15 Quotes Tentang Jomblo Dari Novel Ganjil Genap Karya Almira Bastari

sarrahgita.com - Menjadi seorang jomblo setelah pacaran selama 13 tahun itu rasanya emang nyesek banget. Apalagi diputusinnya secara tiba-tiba, di basement parkiran, dengan alasan yang ga jelas😪.

Ditambah tak lama kemudian Gala mendapat berita kalo adik perempuannya akan segera menikah dengan pacar yang baru dipacarinya selama beberapa bulan. Hufft, mimpi buruk macam apa ini?😂

Dengan status barunya sebagai seorang jomblo, Gala pun mencari berbagai macam cara untuk mendapatkan kekasih baru atau tepatnya calon suami. Mengingat usia Gala akan segera menginjak 30 tahun dan keluarganya sudah mendesaknya untuk segera menikah.

“Jomblo menjelang tiga puluh tahun dan tinggal di Indonesia adalah ujian hidup” – Jomblo di akhir 20an - (hal.16)

quotes tentang jomblo

 

Ya, kisah tersebut merupakan potongan cerita dari novel Metropop Ganjil Genap karya Almira Bastari yang baru selesai saya baca di awal Januari 2021 kemarin.

Novel metropop merupakan genre favorit saya, selain isi ceritanya yang ringan dan  relate dengan kehidupan sehari-hari, saya bisa dibikin senyam-senyum sendiri ketika membacanya hehe.

Fiksi Metropop adalah karya sastra yang mengangkat cerita tentang masyarakat urban menengah yang tinggal di kota-kota besar dengan segala sisi kehidupannya, disajikan dengan gaya bahasa pop. Fiksi jenis ini kebanyakan digemari oleh kalangan pembaca usia muda karena kalimat yang digunakan mudah dicerna. Sumber : Wikipedia

Novel setebal 344 halaman ini mengambil latar belakang kota Jakarta. Bercerita tentang putusnya hubungan Gala dan Bara yang sudah berpacaran sejak SMA (sweet heart couple). Dan bagaimana lika-liku perjalanan cinta Gala setelahnya untuk mendapatkan calon pasangan hidup.

Ada Erick yang tampan namun ternyata sudah memiliki istri, ada Ibra pria Malaysia yang ternyata adalah seorang pangeran, ada Akbar, high quality jomblo kakak kelasnya di jaman SMA dulu namun tak tertarik kepada Gala, ada Tian yang dikenalnya di tempat kursus menyelam tapi belum apa-apa udah cerita tentang mantannya terus, ada Adi yang bikin illfil dan membuat Gala merasa terjebak, dan ada Aiman seorang dokter berusia 40 tahun yang serius mencintai Gala namun memiliki trauma akan pernikahan. Hmm, kira-kira siapakah laki-laki yang cocok mendampingi Gala?

 

15 Quotes Tentang Jomblo

 

Dan berikut ini 15 quotes menarik tentang menjadi Jomblo versi Gala Nareswara, si tokoh utama di Novel Ganjil Genap karya Almira Bastari :

 

  1. Sahabat adalah pertolongan pertama pada saat putus cinta – Jomblo yang tidak ingin sendiri- (hal 31)
  2. Begitu tingginya kriteria begitu sempitnya waktu – Jomblo di akhir usia 20an- (hal 36)
  3. Salah satu pintu perjodohan adalah teman yang baik – Jomblo yang mengandalkan persahabatan (hal 72)
  4. Cari jodoh di kota penuh polusi itu sulit terutama kalau wajahnya ditutupi masker – Jomblo yang tidak tahan debu- (hal 94)
  5. Kalau jomblo, minimal mesti nongkrong, jangan buru-buru pulang ke rumah – Nasihat sahabat yang sudah berhasil menikah- (hal 111)
  6. Dari sepuluh orang Jakarta yang jomblo, Sembilan diantaranya pasti pernah install Tinder, yang satu paling engga pernah cari tahu gimana mainnya – Jomblo yang sedang mencoba Tinder- (hal 125)
  7. Tidak mendapat jodoh di darat, berarti waktunya’ mengepakkan’ sayap di lautan –Jomblo yang pantang menyerah- (hal 172)
  8. Cowok berkualitas itu kalau bukan pacar orang atau suami orang mungkin nggak suka cewek –Jomblo yang berburuk sangka-  (hal 192)
  9. Cewek bukan hanya butuh kenyamanan tapi juga kepastian –Jomblo yang tidak ingin mengambil resiko- (hal 216)
  10. Salah satu nikmat Tuhan adalah punya gandengan baru yang lebih oke saat bertemu mantan –Jomblo yang pandai bersyukur-  (hal 234)
  11. Jodoh bukan sesuatu yang bisa dipaksa, sesederhana itu – Jomblo yang dilangkahi (hal 244)
  12. Kangen sama mantan itu wajar apalagi kalo pacar barunya ternyata 'turun kelas' – High quality jomblo- (hal 252)
  13. Patah hati tidak hanya mengajarkan apa yang tidak kita mau tapi juga memberikan keberanian untuk menjalani apa yang kita mau – Jomblo yang sudah belajar dari pengalaman ( hal 281)
  14. Enaknya jadi jomblo mapan adalah bisa ganti suasana- Jomblo yang sedang bepergian (hal 288)
  15. Kumpulkan sebanyak-banyaknya ‘pipeline’ lalu pilih yang terbaik –Resep untuk segera melepas status jomblo (hal 303)

 

Well, selalu ada cerita menarik dibalik status seseorang sebagai seorang Jomblo, karena urusan jodoh itu adalah rahasia Tuhan. 

Dan yang pasti novel Ganjil Genap yang resmi rilis di toko buku pada awal tahun lalu (Februari 2020) ini sangat rekomended untuk dijadikan sebagai bahan bacaan untuk menemani aktivitas di rumah. Alur ceritanya terasa mengalir dan membuat saya tak bisa berhenti untuk terus membaca. 

Novel Ganjil Genap ini terasa tambah seru dengan hadirnya tiga tokoh lain yang  yaitu Nandi, Sidney dan Detira. Mereka adalah sahabat Gala yang berkontribusi dalam mengatur strategi untuk Gala dalam mengejar laki-laki impiannya. Thats What Friends Are For 😁.

Oya novel Ganjil Genap ini merupakan buku ketiga karangan Almira Bastari setelah novel Melbourne (Wedding) Marathon (2017) dan Resign(2018). 

 Baca juga : 5 Hal Yang Membuat Kegiatan Membaca Terasa Menyenangkan

 

novel metropop ganjil genap
Diterbitkan oleh PT Gramedia Pustaka Utama | Harga Rp 90.200 | sumber : ebooks.gramedia.com

 

 

14 Comments

  1. setuju banget sama quotes 'Sahabat adalah pertolongan pertama pada saat putus cinta.' pengalaman pribadi juga :')

    ReplyDelete
  2. waaahhh quote-nya seru2 ya kak
    kreatif juga nih penulisnya
    yg nggak jomblo aja merasa tersindir wkwkwkwkwk

    ReplyDelete
  3. Fiksi metropop ini selalu punya sisi menarik nih ya, judulnya bikin penasaran nih mbakm

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi judul Ganjil Genap maksudnya adalah perjalanan Gala (tokoh utama di novel ini) dalam menjalani hari-harinya yang ganjil (setelah putus dari pacarnya) untuk mendapatkan pasangan baru yang akan menggenapinya hehe.

      Di luar konteks cerita yang memang berlokasi di Jakarta. Dan diceritakan kalo setiap pergi dan pulang kantor, Gala dan pacarnya bergantian saling jemput satu sama lain karena plat mobil mereka, bernomor ganjil dan bernomor genap.

      Delete
  4. Menguatkan para Jomblo mba tulisannya hahhha Mantappp,
    Soalnya mereka biasanya di Bully 😐

    ReplyDelete
  5. Ahaha, eh novel Ganjil Genap ini emang seru dibaca dan banyak quote-quote keren tapi lucu juga gitu...Aku awalnya ngikutin di wattpad sebelum beli bukunya...

    ReplyDelete
  6. Quotenya keren-keren.Paling suka dengan quote nomor 10. Ini mah wajib banget kalau hanis ditinggalin. Biar mantan speechless🤭

    ReplyDelete
  7. Kalau nggak salah ini dari wattpad kan? Emang seru-seru banget. Bikin tergelitik. Apalagi di Indonesia topik ini cukup sensitif bagi sebagian orang hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya baca novel ini di aplikasi Gramedia Digital kak..tapi di wattpad juga ada

      Delete
  8. aku suka agatha christie, hehe. nyaris gak ada quotes sih, tapi berkesan banget sampe bukunya kelar. bagus juga kalo jomlo dikasih quotes, drpd dibully. eh dicariin jodoh lebih bagus lagi, halah!

    ReplyDelete
  9. Aduh aku ngakak yang ini "Salah satu nikmat Tuhan adalah punya gandengan baru yang lebih oke saat bertemu mantan –Jomblo yang pandai bersyukur- (hal 234)" Ya emang benar sih #eeehhh wkwkw

    ReplyDelete
  10. AKu uda lama banget pengen baca Novel Ganjil-Genap ini, teh..
    Karena covernya mirip Resign yaa..
    Heheh...pasti baper niih...baca joblo patah hati, hiiiks~

    ReplyDelete
  11. Novel Metropop ini dulu pernah sangat happening di tahun 2010an, masih lanjut ya sampai sekarang genre ini. Quote-quote-nya mantul banget, cocok ama kondisi jomblo saat ini.

    ReplyDelete
  12. Isi cerita novel ini lumayan menarik dan menggelitik ya mbak Quotenya. Ini saya sepakat bangat nih, "Cewek bukan hanya butuh kenyamanan tapi juga kepastian". Semoga para laki2 makin menyadari tentang ini. hihihihi

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya :)
Untuk menghindari Spam yang masuk, komentarnya saya moderasi dulu ya. .