3 Tips Jualan Online Untuk Pemula

www.sarrahgita.com - Ketika situasi ekonomi rumah tangga masih belum stabil karena efek pandemi Covid-19. Sebagai seorang ibu rumah tangga saya  pun memutar otak, gimana caranya supaya  bisa bantu suami mencari tambahan penghasilan.

Dan yang terbersit di pikiran saya adalah saya ingin mencoba berjualan via online. Setidaknya dengan berjualan via online modal yang dibutuhkan relatif kecil dan tentu saja bisa dikerjakan dari rumah.

Namun ternyata untuk memulai berjualan online itu tidaklah semudah kelihatannya. Saya harus melakukan riset terlebih dahulu, mulai dari memilih jenis barang apa yang kira-kira bisa laku di pasaran hingga mencari supplier yang tepat dan terpercaya.

Singkat cerita, di bulan Desember 2020 saya berkesempatan untuk mengikuti sebuah workshop online yang membahas tentang tips berjualan online untuk pemula. 

 

tips jualan online untuk pemula

3 Tips Jualan Online Untuk Pemula

 

Setelah mengikuti workshop singkat yang diadakan via zoom meeting tersebut, sedikit banyak saya mendapatkan insight baru (pencerahan) tentang beberapa tips jualan online untuk pemula. Dan berikut ini 3 tips jualan online yang bisa diterapkan oleh para pemula yang ingin segera mulai berjualan online :


  1. Tentukan Segmen Pasar (Market) yang Ingin Dituju

Sebelum mulai berjualan online, tentukan terlebih dahulu segmen pasar yang ingin kita tuju. Mulai dari demografi (jenis kelamin, usia, penghasilan), lokasi serta harga. Hal ini mungkin terlihat sepele tapi segmentasi pasar merupakan hal yang sangat penting agar bisnis bisa berjalan dengan lancar.

Ketika segmen pasar sudah berhasil ditemukan, proses pemasaran produk akan menjadi lebih mudah dan lancar. Setelah itu baru tentukan jenis produk yang ingin kita jual. Apakah berbentuk makanan, minuman, fashion (pakaian, tas, sepatu dan sebagainya) atau produk kesehatan. Yang pasti pilihlah produk yang memang dibutuhkan dan dicari banyak orang.

 

  1. Manfaatkan Platform Digital yang Sudah Tersedia untuk Melakukan Promosi

Hidup di era digital seperti sekarang menjadi sebuah keuntungan tersendiri. Banyak sekali platform digital yang bisa kita pilih untuk berjualan. Mulai dari Google, aplikasi whatsapp hingga social media seperti Facebook, Instagram. Atau bahkan kita juga bisa berjualan online melalui market place besar seperti Shopee, Tokopedia, Bukalapak dan sebagainya.

Kita cukup meng-upload foto produk yang akan kita jual dan kita pun sudah bisa berjualan melalui platform digital tersebut. Jangan lupa untuk konsisten melakukan promosi dengan cara membagikan informasi menarik seputar produk yang kita jual.

 

  1. Pilih Sistem Dropship

Dalam berjualan online ada 3 jenis system penjualan yang bisa kita pilih yaitu memproduksi sendiri barang yang akan kita jual, menjadi reseller (menyetok sejumlah barang untuk dijual kembali) dan menjadi dropshipper (menjual tanpa harus menyetok barang).

Nah untuk pemula ada baiknya kita memilih system penjualan dropshipper dulu. Dengan system dropshipper, modal yang kita keluarkan relatif tanpa modal  karena kita cukup memasarkan produk tersebut tanpa harus menyetok barang. Produknya pun akan dikirim langsung dari distributor. Jadi kita ga usah repot-repot packing.

 

Tokorame : Aplikasi Jualan Online Dengan Sistem Dropship

 

Pucuk di cinta ulam pun tiba, di awal tahun 2021 ini saya mendapatkan informasi bahwa ada sebuah Aplikasi Jualan Online Dengan Sistem Dropship yang bernama Tokorame.

 

tokorame
Aplikasi Tokorame di-launching pada tanggal 10 Januari 2021 di Bandung


launching tokorame
M. Bariz Hilmi Founder Tokorame


Wah cocok banget nih dengan yang saya butuhkan. Saya bisa segera mulai berjualan online tanpa harus memikirkan produk apa yang akan saya jual dan tanpa harus menyetok barang. Selain itu Tokorame juga menyediakan fasilitas gratis belajar jualan online lho. Ya peran mentor yang akan membimbing kita dalam menjalankan bisnis sangatlah penting.  

 

Para Mentor Expert yang Bergabung di Tokorame

Tokorame bekerjasama dengan para mentor yang sudah ahli (expert) di bidang bisnis online dan marketing online. Para mentor yang merupakan putra-putri terbaik bangsa dan berasal dari berbagai kota di Indonesia. Mereka adalah :

  1. Coach Juni Handoko (Tangerang selatan)
  2. Coach Army Alghifari (Bandung)
  3. Coach Weliyan Tanoyo (Yogyakarta)
  4. Coach Suryadin Laoddang (Yogyakarta)
  5. Coach Ki Jendral Nasution (Bandung)
  6. Coach Muri Handayani (Bandung)
  7. Coach Didik Arwiyansah (Yogyakarta)
  8. Coach Rulli Indrawan (Yogyakarta)

Jadi dengan bergabung di Tokorame sebagai reseller kita akan dibimbing langsung oleh para ahli yang berpengalaman dan terpercaya di bidangnya.


 

Fasilitas yang diperoleh Apabila Bergabung menjadi Partner di Tokorame

 

Selain bisa mendapatkan panduan berupa ilmu belajar jualan online, para reseller (partner) di Tokorame juga akan mendapatkan fasilitas berupa web unik untuk berjualan.

Di dalam web terdapat foto barang-barang yang akan kita jual (katalog online). Dan katalog online tersebut bisa kita isi dengan produk-produk yang sesuai dengan pilihan kita. Misal produk fashion saja. atau produk makanan saja.

Dan untuk urusan adminitrasi, info stock barang serta laporan penjualan realtime pun akan diinfokan secara update. Sehingga reseller bisa dengan mudah memantau arus keuangan dan administrasi selama menjalankan bisnis.  

Baca juga : Tips Mengatur Keuangan Ala Pebisnis Muda

 

Kesimpulan

Untuk pemula khususnya ibu rumah tangga yang ingin mulai berjualan online bisa memanfaatkan platform digital seperti Tokorame. 

Di era New Normal seperti saat ini Tokorame menjadi solusi sekaligus jawaban dari kebutuhan para ibu-ibu milenial untuk bisa mendapatkan tambahan penghasilan hingga jutaan rupiah tanpa perlu memproduksi barang sendiri dan kirim pesanan secara manual.

Toko rame juga mengklaim sebagai platform yang menyediakan 100 produk rumahan yang paling dicari dan dibutuhkan oleh emak-emak milenial.

Dan yang menarik semua produk yang dijual di Tokorame adalah produk lokal karya anak bangsa yang tentunya berkualitas dan bisa bersaing di pasaran.

Bikin makin penasaran khan? Untuk info lebih lengkap kunjungi langsung situs resminya di www.tokorame.co.id atau follow akun social medianya di fb : tokorame dan instagram @tokorameofficial

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

0 Comments

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. :)
Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman.