Bersaing di Dunia Kerja? Upgrade Kemampuan dengan Aplikasi Siap Kerja

“Bila kita tidak bisa lagi mengubah situasi, kita ditantang untuk mengubah diri kita sendiri”.

Sebuah quotes menarik yang relate dengan situasi saat ini. Dimana terjadi begitu banyak perubahan dalam jangka waktu yang sangat singkat. Pandemi melanda dunia dan semua bidang pekerjaan pun menjadi go digital.

Sebagai manusia saya harus siap menerima perubahan tersebut, sambil menyesuaikan diri mempelajari hal-hal baru yang berkaitan dengan bidang digital technology.


Pandemi Datang, Dunia Kerja Beralih Go Digital

Pandemi Covid 19 datang, dunia kerja pun berubah. Banyak sekali bidang pekerjaan yang beralih dari offline menjadi online.

Kita tak lagi rutin beraktivitas pergi ke kantor. Melainkan bekerja secara remote dari rumah, memanfaatkan jaringan internet untuk tetap bisa terkoneksi dan menyelesaikan pekerjaan. 

Memiliki profesi sebagai blogger sedikit banyak saya merasa beruntung karena sejak empat tahun terakhir sudah terbiasa melakukan kegiatan Work From Home (WFH) menggunakan internet. 

Namun ada banyak hal baru yang harus saya pelajari dan kerjakan, seperti meeting menggunakan aplikasi Zoom, mengirim report menggunakan Google document, membuat konten menggunakan aplikasi video editor, dan masih banyak hal lainnya yang berkaitan dengan penggunaan aplikasi.

Ya saat ini hampir semua bidang kegiatan sehari-hari difasilitasi oleh aplikasi internet.

Aplikasi internet adalah aplikasi yang hanya ada di internet dan dijalankan dengan menggunakan jaringan atau yang biasa disebut "online"

Berbagai aplikasi internet hadir di kehidupan kita sebagai sarana untuk memudahkan komunikasi dan pekerjaan seperti aplikasi social chat, aplikasi belanja, aplikasi pembayaran hingga aplikasi belajar online.


Meng-upgrade Diri dengan Aplikasi Belajar Online

Untuk menghadapi berbagai perubahan yang terjadi saat ini, saya pun memanfaatkan aplikasi belajar online sebagai salah satu sarana untuk meng-upgrade diri.

Di era teknologi digital seperti sekarang kita memang harus meningkatkan kemampuan dengan melakukan Upskilling dan Reskilling.

aplikasi siap kerja

Upskilling adalah proses meningkatkan keterampilan dan pengetahuan. Sedangkan Reskilling adalah mempelajari keterampilan baru yang berbeda dari jenis pekerjaan yang kita geluti.

Ada banyak aplikasi belajar online yang bisa kita pilih dan gunakan untuk menambah pengetahuan. Dan saya tertarik dengan sebuah aplikasi bernama QuBisa.

QuBisa merupakan platform belajar online terbesar di Indonesia yang bertujuan meningkatkan keterampilan diri & digital bagi para milenial seperti mahasiswa, karyawan dan professional.

 

Aplikasi QuBisa Bukan Sekedar Aplikasi Belajar Online Biasa

Setelah mencoba langsung, ternyata aplikasi QuBisa ini bukan sekedar aplikasi belajar online melainkan juga aplikasi siap kerja yang cocok sekali bagi para milenial yang ingin meningkatkan skill di dunia kerja.

belajar gak ribet
meningkatkan kemampuan
Di aplikasi QuBisa kita bisa menguji kemampuan melalui menu KSM (Keterampilan Sukses Milenial)
dan KDM (Keterampilan Digital Milenial)


Lewat aplikasi QuBisa saya mendapatkan banyak sekali informasi bermanfaat seputar dunia karir, bisnis dan pekerjaan. 

Wawasan saya menjadi terbuka luas. Cara belajarnya pun praktis banget, bisa sambil rebahan di rumah, mau belajar gak ribet deh.

Jujur saya merasa terbantu sekali dengan berbagai materi yang ada di aplikasi QuBisa. Pengetahuan saya di berbagai bidang menjadi bertambah hanya dengan menonton video singkat (microlearning) yang disampaikan oleh para mentor.

Dan saya bisa memilih tema apa yang saya minati dan butuhkan. Beneran deh belajar lewat aplikasi QuBisa adalah salah satu cara belajar efektif. Apalagi saya adalah tipe orang dengan tipe belajar visual auditori.

