Thursday, October 4, 2018

Solusi Sakit Maag Bagi Penikmat Kopi Masa Kini

Solusi sakit maag bagi penikmat kopi masa kini - Setuju ga sih kalo kopi adalah salah satu jenis minuman yang menjadi favorit banyak orang? Terbukti dengan semakin banyaknya coffee shop yang tumbuh dan menjamur di beberapa kota besar. Termasuk Bandung salah satunya.

Kopi memang sedang menjadi trend di kalangan anak muda jaman sekarang. Selain cocok dikonsumsi kapan pun, pagi, siang ataupun malam hari, kopi bisa menjadi minuman penyemangat di sela-sela rutinitas aktifitas harian yang terasa menumpuk. 

Selain itu kopi juga dianggap sebagai minuman yang cantik untuk difoto alias instagramable hehe. Karena ada beberapa orang teman saya yang sengaja memesan kopi hanya untuk kepentingan foto saja. haha. (baca : kelakuan emak-emak jaman sekarang).



Kebiasaan minum kopi memang tidak bisa lepas dari kehidupan masyarakat jaman sekarang. Faktor gaya hidup mendorong orang-orang untuk mengkonsumsi kopi dalam jumlah berlebih, tuntutan pekerjaan dan tingkat stress yang tinggi dalam kehidupan sehari-hari pun disinyalir bisa menjadi penyebab penyakit maag.

Chung Yang seorang professor terkemuka dan John L Colaizzi selaku ahli farmasi pun mengatakan bahwa generasi milenial mengkonsumsi kopi lebih banyak daripada generasi lain, dengan tujuan untuk meningkatkan produktifitas mereka.

Solusi Sakit Maag Ala Barista Muhammad Aga

 

Nah berkaitan dengan kopi dan solusi sakit maag, pada 01 oktober lalu (yang juga diperingati sebagai hari kopi interternasional), bertempat di Noahs Barn, salah satu coffee shop hits di Bandung, saya berkesempatan untuk mendengarkan langsung cerita Muhammad Aga, seorang barista professional yang bisa mencicipi kopi sampai 16 gelas setiap harinya. wow.

Ya, setiap pagi sebelum kedai kopi dibuka, seorang barista harus melakukan kalibrasi mesin kopi dan mencicipi beberapa gelas kopi. Dan hal tersebut merupakan sebuah tantangan bagi Aga.


Fyi Aga ini adalah seorang barista muda yang berhasil meraih juara 1 dalam event Indonesia Barista Championship (IBC) 2018. Aga berproses dari sosok yang awalnya ga doyan kopi, kemudian secara tak sengaja karena kepepet belajar meracik kopi.

Hingga di tahun 2015 Aga pun memiliki coffee shop nya sendiri di Jakarta. Yang diberi nama Smith coffee Bar and Roastery. Saat ini coffee shop milik Aga tersebut akan bertambah menjadi 3 cabang. 

Prestasi mengagumkan lain yang ditorehkan Aga adalah ia berhasil menjadi wakil Indonesia mengikuti kejuaraan dunia barista international di Amsterdam. Dan meraih peringkat 17 besar dari 53 peserta yang ikut. Wow hebat ya.

Dari paparan yang disampaikan oleh Aga, saya mendapatkan banyak ‘pencerahan’ tentang kopi. Termasuk beberapa tips yang berhubungan dengan solusi sakit maag, yaitu :

  • Hindari minum kopi dalam keadaan perut kosong. Sudah menjadi kebiasaan bagi sebagian orang, mengkonsumsi kopi di pagi hari dalam keadaan perut kosong. Hal ini sangatlah tidak disarankan karena kandungan asam dalam kopi bisa memicu produksi asam lambung menjadi berlebih. Tak heran minum kopi dalam kondisi perut kosong bisa memicu rasa mulas dan gangguan di pencernaan. Dan bisa berimbas pada timbulnya gejala sakit maag di kemudian hari.


