Skip to main content

Bersama LPS Nabung Di Bank Lebih Tenang Dan Lebih Aman

Bersama LPS Nabung Di Bank Lebih Tenang Dan Lebih Aman - Ketika memutuskan untuk membuka rekening di sebuah bank, ada beberapa hal yang menjadi pertimbangan saya, selain bank tersebut harus terpercaya, saya akan memilih bank yang sesuai dengan kebutuhan, seperti mempunyai layanan m-banking, memiliki fasilitas ATM (Automated Teller Machine alias Anjungan Tunai Mandiri) yang tersebar di berbagai tempat, bekerjasama dengan banyak merchant dan juga bank tersebut harus memiliki petugas customer service yang sigap dan solutif.
Fasilitas ATM disediakan untuk memudahkan, jangan sampe uangnya habis ditarikin, nabungnya malah jarang hehe #AyoNabungDiBank

Bank memang adalah sebuah bisnis kepercayaan. Dan yang menjadikan sebuah bank itu terpercaya salah satunya adalah apabila bank tersebut terdaftar sebagai bank peserta penjaminan LPS (lembaga penjamin simpanan).

Berkenalan Dengan LPS

Jujur setelah lebih dari sepuluh tahun saya menjadi nasabah di beberapa bank, baru sekarang saya berkenalan dengan LPS (Lembaga Penjamin Simpanan). Kalo denger sih pernah tapi dulu ga ngeh kalo LPS ini ternyata punya peran yang penting dalam dunia perbankan.

Padahal selama ini LPS lah yang menjamin semua tabungan nasabah yang ada di bank. Jadi dengan adanya LPS kita ga usah khawatir lagi uang simpanan kita di bank akan hilang begitu saja seperti yang terjadi pada kejadian  20 tahun lalu (krisis moneter 1998), dimana terjadinya krisis keuangan negara yang berimbas pada harus dilikuidasinya 16 bank di Indonesia karena situasi keuangan Negara sedang tidak stabil saat itu.

Yang sempat ngalamin pasti familiar tuh dengan istilah krismon alias krisis moneter. Krisis moneter tersebut ditandai dengan keadaan keuangan yang tidak menentu sebagai akibat lembaga keuangan dan nilai tukar mata uang tidak berfungsi dan tidak berjalan sesuai harapan.

Situasi seperti itu tentu meninggalkan trauma dan pengalaman buruk bagi para pelaku ekonomi di Indonesia dan juga masyarakat banyak pada umumnya.

Nah dilatar belakangi oleh kejadian tersebut, pada tanggal 22 September 2004 presiden RI mengesahkan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 24 tentang Lembaga Penjaminan Simpanan. Dan berdasarkan Undang-Undang tersebut LPS berfungsi sebagai lembaga independen yang menjamin simpanan nasabah dan turut aktif dalam memelihara stabilitas sistem perbankan sesuai dengan kewenangannya. 

Undang-Undang tersebut berlaku efektif mulai tanggal 22 September 2005, dan sejak tanggal tersebut LPS pun resmi beroperasi.

Saat ini kantor LPS beralamat di Equity Tower Lt 20-21,Sudirman Central Business District (SCBD) Lot 9, Jalan Jenderal Sudirman Kav. 52-53, Jakarta, dan tidak memilki cabang di kota lain di Indonesia. 

LPS Menjamin Uang Tabungan Nasabah Hingga Rp 2 Milyar

Sebagai lembaga keuangan negara yang terpercaya, LPS mempunyai tugas untuk menjamin keamanan uang tabungan nasabah yang ada di bank. Dengan catatan nominal uang tabungannya tak lebih dari 2 milyar rupiah (efektif per 13 oktober 2008).

Namun sebelumnya ada 3 kriteria yang harus dipenuhi terlebih dahulu supaya uang tabungan kita layak dibayar oleh LPS (apabila terjadi sesuatu pada bank tempat kita menabung), yaitu :

  1.  Tercatat dalam pembukuan bank. Btw udah lama banget nih saya ga pernah print buku tabungan. Selain males kalo ternyata harus antri di bank, saya berfikir kalo setiap transaksi bisa saya cek lewat aplikasi m-banking aja hehe. Padahal sebenarnya ngeprint buku tabungan secara manual mempunyai kegunaan yang lebih real. Karena dengan kita rajin ngeprint buku tabungan , kita bisa terhindar dari transaksi perbankan yang mencurigakan atau berjaga-jaga apabila sewaktu-waktu terdapat perbedaan jumlah saldo di ATM dan buku tabungan.
  2. Tingkat bunga simpanan tidak melebihi tingkat bunga penjaminan. Tingkat bunga simpanan dievaluasi setiap bulan. Dan besaran tingkat bunga bank umum berkisar di 6,25%, bunga valas (valuta asing) di kisaran 1,50% dan untuk bunga BPR (bank perkreditan rakyat) di kisaran 8,75%. Nilai simpanan yang dijamin tersebut meliputi pokok ditambah bunga untuk bank konvensional, atau pokok ditambah bagi hasil yang telah menjadi hak nasabah untuk bank syariah.
  3.  Tidak melakukan tindakan yang merugikan bank, seperti misalnya punya kredit macet (hutang yang belum lunas dibayar).

