Investasi Reksadana Saham Optimal di DBS Treasures

investasi reksadana saham

Reksadana merupakan wadah mengumpulkan dana dari masyarakat atau investor yang nantinya akan diinvestasikan manajer investasi menjadi portofolio ke berbagai instrumen investasi. 

Investasi reksadana saham dipilih banyak investor karena memiliki potensi keuntungan yang cukup tinggi. Nantinya, reksadana ini juga akan dikelola oleh manajer investasi yang terdiri dari komite investasi serta pengelolaan investasi.

Reksadana saham sendiri merupakan salah satu instrumen investasi dengan risiko tinggi dibandingkan jenis reksadana lainnya seperti pasar uang atau pendapatan tetap. 

Jenis reksadana ini sendiri melakukan investasi dengan minimal 80% dari nilai aktiva bersih berbentuk efek yang bersifat ekuitas. 

Secara umum, reksadana saham dengan investasi saham menganut prinsip yang sama yaitu high risk dan high return

Meski begitu, risiko investasi reksadana saham dinilai lebih rendah dibandingkan saham.


Langkah Investasi Reksadana Saham Terbaik

Meskipun sama-sama diinvestasikan di pasar saham, namun ada beberapa perbedaan antara investasi reksadana saham dengan investasi saham secara langsung. 

Di mana pada reksadana saham, investasi dikelola oleh manajer investasi, sedangkan investasi saham dikelola oleh investornya sendiri. 

Bisa dikatakan bahwa investasi reksadana saham terbaik dibandingkan Reksadana lainnya bagi investor dengan profil risiko agresif, meski risikonya tinggi namun potensi keuntungan yang didapatkan juga lumayan besar.

Diketahui reksadana saham masih mencatatkan hasil atau kinerja positif di tahun 2021 seiring menurunnya kasus penambahan harian kasus covid-19 di Indonesia. Reksadana ini juga dinilai ideal bagi investor dengan profil investasi berjangka panjang lebih dari 5 tahun. 

Jangan lupa, Anda juga bisa melakukan diversifikasi kepada jenis lain seperti pasar uang atau pendapatan tetap guna menjaga likuiditas.

Secara umum, kelebihan reksadana saham yaitu menjadi investasi reksadana yang paling optimal dalam potensi keuntungan dibandingkan dengan reksadana lainnya. 

Rata-rata return yang didapatkan mencapai 20% dalam setahun yang artinya dalam 5 tahun bisa mendapatkan return sebesar 100%, dengan catatan kinerja portofolio dan kondisi pasar mendukung.


Mengenal Return and Risk Reksadana Saham dan Tipsnya

Return and risk atau keuntungan dan risiko merupakan dua hal yang saling berhubungan dalam investasi reksadana saham. 

Dengan memahami keuntungan dan risiko, maka Anda akan mendapatkan hasil yang maksimal dari investasi reksadana saham. 

Pasalnya sebagai investor, Anda tidak boleh melihat satu sisi saja, tetapi harus mempertimbangkan secara menyeluruh antara return and risk agar tidak salah kaprah dan bisa investasi dengan optimal.

Seperti yang diketahui sebelumnya, selain memberikan keuntungan besar, Reksadana saham juga memiliki risiko yang tinggi karena dipengaruhi oleh saham dan fluktuasi tidak bisa diprediksi dengan mudah. Angka kerugian maupun keuntungannya bisa naik turun dengan tajam kapanpun.

Meski begitu, bukan berarti risiko merupakan penghalang untuk melakukan investasi reksadana saham, karena Anda bisa menyiasatinya dengan membuat strategi perencanaan keuangan yang baik. 

Selain itu, Anda juga bisa mereview kinerja Reksadana saham dengan tepat agar tidak tergiur dengan laporan yang dipublikasikan media massa terkait hasil menggiurkan.

Untuk meminimalisir risiko yang didapatkan, reksadana saham juga bisa diversifikasi penyebaran uang investor ke berbagai instrumen investasi agar tidak semuanya anjlok atau turun secara bersamaan dan masih meminimalisir kerugian. 

Dalam hal ini, misalnya reksadana saham berarti tidak terfokus pada satu saham saja, tetapi membagi dananya untuk beberapa saham lainnya.


Investasi Reksadana di DBS Treasures Saja!

Reksadana saham sendiri merupakan investasi pada reksadana yang sebagian besar portofolionya untuk saham perusahaan yang ada di bursa saham.

Dalam melakukan investasi reksadana dan saham, Anda bisa memilih DBS Treasures sebagai priority banking yang tepat. 

Tentunya ada banyak manfaat atau keuntungan yang bisa didapatkan dari investasi Reksadana saham di DBS Treasures yaitu:

1. Pengelolaan Dana Investasi Dilakukan Profesional

Seperti yang diketahui sebelumnya bahwa Reksadana saham akan dikelola oleh manajer investasi, oleh sebab itu, Anda harus memilih manajer investasi yang profesional. 

Pasalnya semua pilihan investasi di DBS Treasures bermitra dengan manajer investasi terkemuka yang mengelola dan mengoptimalkan kinerja produk Anda.

Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir karena segala risiko sudah diperhitungkan oleh manajer investasi.

2. Mendapatkan Wawasan Investasi

Selain berkesempatan dapat keuntungan investasi yang optimal, Anda juga akan mendapatkan wawasan dalam memandu berinvestasi. 

DBS Treasures didukung oleh tim ahli finansial yang proaktif dalam menganalisis dan mengkomunikasikan risiko, kinerja, serta potensi perkembangan peluang terupdate atau terbaru yang telah dipersonalisasi untuk setiap nasabah, sehingga para nasabah dapat yakin berinvestasi di saat yang tepat. 

Wawasan akan investasi ini juga tentunya menjadi sesuatu yang berharga dan sayang untuk dilewatkan.

3. Melakukan Diversifikasi

Anda tak perlu khawatir lagi dengan risiko yang mungkin terjadi, karena reksadana saham menawarkan diversifikasi penyebaran dana ke berbagai jenis aset untuk mengurangi risiko. 

Hal ini juga nantinya akan diperhitungkan oleh manajer investasi, Anda tak perlu khawatir karena mereka pasti akan mengoptimalkan pengelolaannya.

4. Likuiditas Harian

Bagi pemegang reksadana bisa menjual kepemilikan sesuai harga nilai aktiva bersih di hari yang sama, ini disebut dengan likuiditas harian.

5. Aman

Tak sedikit orang yang belum memulai investasi karena takut tertipu atau mengalami kerugian yang besar. Anda tak perlu khawatir untuk menjalankan investasi reksadana. 

Hal ini dikarenakan Otoritas Jasa Keuangan yang mengurusi segala permasalahan finansial atau keuangan sudah memberikan pengawasan kepada investasi ini.

6. Transparan

Dalam investasi reksadana, maka semua Reksadana wajib melaporkan informasi kepada investor agar bersifat transparan dan memudahkan investor dalam membuat perbandingan.

Itulah beberapa hal mengenai langkah investasi reksadana saham terbaik yang bisa Anda ketahui. Mari mulai investasi sekarang juga bersama priority banking DBS Treasures dan rasakan manfaatnya!

0 Comments

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya :)
Untuk menghindari Spam yang masuk, komentarnya saya moderasi dulu ya. .