Balada Si Roy Film Perdana IDN Pictures Yang Rilis Tahun 2021

www.sarrahgita.com - Wah, di tahun 2021 ini bakalan ada lagi film Indonesia yang ceritanya diangkat dari novel nih. Ya, sejak tiga tahun terakhir dunia perfilman Indonesia diwarnai oleh beberapa film yang ceritanya diadaptasi dari novel yang laris di pasaran.

Sebut saja seperti Winter in Tokyo (2016), Surga Yang Tak Dirindukan 2 (2016), Dilan (2017), Dear Nathan (2017), Danur (2017), Hujan di Bulan Juni (2017), Bumi Manusia (2019) dan masih banyak lagi.

Dan tahun ini IDN Pictures sebagai rumah produksi baru (perusahaan film akuisisi IDN Media dan Demi Istri Production) akan melahirkan proyek pertamanya dengan mengangkat novel Balada si Roy karya Gol A Gong menjadi cerita film layar lebar dengan judul yang sama.

 

film balada si roy
foto : instagram.com/filmbaladasiroy

Hmm, jujur saya baru tahu sekarang, kalo novel Balada si Roy ini pernah hits dan digandrungi oleh banyak anak muda pada jamannya. Bahkan ada komunitasnya pula lho. Komunitas Sahabat Balada Si Roy namanya. Wih saya jadi penasaran sama sosok si Roy ini.

 

novel balada si roy
Novel legendaris Balada Si Roy karya Gol A Gong

 

Sekilas Tentang Balada si Roy

 

Saya pun mencari tahu tentang novel Balada si Roy melalui sebuah aplikasi bacaan yang saya install di handphone.

Ternyata ada tujuh novel Balada si Roy yang saya temukan di aplikasi Gramedia Digital. Masing-masing berjudul Balada si Roy : Blue Ransel, Joe, #1. Joe : Avonturir , #2. Rendezvous – Bad days, #3.Blue Ransel Solidarnos, #4. Telegram – Kapal, #5, Traveler – Epilog.

Setelah saya membaca sekilas sinopsisnya Balada si Roy ini bercerita tentang cinta terlarang anak SMA, antara Roy yang bandel dan Ani yang cantik. Dan ada Dullah (anak jawara dengan geng Borsalino-nya yang juga mencintai Ani).

Dullah merasa berhak mendapatkan Ani karena sudah dijodohkan oleh orang tua mereka. Di cerita ini disebutkan kalo ayah Ani ‘menjual’ Ani kepada ayah Dullah yang kaya dengan imbalan seluruh utangnya beres. Cerita klasik jaman siti Nurbaya ya hehe.

Dan diantara persaingan Roy dan Dullah dalam mendapatkan cinta Ani terjadi sebuah kejadian yang menyedihkan. Dullah membunuh Joe, anjing herder milik Roy warisan dari almarhum ayahnya.

Roy pun terluka hingga ia memutuskan untuk travelling menjelajahi Indonesia sambil membawa serta cintanya kepada Ani. Roy harus pergi tapi juga harus pulang karena ada yang dikasihi dan mengasihi di rumah yaitu ibunya.

 

Tokoh Pemeran di Film Balada si Roy

 

Membayangkan sosok si Roy, sedikit banyak mirip tokoh Dilan ga sih? Sosok bad boy jaman SMA. Cuman bedanya si Roy ini versi lebih jadul lagi. Nah kira-kira siapakah sosok yang pas untuk memerankan si Roy ini?

Di bulan Desember 2020 lalu, melalui sebuah konferensi pers virtual IDN Pictures pun mengumumkan deretan nama pemain film Balada si Roy.

1.  Abidzar Al Ghifari sebagai Roy.

2.  Feby Rastanty sebagai Ani.

3.  Bio One sebagai Dullah.

4.  Zulfa Maharani sebagai Wiwik.

5.  Sitha Marino sebagai Dewi.

6.  Jourdy Pranata sebagai Andi.

7.  Omara Esteghlal sebagai Toni.

8.  Yusuf Mahardika sebagai Edi.

9.  Dea Aditya sebagai Iwan.

10. Fachri Muhammad sebagai Sodik.

11. Maudy Koesnaedi sebagai ibu dari Roy, serta

12. Kiki Narendra sebagai ayah dari Ani.

 

pemeran film balada si roy
Para aktris/aktor muda di Film Balada Si Roy yang akan rilis tahun 2021

 

Well menurut saya Abidzar Al Ghifari yang merupakan anak kandung almarhum Ustad Jefri Albuchori (Uje) dan Pipik dian Irawati ini cukup mewakili sosok Roy. Tampan dan sedikit terlihat bad boy, daya tarik yang bisa membuat para wanita gemas dan tergila-gila.

 

pemeran film balada si roy
Abidzar Al Ghifari sebagai Roy dan Feby Rastanty sebagai Ani

Daniel Mahendra selaku salah satu inisiator komunitas Sahabat Balada si Roy juga mengaku telah mempercayakan pemilihan pemain pada tim IDN Pictures. “Saya yakin pasti Mas Nugros dan Mbak Santi beserta tim sudah memiliki banyak pertimbangan matang terkait pemilihan aktor dan aktris yang akan membintangi film Balada Si Roy ini.

Dilihat dari segi pembawaan aktor atau aktrisnya sendiri, bahkan penampilannya juga pasti dipertimbangkan. Saya rasa begitu, ya, jadi penggemar berat Balada Si Roy percaya bahwa pemilihan pemain sudah dijalankan melalui berbagai pertimbangan yang matang,” ungkapnya.

