Tuesday, May 22, 2018

Restoran Arab The Food Opera Hadir Kembali Di Kota Bandung

Begitu mendengar nama jalan Riau, Bandung, setiap pecinta wisata kuliner tentu sudah tak asing lagi dengan nama jalan tersebut. Ya, jalan Riau yang memiliki nama resmi sebagai jalan LL RE Martadinata ini  memang sudah terkenal sebagai wilayah kuliner dan wilayah belanja pakaian (factory outlet area) Bandung.

Dari ujung Riau (perempatan mal BIP) hingga ujung Riau satu lagi (perempatan Ahmad Yani), berjajar berbagai macam restoran yang menyajikan sajian kuliner mulai dari makanan khas lokal hingga makanan restoran ala Eropa.

Namun banyak yang belum tahu, kalo masih di seputaran jalan Riau terdapat sebuah jalan bernama jalan Gandapura (tak jauh dari Taman Pramuka), yang sekarang mulai berkembang menjadi area kuliner juga.

Sebut saja beberapa destinasi kuliner favorit yang ada di jalan Gandapura seperti Pizza Hut, Giggle Box,  The Larder at 55, Pinch Of Salt, toko kue Bawean, toko kue Delfino dan masih banyak lagi.

Dan mulai bulan Mei 2018 ini, di jalan Gandapura tersebut hadir sebuah ‘restoran lama rasa baru’ yang menawarkan sajian khas Arab yaitu The Food Opera Bandung.



The Food Opera Jalan Gandapura No 27 Bandung

Bagi kamu para pecinta kuliner Bandung tentu pernah mendengar nama restoran The Food Opera sebelumnya. Resto The Food Opera memang pernah hadir di kota Bandung (pernah buka di jalan Dago dan Taman Sari), hingga kemudian mulai 21 Mei 2018 resto The Food Opera Bandung resmi buka kembali di kota Bandung dan berlokasi di jalan Gandapura no 27 (tak jauh dari resto dan toko kue Bawean).

Dan saya senang sekali sudah berkunjung kesana, mencicipi sajian makanan khas Arab (Arabian cuisine) ala resto The Food Opera. Wihh rasa makanannya mantap banget lho. Sangat pas di lidah saya.   


Karena selain dimasak oleh para chef berpengalaman yang telah lama  bekerja di Timur Tengah, rasa makanan khas Arab yang ada di The Food Opera memang sudah dimodifikasi / disesuaikan dengan lidah orang Indonesia.

Pilihan Menu di The Food Opera Bandung 

Menu di restoran Arab tentu tak jauh dari makanan berbahan dasar daging kambing, namun manteman ga usah khawatir karena selain menu berbahan dasar kambing, The Food Opera Bandung juga menyediakan menu lain yang berbahan dasar daging sapi dan daging ayam.

Jadi kita ga usah ragu kalo mau ngajak anak-anak yang belum tentu suka makanan berbumbu ala makanan Arab, karena The Food Opera juga menyediakan menu seperti kentang goreng, chicken wings dan chicken nuggets.

Foto-foto makanan di buku menu The Food Opera sungguh bikin ngiler semua
Pilihan menu di The Food Opera memang sangat beragam (hampir 60 menu), yang terdiri dari : 

1. Makanan khas Arab (Arab cuisine) seperti nasi kebuli, nasi mandhi dan nasi briyani. Pilihan nasinya terdiri dari nasi lokal dan nasi Basmati. Nasi Basmati ini merupakan nasi khas Arab yang harganya bisa mencapai Rp 87.000/kg nya lho. Harga nasi Arab dibandrol mulai Rp 31.000 s/d Rp 65.500 per porsinya. Sedangkan untuk nasi plus lauk mulai Rp 89.500 s/d Rp 110.500.


Nasi kebuli yang gurih dengan kambing bakar, acar, topping kacang mete dan bawang goreng serta emping. Perpaduan cita rasa khas Arab yang sempurna

2. Special Package, merupakan paket istimewa yang disajikan dalam nampan dan bisa disantap oleh 5 orang. Wah seru nih..apalagi dimakannya di tempat bernuansa lesehan ala The Food Opera. Berasa di mana gituu hehe.

Area lesehan di The Food Opera Bandung

Menu nampan untuk 5 orang | foto by : Maria Soemitro
3. Special Grills
   Resto The Food Opera memiliki tagline 'Spesialis Daging Kambing Bakar'. Karena yang menjadi menu andalannya adalah kambing bakar muda yang dibakar menggunakan arang kayu dan aneka rempah-rempah asli Timur Tengah.

Harga kambing bakar di The Food Opera berkisar mulai Rp 100.500 s/d Rp 352.000, tergantung berat dagingnya (tersedia dalam ukuran 300gr, 500gr dan 1kg). Sedangkan untuk iga bakar kambing muda (Riyaz) dibandrol dengan harga Rp 89.500 (plus kentang goreng).

Menu Marrocan Lamb disajikan di atas hotplate | daging kambingnya lembut banget dan ga ada bau khas kambing sama sekali.
4. Khobus.
   Khobus ini adalah sebutan untuk roti khas Arab yang disajikan dengan pilihan rasa asin atau manis. Tuk pilihan rasa asin terdiri dari isian daging cincang, daging ayam dan daging kambing. sedangkan tuk khobus manis hadir dengan isian Chocomaltine plus pisang dan keju. hmm..khobus Chocomaltine ini rasanya juara banget. Rasa manisnya pas dan berhasil bikin saya ketagihan. Enaak.


My favorito Khobus Chocomaltine | rasa manisnya pas..bikin ketagihan | Rp 35.000

Oya tuk makanan ringannya, selain khobus, ada juga kebab, shawarma, sambosa, shorbah soup (soup kambing), roti jala & roti cane serta Salata (salad).


Shawarma isi daging sapi Rp 38.500


Roti jala kari kambing Rp 70. 000 | rasa kuahnya ada pedas-pedasnya gitu
Salad Turki ala The Food Opera

Salad Khadra yang terdiri dari mixed fresh vegetables, salad  oil and lemon juice | Rp 25.000

5. Aneka Minuman
    Menu minuman yang ada di The Food Opera pun cukup beragam mulai dari aneka teh, aneka minuman dingin dan minuman hangat, aneka frappe, yoghurt, fresh juice dan mocktail.


Teh Arab alias Syal Adhani


Aneka Minuman bersoda


Minuman dengan rasa mint yang unik


Mocktail dengan nama Kimo Ino terdiri dari potongan buah naga dan buah kiwi..hmm segerr | Rp 49.500
6. Desserts
   Untuk makanan penutupnya (desserts), The Food Opera menyediakan beberapa pilihan seperti puding caramel, ice cream aneka rasa, fruity yogurt, Cremme brulle dan Ummi ali. hmm nama yang terakhir itu lucu juga ya..Arabian banget hehe, tapi sayang waktu itu saya ga sempet coba dessertnya.

Mungkin itu pertanda kalo saya harus balik lagi ke The Food Opera nih, soalnya mulai tanggal 21 mei s/d 27 mei 2018, The food opera memberikan promo opening diskon sebesar 50% untuk semua makanan (khusus makan di tempat / dine in).

Huaaa..mauuu.

Yuk ajak teman atau keluarga, makan bareng-bareng alias bukber di The Food Opera Bandung. Dan share disini bagaimana kesan-kesannya mencicipi makanan khas Arab ala Food Opera yang kalo menurut saya sih..juara banget.

Apalagi The Food Opera menyediakan fasilitas ruangan VIP yang muat untuk 12 orang dan juga fasilitas mushola yang nyaman dan bersih, yang bisa digunakan untuk sholat maghrib selepas berbuka puasa.

Oya kalo kesananya mau rame-rame jangan lupa reservasi dulu ya 😘

The Food Opera
Jl. Gandapura No 27 Bandung
Jam operasional          :  16.00 PM – 22.00 PM (selama Ramadhan)
                                         10.00 AM – 22.00 PM (hari biasa)
Reservasi & catering  : 0813.1222.3741
Instagram                      : @thefoodopera_bdg









20 comments

  1. Yup sama penasaran sama ummy Ali nya

    ReplyDelete
  2. menu nampan gede banget ya Teh, cocok tuh buat dimakan bareng2 satu gengs haha makanannya keliatan enaaakk semuaaa. kesalahan kan bacanya pas siang2 >.<

    ReplyDelete
  3. Duh masih pagi udah baca yang lezat gini, huhuhuh jadi gak sabar pengen buka bersama disana sama keluarga deh mumpung maish ada promo yah hahhaha

    ReplyDelete
  4. penasaran sama nasi basmatinya teh mihil bingits harga sekilonya hahaha

    cuss ah bukber disini yah

    ReplyDelete
  5. Pengeeen, belum pernah nyobain. Tampak menggoda

    ReplyDelete
  6. Iyaaa....enak banget ituuh...
    Aku penggemar olahan kambing.
    Yuumm~~

    Pedes gak siih, teh?
    Biasanya nasi kebuli atau nasi tomat suka kuat banget bumbunya.

    ReplyDelete
  7. Duh mupeng, jadi pengen bukber di sana

    ReplyDelete
  8. semuanya keliatan enaaakkk. Pengen ih kesana

    ReplyDelete
  9. Godaan banget baca review makanan siang siang gini tteh Gitaa. Bisa jadi referensi menu buka puasa nih kayanya

    ReplyDelete
  10. Aku ngecenk tempatnya git, nyaman banget yaaa..
    yuk ahh kesanaa antar akooh

    ReplyDelete
  11. Duh pengen lagi dateng kesini. Note banget klo pesen menunya 11aja ya biar nggak kemerkaan. 😅

    ReplyDelete
  12. Aduuuh, ngiler lagi weh. Jadi pengen ke situ deui jadinya. :D

    ReplyDelete
  13. Waah makanan Arab emang juara porsinya pasti kenyang pisan. Btw aku sering bikin roti jala sama kari dirumah.. mau coba juga ntr rasanya yang di the food opera ah, barangkali sama kek yang dirumah hahahaa

    ReplyDelete
  14. Waduuh...mampir ke sini, pas tengah hari. Ini perut langsung keroncongan. Apalagi lihat menu-menunya. Ingin kambing bakar, roti jala, shawarma...eh aneka minumannya juga pengeen...
    Laah, jadi mau semuanya gini hihihi

    ReplyDelete
  15. wah mbak, lagi puasa begini jadi ujian berat buat saya pas ngeliat nasi kebuli ama kambing bakarnya, haha

    ReplyDelete
  16. Jadi pengen balik lagi ke Food Opera ya, Teh. Hihi

    ReplyDelete
  17. Wah fotonya keren2 jadi bikin lapar.. jadi pengen ke sini lagi ya hahaha...

    ReplyDelete
  18. Waduh, bener2 pi-kabita-eun pisan ini mah Teh!
    Kapan2 harus pada kopdar di sana lah, aku meuni pengen nyobain :))

    ReplyDelete
  19. mupeeeng pengen nasi kebulinyaa, sayang ada di bandung yaaa

    ReplyDelete
  20. Duuh jadi pengen nyobain menu2 Arabnya... Kayaknya sedep2

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. :)
Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman.

Follow @sarrahgita On Instagram

© sarrah gita's blog. Made with love by The Dutch Lady Designs.