Skip to main content

Posts

Showing posts from March, 2014

Makanan Khas Kota Palu, Sup Kaledo

Ada yang bilang kalo berkunjung ke sebuah kota tentu tak lengkap apabila tak mencicipi makanan khasnya.

Dan saya beruntung, ketika mengunjungi kota Palu, Sulawesi Tengah, pada 2011 lalu. Saya sempat mencicipi sajian khas kota Palu yaitu sup Kaledo. 

Bersama suami saya mencicipi semangkuk sup Kaledo yang rasanya gurih, asem-asem pedes gitu deh. Beneran bisa bikin mata yang lagi ngantuk langsung melek. Seger bangeet.  Apalagi saat itu perut saya udah keroncongan belum makan siang. Sepiring nasi putih plus semangkuk sup kaledo pun habis tandas disantap hihi.

Sekilas sup Kaledo ini mirip sop buntut. Namun yang membedakan adalah ukuran tulangnya, ya iya lah tulang buntut dan tulang kaki pasti beda dong hehe. Saya pun jadi penasaran apa saja sih rempah-rempah yang ada di dalam sup kaledo tersebut.

Ternyata bahan-bahan yang digunakan untuk membuat sajian sup Kaledo tidaklah sulit. Selain daging dan tulang kaki sapi sebagai bahan utama, dibutuhkan rempah-rempah seperti asam jawa muda (supaya kuah…

nola, khalil dan daurin

Sabtu sore, buka-buka koleksi foto di laptop, eh, ga sengaja nemu foto ini :)

Foto 3 anak kecil yang bikin saya jadi kangen sama mereka. 
Nola, Daurin dan Khalil, mereka bertiga adalah 3 orang anak kecil alias anak tetangga ketika saya tinggal di komplek Griya Tata Asri, Makassar.









Mereka bertiga mempunyai ciri khas masing-masing. lucu, menggemaskan dan ada-ada aja, maklum namanya juga anak kecil.

Nola, Daurin dan Khalil hampir tiap hari datang ke rumah, hanya tuk sekedar main.

i miss them :D



Berkunjung ke Trans studio

Trans studio merupakan sarana hiburan indoor terbesar yang ada di Indonesia.
Pertama kali di bangun di Kota Makassar, dan resmi dibuka pada sekitar akhir tahun 2009.

Dan sekarang Trans studio sudah hadir di kota Bandung.
Trans studio Bandung berada di mall BSM (Bandung Super Mall) di jalan Gatot Subroto sedangkan trans studio Makassar berada di daerah tanjung bunga, dekat pantai losari.

Dan, sebagai warga kota bandung, jujur baru bulan lalu saya masuk ke trans studio bandung,hehe, itu pun dalam rangka acara Family Gathering yang diadakan oleh kantor tempat suami saya bekerja.

Sedangkan tuk Trans studio makassar, saya pernah mengunjungi beberapa kali ketika saya sedang tinggal di kota Makassar.
Pertama kali kesana yaitu sekitar bulan ramadhan tahun 2009, saya dan suami penasaran pengen tahu seperti apa sih sarana hiburan indoor berkelas dunia yang dibuat di lahan seluas 2,7 hektar itu.




Saat itu ketika baru pertama kali dibuka, walaupun keseluruhan pembangunan mall belum beres semua, jumlah…

Buah Srikaya

Entah kenapa, saat itu penjual buah pinggir jalan ini begitu menarik perhatian saya, foto ini saya ambil ketika melewati sebuah jalan di kota Makassar. 
Saya tidak ingat lagi nama jalannya tapi yang masih saya ingat, jalannya terletak di sekitar mal karebosi, setelah hotel singgasana, di sepanjang jalan tersebut banyak berjajar penjual buah.



Tampilan buah-buahan yang disusun bertumpuk seperti itu mempunyai daya tarik yang terlihat tampak natural.
Diantara buah-buahan yang terpajang, ada satu buah yang cukup istimewa buat saya, yaitu buah srikaya.
seumur hidup saya baru menjumpai wujud asli buah srikaya ini ketika saya tinggal di Makassar.

Sebelumnya saya hanya mendengar namanya saja tanpa mengetahui wujud asli buahnya.
dan yang saya tau,ketika saya kecil, srikaya itu merupakan nama makanan yang sering dibuat oleh ibu saya dan terbuat dari roti tawar.

ini dia wujud si buah srikaya :