10 Makanan Favorit Yang Bisa Bikin Saya Bahagia

Sarrahgita.com - Setiap orang pasti punya makanan favorit. Makanan yang menjadi kesukaan dan sulit tuk menolaknya. Atau dengan kata lain saya sanggup makan makanan ini kapan pun. Pagi, siang atau malam. Hihi.

Karena doyan makan, saat ini makanan masih menjadi godaan terbesar yang bisa bikin saya kalap. Iya saya doyan banget jajan makanan. So di tahun 2020 ini saya punya keinginan tuk bisa mengurangi kebiasaan jajan yang terbukti sudah menggerogoti sebagian besar isi dompet saya. Duh.

Perlahan tapi pasti, saya pun mulai mengurangi keinginan tuk jajan makanan yang sebenarnya ga saya butuhin. Saya cukup bangga sama diri sendiri karena udah berhasil kebal sama cemilan instant kayak keripik kemasan atau minuman kemasan yang banyak beredar di pasaran.

Liat deh tiap ke supermarket pasti ada aja jenis makanan dan minuman baru yang muncul.  Belum lagi makanan dan minuman kekinian yang ada di mal. Say no to Boba dan say no to makanan yang banyak mengandung gula, keju atau coklat. Bhay.

Tapiii, ada beberapa jenis makanan yang sampai saat ini (masih) ga bisa saya tolak setiap kali saya ketemu sama makanan-makanan tersebut. 



Ini Dia 10 Makanan Favorit Yang Ga Bisa Saya Tolak Dan Bisa Bikin Saya Bahagia Setiap Kali Menyantapnya :


  1. Jajanan khas Bandung seperti batagor dan cilok. Kedua makanan ini sudah ada sejak saya sekolah di SD dulu. Tapi ga tau kenapa saya ga pernah bosan tuk menyantapnya. Rasanya gurih dan nikmat. Bikin ketagihan gitu.

  1. Aneka Mie. Saya suka sekali sama mie. Mie adalah salah satu makanan yang bisa jadi penyelamat di saat kelaparan. Kalo saya lagi males makan nasi, pilihan penggantinya selalu jatuh pada mie. Mie rebus atau mie goreng, dua-duanya sama-sama favorit. Tuk mie rebus, saya selalu menambahkan irisan cabe rawit plus sedikit sayuran seperti sawi hijau dan potongan wortel. Hmm. Nikmat banget kalo dimakan pas hujan. Sedangkan tuk mie goreng, akan jadi kombinasi yang sempurna kalo disajikan dengan telur dadar goreng plus acar segar.

  1. Chinesse food. Salah satu menu makanan yang suka saya cari ketika ingin makan adalah chinesse food. Aneka chinesse food seperti capcay, kwetiaw dan siomay menjadi makanan favorit saya. Chinesse food mudah dijumpai dimana saja dan cocok disantap kapan pun.

  1. Aneka Kue Basah. Selain makanan berat, saya juga suka banget sama yang namanya kue basah. Di dekat rumah ada penjual kue basah langganan saya. Setiap lewat ke kedainya saya selalu tergoda melihat aneka kue basah yang warna-warni. Terlihat cantik, menggoda mata dan perut saya.
       Baca Juga : 3 Toko Kue Basah di Bandung Yang Recommended Selain Prima Rasa dan Kartika Sari


  1. Coklat. Tak dapat dipungkiri, Coklat bisa memberikan rasa bahagia sekaligus menjadi penghibur bagi hati yang sedang moody. Sesekali saya suka sengaja beli coklat sebagai reward bagi diri sendiri. Ada 2 jenis coklat yang menjadi favorit saya yaitu dark chocolate dan coklat rasa green tea (matcha). Dark chocolate menjadi favorit saya karena rasanya yang tidak terlalu manis. Sedangkan tuk coklat rasa green tea, adalah salah satu varian rasa coklat terbaru yang ternyata rasanya enak juga. Enak tapi menurut saya ga konsisten. Soalnya namanya Coklat tapi warnanya kok ijo ya? Haha. Galau.

  1. Es Krim. Selain coklat, salah satu makanan yang suka sengaja saya beli sebagai reward untuk diri sendiri adalah es krim. Rasa es krim favorit saya adalah rasa strawberry. Seger ada asem-asemnya gitu. Sedangkan tuk jenis es krimnya saya suka es krim mochi dan es krim yang ada wafernya gitu kayak es krim Waku-waku nya Glico.

  1. Bubur Ayam. Bubur ayam adalah makanan kesukaan saya dan suami. Kalo biasanya orang biasa makan bubur ayam di pagi hari. Saya bisa makan bubur kapan saja. Siang atau malam no problemo.
         Baca juga : 3 Bubur Ayam Enak di Bandung

  1. Martabak. Martabak telur atau martabak asin is my favorite one. Perpaduan telur yang dikocok, irisan bawang daun dan daging cincang jadi kombinasi yang sempurna. Dicocol dengan saus dan acar timun yang segar terasa nikmat di lidah. Bikin susah berhenti ngunyah hehe.

  1. Pempek. Pempek adalah salah satu jenis makanan yang ga bisa saya tolak. Terutama pempek kapal selam dan pempek keriting. Btw saya sanggup lho makan pempek pake nasi haha.

  1. Makanan Jepang. Sebagai penggemar negara Jepang, ada 3 makanan khas Jepang yang saya sukai. Yaitu sushi, shabu-shabu dan kue mochi. Jujur pertama kali saya nyobain sushi, saya ga doyan. Waktu itu rasanya agak-agak terasa kurang familiar dan sedikit aneh. Tapi lama kelamaan saya jadi doyan juga.

Kalo tuk shabu-shabu, saya sering sengaja buat sendiri di rumah. Tinggal beli bahan-bahannya di supermarket. Trus bikin deh. caranya gampang banget tinggal cemplang cemplung aja. Siapin kuah dan sausnya. Shabu-shabu cocok banget buat disantap rame-rame bareng keluarga atau teman.

Dan tuk kue mochi, selain saya suka rasa dan teksturnya yang kenyal. Saya juga pengen banget bisa liat langsung cara pembuatan kue mochi ini.


Hubungan Antara Menyantap Makanan Dan Rasa Bahagia

Untuk beberapa orang, termasuk saya, menyantap makanan favorit memang bisa menjadi sebuah hal yang membahagiakan. Diketahui memang ada sebuah hubungan ilmiah antara makanan yang kita makan dengan suasana hati kita. Apalagi kalo makanan tersebut beragam jenisnya. Sesuatu yang beragam atau berwarna memang bisa membuat pikiran dan hati kita lebih bahagia.

Selain itu beberapa zat yang terdapat dalam makanan bisa membantu memicu timbulnya rasa bahagia. Seperti misalnya zat anti oksidan yang terdapat pada makanan Coklat. Makanya tak heran kita cenderung merasa lebih bahagia ketika mengkonsumsi sebatang Coklat. Dan masih banyak lagi jenis makanan lain yang dipercaya bisa membuat kita merasa lebih bahagia apabila mengkonsumsinya. Contoh : pisang, buah beri, salmon, jamur, apel, bayam. Makanan-makanan tersebut mengandung zat-zat (senyawa kimia) yang dapat membantu memperbaiki mood, menurunkan stress dan mengurangi depresi.



 

1 comment:

  1. banyak yang bilang makan coklat bisa membantu meredakan "emosi" & bikin bahagia.
    kadang kalo aku sumpek ngemil coklat pelan-pelan hehe

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. :)
Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman.