunya saya lebih suka pancake biasa. 


Pancake Sebagai Menu Sarapan

Selain sebagai menu dessert, pancake dikenal sebagai salah satu menu sarapan yang praktis. Cara membuat pancake pun lumayan mudah dan bahan-bahannya gampang ditemukan di toko-toko sekitar kita. 

Pancake berbahan dasar tepung terigu, margarine, telur, gula pasir, susu serta baking powder

Banyak sekali resep pancake sederhana yang bisa kamu coba praktekkan di rumah, karena cara membuatnya relatif mudah, cepat dan praktis. 

Namun apabila kamu ingin mencoba pancake ala-ala restoran dengan topping yang beragam, kamu bisa mengunjungi beberapa tempat yang terkenal dengan hidangan pancake-nya yang lezat seperti : Nanny’s Pavillon, Pancious atau Baby Dutch Pancake, salah satu pancake kekinian yang lagi hits.

cara membuat pancake simple enak
Banana Pancake | photo : IG @nannyspavillon

 
pancake enak di jakarta
Oreo pancake | photo : IG @pancious.id


pancake enak di bandung
Pancake viral dengan topping keju yang melted | photo : IG @babydutchpancake



Nah, dari sekian banyak jenis pancake yang ada di sekitar kamu, pancake apa yang merupakan favoritmu?












17 Comments

  1. Wah, tebel-tebel gini pancankenya, pasti ngenyangin. mau berburu pancake ah, soalnya ankku suka banget. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. asiik berburu pancake..ikut dongs :) ..aku juga pancake lover nih :)

      Delete
  2. Sebetulnya aku sukanya pancake dengan topping es krim dan buah blueberry. Yang disiram saus maple, dan ditaburi kacang almond.

    Aku belum pernah coba hotteok, karena kurasa hotteok ini hanya seperti pancake saja. Di Surabaya tempatku tinggal, harga hotteok lebih mahal daripada pancake, padahal ukurannya lebih kecil.

    Tapi aku tidak tahu bahwa ciri khas hotteok ini dari isian kacangnya. Mungkin kalau begini isinya, aku mau coba deh kapan-kapan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wih iya tuch, perpaduan pancake yang dikasi es krim, buah blueberrry, saus maple sama almond, ketika dikunyah, melted sempurna di mulut. yummy. Dan tuk hotteok menarik buat dicoba sih menurutku, walopun es krimnya langsung meleleh karena hotteoknya disajikan dalam keadaan masih panas

      Delete
  3. Aku belum pernah coba dan rasain rasanya pancake sih jadi gak bisa bayangin gimana rasa dan tekstur dari makanannya. Boleh kapan-kapan dicobain bareng hha :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo mau, coba bikin aja dulu di rumah buat menu sarapan, resepnya banyak di internet tinggal googling aja. pancake simple rumahan. bikinnya pake teflon :). tinggal siram pake madu

      Delete
  4. Aku belum pernab nyoba hotteok mbak tp klo dari bahan2nya pasti teksturnya beda ya sama pancake ala america. Isiannya udah manis dikasih topping manis jd double manisnya. Meskipun aku ga gitu suka makanan manis tp penasaran juga sama isiannya hotteok. Coba ah cari di semqrang ada yg jual apa ga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga sebenernya ga terlalu suka makanan manis, dan kalo ga salah hotteok ini ada versi asinnya gitu, pake daun bawang. cmiiw

      Delete
  5. Ngebayangin makan pancake dengan toping es krim, pasti enak banget. Dan dari tulisan ini aku baru ngeh kalau Korea punya pancake tersendiri yakni Hotteok. Cuma, kok aku jarang liat mereka makan ya kalau pas nonton drakor? hahaha. Bisa jadi ada banyak varian makanan pembuka/penutup lainnya di Korea sana. Atau jg pas kebetulan drakor yang aku nonton orang2nya nggak makan ini hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hotteok ini street food Korea berbentuk bundar yang mirip pancake :). Dan iya ya di drakor, makanan khas Korea yang dihighlight biasanya tteokbokki, ramen atau kimchi.

      Delete
  6. Mbak Gita, aku paling suka makan pancake. Nah soal pancake manis nih ya, kalau udah manis aku malah ga mau pakai topping manis-manis lagi. Kayak keblinger ama rasa manis double haha. Kalau sedang staycation di hotel (biasanya bintang 4 yang sedia pancake), ada lho pancake yang baru dibikin saat tamu request. Kayak omelet gitu. Dibikinnya pas ada yang mau. Jadi aku bisa request yang manisnya sedikit aja, supaya bisa pakai topping madu atau coklat. Kalau misal pancake nya udah manis, aku ga kasih topping manis2, tapi pakai irisan kacang almond atau mesis saja. Ada juga keju. Jadi manisnya berpadu sama asin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wih mantapp, sarapan di hotel pake menu pancake yang pas buatnya bisa kita tonton langsung ya. Hmm jadi kangen staycation hehe

      Delete
  7. Sejujurnya kalau saya pribadi kurang cocok sama pancake yg manis. Team martabak . Tapi kalaupun disajikan pancake biasanya toppingnya madu sama buah buahan biar ga enek. Hotteok sendiri sering liat di drakor wkkwkw belum pernah coba

    ReplyDelete
  8. saya jarang sih makan pancake ini tapi kalau lihat fotonya auto pengen makan. hihi. kayaknya pernah juga nyoba bikin pancake tapi gagal. he

    ReplyDelete
  9. Kalau di Jawa, ada juga yang mmirip hotteok ini, teh..
    **tapi sayang aku lupa namanya, tapi menilik dari kemiripan bentuk sih yaa.. Kalau dari segi bahan, kayanya engga sama.

    Kelembutan pancake dan hotteok memang bikin enak dibuat menu sarapan atau cemilan.
    tw, yang di foto pertama hotteok-nya Ch*ngu cafe kah?
    Hehehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ho ada ya? hihi, menurutku hotteok ini juga sekilas mirip bakpia, tebalnya mitip tapi ukurannya lebih besar. Iyes betul Lendy, 100 buat tebakannya :)

      Delete
  10. Pancake dengan topping es krim tentu aku suka. Tapi sesuai dengan habitat aslinya yang mudah ditemukan sebagai jajanan street food, saya juga senang pancake yang biasa dijual di pinggiran jalan saja. Walau namanya kadang bukan 'pancake', tapi yang penting harga lebih murah. Hehe

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya :)
Untuk menghindari Spam yang masuk, komentarnya saya moderasi dulu ya. .