Pilih Tempat Belajar Programming yang Tepat, Solusi Cepat Kerja di Bidang IT

kursus data science


Rata-rata gaji programmer pemula atau fresh graduate berkisar Rp 4 – Rp5 juta, sedangkan bagi mereka yang sudah berpengalaman bisa mendapat penghasilan hingga Rp 18 – Rp40 juta. 

Hmm, tampak menarik sekali bukan?

Faktanya beberapa tahun terakhir permintaan profesi programmer terus meningkat seiring dengan berubahnya dunia kerja yang go digital

Pertumbuhan perusahaan berbasis teknologi seperti start up dan e-commerce di Indonesia yang begitu pesat memang menjadikan bidang IT (Information Technology) semakin digandrungi.

Melihat peluang potensial tersebut banyak calon mahasiswa yang tertarik ingin memiliki skill di bidang programming.

Bahkan tak hanya fresh graduate, banyak juga orang yang berasal dari berbagai latar belakang yang ingin switch karir menjadi seorang programmer.

Namun waktu kuliah yang lama dan adanya kesulitan untuk belajar dasar pemrograman, menjadi sebuah kendala yang sebetulnya bisa diminimalisir.


Ikut Program Coding Bootcamp Aja!

Coding Bootcamp adalah program pelatihan ilmu informatika dengan materi yang relevan untuk kebutuhan industri sehingga berdampak lebih besar pada peluang karir. 

Memiliki skill sebagai seorang programmer selain bisa mendapatkan penghasilan yang lumayan, kesempatan untuk berkarir pun lebih terbuka lebar. 

Dan di daerah Jakarta Selatan terdapat tempat belajar programming untuk pemula berupa sekolah coding yang bernama Hacktiv8.

Program coding bootcamp di Hacktiv8 diadakan secara intensif selama 12 minggu dengan jumlah pembelajaran sebanyak 420 jam.

12 minggu tersebut terdiri dari di 4 minggu fase persiapan dan 8 minggu fase bootcamp (pembelajaran).

Jadi dalam waktu 3 bulan siswa di Hacktiv8 benar-benar memaksimalkan waktu untuk belajar coding dengan tujuan utama untuk terjun ke dunia kerja.


Program Coding Bootcamp di Hacktiv8

Bootcamp Hacktiv8 menawarkan dua jenis program bootcamp yaitu Full Stack Java Script Immersive alias kursus Full Stack Developer dan kursus Data Science (Full Time Data Science).

Jadi dari awal, kita harus menentukan apakah ingin bekerja menjadi seorang full stack developer atau ingin menjadi seorang data scientist.

Scara garis besar pekerjaan Full Stack Developer berkaitan dengan kegiatan merancang mekanisme interaksi pengguna dengan web atau aplikasi.

Mengelola server dan database agar web berfungsi dengan baik, serta melakukan coding untuk platform mobile dan sebagainya.

Sedangkan pekerjaan data scientist berkaitan dengan tugas menganalisis berbagai macam data dalam jumlah besar (big data) yang terakumulasi di perusahaan. 

Data Scientist adalah sebuah profesi yang mengolah data dengan metode ilmiah untuk menghasilkan informasi yang akurat dan bernilai tinggi sehingga dapat membantu pengambilan keputusan. 

Dalam era transformasi digital saat ini, ilmu data science sangat dibutuhkan, diantaranya dalam bisnis ritel, bisnis distribusi, kedokteran dan masih banyak bisnis lainnya. 

Mengutip dari Jobstreet.com lebih dari 1000 lowongan pekerjaan tersedia untuk profesi data scientist.

Nah apabila disuruh memilih kayaknya saya lebih tertarik untuk ikut kursus data science daripada kursus full stack developer.

Dan kabar baiknya semua background pendidikan memiliki kesempatan yang sama untuk menjadi Data Scientist, lho. 

Hal ini karena ilmu statistika yang digunakan oleh Data Scientist bukan merupakan ilmu statistika murni melainkan ilmu statistika terapan.


