Pengalaman Naik Bus Damri ke IKEA Bandung Kota Baru Parahyangan

Memiliki hobi jalan kaki sekaligus bertualang membuat saya mengiyakan ajakan seorang teman untuk berkunjung ke IKEA Bandung Kota Baru Parahyangan menggunakan bus.

Ya IKEA kota Bandung yang resmi dibuka pada 28 Maret 2021 ini berlokasi sekitar 20 km dari pusat kota Bandung.

Sebenarnya rencana untuk berkunjung ke IKEA Bandung ini sudah terbersit sejak toko yang berasal dari Swedia ini akan dibuka.

Namun terus tertunda dengan alasan masih pandemi, hingga akhirnya di hari Sabtu siang, bertepatan dengan libur Natal 2021, saya bersama dua orang teman sepakat untuk pergi ke IKEA Bandung.

ikea bandung kota baru parahyangan

Ikea Bandung beralamat di Jalan Parahyangan kav. 9, Komplek Kota Baru Parahyangan, Kertajaya, Padalarang, 

Bandung Barat 


Apakah Masuk IKEA Harus Sudah Vaksin?

Seiring dengan melandainya jumlah pasien yang terkena virus Covid-19, untuk masuk ke IKEA Bandung, pengunjung tidak mesti melakukan registrasi online seperti sebelumnya.

Setiap orang bisa langsung datang ke toko yang menjual perabotan rumah ini, dengan syarat sudah mendapatkan vaksin lengkap. 

Di area pintu masuk tersedia barcode yang bisa di-scan oleh pengunjung menggunakan aplikasi Peduli Lindungi.

Dan sebagai validasi akan muncul beberapa indikator warna yang memperbolehkan pengunjung untuk bisa masuk, atau belum bisa masuk.

Yang saya ingat ada 3 indikator warna, yaitu hijau, kuning dan merah. Sayang detailnya saya lupa.

Saya ga sempat foto, karena waktu itu terdapat sedikit ‘drama’ yang membuat salah seorang teman saya hampir tidak bisa masuk ke dalam.

Dan akhirnya kita berhasil masuk ke dalam dengan lancar.


Naik Bus Damri ke IKEA dari BTC (Bandung Trade Centre)

Sebelum memutuskan untuk naik bus Damri ke IKEA Bandung, saya mencari tahu terlebih dahulu rute bus yang akan membawa saya kesana.

rute bus damri alun-alun kota baru


Tadinya saya pikir saya harus naik dari halte Alun-Alun Bandung, tapi rupanya penumpang bisa naik dari setiap titik yang ada di rute tersebut.

Saya pun memutuskan untuk naik bus dari halte mal BTC (Bandung Trade centre) yang berlokasi di jalan Dr. Djunjunan (Pasteur). Karena jarak dari rumah relatif lebih dekat ke BTC daripada ke Alun-Alun.

Tiba di BTC sekitar jam 12 siang, menunggu sekitar 30 menit akhirnya bus Damri jurusan kota baru Parahyangan lewat.

Kebetulan sisa kursi yang tersedia pas untuk 3 orang. Saya duduk di kursi baris ke empat. Sedangkan dua orang teman saya kebagian duduk di kursi belakang, di baris ke delapan.

Udara di dalam bus terasa sejuk karena menggunakan AC, namun sayang kursi yang saya duduki sedikit rusak, agak miring dan kurang nyaman dipakai untuk bersandar.

Fyi angkutan bus dari Alun-alun ke kota Baru Parahyangan ini merupakan satu dari tiga trayek bus yang masih memberikan pelayanan pada masyarakat kota Bandung. Selain rute Jatinangor-Elang via tol serta Cibiru-Kebon Kalapa. 

Karena di akhir Oktober 2021, Perum Damri resmi menutup 8 rute bus di Bandung dengan salah satu pertimbangan mayoritas pelaku perjalanan di Bandung tidak menggunakan bus kota dalam bermobilitas.

Sehingga Damri harus memperhitungkan nilai ekonomi dalam menjalankan setiap kegiatan operasionalnya. Hmm.


Ongkos Naik Bus Damri ke IKEA Bandung

Selain perjalanan pertama saya ke IKEA menggunakan bus, ini juga merupakan pengalaman saya naik bus Damri lagi setelah lebih dari sepuluh tahun lho.

Jadi dulu semasa jaman kuliah saya adalah salah seorang penumpang setia bus Damri. Setiap pergi dan pulang kuliah saya selalu naik bus Damri.

bus damri alun-alun-kota baru
DAMRI adalah singkatan dari Djawatan Angkoetan Motor Repoeblik Indonesia | sumber foto : serbabandung.com


Naik kendaraan roda enam ini membuat saya sejenak bernostalgia.

Oya untuk ongkos naik bus Damri ke Ikea kota Baru Parahyangan relatif murah yaitu sebesar Rp 10.000 per orang (jauh dekat). 

Saya baru ngeh di kendaraan umum milik pemerintah yang berada di bawah kementrian BUMN ini sudah ga ada lagi petugas yang menagih ongkos. 

Jadi penumpang yang akan turun bisa langsung membayar ke sopir.


Lama Perjalanan dari Bandung Menuju IKEA Kota Baru Parahyangan

Begitu naik bus saya sengaja langsung mengecek jam untuk mengukur kira-kira berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk bisa tiba di IKEA Kota Baru Parahyangan.

Ternyata dari BTC sampai IKEA membutuhkan waktu sekitar 30 menit. Bus langsung masuk ke tol Pasteur dan keluar tol Padalarang.

Jarak tempuh dari pintu tol Pasteur hingga keluar tol Padalarang relatif sebentar, tapi dari pintu masuk komplek Kota Baru ke bangunan seluas 35.000 m2 ini membutuhkan waktu sekitar 20 menit.

Fyi komplek Kota Baru Parahyangan merupakan kota mandiri yang memiliki luas sekitar 1,250 hektar. Dan sudah terbentuk sejak 2002 silam.

Di dalamnya terdapat berbagai fasilitas, mulai dari perumahan, pertokoan, rumah sakit hingga sekolah.


Window Shopping di IKEA 

Sebenarnya saya ke IKEA bukan untuk sengaja belanja melainkan hanya penasaran pengen tahu seperti apa sih suasana di IKEA Bandung.

Sekaligus ingin mencicipi salah satu menu khas yang ada di setiap toko IKEA yaitu menu Swedish Meatball haha.

Tadinya sih pengen sekalian coba juga es krim signaturenya IKEA yang dibandrol hanya dengan Rp 4000 tapi begitu melihat antriannya yang cukup mengular. 

Kayaknya nanti aja deh. Ga penting juga kok wkwkwk.

Karena kami tiba di bangunan berlantai dua tersebut di jam makan siang, sebelum berkeliling toko kami memutuskan untuk makan dulu.

Ada berbagai macam menu makanan dan minuman yang disajikan di restoran IKEA.

Selain menu signature Swedish Meatball, ada juga menu Fish and Chips, Sate (plant based dengan saus kacang), Steak Sirloin dengan saus jamur, Salmon Panggang dengan Saus Teriyaki dan Ayam Bakar Kalasan.

Ternyata rasa bakso ala Swedia yang disajikan dengan pure kentang dan selai Lingonberry ini kurang familiar di lidah saya. Padahal kalo liat review rang-orang sih keliatannya kayak enak gitu hehe.

swedish meatballs ikea
sumber : ikea.co.id

Menurut saya porsi makanan untuk dewasanya lumayan besar. Saya sendiri merasa kekenyangan dan ga sanggup menghabiskan seluruh porsi makanan yang saya pesan.

Maka tak heran tersedia menu khusus anak.

Untuk area makanan di IKEA terbagi dua. Di lantai dasar dan lantai dua (khusus restoran).

Di lantai bawah, terdapat area makanan ringan seperti es krim dan camilan.

Sedangkan di lantai atas merupakan area khusus restoran yang dilengkapi dengan kursi dan meja. 

Di sudut masuk sebelah kanan pun terdapat sebuah coffee shop mini.

Nah apabila pengunjung ingin menyimpan barang, di lantai satu terdapat area loker yang bisa digunakan untuk menitipkan barang bawaan, dengan syarat, menyimpan KTP di meja resepsionis.. 

Di dekat area loker juga terdapat ruang ibu dan bayi (baby care room) yang bisa digunakan untuk menyusui dan mengurus keperluan bayi.

Alhasil setelah berkeliling selama kurang lebih tiga jam, ada 4 jenis barang yang saya beli dari IKEA.

Yaitu sarung tangan karet untuk cuci piring, sikat botol, gantungan mini bulat untuk di dalam lemari, dan satu set alat masak yang terdiri dari sutil, sendok sup dan penjepit makanan.

Dan saya senang karena saya berhasil menahan diri hanya membeli barang yang memang betul-betul saya butuhkan. #PrestasiYes 😆

Walaupun jujurly saya sempat tergoda dengan beberapa barang yang ditawarkan dengan harga yang sangat terjangkau (karena lagi diskon) Seperti jam dinding dan pot bunga lucu. 😁

Duh saya langsung tutup mata dan keukeupin dompet aja deh hehe.


