Konsep Menarik Ruangbelajar by Ruangguru

aplikasi belajar online ruangguru

Siapa yang ga kenal dengan Ruangguru, ya Ruangguru merupakan sebuah aplikasi bimbingan belajar online terbaik dan terbesar di Indonesia. Ruangguru juga dikenal sebagai solusi belajar online terlengkap untuk anak SD, SMP dan SMA karena terbukti bisa membantu anak dalam belajar.

Ruangguru ini memiliki banyak produk menarik yang membuat siswa dapat belajar secara mandiri. Produk-produk tersebut antara lain RoboGuru, RuangBaca, RuangKelas, RuangBelajar, RuangUji, RuangLes, RuangLesOnline, RuangPengajar dan RuangPeduli. Wah banyak ya. 

produk ruangguru


Dan ada juga produk lainnya seperti Brain Academy Online, Skill Academy, Ruangkerja serta English Academy (kursus bahasa Inggris via online).

Diantara sekian banyak produk dari Ruangguru tersebut, ada salah satu produk yang bernama Ruangbelajar. Melalui Ruangbelajar by Ruangguru siswa dapat belajar secara mandiri dengan puluhan ribu video belajar beranimasi, latihan soal untuk mengasah kemampuan serta rangkuman infografis yang menarik dan mudah dipahami.


Konsep Ruangbelajar by Ruangguru


Melalui video beranimasi dan tampilan infografis yang menarik dan atraktif, anak lebih dapat memahami materi belajar secara cepat. Penyampaian informasi secara visual memang memiliki banyak keuntungan dibandingkan dengan informasi dalam bentuk teks. 

video animasi ruangguru
Contoh video animasi di Ruangguru


Informasi yang ditangkap secara visual akan diproses sekaligus oleh otak sehingga lebih mudah dipahami. Apalagi jaman sekarang dimana informasi begitu membludak, anak memiliki keterbatasan waktu dan energi untuk memahami maupun membaca informasi yang disampaikan.

belajar infografis
Contoh infografis di Ruangbelajar by Ruangguru


Jadi konsep pembelajaran dari Ruangbelajar by Ruangguru ini memang lebih mudah untuk diingat dan siswa lebih memahami inti pembahasan dari materi belajar yang diberikan.

Semua video dan latihan soal di Ruangbelajar bisa di-download dan hemat kuota. Bahkan bisa juga diakses secara offline lho (tanpa butuh koneksi internet). 


Fitur Ruangbelajar by Ruangguru


Ruangbelajar bu Ruangguru memiliki banyak fitur seperti Ruangguru PET, Ruangguru adventure, jadwal belajar, asah otak, bank soal serta laporan belajar. 

Dan Berikut ini 7 Fitur Baru yang Baru saja Rilis di Ruangbelajar (mulai Juli 2021)  :


1. Adapto

Mengambil manfaat dari hasil nilai kuis dalam video membuat pembelajaran jauh lebih interaktif dengan jawaban yang mengarahkan siswa sesuai dengan kemampuan belajarnya. 

Fitur Adapto ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa sesuai dengan kecepatan belajar masing-masing. Dengan demikian siswa dapat benar-benar memilih materi belajarnya sendiri.


2. Rencana belajar (playlist belajar)

Fitur rencana belajar (playlist belajar) ini memudahkan siswa ketika menonton video pembelajaran (atau melakukan materi pembelajaran lainnya). Anak-anak bisa dengan mudah melanjutkan materi tanpa harus mengulang dari awal. 

Fitur rencana belajar ini sengaja disediakan agar tercipta kebiasaan yang lebih disiplin lagi terkait konten apa yang harus mereka pelajari setiap minggu, agar rencana pembelajaran (rekomendasi playlist) yang diberikan kepada pengguna sesuai dengan kebutuhannya dan sesuai dengan timeline atau agenda di sekolah. 

Dan juga agar pengguna mendapatkan cara yang lebih mudah untuk melanjutkan dan menyimpan misi untuk belajar nanti.


3. Subtitle video

Berdasarkan tolok ukur untuk aplikasi pembelajaran global (khususnya pada konten yang telah direkam sebelumnya). 

Transkrip adalah salah satu fitur yang berharga untuk membantu proses pembelajaran. Karena transkrip dapat membantu siswa untuk merekam video pembelajaran mereka lebih banyak kata demi kata. 

Siswa kemudian dapat melihat konten secara mendetail selama menonton video, dan memahaminya tanpa melewatkan poin penting.


4. Fitur pencarian

Fungsi pencarian berfungsi sebagai fitur yang memudahkan pengguna yang sudah tahu apa yang harus dipelajari di aplikasi tapi membutuhkan cara tercepat untuk menemukan materi pembelajaran.