Kurikulum Coding Bootcamp Data Science

Kurikulum pembelajaran di bootcamp Hacktiv8 selalu update dan sesuai dengan perkembangan dan kebutuhan industri terkini dan telah teruji di perusahaan-perusahaan ternama.

kursus data science

Siswa di kursus data science mendapatkan ilmu dasar seputar data science (Introduction to data science). 

Dan berkenalan dengan berbagai aplikasi yang digunakan dalam proses data science seperti belajar pemrograman Python (Fundamental Phython). 

Python adalah bahasa pemrograman yang populer digunakan di seluruh dunia untuk mengembangkan situs web, algoritma dan menyederhanakan proses otomatisasi. 

belajar pemrograman python

Python ini banyak diaplikasikan pada berbagai sistem operasi seperti Linux, Microsoft Windows, Mac OS, Android, Symbian OS, Amiga, Palm dan lain-lain

Belajar menggunakan Pandas (sebuah library di Python yang berlisensi BSD dan open source yang menyediakan struktur data dan analisis data yang mudah digunakan).

Serta menggunakan SQL (Structured Query Language) untuk menganalisa data. Secara garis besar SQL adalah bahasa query yang digunakan untuk mengambil informasi dari database.

Selain itu siswa juga berkenalan dengan konsep dan pengaplikasian matematika untuk data science (math for data science) seperti vector, matriks, eigen decomposition, diferensial dan integral menggunakan bahasa pemrograman Python. 


Pengalaman mengikuti Coding Bootcamp Hacktiv8 (Kursus Data Science)

Sebagai seorang freelancer yang berkutat dengan pekerjaan menulis di website, bahasa pemrograman adalah hal baru buat saya.

Jadi ketika ada kesempatan untuk merasakan experience mengikuti coding bootcamp sebagai sarana belajar programming untuk pemula, saya pun merasa antusias dan penasaran ingin tahu.

Saya belajar ilmu coding melalui kursus data science di bootcamp Hacktiv8 selama 3 hari mulai tanggal 20 hingga 22 Desember 2021. 

Dengan jadwal yang cukup padat, setiap harinya dimulai pukul 09.30 WIB dan berakhir pukul 18.00 WIB.

Dipandu oleh empat orang instruktur berpengalaman yang usianya relatif muda. Yaitu Fahmi Iman A, Raka Ardhi Prakoso, Sardi Irfansyah dan Danu Sogi Purnomo.

Pengetahuan saya tentang coding memang masih minim banget, tapi saya merasa bangga pada diri sendiri karena saya bisa mengikuti kelas data science ini dengan cukup baik dan lancar.

Saya menantang diri untuk belajar hal baru. Karena dalam belajar tak ada istilah alasan usia atau tidak mempunyai latar belakang di bidang IT.

belajar programming untuk pemula
Berkenalan dengan istilah dan aplikasi pemrograman di coding bootcamp Data Science. Sedikit puyeng tapi seru hehe 


Oya ketika belajar coding ini, yang bikin deg-degan ketika saya harus belajar praktek membuat visualisasi data yang interaktif (Data visualization and Interactive Dashboard) dalam bentuk website menggunakan Streamlit / Dash. 

Streamlit adalah sebuah framework berbasis Python dan bersifat open-source yang dibuat untuk memudahkan dalam membangun apikasi web di bidang sains data dan machine learning yang interaktif.

Sebuah pengalaman yang tak terlupakan ketika saya belajar pemrograman Python di Hacktiv8. Karena belajar coding membutuhkan fokus dan tingkat ketelitian yang tinggi. Kalo salah input satu kode udah deh ambyar hehe.

FYI dari 20 orang peserta, 6 diantaranya adalah wanita termasuk saya.

Ya peminat belajar programming ini mayoritas adalah pria.

Dan yang menjadi nilai plus selain materi seputar programming di program coding bootcamp ini siswa juga dapat melakukan konseling berupa konsultasi langsung dengan psikolog dalam sesi khusus bernama Engineering Empathy.

Engineering Empathy adalah salah satu fasilitas yang bisa didapatkan di Bootcamp Hacktiv8. 

