Makanan Khas Kota Palu, Sup Kaledo

Ada yang bilang kalo berkunjung ke sebuah kota tentu tak lengkap apabila tak mencicipi makanan khasnya.

Dan saya beruntung, ketika mengunjungi kota Palu, Sulawesi Tengah, pada 2011 lalu. Saya sempat mencicipi sajian khas kota Palu yaitu sup Kaledo. 

Bersama suami saya mencicipi semangkuk sup Kaledo yang rasanya gurih, asem-asem pedes gitu deh. Beneran bisa bikin mata yang lagi ngantuk langsung melek. Seger bangeet.  Apalagi saat itu perut saya udah keroncongan belum makan siang. Sepiring nasi putih plus semangkuk sup kaledo pun habis tandas disantap hihi.

Sekilas sup Kaledo ini mirip sop buntut. Namun yang membedakan adalah ukuran tulangnya, ya iya lah tulang buntut dan tulang kaki pasti beda dong hehe. Saya pun jadi penasaran apa saja sih rempah-rempah yang ada di dalam sup kaledo tersebut.

Ternyata bahan-bahan yang digunakan untuk membuat sajian sup Kaledo tidaklah sulit. Selain daging dan tulang kaki sapi sebagai bahan utama, dibutuhkan rempah-rempah seperti asam jawa muda (supaya kuah sup tetap berwarna bening), jahe, serai, cabe rawit hijau dan jeruk nipis. Plus sedikit garam dan bumbu penyedap. Pantesan rasa kuahnya gurih n seger banget.

Dan saking nikmatnya, saya sampe lupa memotret sup Kaledonya deh haha...rasa sup Kaledo remang juara n bikin nagih 😋.

Oya tuk yang punya penyakit darah tinggi atau kolesterol sebaiknya tidak mengkonsumsi sup Kaledo dalam jumlah yang berlebihan. Karena tekstur kuahnya yang sangat gurih dikhawatirkan bisa memicu kambuhnya penyakit tersebut.

Maka setelah kita menyantap sup kaledo, kami pun mampir ke sebuah warung untuk minum air kelapa hehe.



Kalo jalan-jalan ke kota Palu jangan lupa makan sup Kaledo yaa..
Baca juga : Wisata Kuliner Makassar - Pepes Ikan Serui

Comments

Recent Posts