5. Pet Mission

Misi hewan peliharaan adalah daftar misi harian yang disediakan di halaman evolusi hewan peliharaan. Jika pengguna menyelesaikan 4 misi dalam satu minggu mereka akan diberikan reward berupa 1 batu evolusi hewan peliharaan. 

Fitur Ruangguru Pet Mission ini telah terbukti sebagai salah satu fitur yang dapat mendorong pengguna yang suka bermain game online menjadi lebih semangat belajar. Wah seru ya!

pet mission ruangguru


6. Tes Minat Bakat

Tes minat merupakan tes psikologi dalam bentuk tes RIASEC (Realistic, Investigative, Artistic, Social, Enterprising and Conventional). 

Tes minat bakat ini bertujuan untuk membantu memperkirakan karier yang sesuai dengan diri masing-masing. Tes bakat juga dapat mengukur kemampuan deduktif, aritmatika, spasial, induktif dan reasoning.

Hasil dari tes minat bakat adalah jurusan-jurusan sesuai minat anak yang ditunjang oleh bakat dimiliki oleh anak.


7. Konsep Kilat

Konsep kilat merupakan produk inovasi dari Ruangguru yang dapat memantapkan siswa dalam menghadapi UTBK (Ujian Tertulis Berbasis Komputer).

Jadi melalui konsep kilat ini siswa dapat memindai soal yang sudah dikerjakan melalui aplikasi Ruangguru dan langsung mendapatkan nilai belajar.


Tarif Ruangbelajar by Ruangguru


Menjelang tahun ajaran baru Ruangbelajar memberikan penawaran menarik yaitu diskon sebesar 60% lho. Wow ! Promo diskon ini berlaku untuk semua jenjang mulai SD, SMP hingga SMA.

Tarif les di Ruangbelajar by Ruangguru yaitu sebesar Rp 962.500 (untuk paket 1 semester). Dan diskon 60% jadi Rp 385.000 saja.

Sedangkan untuk harga per tahun diskon dari Rp 1.498.000/ tahun jadi Rp 599.000 saja. Jangan lupa cantumkan kode diskon JADIJUARA ya.

Paket 1 tahun ajaran ini merupakan paket terfavorit dan berlaku hingga 30 juni 2022. Dan khusus untuk jenjang SMA ada juga paket tahunan plus paket UTBK dari harga normal Rp 2.498.000 diskon 60% jadi Rp 999.000 saja (berlaku hingga 31 Agustus 2022).

Oya di tahun ajaran baru ini bayar Ruangguru bisa lebih gampang. Langganan di Ruangguru juga bisa dicicil melalui metode pembayaran Kredivo.


5 Alasan Kenapa Harus Memilih Ruangbelajar by Ruangguru :


1. Banyak murid merasa puas dengan layanan bimbel Ruangbelajar

2. Ruangbelajar lebih menarik dibanding pengajaran di sekolah

3. Ruangbelajar membantu murid dalam pemahaman konsep

4. Berdasarkan pengalaman, setelah kurang lebih 3 bulan ikut bimbel di Ruangbelajar banyak siswa yang nilainya menjadi meningkat 

5. Ruangbelajar sangat membantu anak dalam mempersiapkan diri untuk menghadapi ujian di sekolah

ruangbelajar by ruangguru


Kesimpulan 


Menurut saya konsep Ruangbelajar by Ruangguru ini memang sangat sesuai dengan perkembangan jaman sekarang. Memanfaatkan teknologi untuk memudahkan siswa dalam mengakses materi pembelajaran yang berkualitas. 

Melalui belajar online siswa dapat belajar kapan saja dan dimana saja (tanpa batasan ruang dan waktu) apalagi mengingat situasi pandemic saat ini yang belum memungkinkan siswa untuk kembali belajar tatap muka di sekolah. 

Kehadiran teknologi memang dapat membantu siswa, guru dan orang tua untuk menjalankan aktivitasnya secara efektif dan efisien.


Ruangbelajar dilengkapi beragam fitur-fitur latihan seperti bank soal, Latihan Bab, Cek Kemampuan, dan Kuis untuk memastikan siswa sudah paham betul materi yang dipelajari


perbedaan bimbel jadul dan bimbel online

 

Dengan belajar online di ruangbelajar by Ruangguru, para orangtua tetap dapat memantau perkembangan belajar anak dengan mudah. Cukup ketik “Rapor Anak” ke WhatsApp Ruangguru di 0815-7820-0000 dan orangtua bisa mendapatkan laporan belajar anak secara komprehensif. Penasaran? Cuss tinggal daftar aja!





0 Comments

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya :)
Untuk menghindari Spam yang masuk, komentarnya saya moderasi dulu ya. .