Saya pun penasaran untuk ikut salah satu kursus online yang ada di aplikasi QuBisa.

aplikasi siap kerja
Pilihan menu di aplikasi siap kerja Qubisa | Lengkap dan user friendly 


Jenis kursus yang ada di aplikasi QuBisa ini terdiri dari dua jenis yaitu kursus online gratis dan kursus berbayar.

upskilling dan reskilling


Untuk kursus berbayar, biaya yang dikenakan relatif terjangkau mulai dari Rp 20.000/sesi kursus hingga ratusan ribu/sesi kursus. Mengeluarkan uang untuk ikut kursus adalah salah satu bentuk investasi juga lho.

cara meningkatkan kemampuan

Tersedia beragam bidang ilmu yang bisa kita pilih sesuai minat dan kebutuhan. Mulai dari kursus seputar keuangan (finansial), seputar pemasaran (sales & marketing), kursus desain seperti mengedit video, cara membuat aplikasi mobile, hingga kursus bahasa Korea dan masih banyak lagi. Wih menarik sekali ya!.

Materi yang diberikan melalui Kursus belajar online QuBisa sangat mudah dipahami. Terdiri dari 3 bagian yaitu pre-test, materi (video dan teori) serta post test.

Jadi sebelum mengikuti kursus online gratis di aplikasi QuBisa, setiap peserta harus mengikuti pre-test terlebih dahulu. Pre-test tersebut ditujukan untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan kita mengenai tema kursus yang akan kita ikuti.

Setelah itu kita menonton beberapa video singkat yang disampaikan oleh instruktur yang kompeten di bidangnya.

Menariknya dengan menyaksikan video atau mengikuti kursus online di aplikasi QuBisa, kita bisa mendapatkan poin. Besaran poin yang kita peroleh berbeda-beda. Dan poin tersebut bisa kita kumpulkan untuk mendapatkan hadiah (reward). Hadiahnya berupa saldo e-wallet hingga smartphone lho. Hmm. Bikin mupeng ga tuh.

Saya jadi semangat untuk terus menonton berbagai video yang ada di aplikasi QuBisa. Bukan untuk mengejar hadiah. Tapi karena materinya memang sangat bermanfaat. Anggap aja hadiah tersebut sebagai bonus.

belajar gak ribet


Tema Favorit di Aplikasi Siap Kerja QuBisa

Salah satu materi favorit saya di aplikasi siap kerja QuBisa adalah materi seputar cara meningkatkan personal branding.

Saya baru ngeh kalo personal branding merupakan salah satu jenis investasi jangka panjang yang berguna di masa depan khususnya di dunia kerja.

Nyatanya beberapa recruiter melihat profil seseorang melalui media sosialnya. Hal tersebut terjadi ketika recruiter dihadapkan pada dua pilihan kandidat pelamar kerja yang memiliki kompetensi sama.

Ya media sosial bisa memperlihatkan karakter seseorang. Maka manfaatkanlah media sosial sebagai sarana untuk menampilkan personal branding yang baik. Bukan sekedar untuk eksis saja.

Terbukti sekarang banyak sekali para milenial yang memanfaatkan social media sebagai sumber penghasilan.

Well, cara meningkatkan personal branding memang membutuhkan strategi. Cari tahu deh informasi seputar hal tersebut di aplikasi QuBisa.


cara meningkatkan personal branding


5 Alasan Menggunakan Aplikasi Siap Kerja QuBisa Untuk Meningkatkan Kemampuan

Setelah menggunakan aplikasi siap kerja QuBisa dan merasakan manfaatnya. Berikut ini 5 alasan kenapa man-teman harus menggunakan aplikasi siap kerja QuBisa :  

1. Aplikasi siap kerja QuBisa dapat meningkatkan kemampuan para milenial di bidang technology digital.

2. Terdapat ribuan video bermanfaat seputar pengembangan karir, bisnis dan pekerjaan yang bisa kita tonton setiap saat. Belajar singkat dengan materi yang mudah dipahami. Belajar gak ribet.

3. Aplikasi siap kerja QuBisa bekerjasama dengan para instruktur handal yang berasal dari berbagai universitas dan akademi ternama di Indonesia.

4. Aplikasi siap QuBisa merupakan platform belajar online yang bisa diakses secara gratis seumur hidup.

5. Belajar jadi lebih mudah dan menyenangkan dengan aplikasi QuBisa. Salah satu cara belajar efektif yang bisa kamu manfaatkan di era digital teknologi seperti saat ini.

upskilling dan reskilling


Kesimpulan

Ya setiap orang memiliki soft skill dan hard skill masing-masing. Namun kemampuan tersebut sebaiknya terus di upgrade.

Upskilling dan Reskilling memang sangat penting di era VUCA seperti saat ini. Era VUCA adalah era ketidak pastian. Dimana terjadi perubahan yang sangat cepat dan cenderung tidak bisa ditebak.

*VUCA merupakan singkatan dari Volatility, Uncertainty, Complexity, dan Ambiguity.

