5 Hal Yang Membuat Kegiatan Membaca Terasa Lebih Menyenangkan

5 Hal Yang Membuat Kegiatan Membaca Terasa Lebih Menyenangkan - Selama #DiRumahAja ada banyak sekali kegiatan yang bisa kita lakukan. Mulai dari beberes rumah, belajar masak, belajar menanam tanaman hingga membaca buku.
Dan ngomongin soal buku, saya jadi ingat sama beberapa koleksi buku bacaan yang saya miliki di rumah. Sebagian sudah saya simpan di dalam kardus. Dan sebagian masih saya simpan rapi di dalam lemari. Dan ketika saya perhatikan ternyata ada beberapa buku bacaan yang belum pernah atau belum tuntas saya baca.

Well, mungkin sekarang waktunya buat saya untuk mulai baca buku lagi. Jujur saya udah jarang banget baca buku. Kalo ga salah buku yang terakhir saya baca adalah novel karya Dewi Lestari yang berjudul Aromakarsa. Novel berlatar petualangan dan pencarian yang sangat imajinatif. Kok bisa ya dapet ide cerita buku seperti itu?.. She’s one of my fav Indonesian writer.

Sore kemarin saya pun memilah-milah beberapa koleksi buku bacaan yang ada di dalam lemari. Dan memutuskan untuk membaca kembali beberapa judul buku yang bisa menemani saya selama #diRumahAja. Buku-buku ringan yang bisa dibaca sambil santai gitu. 

Baca juga : 5 Tempat Baca Buku Di Bandung Buat Kamu Yang Hobi Baca

Ilustrasi @chiketania


Dan ada 5 hal yang bisa kita lakukan supaya kegiatan membaca di rumah menjadi terasa lebih menyenangkan, yaitu :



  1. Baca Buku Sambil Ditemani Cemilan dan Minuman Favorit
Membaca buku tanpa ditemani cemilan itu ibarat makan sayur tanpa garam. kayak ada yang kurang gitu hehe. Biasanya saya selalu menyiapkan cemilan favorit untuk menemani saya ketika membaca buku seperti sebatang cokelat, sebungkus biskuit, setoples keripik atau segenggam kacang. Plus minuman hangat seperti secangkir hot chocolate atau segelas homemade juice, jus segar yang dibuat sendiri di rumah. Tanpa tambahan gula dan susu. Sluurp, lebih sehat tapi tetap nikmaat. 

  1. Baca Buku Sambil Ditemani Kucing Kesayangan yang Melingkar Manja di Sebelah Kita.
Memiliki binatang peliharaan adalah sesuatu hal yang menyenangkan. Apalagi kalo binatang peliharaan tersebut adalah kucing. Dengan bulunya yang lembut serta sifatnya yang manja. Kucing bisa menjadi teman setia yang menemani kita. Bahkan suara dengkuran kucing terbukti bisa memberikan rasa tenang dan mengurangi stress pada manusia.  

  1. Baca Buku di Atas Tempat Tidur, Sambil Selimutan dan Pake Kaos Kaki.
Salah satu impian saya adalah memiliki sebuah ruangan perpustakaan sendiri di rumah. Yang dilengkapi dengan kursi malas khusus tempat saya membaca buku. Tapi berhubung masih dalam angan-angan. Saat ini tempat favorit saya untuk membaca buku adalah di atas kasur alias di tempat tidur aja hihi. Baca buku sambil selimutan dan sambil pake kaos kaki. Widiih. Nikmat banget iniih. Kalo ga percaya cobain deh. 

  1. Baca Buku di Bawah Langit Yang Penuh Dengan Cahaya Bintang.
Saya termasuk salah seorang yang suka berkhayal dan berimajinasi. Ada kalanya saya membayangkan alangkah indahnya kalo saya bisa menikmati me time dengan membaca buku di bawah langit yang penuh dengan cahaya bintang. Entah itu sambil duduk di atas ayunan atau bahkan sambil tiduran di karpet yang terbentang di atas hamparan rumput luas. Apalagi kalo sambil ditemani sama pasangan. Romantis ga sih? haha. 

  1. Baca Buku di Saat Hujan Gerimis Turun.
Membaca buku disaat hujan turun buat saya terasa lebih menyenangkan dan menenangkan. Kalo saya harus disuruh memilih antara membaca buku sambil ditemani lagu kesayangan atau ditemani suara gemericik hujan. Saya akan lebih memilih membaca buku sambil ditemani suara hujan. Karena suara gemericik air hujan bisa membuat saya merasa lebih tenang dan lebih fokus ketika membaca buku. Beda dengan musik atau lagu yang kadang malah bikin galau atau bikin inget sama hal lain, bikin ga konsen gitu.
Itu dia 5 hal versi saya yang bisa bikin kegiatan membaca di rumah terasa lebih menyenangkan. Tambahin yuk !

#DiRumahAja

#BacaBuku

#YukBacaBuku

#BacaBukuLagi

hari buku, hari buku sedunia
Hari Buku Sedunia diperingati setiap tanggal 23 April

.





1 comment:

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. :)
Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman.