Menjalin Kemesraan Antara Netizen Dan MPR Di Acara Gathering Netizen MPR

Hari Senin, tanggal 11 Desember 2017 lalu, adalah hari yang istimewa untuk saya. Mewakili para netizen, saya bersama teman-teman dari komunitas Bloggerbdg,  hadir di acara gathering netizen MPR (Majelis Permusyawaratan Rakyat) yang diadakan di Hotel Aston Tropicana, Jalan Cihampelas, Bandung.

Teman-teman Bloggerbdg berfoto bareng ketua MPR RI Bapak Zulkifli Hasan di acara Gathering Netizen MPR 
Acara gathering netizen ngobrol bareng MPR RI kembali digelar untuk kedua kalinya di kota Bandung, setelah suksesnya gathering netizen pertama di bulan Mei 2017 lalu. Dan ini merupakan kali pertama saya bisa ikut hadir di acara tersebut, bisa bertemu langsung dengan ketua MPR RI, bapak Zulkifli Hasan, tentunya sebuah kebanggaan tersendiri untuk saya.

Ternyata saya ketemu teman satu almamater di jaman kuliah dulu, Teh Mira yang sengaja datang dari Purwakarta (paling kiri)

Netizen Itu Apa Sih?

Sebagian dari kita tentu sering mendengar tentang istilah netizen. Sebenarnya apa sih netizen itu? Netizen adalah sebutan yang ditujukan untuk warga Net. Netizen merupakan perpaduan dari kata citizen (warga) dan internet yang kemudian disebut sebagai warga internet. Kata netizen mengacu kepada seseorang yang aktif terlibat dalam komunitas internet pada umumnya.

Blogger Sebagai Bagian Dari Netizen

Hampir dua tahun terakhir ini saya menikmati kegiatan sebagai seorang blogger. Ya, blogger merupakan sebuah profesi yang erat kaitannya dengan aktifitas menulis di internet. Melalui tulisan saya bisa berbagi dan mencurahkan isi pikiran yang ada di dalam kepala. Mengunggah dan membagikan tulisan tersebut di dunia maya, sehingga bisa diakses dan dibaca oleh seluruh warganet yang membutuhkan informasi tersebut.

Diantara berbagai macam serbuan informasi yang beredar di internet, mulai dari berita ringan, berita politik hingga berita hoax. Internet memang tak bisa lepas dari kehidupan kita sehari-hari, dan sebagai pengguna aktif internet kita harus bijak dalam mengakses, menggunakan dan menyebarkan semua informasi yang berasal dari internet.

Ada Apa Antara Bloggerbdg Dan MPR?

Sebagai bagian dari netizen, komunitas Bloggerbdg memiliki peran penting dalam menyuarakan berbagai macam kegelisahan yang sedang terjadi di masyarakat. Maka, MPR sebagai wakil rakyat ingin merangkul para netizen khususnya para blogger yang diwakili oleh komunitas Bloggerbdg, untuk menyampaikan isu-isu persatuan kepada masyarakat. 

Melalui gathering netizen ini, bloggerbdg bersama MPR bertemu dan duduk bersama untuk membahas isu-isu hangat yang sedang terjadi di masyarakat saat ini. Dan isu-isu tersebut diolah dan ‘disuarakan’ kembali melalui media internet, baik melalui blog maupun platform media sosial seperti twitter, facebook dan instagram. Sehingga dapat diakses dan dibaca langsung oleh para netizen. #inibaruindonesia #netizenmpr #netizenbandung

Karena tak dapat dipungkiri, di jaman sekarang masyarakat lebih cenderung memilih untuk mengakses informasi melalui internet dibandingkan melalui media lain seperti televisi atau buku. Bisa jadi informasi yang beredar melalui internet, bersifat lebih update dan lebih interaktif, sehingga masyarakat bisa melakukan feedback (umpan balik) secara langsung, dengan cara memberikan masukan atau komentar positif. Apalagi mengingat posisi MPR sebagai badan legislatif tertinggi di pemerintahan, yang seolah tak ‘terjangkau langsung’ oleh masyarakat.

Nah, di acara gathering netizen MPR ini, ‘jarak’ yang ada antara warga dan wakil rakyat seolah hilang dan mencair. Kenapa demikian? Karena di sesi bincang netizen MPR ini, ketua MPR RI, Zul Hasan berhasil membangun suasana santai dan akrab, beliau membuka sesi bincang-bincang dengan memberikan kesempatan langsung kepada para netizen (bloggerbdg) untuk bertanya mengenai segala macam permasalahan yang sedang dihadapi dan terjadi di masyarakat.

Tentu hal tersebut mengundang antusias dari para peserta, hingga 10 pertanyaan pun meluncur dari para blogger, ditujukan dan dijawab langsung oleh pak Zul. Bentuk pertanyaan yang diajukan sore itu meliputi berbagai macam hal seperti masalah kelangkaan gas 3kg, masalah royalty penulis, hingga seputar masalah politik yang sedang terjadi di negeri ini.

Bapak Zulkifli Hasan, selaku ketua MPR RI hadir di acara gathering netizen didampingi oleh sekjen MPR bapak Ma’ruf Cahyono 
Di sesi bincang netizen MPR yang cukup singkat ini (sekitar 60 menit), pak Zul juga mengulas tentang perjalanan era reformasi yang sudah berjalan selama hampir 20 tahun, serta ajakan untuk menjahit kembali merah putih yang terkoyak, mengingat saat ini Indonesia menghadapi berbagai macam masalah dan tantangan yang mengancam keutuhan dan kesatuan bangsa. 




Masukan Untuk MPR Ke Depan

Memasuki era digital seperti sekarang ini, netizen memiliki peranan penting dalam menyuarakan berbagai macam hal yang sedang terjadi di masyarakat. Dan langkah MPR mengadakan program gathering netizen ini, merupakan salah satu langkah yang cukup tepat. Merangkul para netizen untuk selalu peduli dan waspada akan isu-isu sosial yang beredar di masyarakat. Belajar menyikapi semua permasalahan dengan kepala dingin dan tenang, tanpa terprovokasi, karena semua masalah yang sedang terjadi di tengah-tengah kita akan kembali pada diri kita sendiri, tergantung bagaimana cara kita menyikapinya.

Semoga MPR mengadakan lebih banyak lagi program-program sosialisasi yang bisa mendekatkan masyarakat pada MPR sebagai wakil rakyat. Sehingga sudut pandang masyarakat terhadap MPR tetap positif dan terjaga. Terima kasih untuk terjalinnya kemesraan antara netizen dan MPR.

Semoga bloggerbdg sebagai bagian dari anak muda Indonesia bisa ikut berkontribusi mempertahankan kesatuan dan persatuan bangsa karena Indonesia masa depan adalah optimisme anak muda hari ini !

 

Comments

  1. Acaranya bentar,kesannya dalam ya,Teh 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener banget..cukup singkat tapi tak terlupakan :)

      Delete
  2. Acaranya seru dan sangatberkesan ya, aku jadi kenal saya Gita deh lewat acara ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai teh Rani..its nice to know you too..makasi ya teh Rani tuk sesi pulang barengnya :)

      Delete
  3. Kelihatannya acaranya seru ya. Sayang nih aku gak bisa ikutan

    ReplyDelete
    Replies
    1. ho iya..sayang teh die pas ga ikutan ya..acaranya singkat padat dan seru :)

      Delete

Post a Comment

Popular posts