Silahkan follow akun @lps_idic untuk mengetahui lebih banyak informasi mengenai LPS

 Baca juga : Perbedaan KPR Konvensional dan KPR Syariah

Darimana Sumber Pendanaan LPS?

Pertanyaan ini langsung muncul di benak saya ketika mendengar bahwa LPS berfungsi sebagai lembaga yang akan menjamin semua dana nasabah yang disimpan di bank. Dan rasa penasaran saya pun berhasil terjawab di acara temu media dan influencer bersama LPS tersebut, karena sumber pendanaan LPS berasal dari :
  • Modal awal yang merupakan kekayaan negara yang dipisahkan sebesar Rp 4 trilyun.
  • Kontribusi kepesertaan yang dibayarkan pada saat bank pertama kali menjadi peserta.
  • Premi penjaminan (sebesar 0,1% dari total simpanan) yang dibayarkan bank setiap semester, dan
  • Hasil investasi cadangan penjaminan.

Seberapa penting peran Perbankan dan mengapa simpanan Perbankan harus dijamin
 
Pak Samsu Adi Nugroho dari LPS di acara temu media & influencer di hotel Courtyard, Bandung (09/08)

Dan sampai saat ini terdapat 72 negara di dunia yang telah mendirikan lembaga penjamin simpanan. Beberapa negara maju seperti Amerika Serikat, Kanada dan Swedia bahkan telah mendirikan lembaga penjaminan jauh sebelum krisis perbankan melanda Asia Pasifik. 

Negara di Asia yang telah mendirikan lembaga penjaminan simpanan antara lain Filipina pada tahun 1963, Korea pada tahun 1996, dan setelah Indonesia menyusul Malaysia dan Singapura.

Jadi ga usah ragu lagi tuk nabung di bank, karena bersama LPS nabung di bank jadi lebih tenang dan lebih aman. #AyoNabungDiBank

Jenis-jenis simpanan yang dijamin oleh LPS
 
Sumber : wikipedia.org
               lps.go.id

Comments

Popular posts

Resep kuah suki

Suki adalah salah satu menu makanan enak dan sehat yang bisa kita nikmati rame-rame bersama teman dan keluarga.

Menu makanan khas negara-negara di Asia timur ini dikenal sebagai salah satu makanan sehat karena, minim penggunaan minyak dan bebas lemak.

Cara memasak suki yaitu dengan cara merebus. Kita tinggal memilih beraneka ragam jenis Suki yang rata-rata terbuat dari berbagai macam seafood, seperti baso udang, baso kepiting, baso ikan dan sebagainya. Dan ada  juga sayuran nya berupa sawi hijau dan jamur untuk kemudian dimasukkan / direbus ke dalam panci/pan yang berisi kuah sup panas. Suki sangat nikmat apabila disajikan hangat, tinggal diberi cocolan saus Suki yang khas.

3 Toko Kue Ulang Tahun Di Bandung Yang Recommended

Hari ulang tahun adalah hari yang istimewa bagi setiap orang. Adakalanya kita menginginkan sesuatu yang istimewa seperti halnya kue ulang tahun.
Walaupun tidak dirayakan secara meriah,biasanya kehadiran kue ulang tahun bisa membawa kesan tersendiri bagi orang yang sedang berulang tahun. #SayItWithCakes 😘
Dan saya pun kerap membeli kue ulang tahun, khusus untuk orang-orang tersayang di tiga tempat berikut :



3 Toko Kue Ulang Tahun di Bandung, Yang Recommended Versi Saya :
1.Cizz Cheesecake &  Friends
Siapa sih yang ga kenal sama toko kue Cizz, toko yang khusus menyediakan kue berbahan dasar keju yaitucheese cake. Ya toko kue Cizz adalah toko kue favorit saya, yang sudah berdiri sejak tahun 2004, dan tetap bertahan hingga saat ini.
Toko berukuran mungil yang berada di jl.Laswi no 1A Bandung ini, memang sudah memiliki banyak pelanggan setia.Dan setiap berkunjung ke toko kue Cizz saya pasti memilih Fruity Cheese Cake untuk ibu saya. Perpaduan krim keju dan buah-buahannya terasa pas di lidah…

