Pelatihan Digital Marketing Gratis dari Kominfo, Yuk Manfaatkan !

pelatihan digital marketing gratis

Seiring dengan meningkatnya penggunaan media digital oleh konsumen, dunia digital marketing pun semakin berkembang dan menjadi tren di kalangan masyarakat.

Tak heran saat ini banyak anak muda yang ingin memiliki profesi sebagai content creator.

Secara sederhana content creator adalah orang yang membuat konten dan konten tersebut kemudian mereka sebarkan ke berbagai platform media sosial. Seperti Youtube, Instagram, Tiktok, dan sebagainya.

Namun sebenarnya membuat content itu tidak hanya sekadar membuat konten semata. Karena faktanya masih banyak orang yang belum tahu bagaimana cara membuat content yang baik dan benar.

Termasuk saya sendiri, sudah sejak lama saya ingin belajar bagaimana cara membuat content video yang baik terutama cara mengedit video.

 

Ikut Pelatihan Video Content Creator untuk Tingkatkan Skill di Bidang Digital Marketing

pelatihan video content creator
#JadiJagoanDigital bareng Kominfo

Nah suatu hari ketika saya sedang scrolling Instagram, muncul postingan salah seorang teman yang memperlihatkan keseruan sebuah acara pelatihan Video Content Creator, yang diadakan oleh Kominfo (Kementrian Komunikasi dan Informasi), Bandung.

Jujur Saya langsung tertarik dan ingin ikut juga pelatihan tersebut.

Pelatihan Video Content Creator diadakan oleh Kominfo dan bisa diikuti oleh semua kalangan secara gratis.

Wah menarik banget ga tuh !

Tak dimungkiri saat ini content video lebih digemari oleh masyarakat karena video lebih menarik perhatian. Video menyajikan konten yang lebih lengkap (terdiri dari visual, teks dan auditori)

Saya pun merasa harus memanfaatkan kesempatan emas ini dengan cara langsung daftar ikut pelatihan video content creator.

 

Cara Mendaftar Pelatihan Video Content Creator (VCC) Gratis dari Kominfo

Gimana sih cara mendaftar pelatihan video content creator gratis dari Kominfo?

Siapapun bisa mengikuti pelatihan video content creator yang diadakan oleh Kominfo ini dengan syarat umum :

1. Memiliki KTP (WNI).

2. Berusia 17 hingga 49 tahun saat mendaftar. 

3. Minimal Pendidikan SMA/SMK atau sederajat dengan latar belakang pendidikan umum, serta

4. Memiliki social media (minimal Instagram).

Nah karena saya tinggal di kota Bandung, selanjutnya saya langsung mengisi formulir online yang tertera di bio profil laman Instagram @bpsdmp.kominfo.bdg

link pendaftaran pelatihan kominfo
BPSDMP Kominfo berfokus pada kegiatan pengembangan sumber daya manusia dan penelitian bidang komunikasi dan informatika.

Pelatihan Video Content Creator diadakan secara online dan offline di beberapa kota besar di Indonesia dan terdiri dari beberapa batch (kelompok).

Saya sendiri masuk sebagai peserta di pelatihan Video Content Creator batch 2 (VCC 2).

Sedangkan untuk syarat lainnya, semua peserta tentu saja harus memiliki smartphone dengan spesifikasi android atau IoS yang nantinya akan digunakan sebagai alat untuk praktek. 

Baca juga : Belajar Cara Bikin Vlog Pake Smartphone

Serta direkomendasikan menggunakan laptop  yang akan digunakan selama kegiatan live session.

 

Pelatihan Video Content Creator Batch 2 (Thematic Academy) di Bandung

Beberapa hari setelah mendaftar, saya menerima sebuah konfirmasi bahwa saya lolos seleksi administrasi dan mendapatkan kesempatan untuk mengikuti pelatihan video content creator batch 2 secara offline (tatap muka) Yeay ! 

Gedung Balai Kominfo, Bandung, berlokasi di jalan Pajajaran no 88, Bandung (sekitar 200m dari mal Istana Plaza)

Selama menunggu jadwal pelatihan yang sudah ditentukan, seluruh peserta pelatihan VCC2 yang trnyata berjumlah hampir 100 orang dikumpulkan dalam sebuah grup whatsapp. Wah ternyata lumayan banyak juga ya peminatnya.

Pelatihan Video Content Creator Batch 2, Bandung diadakan pada tanggal 04 Mei - 05 Mei 2023 

Pelatihan video content creator merupakan salah satu skema pelatihan dalam thematic academy, program digital talent scholarship yang betujuan membentuk keterampilan (skilling) angkatan kerja muda) dalam bidang produksi video untuk berbagai tujuan komunikasi dan pemasaran melalui media digital yang salah satunya mendukung sektor pariwisata di Indonesia.