So, untuk menghadapi perubahan yang sangat cepat seperti saat ini, kita dituntut untuk bisa menyesuaikan diri, selalu meningkatkan kemampuan, dan lincah dalam memanfaatkan berbagai aplikasi online yang tersedia.

cara belajar efektif
Aplikasi QuBisa membantu para milenial untuk belajar mengembangkan diri melalui berbagai kursus dan mentoring

Yuk segera download aplikasi siap kerja QuBisa di smartphone mu. Download secara gratis melalui Playstore atau iOS.

Oya buat kamu yang hobi nulis, QuBisa juga mengadakan lomba blog lho. Lombanya dimulai per 22 September s/d 10 Desember 2021. Tersedia hadiah total RP 10 juta rupiah. Untuk 3 orang pemenang utama dan 16 hadiah hiburan. Aku Bisa Kamu Bisa!

cara meningkatkan kemampuan


aplikasi siap kerja





37 Comments

  1. yg editing video gratis gak ya? hihi, penasaran. aku sudah instal nih, tp blm sempat buka2. kerja dr rumah ternyata sibuk juga, tapi Alhamdulillah

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang editing video gratis kak. Kalo kak Tari punya akun youtube di aplikasi Qubisa ada juga materi seputar dapet penghasilan lewat youtube

      Delete
  2. asik, Asiiikkk
    Nyenengin bgt ya Qubisa ini.
    bener2 bisa menjadi partner utk upgrading skills.
    Ciamiiikk!

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener banget, jujur saya juga baru ngeh sama aplikasi belajar online QuBisa ini. Materinya variatif sekali, trus bentuknya video microlearning gitu. materinya realtif singkat, to the poin dan mudah dipahami

      Delete
  3. Saya baru tahu ada platform bernama Qubisa ini. Mungkin kapan-kapan saya mau buka websitenya dan cari-cari kursus apa yang kira-kira menarik hati saya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cuss buka websitenya atau langsung install aja aplikasinya supaya lebih praktis. Materi kursusnya beragam banget, tema investasi saham juga ada, publik speaking atau fotografi dan masih banyak lagi

      Delete
  4. Maaf bleh bertanya apakah aplikasi ini semua serba gratis , atau ad kursus terntentu yg berbayar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aplikasi QuBisa bisa diakses secara gratis, tapi tuk kursusnya ada dua jenis mba..yang gratis sama yang berbayar. Yang berbayar mulai dari Rp 20.000/ sesi kursus

      Delete
  5. Saya percaya setiap orang harus menggunakan kesempatan untuk upgrade diri supaya punya kualitas tinggi. Caranya sekarang juga mudah yach dengan ikut mendaftar di aplikasi QUBISA. Wah harus digunakan kesempatan yang bermanfaat ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul sekali mba Ina, di era digital teknologi seperti sekarang kita diberi kemudahan dengan beragam fasilitas belajar online. Dan harus kita manfaatkan sebaik mungkin. sebagai sarana mengupgrade diri supaya bisa bersaing di dunia kerja

      Delete
  6. Sejak pandemi, semua memang serba digital. Kalau gak upgrade diri, ya bahaya karena bakal ketinggalan zaman. Sekarang udah banyak kursus online ya kaya Qubisa ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nih hampir semua bidang go digital, dan kita dituntut untuk menyesuaikan diri dan terus belajar. Jangan sampe kudet pas ditanya sama anak hehe

      Delete
  7. wah bener sekali mbak, di era sekarang kiat gak bisa bersikap tak mau mengiikuti era yang ada. sebab zaman berubah dan kita dituntut untuk beradaptasi bukan
    wah qubisa ini bis ajadi andalan ya buat updgrade diri , aku belum pernah nyoba tapi liat2 reviewnya positif nih jadi pengen nyoba juga

    ReplyDelete
  8. Wah bisa jadi cara belajar baru yah QuBisa ini. Belajar mandiri demi kesuksesan hidup 😄👍

    ReplyDelete
  9. sekarang tuh persainngan serba ketat, makanya upgrade skill udah harus terus dilakukan. Sekarang makin mudah dengan aplikasi ini ya. Ga da alasan buat nggak melakukannya sih.

    ReplyDelete
  10. Wah aplikasi yang bagus nih bisa upgrade diri harga kursusnya yang berbayar juga cukup murah ya..Ini semua 20 ribu an atau bervariasi harganya Teh..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. harga kursus onlinenya bervariasi teh, kalo yang berbayar mulai Rp 20.000 sampe ratusan ribu juga ada. Tergantung tema kursusnya.