Ketinggalan Bus Karena Kurangnya Informasi

Window shopping di IKEA memang bikin waktu terasa cepat berlalu. Tahu-tahu jam sudah menunjukkan pukul 5 sore. Dan kami pun bergegas untuk pulang.

Menunggu di halte sekitar 5 menit lewatlah bus Damri, kami pun langsung naik.

Namun rupanya, bus Damri tersebut adalah bus terakhir. 

Sambil menanyakan tujuan kami, sang supir bus menyampaikan permohonan maaf bahwa bus yang ia kendarai hanya akan melaju sampai pemberhentian bis yang ada di kawasan komplek Kota Baru alias harus pulang ke garasi.

Perlu diketahui jadwal bus terakhir dari Kota Baru Parahyangan ke Bandung yaitu jam 16.00 WIB

Kami pun sedikit panik, bagaimana caranya kita bisa kembali ke Bandung selain menggunakan bus. 

Apalagi langit sudah mulai gelap (menjelang maghrib). Bisa aja sih kalo pake taksi online. Tapi ongkosnya pasti akan jauh berlipat..

Namun akhirnya kami merasa lega, karena Pak supir memberi tahu bahwa ada angkutan non bus alias omprengan yang bisa kami gunakan untuk bisa sampai ke kota Bandung, dan ongkosnya pun sama. Huft.

Mengingat kejadian tersebut saya jadi ingin tertawa dalam hati, gara-gara kurangnya informasi kita sedikit bertualang. Seru juga sih, itung-itung jadi pengalaman tak terlupakan hehe

Walaupun sebenernya di awal keberangkatan, persis ketika akan turun bus saya sempat bertanya pada supir bus tentang jadwal bus dari Kota Baru Parahyangan ke Bandung namun saat itu informasi yang saya dapatkan kurang jelas dan saya mengabaikannya tanpa mencari tahu lagi.

Well, selalu ada cerita dari setiap perjalanan. 

Yang pasti untuk mencapai sebuah tujuan ada baiknya cari tahu informasi selengkap mungkin. Mulai dari jadwal keberangkatan, biaya yang dibutuhkan serta angkutan alternatif yang tersedia.


Kesimpulan

So buat man-teman yang belum pernah ke IKEA Bandung atau ingin mencoba naik bus menuju IKEA Kota Baru. Silahkan gunakan bus jurusan Alun-Alun - Kota Baru Parahyangan (KBP).

Tinggal naik dari BTC dan dalam waktu kurang lebih setengah jam kita sudah bisa tiba di IKEA Kota Baru.

Oya jarak dari tempat berhenti bus ke IKEA hanya 30 meter, kita tinggal nyebrang dan jalan sedikit.

Dan supaya ga ketinggalan bus kayak saya pastikan kalian pulang sebelum jam 4 sore ya hehe.

Nah yang menarik kalo mau sekalian olahraga di KBP juga bisa banget lho. 

Karena mengutip dari bisnis.com saat ini bus Damri bekerjasama dengan Pemda kota Bandung dan Dinas Pariwisata berinovasi dengan menyediakan layanan bus sehat

Transportasi darat milik BUMN ini menyediakan space bagi pelanggan yang membawa sepeda. Wah seru nih, jadi salah satu alternatif buat warga Bandung yang ingin berolahraga

Cuss cobain !

Olahraga dulu, shopping kemudian. 

PS : kalo mau sekali belanja, IKEA menyediakan jasa pengantaran barang ke rumah atau alamat yang dituju. Dengan biaya mulai Rp 29.900 (max 5 kg) dan seterusnya. Info detail bisa di cek di website IKEA ya.






2 Comments

  1. Aku tuh, sampe skr juga belum pernah nginjakin kaki di IKEA mba 🤣 sampe udah mau buka cabang beberapa di Jakarta pun, masih aja blm dtgin . Jujurnya sih takut kalap 🤣.

    Eh tapi Swedish meatballs nya aku memang ga gitu tertarik. Krn duluuuu pernah makan ini pas di LN, dan ntah kenapa aku ga cocok yaaa 😄. Makanya pas Ikea buka di Tangerang, temen2 PD nyerbu meatballs nya, aku masih biasa aja. Bisa jadiiii sih rasanya beda Ama yg aku makan dulu. Tapi ntar2 aja deh nyobain 😄.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe iya ya mba kalo ke IKEA tuh identik sama takut kalap. Dan naik bus kesana juga jadi salah satu alasan aku supaya ga tergoda buat 'malah' belanja wkwk

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya :)
Untuk menghindari Spam yang masuk, komentarnya saya moderasi dulu ya. .