 

Tentang Komunitas Sahabat Balada si Roy

 

Novel Balada si Roy ini hadir di era awal tahun 90-an. Dan sebelum hadir dalam bentuk novel, cerita si Roy ini ditayangkan secara berkala di majalah Hai (sebuah majalah remaja yang hits pada jamannya). Tak heran demam si Roy pun kemudian melanda para anak muda saat itu.

“Demam Roy” ini pertama kali muncul melalui sebuah grup di Facebook. Dan seiring berjalannya waktu jumlah anggota komunitas Sahabat Balada si Roy hingga saat ini mencapai 1982 orang, dan pasti akan terus bertambah. Wah seru ya.

Dan yang menarik tiap pergi ke berbagai kota di Indonesia, penggemar Balada Si Roy ini saling bertemu untuk mengadakan kopi darat.  Saling membagikan cerita tentang pengalaman masing-masing, tentang bisnis atau hanya sekedar kangen-kangenan.

Melaui cerita dalam novel Balada si Roy ini banyak sekali nilai-nilai positif  yang bisa diambil. Salah satunya tentang nilai persahabatan. Dan juga pesan positif  lainnya seperti ajakan untuk menghirup udara segar di luar, kumpul bersama teman-teman dan kesampingkan gadget ketika sedang bersua dengan kawan.

 

film balada si roy

 

Harapan Untuk Film Balada Si Roy

 

Semoga dengan dirilisnya film Balada si Roy di tahun 2021 ini menjadi tonggak bangkitnya kembali dunia perfilman di Indonesia. Setelah di tahun 2020 kemarin banyak sekali aktivitas perfilman yang tertunda karena wabah pandemi Covid-19

Apalagi film Balada si Roy ini bersetting tahun 80-an. Pastinya akan sangat menarik dan bisa membangkitkan nostalgia para penggemarnya.

Dan selamat untuk IDN Pictures karena mendapatkan kehormatan mengangkat novel legendaris Balada si Roy menjadi sebuah film. Semoga menjadi angin segar untuk proyek- proyek film selanjutnya. 

*IDN Pictures adalah sebuah perusahaan film berbasis teknologi yang memiliki visi untuk membawa dampak positif dan inspirasi bagi masyarakat.

 

balada si roy

 

18 Comments

  1. kalau sutradaranya mas nugros mas yakin deh pasti bagus. dulu aku pernah denger sih novel-novel ini, cuma blm pernah baca juga,hihi. Aku baru tahu teh kalau anaknya uje ini jadi artis, udah lama nggak buka entertainment nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba..sebagai sutradara udah banyak banget film yang disutradarai sama mas Fajar Nugros. Salah satunya yaitu film favorit aku yang judulnya Yowis ben:)

      Delete
  2. HAduh, jadi auto inget film2 tahun 80-an. hehehe... Btw, ini asyik banget alur ceritanya mbak, bener2 bisa bikin terenyuh, apalagi saya sempat sedih saat ada part anjing kesayangan dibunuh. Hiks :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. duh saya jadi langsung ngebayangin gimana sedihnya Roy..saya punya binatang peliharaan juga ;(

      Delete
  3. Pingin nonton ah, pingin lihat akting Abidzar Al Ghifari
    Karena novelnya saya gak back, jadi penasaran filmnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama Ambu..saya juga belum pernah baca novelnya..jadi pengen langsung nonton versi filmnya aja :)

      Delete
  4. Penasaran akting tokoh utamanya.duh kangen bgt nonton di bioskop. Kira2 bakal ada di saluran digital jg ga yaaah..berbayar gpp daah

    ReplyDelete
  5. Jadi penasaran nih pengen nonton filmnya seperti apa. Jalan ceritanya dan tampilan visualnya sepertinya menarik

    ReplyDelete
  6. Secara setting lebih jadul si Roy ya jadi Dilan. Novel GolAGong ini banyak yang nge-afavoritin ya, tapi jujur aku belum sempat baca-baca sih...

    Kalau dari pemain filmnya, pemain pendukungnya juga keren-keren

    ReplyDelete
  7. Whoaaa mupeng banget untuk nonton pilem ini
    semoga kece yaaa, jalan cerita dan akting para pemain
    Bravo!

    ReplyDelete
  8. kalo zaman sekarang balada si anu ... udah gak ngejual banget ya, haha. aku sedikit di bawah generasi pembaca novel ini. sempat ketemu tp blm dong dg cinta2an. enakan olga atau lupus kecil

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi..yang ada balada-baladanya gitu kesannya emang jadul banget ya

      Delete
  9. owalah pantesan berita tentang pengarangnya pun naik daun ternyata akan dibuat versi layar lebarnya tho. pemainnya putranya alm ustadz jefri ya

    ReplyDelete
  10. wah sudah besar ya anak almarhum Uje. dari penampilannya memang pas banget nih jadi si Roy. Aku pribadi belum pernah juga nih baca Balada si Roy. semoga nanti ada jodohnya buat baca novelnya

    ReplyDelete
  11. ini film bioskop ya mbak? duh kapan ya bioskop buka
    pengen nonton film ini, karena klo novelnya pernah baca dan bagus

    ReplyDelete
  12. Buku Balada Si Soy banyak sekali yaa, teh...
    Mungkin ini film baru awal. Bakal ada sekuel, prekuel bahkan spin-offnya kali yaa..
    Salut sama penulis Gol A Gong.
    Kisahnya murni dan pasti bacanya kebawa suasana banget.

    ReplyDelete
  13. Bagus film ini kayaknya, kadi penasaran, pingin segera nonton filmnya

    ReplyDelete
  14. Saya belum pernah ngikuti cerita ini di novelnya. Kakak laki-laki saya yang dulu demen dengan cerita si Roy ini. Jadi penasaran pengen nonton filmnya. Seperti apa keseruannya

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya :)
Untuk menghindari Spam yang masuk, komentarnya saya moderasi dulu ya. .