Rumah Zakat Berbagi Kebahagiaan Kepada Ribuan Anak Melalui Indonesia Mendongeng

indonesia mendongeng 2023

Mendengar kata dongeng, memori saya langsung terbang sejenak ke masa kanak-kanak dulu.

Sebuah momen sederhana namun sanggup meninggalkan kesan mendalam di ingatan hingga dewasa kini.

Ya selain menyenangkan, mendengarkan dongeng memiliki banyak manfaat bagi anak-anak.

Dongeng bisa menjadi sarana edukasi untuk merangsang kecerdasan anak, menambah kosa kata  sekaligus merangsang daya imajinasi anak.


Indonesia Mendongeng 2023

Sebagai bagian dari salah satu program tahunannya di bidang pendidikan, Rumah Zakat pun  mengadakan sebuah event bertajuk Indonesia mendongeng.

Sebagai informasi, Rumah Zakat sudah rutin menyelenggarakan event Indonesia Mendongeng ini sejak 2013 silam.

Awalnya Indonesia mendongeng merupakan kegiatan kolaborasi dengan LKG TPQ (Lembaga Koordinasi Gerakan Taman Pendidikan AlQuran) Solo Raya namun terus berlanjut dan meluas ke berbagai wilayah lainnya di berbagai kota di Indonesia.

Tahun ini, tepat menginjak 1 dekade Indonesia mendongeng, acara yang melibatkan ratusan santri ini akan diadakan serentak di 57 titik di 29 kota dan kabupaten yang tersebar di 17 provinsi di seluruh Indonesia.

Sebagai puncaknya acara Indonesia Mendongeng 2023 akan diadakan di taman margasatwa Ragunan, Jakarta yang akan dihadiri oleh sekitar 1000 anak.

Jumlah total anak yang selalu antusias hadir mendengarkan kisah dongeng dari kakak-kakak pendongeng setiap tahunnya mencapai hingga puluhan ribu anak.


Tema Indonesia Mendongeng 2023

Indonesia mendongeng rutin diadakan pada tanggal 25 desember setiap tahunnya.

Nah di tahun 2023, Rumah Zakat mengangkat tema Cinta kepada Sesama dan Alam Semesta.

Tema ini bermakna agar tumbuh rasa cinta kepada sesama ummat dan alam semesta di dalam diri para anak anak dan santri TPQ (Taman Pendidikan Alquran).

press conference indonesia mendongeng
Bpk. M Sobirin - Chief Programme Officer Rumah Zakat (tengah) dan Bpk.Razi Izatul Yazid - (kanan)
di acara pers conference Indonesia Mendongeng Jumat, 22 Desember 2023

Bapak Al Razi Izzatul Yazid selaku Kepala Divisi Humanitarian Rumah Zakat pun menyampaikan bahwa, perjuangan warga muslim di Palestina akan menjadi salah satu tema yang disampaikan dalam dongeng kepada anak-anak.

Selain ikut bersuara dan berdoa bersama, Rumah Zakat juga mengajak anak-anak untuk belajar bersodaqoh dengan ikut menyisihkan sebagian hartanya untuk infaq terbaik bagi saudara muslim di Palestina.


Sekilas Tentang Rumah Zakat

kantor rumah zakat
Kantor pusat Rumah Zakat berlokasi di jl. Turangga no 33, Buahbatu, Bandung

Rumah Zakat yang memiliki kantor pusat di kota Bandung ini merupakan sebuah lembaga filantropi yang mengelola zakat, infak, sedekah serta dana sosial lainnya.

Rumah Zakat memiliki banyak program-program pemberdayaan masyarakat.

Program-program pemberdayaan tersebut direalisasikan melalui empat rumpun utama yaitu Senyum Juara (Pendidikan), Senyum Sehat (Kesehatan), Senyum Mandiri (pemberdayaan ekonomi) serta Senyum Lestari (inisiatif kelestarian lingkungan).

Berkaitan dengan peristiwa kemanusiaan di Palestina, hingga saat ini Rumah Zakat sudah menyalurkan banyak bantuan berupa puluhan ribu paket makanan siap saji (termasuk ribuan kaleng kornet Superqurban), ribuan paket obatan-obatan serta hygiene kit ke RS Gaza, ratusan pakaian pakaian musim dingin.

 Selain itu Rumah Zakat juga sudah mengirimkan 3  truk kontainer bermuatan full logistic dari Cairo-Gaza, 3.500.000 liter air bersih, dan ⁠2 titik desalinasi air laut.

Untuk pekan ke 3 dan ke 4, Rumah Zakat akan menyalurkan 10.000  makanan siap saji, 1000 food basket, 2400 sandang musim dingin, 2 titik Aksi siaga sehat, 1 unit  mobil ambulans dan 2 unit Desalinasi Air Bersih.


2 Comments

  1. Baguus acaranya 👍. Setidaknya dengan dongeng anak2' biasanya selalu cepat mengingat sesuatu. Termasuk kalo diajarkan ttg berbagi, sedekah dan zakat dalam bentuk dongeng kan.. mereka pun jadi paham ttg sejarah Palestine nantinya.

    Jadi tertarik juga utk tahu ttg rumah zakat ini..biasanya aku pun menyalurkan zakat melalui lembaga kemanusiaan yg sudah terdaftar dan terprcaya mba. Lebih BGS lagi kalo sudah direview banyak orang seperti ini. Jadi makin yakin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mba Fanny, konsep acara mendongeng yang diselenggarakan Rumah Zakat ini menarik dan sangat edukatif. Terbukti udah berjalan selama 10 tahun

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya :)
Untuk menghindari Spam yang masuk, komentarnya saya moderasi dulu ya. .