Benarkah Salah Satu Rahasia Jadi Orang Sukses, Membaca 100 Buku dalam Setahun?

rahasia jadi orang sukses

Banyak orang yang ingin tahu apa rahasia jadi orang sukses. Dan salah satu rahasia tersebut adalah orang sukses memiliki kebiasaan rutin membaca buku.

Ya sebut saja beberapa tokoh hebat seperti Bung Karno dan Bung Hatta (presiden dan wakil presiden pertama RI), Warren Buffet (investor tersukses di dunia), dan Anthony Robbins (motivator terbaik di dunia).

Mereka memiliki kebiasaan membaca buku, dan tak main-main jumlahnya bisa mencapai ratusan buku dalam satu tahun. 

  • Warren Buffet  : Sanggup membaca selama 19 jam dalam satu hari
  • Bung Karno : Selama di tahan di penjara Banceuy, beliau menghabiskan waktu dengan membaca buku. Dan kurir bukunya adalah ibu Inggit Garnasih.
  • Bung Hatta : Memiliki perpustakaan pribadi dengan jumlah 30.000 buku
  • Anthony Robbins : Kabarnya membaca 700 buku dalam setahun.

Saya pun penasaran bagaimanakah cara membaca buku sebanyak itu? 

Dan seminggu yang lalu saya menemukan sebuah video di youtube yang membahas tentang bagaimana cara membaca 100 buku dalam 1 tahun. 


5 Cara Cepat Membaca Buku 

Berikut ini 5 tips bagaimana cara cepat membaca buku yang saya kutip dari video berdurasi 13 menit tersebut :

1. Mulailah dari book summary. Book summary adalah paragraph penting yang berisi tentang ringkasan sebuah buku. 

Dengan membaca rangkuman sebuah buku, temukan satu atau dua poin yang menarik dari buku tersebut. Apabila dirasa sesuai kita bisa memutuskan untuk membeli buku tersebut dan kemudian membacanya secara menyeluruh.

2. Bacalah buku yang memang kita butuhkan. Ada kalanya kita membaca buku hanya karena buku tersebut sedang trend dan memjadi perbincangan di lingkungan kita. 

Wah Buku A ini bagus, buku B itu menarik. Tapi apabila tema sebuah buku tidak sesuai dengan minat kita, bisa jadi buku itu tidak akan selesai kita baca. 

Ketahui bahwa dengan membaca buku yang benar-benar kita butuhkan kita akan interest untuk membaca buku tersebut sampai habis. 

3. Siapkan jadwal khusus untuk membaca buku. Tujuannya adalah supaya kita terbiasa untuk membaca buku dan bisa mencapai target jumlah buku yang ingin kita baca. 

Sediakan jam khusus untuk membaca buku setiap hari. Misal di pagi hari ketika sarapan atau di malam hari menjelang tidur. 

aplikasi baca buku


Dan khusus untuk man-teman yang memiliki tipe impulsif yaitu hanya ingin membaca sewaktu-waktu, kita bisa menyiasatinya dengan membaca menggunakan aplikasi baca buku online seperti Kindle, Gramedia digital, iPusnas dan sebagainya.

4. Tidak perlu malu apabila kita tidak menyelesaikan membaca buku. Biasanya kita merasa sudah membaca buku apabila berhasil menyelesaikan satu buku secara penuh. 

Namun sebenarnya tugas sebuah buku selesai apabila pertanyaan kita sudah berhasil dijawab oleh buku tersebut. Karena bisa jadi jawaban yang kita cari sudah kita temukan di bab 3 atau bab 7.

5. Buatlah lingkaran kebiasaan (habit loop) dalam membaca buku. Urutan kebiasaaan tersebut seperti melihat daftar isi, memahami gambaran umum (big picture) dari isi buku, serta menandai bagian yang dibutuhkan. 

Kita bisa menggunakan cara konvensional menandai dengan spidol warna atau highlighter. Eh tapi sekarang juga ada lho aplikasi yang bisa digunakan untuk meng-highlight sebuah kutipan di buku. Bookmark tersebut akan ter-save di smartphone layaknya tampilan cuitan di Twitter. 

Dengan demikian kita akan lebih mudah mengingat isi dari sebuah buku yang sudah selesai kita baca.

Kadang orang malas baca, karena udah banyak baca, eh kok lupa ya sama isi bukunya.


Kesimpulan

Ada banyak rahasia untuk menjadi orang sukses. Dan salah satunya adalah memiliki kebiasaan rutin membaca buku. Karena membaca buku memiliki banyak manfaat positif.

Selain bisa menambah wawasan dan pengetahuan, kegiatan membaca buku buku juga dapat meningkatkan kualitas memori, melatih keterampilan berpikir dan menganalisa, dapat meningkatkan fokus dan konsentrasi, menambah kosakata, mengurangi stress hingga dapat melatih kita untuk menulis dengan baik.

Jujur sejak dua tahun terakhir saya memiliki resolusi untuk rutin membaca buku. Saya pun memulainya dengan bergabung di salah satu komunitas yang pesertanya adalah orang-orang yang memiliki hobi membaca.

Di komunitas tersebut para anggotanya saling berbagi judul buku yang sedang mereka baca sehingga sedikit banyak bisa menjadi referensi bagi peserta lain untuk ikut membaca.

Bahkan mereka juga melakukan kegiatan rutin seperti mereview isi buku. Seru juga sih.

Saya juga mengikuti salah satu akun di Instagram yang mengulas tentang buku-buku. Dan yang menarik anggotanya kebanyakan perempuan alias ibu-ibu muda gitu

Well, saya berharap bisa lebih rajin dan semangat untuk membaca buku, karena saya baru sanggup membaca sebanyak tujuh buku dalam sebulan. Itupun kebanyakan buku-buku ringan seperti novel metropop wkwk.

Dan bagaimana dengan man-teman sudah berapa banyak buku yang dibaca bulan ini? 

Apakah Saya Sudah Cukup Membaca Buku?





0 Comments

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya :)
Untuk menghindari Spam yang masuk, komentarnya saya moderasi dulu ya. .