Friday, December 9, 2016

Closing meeting proyek JUARA (Jaringan Usaha Ramah Anak)

Bandung yang merupakan salah satu kota dari daftar 10 kota tujuan wisata di nusantara memiliki daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Banyaknya tempat wisata yang ada didukung pula oleh banyaknya tempat penginapan (hotel) dan restoran sebagai sarana penunjang yang saling berkaitan satu sama lain. Walaupun sekarang jarak dari kota Jakarta ke Bandung bisa ditempuh dalam waktu sekitar 2 jam yang memungkinkan untuk pulang pergi, tapi tetap saja banyak wisatawan yang ingin menghabiskan waktu berlibur bersama keluarga terutama anak-anak dengan menginap di hotel.

Namun disadari atau tidak masih banyak hotel di kota Bandung yang belum memperhatikan hak anak, seperti misalnya belum tersedianya fasilitas yang ramah anak seperti fasilitas keamanan untuk anak, makanan yang cocok dikonsumsi oleh anak, fasilitas bermain untuk anak dan lain sebagainya. Dalam hal ini anak merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari pengunjung hotel dan restoran yang ingin menghabiskan waktu berlibur bersama anggota keluarganya di hotel atau restoran.

Save The Children sebagai salah satu organisasi yang bergerak di bidang kepedulian sosial tentang anak merasa peduli dan menaruh perhatian lebih  ingin bekerjasama dengan pemerintah Indonesia untuk melaksanakan program JUARA yaitu program Jaringan Usaha Ramah Anak.


Program Jaringan Usaha Ramah Anak dengan tema ‘Children’s Rights and Business Principles (CRBP) merupakan perjanjian kerjasama antara pemerintah Indonesia dengan negara Denmark untuk mempromosikan prinsip dunia usaha dan hak anak. Dimana penandatanganan kerjasama tersebut diwakili oleh pihak PHRI (Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia) Jawa Barat selaku asosiasi yang menaungi perhotelan dan restoran di Indonesia bekerjasama dengan organisasi Save The Children Denmark melalui yayasan Sayangi Tunas Cilik (partner dari organisasi Save The Children).


Kami ikut mendukung program JUARA


Children’s Right and Business Principles (CRBP)

CRBP merupakan inspirasi dan panduan bagi dunia usaha dalam berinteraksi dengan anak karena dengan mengimplementasikan CRBP dalam dunia usaha, banyak MANFAAT yang bisa diperoleh, antara lain :

  1. Membangun reputasi yang baik untuk perusahaan
  2. Berkontribusi untuk usaha/bisnis yang berkelanjutan
  3. Membantu untuk mendapatkan dukungan lebih dari masyarakat dan karyawan
  4. Mengembangkan pekerja yang berbakat untuk meneruskan / menjalankan perusahaannya.


Yayasan Sayangi Tunas Cilik ( Partner of Save The Children).


Yayasan Sayangi Tunas Cilik sejak November 2014 mulai melakukan kegiatan penggalangan dana publik melalui program Save The Children. Program penggalangan dana ini dilakukan untuk mencari dukungan dari donator individu yang ingin berkontribusi langsung membantu program-program Save the Children di Indonesia.

Kegiatan penggalangan dana yang dilakukan oleh Save the Children- yayasan Sayangi Tunas Cilik adalah :

  1. Program Face to face Fund Raising, yakni kegiatan penggalangan dana yang dilakukan di pusat perbelanjaan (mal) atau tempat public lainnya. Staff Save the Children – yayasan Sayangi Tunas Cilik menggunakan seragam resmi (memakai rompi merah dan kartu pengenal / ID card) serta menggunakan sarana penunjang komunikasi (booth untuk display program Save the Children- yayasan Sayangi Tunas Cilik) dan mendapatkan izin resmi untuk melakukan kegiatan penggalangan dana dan melakukan sosialisasi program-program save the Children – yayasan Sayangi Tunas Cilik dari pengelola mal atau tempat public lainnya.
  2. Online donasi melalui website www.savethechildren.or.id atau http://donations.savethechildren.or.id
  3. Telefundraising, yakni kegiatan penggalangan dana yang dilakukan melalui program telemarketing dengan nomor telepon 021- 300 5787.