Karena jumlah yang relatif banyak tersebut, maka semua peserta dibagi menjadi 3 kelas. Setiap kelas berjumlah sekitar 30 orang dengan satu orang pengajar.

Oya pelatihan VCC yang diadakan oleh Kominfo ini berlangsung selama 2 hari, mulai jam 8 sampai dengan jam 4 sore.

Lumayan padat karena materi yang diajarkan berupa teori sekaligus praktek. Tapi kamu ga usah khawatir, karena selama pelatihan semua peserta mendapatkan fasilitas berupa makan siang, camilan (snack) serta uang transport.

 

Materi yang Diajarkan di Pelatihan Video Content Creator 2 by Kominfo

materi pelatihan vcc2
sumber : pelatihan video content creator (thematic academy) by Kominfo, Bandung


Materi yang diajarkan di pelatihan VCC2 terdiri dari beberapa poin antara lain : 

1. Memahami prinsip-prinsip video content creator

2. Membuat perencanaan produksi konten video

3. Memproduksi konten video, mengedit video serta 

4. Mempublikasikan konten video di media digital.

Untuk aktivitas pelatihan sendiri terdiri dari sesi tatap muka (live session), sesi belajar mandiri (self paced learning) dan sesi project.

Selama proses pembelajaran peserta mendapatkan kesempatan untuk bertanya dan berinteraksi dengan pengajar di kelas dan pada saat live session.

Kelulusan peserta dalam pelatihan ditentukan dari penilaian pengajar terhadap aktivitas peserta dalam live session, belajar mandiri dengan membaca dan mempelajari modul -modul pembelajaran, mengerjakan project serta mengerjakan post test.

  

Kesan Setelah Mengikuti Pelatihan Video Content Creator


Peserta Pelatihan Video Content Creator batch 2 tahun 2023 (Kelas A) 

Setelah mengikuti pelatihan VCC2 saya merasa bersyukur dan senang sekali. Karena selain mendapatkan banyak ilmu berharga saya juga mendapatkan relasi baru, teman-teman dengan berbagai profesi yang aktif dan sama-sama semangat dalam belajar membuat konten.

Waktu 2 hari berjalan terasa singkat, karena suasana belajarnya juga relatif santai. Sesekali diselingi dengan aktivitas ringan yang menyenangkan seperti olahraga stretching bersama sambil diiringi lagu. Seru lho !

Oya Saya juga salut dengan sosok pengajar di kelas kami, teh Dahlia Febriana alias @lianajib (foto tengah), selain sebagai seorang content creator sekaligus founder @digimom.id. Ternyata beliau adalah seorang ibu muda dengan 2 anak yang meluangkan waktunya datang dari Cianjur untuk berbagi ilmu di bidang content creator. Inspiratif sekali.

Baca juga : Pentingnya Literasi Digital untuk Ibu Rumah Tangga

 

Kesimpulan

Semoga semakin banyak pelatihan-pelatihan di bidang digital marketing ataupun bidang lainnya  yang ditujukan bagi masyarakat luas di seluruh wilayah Indonesia. Baik gratis maupun berbayar, karena tak dimungkiri dukungan dari pemerintah sangatlah penting.

Nah, buat kamu yang juga ingin meng-upgrade skill di bidang digital marketing, yuk manfaatkan peluang emas dari Kominfo yang bekerjasama dengan dengan digitalent ini dengan cara langsung daftar di berbagai pelatihan yang diadakan setiap bulannya.

Selain pelatihan thematic (thematic academy) seperti cara membuat konten video, Kominfo juga mengadakan berbagai tema pelatihan lain seperti pelatihan pengenalan coding untuk anak SD dan SMP, pelatihan teknisi utama jaringan komputer (pelatihan bagi lulusan vokasi).

Pelatihan kewirausahaan digital dasar (ditujukan bagi para pelaku wirausaha & UMKM), pelatihan IT business analyst ( ditujukan bagi Aparatur Sipil Negara/ASN) serta pelatihan bagi mahasiswa dengan berbagai tema menarik lainnya.

Setiap peserta yang dinyatakan lulus setelah mengikuti pelatihan-pelatihan tersebut, berhak memperoleh sertifikat lho!

sertifikat pelatihan
Setelah ikut pelatihan dan dinyatakan lulus kamu bisa dapet sertifikat seperti ini sebagai modal di masa depan

So, ga ada kata terlambat untuk belajar ! karena kamu ga akan tahu hasilnya kalo ga mencoba. Yuk langsung aja cek infonya di laman Instagram BPSDMP yang ada di kotamu ya!

peserta pelatihan vcc 2
Generasi milenial dan Gen Z belajar bareng di pelatihan Video Content Creator | Yuk bisa yuk ! (Kika : Eva, Ari, Saya)

Semangaat!

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 





40 Comments

  1. Dari dulu pengen ikut pelatihan Coding, tapi belum ketemu waktu yang cocok ni, semoga suatu saat bisa mewujudkannya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang saya ikuti ini bukan pelatihan coding kak Sarah, melainkan pelatihan membuat content video. Tapi kalo mau ikutan pelatihan coding, BPSDMP juga menyediakan pelatihan tersebut.

      Delete
  2. Enak banget materinya cukup komplit ada teori, perencanaan, pembuatan, editing, hingga publishing. Video salah satu materi yang sebenarnya ingin saya kuasai juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul kak, materinya berupa materi dasar dalam membuat content video

      Delete
  3. Sangat menyenangkan melihat bahwa suasana belajar di pelatihan tersebut terasa santai dan dipenuhi dengan kegiatan menyenangkan seperti olahraga stretching sambil mendengarkan lagu. Ini menciptakan lingkungan yang mendukung kolaborasi dan kreativitas, yang pada gilirannya dapat meningkatkan pengalaman belajar.

    best regard,
    adipraa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul kak Adi, suasana pelatihannya santai banget. Jadi waktu dua hari pun ga berasa. Selain itu mayoritas pesertanya para gen Z, sedikit banyak saya jadi belajar soal kreativitas dalam membuat konten sama mereka

      Delete
  4. Wah mau ikutan ah. Auto meluncur nih, moga terpilih & bisa dapat ilmunya

    ReplyDelete
    Replies
    1. cuss ikutan kak Pipit, ilmunya related banget sama era digital jaman now

      Delete
  5. Keren banget dapat ilmu terbaik dan bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Semoga suatu saat saya bisa ikut join juga.

    ReplyDelete
  6. Pelatihan-pelatihan seperti ini cocok nih untuk diikuti. Karena di jaman sekarang gak cukup keterampilan digapai melalui institusi pendidikan aja, akan tetapi juga bisa upgrade diri melalui wadah wadah lain, salah satunya ya Digitalent Kominfo ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali kak Naufal, semoga pelatihan yang diadakan oleh Kominfo ini merata di seluruh daerah di Indonesia ya

      Delete
  7. Keren nih programnya Kominfo buat content creator supaya bikin kontennya bisa lebih maksimal ya kak.. Jadi tertarik juga buat bisa ikutan untuk upgrade skill lagi.. Seru banget ya walaupun padat jadwalnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul kak Dita, kalo dimaksimalkan konten bisa menghasilkan cuan yang lumayan. dan waktu 2 hari awalnya memang terasa padat, tapi setelah dijalani jadinya terasa singkat karena konsepnya 'serius tapi santai'

      Delete
  8. wah asyik nih, selain lokasi di Bandung materinya juga bagus. masih bisa ikutan nih Pelatihan Video Content Creator kominfo nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kuy ikutan teh Eka, pelatihannya ada batch2nya gitu, jadi tinggal daftar aja menyesuaikan dengan waktu kita bisanya kapan.

      Delete
  9. Kok aku jadi tertarik ya, Mbak? Coba deh nanti cek di akun medsos Kominfo Yogya sesuai domisiliku. Semoga tahun depan atau bulan berikutnya ada juga pelatihan kreator video seperti di Bandung ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kuy ikutan mba Hastin, jangan lupa nti share juga pengalaman ikut pelatihannya di blognya ya

      Delete
  10. Waaah bagus yaa pelatihannya. Kalau mau tau info terkait pelatihan ini bisa dilihat dimana yaa kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tuk info pelatihan bisa dilihat di website digitalent.kominfo.go.id kak

      Delete
  11. Menariknya! Aku suka nih kalau ada pelatihan kaya gini. Lumayan nambah ilmu. Cuma kadang tempatnya jauh. Jadi ya tetap pilih mana yang bisa kujangkau

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul banget kak, saya juga berharap semoga semakin banyak pelatihan gratis bermanfaat untuk masyarakat semacam ini yang ditujukan bagi semua kalangan masyarakat. Tuk lokasi tempat memang bervariasi ya kak sesuai wilayah masing2

      Delete
  12. Seseru itu memang ikut pelatihannya Kominfo. Selain ilmunya daging semua, pelatihnya juga orang-orang yang sudah ahli di bidangnya. Ditambah lokasi pelatihannya nyaman banget, karena diadakan di hotel.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah betul, tuk beberapa pelatihan memang ada yang diadakan di hotel. Kalo pas saya ikut, pelatihannya di kantor BPSDMP Kominfonya

      Delete
  13. Keren nih! Kominfo memang cocok banget mengadakan pelatihan di bidang seperti ini. Semoga semakin banyak pelatihan di bidang digital marketing yang didukung dan difasilitasi pemerintah ya. Dukungan dari pemerintah itu penting juga lho. Semoga kreator konten juga semakin berkualitas dan naik kelas.