  • Pilih kopi dengan tingkat keasaman paling rendah. Untuk pecinta kopi sejati tentu kopi yang dipilih adalah kopi yang benar-benar kopi alias bukan kopi abal-abal yang dijual dalam bentuk sachetan itu lho. Hehe. karena kandungan kopi dalam kemasan sachet tersebut terbukti hanya sekian persennya saja, sedangkan selebihnya adalah gula #waduh #bukanrahasialagi. Nah dari jenis kopi yang kita kenal, ada jenis Arabica dan Robusta. 


Kalo ini kopi jenis apa ya kira-kira?
Untuk jenis Arabica diketahui memiliki kadar asam yang lebih rendah dibanding kopi jenis Robusta. Jadi ketika mau pesan kopi di coffee shop, supaya aman pilih aja kopi jenis Arabica ya. 
  • Kopi harus diolah dengan baik. Oya di acara #ceritadibalikbarista tempo hari, saya juga menyaksikan langsung bagaimana Aga meracik kopi, dari biji kopi utuh digiling menggunakan coffee grinder hingga halus, dan kemudian diseduh menggunakan alat bernama V60, (alat untuk menyeduh kopi yang berbentuk mirip corong).
 
Ternyata Barista M.Aga pernah muncul di film Filosofi Kopi lho

Aga pun menyampaikan bahwa kopi yang baru disangrai sebaiknya jangan langsung dikonsumsi, karena masih terdapat kandungan gas didalamnya yang bisa berpengaruh pada kondisi lambung kita, dan benar saja saya sempat melihat beberapa gelembung kecil (gas) di permukaan kopi yang baru diseduh tersebut.  Meracik kopi itu seperti terlihat sederhana, namun sebenarnya terdapat sebuah proses yang panjang karena dibutuhkan skill dan ilmu yang tepat untuk bisa mendapatkan rasa dan aroma kopi yang pas sesuai selera.
  • Sedia payung sebelum hujan. Adakalanya setelah minum kopi kita tiba-tiba mengalami beberapa gejala sakit maag seperti perut kembung atau rasa panas di perut bagian atas. Sebagai jaga-jaga selalu miliki obat andalan solusi sakit maag yang praktis dan siap konsumsi seperti promag cair. Promag memiliki kandungan hydrotalcite yang berfungsi untuk mengatasi gangguan asam lambung dan perut kembung. Senyawa obat ini dapat menetralkan asam lambung dan mengurangi tingkat keasaman dari isi lambung.

Ga heran kalo dari jaman saya kecil dulu sampe sekarang obat promag ini memang dikenal sebagai obat Promag ahlinya lambung. Tahun ini usia Promag sudah menginjak 45 tahun lho.

Dan Promag favorit saya sama kayak solusi sakit maag andalannya Aga nih, Promag cair kemasan sachet, praktis bisa sekali minum dan selalu selalu saya simpan di dalam tas buat jaga-jaga.

Solusi sakit maag praktis : Promag cair kemasan sachet | foto : IG @promag_id

Dan selain Promag cair dan promag tablet,  saat ini Promag total memiliki 4 varian obat untuk mengatasi sakit maag. Yaitu Promag cair, Promag tablet, Promag Fruity dan Promag Double Action.

Tuk Promag Fruity, jujur saya baru tahu sekarang, selain hadir dengan rasa baru yaitu rasa buah, Promag Fruity ini juga hadir dengan warna ungu cerah. Sekilas mirip permen ya?

 
Promag Fruity | foto : IG @promag_id

Sedangkan tuk Promag Double Action memiliki khasiat ganda dengan kandungan Magnesium Hidroksida yang efektif dalam menetralisir asam lambung dan bekerja lebih cepat.

Promag Double Action | foto : IG @promag_id

Jadi buat manteman penyuka kopi yang masih sering ngerasain gejala maag, udah tahu dong solusinya?

Salam,

                                                                                                                                                                                                             

2 comments

  1. Jadi paham cara minum kopi agar tidak terkena penyakit maag. Terimakasih mba.

    ReplyDelete
  2. Wow, sehari nyicip 16 gelas kopi, untung ada promag ya

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. :)
Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman.

Follow @sarrahgita On Instagram

© sarrah gita's blog. Made with love by The Dutch Lady Designs.