Dalam sesi ini, siswa dapat berkonsultasi dengan konselor yang akan memberikan solusi dari semua permasalahan selama mengikuti pembelajaran.

Karena ga dimungkiri, dalam mengikuti coding bootcamp ini siswa mengalami kejenuhan atau merasa demotivasi. 

Belajar coding setiap hari dalam waktu yang padat seputar mengolah kode menggunakan bahasa pemrograman, dari mulai menuliskannya, memperbaikinya hingga memeliharanya. 

Saya sendiri berkesempatan untuk melakukan sesi konseling secara online selama satu jam dengan kak Erika Sinaga dari tim Engineering Empathy. 

Sesi konselingnya berasa ngobrol sama teman, santai tapi insightful banget.


Manfaat mengikuti Program Coding Bootcamp di Hacktiv8

Ada banyak manfaat yang bisa kita peroleh apabila mengikuti program coding bootcamp data science, antara lain kita bisa memiliki keahlian dalam merancang sebuah program.

Membuat website dan bahkan aplikasi, bisa mengembangkan cara berpikir dan skill problem solving serta melatih ketelitian. 

Dan tentu saja bisa memulai karir di bidang IT (Information Technology).

Lulusan Hacktiv8 yang kompeten akan direkrut oleh ratusan perusahaan (hiring partner) yang bekerjasama dengan Hacktiv8.

Siswa dibekali dengan soft skill yang mendukung sebagai talenta digital terlatih seperti growth mindset, time management, problem solving, hingga analytical dan creative thinking.

Mulai dari cara membuat CV yang baik, cara melakukan wawancara dengan rekruter, cara menentukan goals pekerjaan dan masih banyak lagi.

Dalam hal ini siswa mendapatkan career support yang berguna untuk pengembangan karir di masa depan.


Sekilas Info Tentang Hacktiv8

  • Sekolah untuk mendidik calon programmer yang berdiri sejak tahun 2016 ini menawarkan program coding bootcamp terbaik bagi setiap orang yang tertarik untuk belajar programming.
  • Kantor Hacktiv8 berlokasi di jalan Sultan Iskandar muda no 7, Kebayoran lama, Jakarta Selatan. Namun selama pandemic proses pembelajaran dilaksanakan secara remote / online sesuai jadwal yang telah ditentukan.
  • Sampai saat ini Hacktiv8 sudah menghasilkan sekitar lebih dari 1100 lulusan yang siap memenuhi kebutuhan talenta digital di dunia industri teknologi.
  • Hacktiv8 bekerjasama dengan lebih dari 350 hiring partner yang siap merekrut lulusan Hacktiv8

bootcamp Hacktiv8


Biaya ikut sekolah coding di Hacktiv8 sekitar Rp 25 juta dan Hacktiv8 juga menyediakan beberapa metode pembayaran, seperti :

1. Upfront, pembayaran dilakukan dalam 3 tahapan.

2. ISA (Income-Share Agreement) yaitu pembayaran dilakukan setelah siswa mendapatkan pekerjaan.

3. Cicilan 0% , pembayaran dilakukan melalui financial partner yang sudah terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan).


Hacktiv8 merupakan sekolah coding bootcamp pertama di Asia yang sudah terdaftar di CIRR (Council on Integrity in Results Reporting).

CIRR adalah standar yang dikembangkan oleh lembaga independent yang melakukan audit lulusan atau output dari banyak coding bootcamp di tingkat global yang menjunjung tinggi transparansi hasil belajar kepada publik.


Kesimpulan

Dalam mempelajari ilmu programming ini, dibutuhkan passion, ketekunan dan kegigihan, InsyaAllah kita bisa berkembang dan berproses hingga akhirnya menemukan pekerjaan yang tepat di bidang industri teknologi.

Dan setelah mengikuti kelas data science di coding bootcamp Hacktiv8, pengetahuan saya sedikit banyak menjadi bertambah dan tercerahkan.

Bahwa skill ilmu programming sebaiknya dipelajari oleh setiap orang karena banyak sekali bidang pekerjaan baru yang akan muncul dan berkaitan dengan bidang IT.

Bahkan saat ini anak-anak juga sudah banyak yang mengenal dan belajar coding lho.

Beberapa profesi yang trennya terus meningkat dan banyak dibutuhkan di era teknologi digital, antara lain :

  • Data Scientist
  • AI and Machine Learning Specialist
  • Big Data Specialist
  • Data Analyst
  • Digital Marketing and Strategy Specialist
  • Software and Application Developers
  • Business Development Professionals
  • Information Security Analyst
  • Database and Network Professionals, dan masih banyak lagi.


Menurut survey dari World Economic Forum dalam laporan bertajuk Future of Jobs Report 2020. 

Data scientist menempati posisi pertama sebagai pekerjaan paling prospektif hingga 5-10 tahun ke depan.


Penasaran dan ingin tahu lebih banyak tentang tempat belajar programming untuk pemula di Hacktiv8 ? 

Langsung kunjungi saja website-nya atau baca review Hacktiv8 dari para siswa yang sudah merasakan langsung manfaat belajar di sekolah coding dengan instruktur berpengalaman.

Karena Hacktiv8 merupakan salah satu coding bootcamp terbaik yang tak hanya memiliki kurikulum teruji melainkan juga membekali siswa nya dengan career support agar lulusannya bisa siap kerja.

Semoga review Hacktiv8 ini bisa memberikan sudut pandang baru dan bisa  membantu manteman yang memutuskan untuk menjadi seorang programmer dan ingin terjun ke bidang industri teknologi.


coding bootcamp terbaik








45 Comments

  1. Makasih banyak sharingnya kak....saya msh sangat awam dengan dunia IT, basic saya ibu rumah tangga biasa. Informasi dari kaka juga merupakan hal baru bagi saya tp jika punya kesempatan dan finantial saya ingin belajar.Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih juga udah mampir ke blog saya :). Sebagai sesama ibu rumah tangga saya percaya kalo kita punya kesempatan yang sama untuk terus belajar dan mencoba hal baru. Semangaat :)

      Delete
  2. Setuju banget untuk jadi data scientist perlu belajar cooding bootcamp di hacktiv8 yang merupakan salah satu coding bootcamp yang terbaik.

    ReplyDelete
  3. wah seru nih Teh Gita bisa ikutan coding bootcamp Hacktiv8. kapan ada lagi programnya kak? bloger juga perlu banget ya belajar soal coding. belajar javascriptnya aja udah seru sih, seru pusingnya! hihihih. tapi manfaatnya terhadap blog penting yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha iya belajar coding emang bikin puyeng sekaligus seru. Semoga kak Eka bisa berkesempatan ikut belajar coding alias kursus data science atau javascript di Hacktiv8 juga ya.

      Delete
  4. setuju banget

    di era digital sangat butuh programming, bahkan seorang content creator juga harus paham bahasa program ya?
    Walau kepala nyut2an, tapi ini risiko memilih karir sebagai blogger?

    ReplyDelete
  5. Wuih keren nih teh Gita belajar programming... susah itu ya hehe... Pengen belajar juga tapi susah waktunya terlalu banyak inginnya nih heu...

    ReplyDelete
  6. Saya baru tahu nih mba soal Hacktiv8 . Menarik ya satu bidang diajarin intensif di bootcamp. Jadi bisa lebih maksimal belajarnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mba Eka, targetnya supaya lulusannya bisa langsung siap kerja

      Delete
  7. Syaratnya apa aja sih, mbak, untuk ikut kelas coding? Aku yang gak punya latar belakang IT ataupun data science apakah bisa ikut? Hehehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. BIsa banget mba Marantina, karena saya sendiri ga punya latar belakang IT. InsyaAllah kalo ada niat dan keinginan yang kuat setiap orang bisa juga belajar ilmu programming

      Delete
  8. betul banget teh GIta, kalau rekrut buat IT tuh penawaran gajinya geday2 memang skill yang dicarinya juga beda ya tp skarang bisa juga nih kita2 belajar programming ah jadi pengen coba juga

    ReplyDelete
  9. Jadi pengen deh kursusin ade coding juga. Dia selalu pengen bikin game gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oya di Hackti8 juga ada kelas coding khusus anak mba Lis. Saya juga baru tahu kalo belajar coding buat anak banyak skali manfaatny. Selain buat skill jangka panjang juga bisa bikin anak belajar problem solving

      Delete
  10. Coding menurutku salah satu bidang yang cukup sulit untuk dipelajari, aku biasanya menyebutnya bahasa planet saking gak ngertinya. Untuk mempelajari hal rumit begini memang penting untuk diajar oleh mentor yang ahli, keren nih Hacktiv 8, bisa jadi tempat belajar koding yang oke dan fokus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha saya setuju banget sama mba Ning kalo coding cocok disebut sebagai bahasa planet. Dan saya juga salut sama orang yang terjun ke bidang programming.

      Delete
  11. kalo diturutin sebenarnya apa aja pengen dipelajari ya. salut deh! menurutku perkara minat itu gak urusan dg jenkel, tapi mamak2 memang wktnya lebih terbatas utk perkara yg kek gini, apalagi yg butuh fokus tinggi

    ReplyDelete
  12. Upgrade ilmu, itulah kini yang harus dilakukan Karena sekarang tuh apa-apa pakai online. Biar gak dibilang gaptek ya. Akupun baru tahu nih mengenai hacktiv 8.

    ReplyDelete
  13. setuju sih, skrg zamannya go digital bgt, menjadi programming adalah salah satu profesi yg banyak dibutuhkan, menarik sekali pelatihan di Bootcamp ini,, semoga makin ahli kedepannya ya mbak

    ReplyDelete
  14. Belajar programming merupakan salah satu kegiatan yang sangat tepat di era digital saat ini ya kak. Apalagi semua genre dan umur dapat mempelajarinya. Hactiv 8 ini salah satu solusi terbaik untuk belajar coding dan sebagainya ya kak.

    ReplyDelete
  15. Wah bagus nih
    Mau saya sarankan ke keponakan untuk ambil Program coding bootcamp di Hacktiv8
    Dia sedang galau, ngerasa salah jurusan, tapi mau pindah university kan biaya nya mahal

    ReplyDelete
  16. Gaji programmer sangat menggiurkan ya kak, jadi nggak heran sekarang banyak yang belajar koding. Dan kayaknya aq juga tertarik buat belajar koding jug a nih kak

    ReplyDelete
  17. Diera yang serba digital seperti sekarang ini memang sudah nggak heran ya kak kalau programmer tuh sangat-sangat dibutuhkan. Apalagi lulusan programmer tuh peluang kerjanya lumayan banyak dan gaji yang diberikan nggak sedikit uy. Btw, thanks ya sudah review Hacktiv8. Boleh juga nih ntar aku rekomendasiin ponakan kalau dia minat hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masama kak Bowo..makasi juga udah mampir ke blog saya :)

      Delete
  18. sekarang untuk belajar kita bisa mandiri ya, ada bootcamp kayak kursus di hactiv8 ini emang ngebantu buat orang-orang yang punya passion di programming. harga kursusnya anggap sebagai investasi ya pas kita udah dapat projek mudah-mudahan bisa balik modal.

    ReplyDelete
  19. Saat ini, pekerjaan yang melibatkan teknologi seperti programmer memang sedang banyak dicari. Gajinya pun nggak main-main. Worth itlah sama usaha belajarnya yang sangat rumit. Beruntungnya ada Hacktiv8 yang bisa jadi tempat belajar programming.

    ReplyDelete
  20. Betul banget kak, profesi programmer kw depannya akan sangat dibutuhkan sekali ya karena sekarang eranya lebih banyak digital

    ReplyDelete
  21. data science dan full stack keduanya kalau digabungin cocok ya kak, kemarin sy juga belajar yg fullstack.. Smoga dapat ilmu yg bermanfaat ya kak.

    ReplyDelete
  22. Aw kalo liat gajinya kayaknya pengen banget jadi programmer dan untungnya sekarang ada Hacktiv8 yang jadi solusi belajar coding ya kak

    ReplyDelete
  23. Kayaknya seru nih belajar pemprogaman. Pengin banget belajar coding, meski kayaknya bakalan pusing soalnya diriku agak lemah kalau soal angka dan logika. Tp biar demi bisa upskilling gpp deh.

    ReplyDelete
  24. sebaiknya kalau mau belajar programming ya di tempat yang udah jelas kredibilitasnya ya kak. bagus pengajar, kurikulum, serta mudah dipahami juga oleh peserta

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali kak, Apalagi kalo tempat tersebut udah kerjasama dengan hiring partner. Jadi lulusannya langsung disalurkan tuk bekerja di perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja.

      Delete
  25. Aseli seneng sih ikut pelatihan koding dari Hacktiv8 ini, bisa belajar data science dari ahlinya langsung

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mba Sari..teman satu angkatan di Hacktiv8 nih kita hehe

      Delete
  26. Wahhh gaji programing yg menggiurkan banget mba. Setujuu mba, kalau kita gak punya bakat pun yg penting ada niat buat mencobanya bisa kok menjadi skill baru buat kita. Lumayan jga menggeluti dunia ini bnyak sekali peluang dan gaji yg ditawarkannya banyak jga

    ReplyDelete
  27. Keren kak ikut coding bootcamp Hacktiv8. Ga hanya belajar javascriptnya saja ya ternyata, seru donk banyak belajar bahasa program.

    ReplyDelete
  28. Programing itu menurut saya pribadi adalah merupakan disiplin ilmu yang menjadi aset "kekal" di masa depan. Peluangnya buaaanyak banget. Apalagi, teknologi akan terus berkemajuan.

    Duh.. istilah di artikel ini kok aku banyak yang masih belum kenal, ya? heuheuhe.. harus segera intip program belajar di Hacktiv8 nih, kak! :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jujur saya juga agak2 surprise ketika kenalan sama istilah2 di bidang pemrograman hehe. KArena baru semua buat saya. Dan betul sekali kang Dirman, ternyata peluang kerja di bidang IT luas sekali, ditambah dengan sekarang yang identik dengan era digital teknologi. Semakin banyak tenaga kerja yang dibutuhkan.

      Delete
  29. Baca tulisan awal, jadi tertarik juga ingin belajar tentang data scientist... Tapi semakin ke bawah, wow, canggih banget, saya jadi minder, hihihi... Catet infonya dulu aja deh, siapa tau ada sodara atau tetangga yang perlu...

    ReplyDelete
  30. Asik banget belajar programming, meskipun mungin awalnya merasa sulit, tapi setelah mengenal ternyata makin enjoy dan makin tertantang. Btw pilihan bayar untuk pembelajarannya unik ya, Kak, bisa bayar setelah dapat income.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iya salah satu daya tarik dari ikut bootcamp di Hacktiv8 ini selain instruktur yang berpengalaman sama tersedia hiring partner, siswa bisa pilih metode pembayaran sesuai kebutuhan.

      Delete
  31. wahh terima kasih sharingnya kak, auto share ke doi yang kebetulan lagi belajar programming
    Semoga bisa diikuti deh

    ReplyDelete
  32. Jadi mau belajar juga daku soal bahasa pemrograman ini, karena biar bisa coding dan oprek-oprek html dengan pede hehe

    ReplyDelete
  33. aku penasaran tapi sekalgius minder karena tidak cukup punya kegigihan buat belajar kode. dulu semasa kuliah rasanya udah kapok sama coding hehehe tapi menyimak ulasan dari mbak gita apa perlu dicoba ya sebab aku meyadari ternyata blogger perlus edikit tahu untuk codinginikususnya buat otak atik template

    ReplyDelete
  34. Sekarang itu gak pusing lagi mau belajar programming di mana. Karena sudah ada hacktiv8. Selain itu, belajar programming gak ada ruginya, karena di masa depan, tampaknya pekerjaan ini sangat menjanjikan.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya :)
Untuk menghindari Spam yang masuk, komentarnya saya moderasi dulu ya. .