Arti kucing datang ke rumah (belajar tentang sebuah keikhlasan dari seekor kucing)

Disadari atau tidak, banyak sekali kejadian sepele yang terjadi di kehidupan kita sehari-hari. Dan hal tersebut ternyata memiliki arti banyak untuk kita, seperti halnya sebuah kejadian yang saya alami beberapa minggu yang lalu. Hingga kemudian saya pun belajar memaknai akan arti dari kedatangan seekor kucing ke rumah saya. 
Sore itu, ketika pulang ke rumah, saya mendapati seekor kucing yang sedang duduk di bawah pohon dekat pintu pagar. Seekor kucing hitam dengan warna putih di bagian dada serta ke empat bagian ujung kakinya. Pertama melihatnya, saya langsung memanggilnya dengan sebutan kucing kaos kaki yang kemudian saya singkat dengan sebutan Mengkoska ☺.

Beberapa lama kemudian,saya masih mendapati kucing tersebut duduk di bawah pohon. Posisi badannya kelihatan sedikit terkulai,saya pun menghampirinya dan memegangnya ternyata kaki belakang si kucing  lemas sehingga si kucing tidak bisa berjalan dengan normal. Melihat hal tersebut, saya jadi merasa kasihan dan membawanya masuk ke tera…

Mie Ayam Enak Di Bandung, Yang Mana Favoritmu ?

Selain mie bakso, salah satu makanan favorit yang digemari banyak orang adalah mie ayam. Mie ayam sedikit berbeda dibanding mie bakso. Yang membedakan adalah ukuran mie nya yang sedikit lebih besar, racikan minyak, sawi hijau serta taburan ayam suir yang sudah dibumbui dengan rasa manisnya yang khas. 
Biasanya mie ayam disajikan dengan pangsit goreng, namun ada kalanya mie ayam juga dinikmati dengan tambahan bakso. Penjual mie ayam di kota Bandung identik dengan pedagang keliling dengan gerobak dorongnya yang berwarna biru tua. Walaupun ada juga beberapa penjual mie ayam yang berjualan menetap di sebuah tempat.

Keseruan Acara Hokben Blogger Gathering Bdg Bersama Menu Hoka Suka

Irasshaimase .. Ya itu adalah sambutan istimewa bagi setiap customer yang datang ke store Hokben. Sebuah sapaan hangat yang memiliki arti Selamat Datang. 
Saya jadi inget masa kuliah dulu nih, pernah ngambil jurusan bahasa Jepang, punya impian pengen pergi ke Jepang dan beberapa hari yang lalu saya baru saja berkunjung ke sebuah restoran Jepang..lengkap deh haha 😁.

Belajar Berkuda dan Memanah di Muslimah Academy

Tak kenal maka tak tahu, seperti itulah yang saya rasakan, sebelumnyasaya tidak mengenal sama sekali seperti apa kegiatan berkuda dan seperti apa kegiatan memanah. 
Yang saya tahu berkuda identik dengan hobinya princess Syahrini haha atau sebatas mengantar anak-anak untuk naik kuda di hari minggu haha (baca : naik kuda beda bangetdengan berkuda). 
Kalo naik kuda, sebagai penumpang kita cenderung 'pasrah' dan hanya duduk manis di atas kuda karena si kuda dituntun oleh si mamang, tetapi melalui berkuda kita belajar untuk menjadi seorang leader (pemimpin) untukberani mengarahkan dan mengendalikan kuda supaya berjalan sesuai tujuan. 
Begitupun dengan memanah, yang saya tahu sebelumnya, memanah hanya dilakukan oleh para atlet ataupun identik dengan sebuah aktivitas bagian dari peperangan di jaman dahulu..hehe. 
Ternyata memanah merupakan salah satu kegiatan olahraga yang bisa dilakukan oleh siapa saja, termasuk wanita dan anak-anak. Di jaman sekarang kegiatan memanah sudah mulai famili…

RS Melinda Bandung, Rumah Sakit Nyaman Dengan Pelayanan Lengkap

Setelah sekian lama tak berkunjung ke rumah sakit. Siang itu saya datang berkunjung ke RS Melinda bersama empat orang teman. Namun di kunjungan kali ini, kita tidak datang untuk berobat ataupun untuk menjenguk orang lain. Kita datang untuk melakukan hospital tour (tour berkeliling rumah sakit Melinda1 dan Melinda 2) dengan tujuan untuk mengetahui layanan dan fasilitas apa saja yang tersedia di rumah sakit Melinda.