      Delete
  11. belajar lagi gak hanya dibutuhkan pekerja, juga fresh graduate ya?

    beruntung sekarang ada aplikasi QuBisa yang membantu untuk meningkatkan skill dengan cara mudah dan praktis

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul ambu, di aplikasi QuBisa ini banyak materi yang cocok buat fresh graduate kayak tips interview, tips mengembangkan skill di dunia kerja dan masih banyak lagi

      Delete
  12. QuBisa bagus banget sih, aku pernah ikut zoominarnya bagus banget deh, relate sama sekarang

    ReplyDelete
  13. Beruntung ya sekarang makin banyak aplikasi untuk menambah dan mangasah skill :) apalagi bisa lewat online gini keren

    ReplyDelete
  14. Selama pandemi ini saya banyak mendalami teknik editing baik untuk video atau film. LIhat di screenshoot fotonya ada materi editing yang jelas disebutkan software-nya. Tertarik sekali karena jarang-jarang sih kursus yang langsung aplikatif menggunakan software tertentu. Biasanya cuma dasar teori teknik editing, terus software itu hanya sebagai contoh.

    Saya sendiri lebih senang mahir di satu atau sedikit software editing, daripada mengenal banyak tapi nggak ada yang pro.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di era digital kayak sekarang skill bikin video + video editing memang dibutuhkan. Saya juga termasuk yang berminat belajar editing video. Ga semudah yang dibayangkan ternyata hehe

      Delete
  15. Wahhh keren, keinget dengan pidato BTS di PBB kmren, generasi pandemi bukanlah Lost generation, tp welcome generation. Karna kita dituntut untuk berani menantang perubahan.

    Dan sekarang utk kerja pun sudah ada aplikasinya. Kereeennnn

    ReplyDelete
  16. Wah sangat bermanfaat nih untuk yang lagi bingung menambah soft skill. Pengin deh ikut zoominarnya yang membahas soal bisnis online

    ReplyDelete
  17. Daku udah unduh aplikasinya, mau coba tambah skill memang, biar makin mantap lagi berkarir. Ternyata kursusnya ada yang berbayar dan gratis juga ya

    ReplyDelete
  18. Sekarang ini makin banyak ya aplikasi belajar online. Jadi makin mudah kalau mau upgrade atau menambah skill baru. Keren nih, semoga dengan hadirnya qubisa bisa meningkatkan SDM kita.

    ReplyDelete
  19. Asyiiik nih Ada lomba blognya Qubisa, pengen ikutan ah... Nggak mau ketinggalan belajar buat nambah skill juga di Qubisa ya kak hihihi

    ReplyDelete
  20. Qubisa memang salah satu aplikasi belajar online terbaik untuk meningkatkan skill, selain berbayar juga ada yang gratis. Jadi pengen ikut yang mircolearning Personal Branding..

    ReplyDelete
  21. betul banget keterampilan harus terus diasah dengan cara belajar, banyak berlatih, membaca dan lainnya. Aku baru tau ada aplikasinini snagat membantu para pemburu kerja ini

    ReplyDelete
  22. banyak pakar lingkungan bilang bahwa Work From Home (WFH) jadi keniscayaan di masa depan

    karena energi fosil pasti habis dan EBT terlalu mahal, dengan WFH banyak yang bisa dihemat

    sehingga menaambah skill juga cukup dari rumah ya?

    ReplyDelete
  23. Saya juga sudah mulai pakai, aplikasi QuBisa untuk proses upgrade skill. Lumayan banget apalagi banyak juga kursusnya yang gratis. Selain itu juga memang benar aplikasi ini bisa sebagai media untuk mempersiapkan diri memasuki dunia kerja.

    ReplyDelete
  24. Sungguh dapat membantu sekali ya QuBisa imi. Semoga makin berkembang.

    ReplyDelete
  25. Inginnya yang namanya personal branding itu sesuatu yang sangat "gw banget" gitu yaa, teh..
    Jadi melakukannya bahagia dan gak pake "pura-pura".
    Semoga dengan belajar online di qubisa, semakin mantap menatap dunia digital yang serba kompetitif.

    ReplyDelete
  26. Alhamdulillah sekarang ini makin banyak aplikasi untuk menambah skill agar lebih siap menghadapi tantangan dan mendapatkan peluang kerja lebih banyak di dunia yang serba digital ini. Aplikasi Qubisa ini mantab deh kayaknya.

    ReplyDelete
  27. Akses untuk belajar sudah sangat terbuka sekarang, ya.. semoga ini bikin peluang orang-orang yang tidak tinggal di kota besar untuk belajar dan bekerja bisa semakin terbuka juga :)

    ReplyDelete
  28. Rupanya kelas personal branding jadi yang paling populer di QuBisa. Iya sih, di jaman seperti saat ini, hidup kan sudah berdampingan sama media sosial ya, jadi ilmu personal branding itu sangat dibutuhkan.

    Asik ya kalau belajar di QuBisa lewat aplikasinya. Tampilannya secara mobile jadi kelihatan makin sederhana.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya :)
Untuk menghindari Spam yang masuk, komentarnya saya moderasi dulu ya. .