    ReplyDelete
  14. Wah seru banget video content creator. Sering lihat infonya di Instagram, tapi memang paling enak kalau belajarnya secara offline, lebih puas gitu. Semoga saya ada kesempatan untuk ikutan pelatihan dari Digitalent ini. Bermanfaat banget

    ReplyDelete
  15. Aamiin, semoga makin banyak dan merata di seluruh daerah Indonesia ya, kak. Hehe
    Menarik sekali programnya pingin banget dapat kesempatan belajar digital marketing untuk jadi content creator profesional, apalgi yang gratis kaya gini, dan secara langsung.

    ReplyDelete
  16. Eh teh Gita ikutan Pelatihan Video Content Creator (VCC) Gratis dari Kominfo ini yaa..
    Anaknya temen juga ikutan, teh..
    Aku pikir, semua orang sekarang wajib banget memiliki skills bikin video yang menarik ya.. Karena eranya uda visual untuk menjangkau kalangan generasi alpha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Len, mayoritas peserta pelatihan ini ternyata para gen Z, aku jadi peserta paling senior deh wkwkwk. Tapi rapopo usia boleh lebih banyak yang penting masih semangat untuk belajar karena upgrade skill itu penting banget di era digital kayak sekarang.

      Delete
  17. menarik kegiatan seperti ini mbak, waktu itu aku juga mau daftar tapi taunya pas sudah lewat deadline.
    Next time sepertinya jangan sampai terlewatkan lagi
    dengan mendapat ilmu baru di dunia digital marketing, kita bisa terus mengexplore kemampuan diri juga ya, apalagi sekarang banyak banget peluang di dunia digital

    ReplyDelete
  18. Pelatihan ilmu-ilmu digital kian bertebaran ya. Banyak kesempatan yang bisa diambil asalkan kita tekun belajar. Termasuk pelatihan dari kominfo ini. Saya pun sempat coba apply yang kemarin diadakan oleh menparekraf tapi sayang belum tembus hehehe.

    ReplyDelete
  19. teh, ini khusus buat yang tinggal di Bandung? Atau domisili luar kota juga boleh ikutan daftar terus nanti via online pelatihannya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. di tiap kota ada teh. Teh Widya bisa coba cek jadwal pelatihannya di website digitalent.kominfo.go.id kalo pas pandemi pelatihannya ada yg online. kalo sekarang kurang hafal, apakah jadil full offline ato masih ada yg online nya

      Delete
  20. wah keren bgt, smoga bisa melakukan hal yg sama di kota2 lain, terutama di pulau kalimantan ya.. banyak bgt yg pengen belajar jd video kreator yang mahir

    ReplyDelete
  21. Belajar langsung seperti itu gak hanya mengasikkan bertemu dengan teman-teman baru, tetapi juga ilmu yang didapatkan gereget banget pastinya buat diterapkan sebagai blogger ya kak

    ReplyDelete
  22. Baru tau ni ada pelatihan sejenis ini, apa ada disemua kota di Indonesia ya mb jadi pengen ikutan 😍

    ReplyDelete
  23. Harus ttp semangat utk belajar ya kak, aplg di era digital kayak sekarang. Beruntung bgt bs ikutan event pelatihan begini,jadi nambah skill.

    ReplyDelete
  24. Seruuu kalau belajar dari banyak orang. Naah ketemu orang baru juga bisa nambah semangat

    ReplyDelete
  25. Wah acaranya kece poll! Apalagi yang ngadain kelas kementerian, enggak kaleng-kaleng. Acara gini yang paling seru justru ngumpul, kenalan terus dapet ilmu. Semoga akan banyak kegiatan kaya gini di berbagai daerah ❤️❤️

    ReplyDelete
  26. Mantap banget ini pelatihannya bisa memberikan materi dan pengetahuan kepada millenial terkait digital marketing dan content creator, ditambah pelatihannya gratis pula, beruntung banget ya ada Pelatihan seperti ini, di kota kota lainnya kapan ya

    ReplyDelete
  27. Wahh jadi pengen ikutan pelatihan digital marketing dari Kominfo.. Sayangnya blum ada yg pelatihan online ya Mba, kalau ada pelatihan online aku mau deh langsung daftar..

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya :)
Untuk menghindari Spam yang masuk, komentarnya saya moderasi dulu ya. .