Tim fund raising (penggalangan dana) Save the Children – yayasan sayangi Tunas Cilik hanya melakukan kegiatan resmi seperti yang diinformasikan diatas. Untuk informasi lebih lanjut terkait kegiatan fund raising Save the Children – yayasan Sayangi Tunas Cilik bisa menghubungi nomor telepon 021- 781 2336 atau melalui email ke DonorServices.ID@savethechildren.org. Dan untuk kantor perwakilan yayasan Sayangi Tunas Cilik cabang Bandung ada di Jl. H.Kurdi Timur I no 1 (daerah Mohamad Toha) dengan nomor telepon 022- 520 3594.


Sekilas mengenai organisasi Save the Children

Save The Children merupakan organisasi internasional independen di bidang anak yang bekerja di Indonesia sejak tahun 1976. Melalui dukungan jangka panjang serta dukungan darurat selama hampir 40 tahun, organisasi Save The Children bekerja untuk meningkatkan kualitas hidup anak-anak demi masa depan yang lebih cerah.
Save the Children berada di lebih dari 120 negara termasuk Indonesia salah satunya dan Save the Children sudah menjalankan program di 12 propinsi di seluruh Indonesia mulai dari Aceh, Jawa, Sulawesi sampai ke Nusa Tenggara Timur.

Yuk dukung kegiatan yang berkaitan dengan anak-anak dengan mem- follow akun media sosial Save The Children

Acara closing Meeting Proyek JUARA (Jaringan Usaha Ramah Anak).

Program Jaringan Usaha Ramah Anak merupakan program 3 tahun, kerjasama antara pemerintah Indonesia dengan negara Denmark yang ditandatangani pada  tanggal 17 Desember 2014 lalu. Dan pada Rabu, 07 Desember 2016 bertempat di aula Graha Tirta Siliwangi program kerjasama antara Save The Children dengan PHRI resmi berakhir.

Dalam pidato sambutannya, bapak Herman Muchtar selaku ketua PHRI Jawa Barat mengharapkan supaya program Jaringan Usaha Ramah Anak ini dapat terus berlanjut. Karena sayang sekali, dari sekitar 300 hotel dan 600 restoran yang ada di Jawa Barat, baru sekitar 5% alias 52 hotel dan restoran yang mengikuti program Juara ini.
Apabila selama 3 tahun ini program Juara tersebut didanai oleh pihak DANIDA (Denmark) maka untuk dapat meneruskan program ini sudah selayaknya pemerintah mengalokasikan dana khusus misal dari dana APBD.

Bapak Herman Muchtar selaku ketua PHRI Jawa Barat memberikan sambutan pertama di acara closing meeting proyek JUARA (Jaringan Usaha Ramah Anak) di Graha Tirta Siliwangi, Bandung


Dalam program JUARA (Jaringan Usaha Ramah Anak), Save the Children ini sudah ada 52 hotel dan restoran di Jawa Barat yang ikut berpartisipasi, diantaranya yaitu : Hotel Papandayan, Hotel Santika, Hotel Panghegar, Hotel Horison, Hotel Mason Pine dan hotel-hotel lainnya termasuk diantaranya 4 restoran yaitu Warung Pasta, Sindang Reret, Bober Café dan Bebek Garang.


Baca juga : Daftar hotel di Bandung yang menyediakan sarana bermain untuk anak

PHRI telah menunjukkan komitmennya untuk mendukung upaya bisnis ramah anak dengan menjadi mitra strategis dalam pembuatan toolkit ICC-CSR (Integrated Child Center - Corporate Social Responsibility) diantaranya dengan membentuk kelompok kerja yang terdiri dari lima penasehat yang mewakili manajemen hotel, pemilik hotel, asosiasi hotel dan Sekolah Tinggi pariwisata (STP) Terdapat lebih dari 20 hotel dan restoran yang berperan aktif dalam proses penyusunan toolkit ini untuk memastikan bahwa toolkit yang disusun benar-benar sesuai dengan kebutuhan..

2 comments:

  1. seru banget ya,
    kapan diadakan lagi event seperti ini ya?
    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nih, program seperti jaringan usaha ramah anak ini sebaiknya terus diadakan..semoga ya :)

      Delete