5 Hal Yang Membuat Kegiatan Membaca Terasa Lebih Menyenangkan

Selama #DiRumahAja ada banyak sekali kegiatan yang bisa kita lakukan. Mulai dari beberes rumah, belajar masak, belajar menanam tanaman hingga membaca buku.

Dan ngomongin soal buku, saya jadi ingat sama beberapa koleksi buku bacaan yang saya miliki di rumah. Sebagian sudah saya simpan di dalam kardus. Dan sebagian masih saya simpan rapi di dalam lemari. Dan ketika saya perhatikan ternyata ada beberapa buku bacaan yang belum pernah atau belum tuntas saya baca.

Well, mungkin sekarang waktunya buat saya untuk mulai baca buku lagiSore kemarin saya pun memilah-milah beberapa koleksi buku bacaan yang ada di dalam lemari. Dan memutuskan untuk membaca kembali beberapa judul buku yang bisa menemani saya selama #diRumahAja. Buku-buku ringan yang bisa dibaca sambil santai gitu. 

Ilustrasi @chiketania


Dan ada 5 hal yang bisa kita lakukan supaya kegiatan membaca di rumah menjadi terasa lebih menyenangkan, yaitu :



  1. Baca Buku Sambil Ditemani Cemilan dan Minuman Favorit
Membaca buku tanpa ditemani cemilan itu ibarat makan sayur tanpa garam. kayak ada yang kurang gitu hehe. Biasanya saya selalu menyiapkan cemilan favorit untuk menemani saya ketika membaca buku seperti sebatang cokelat, sebungkus biskuit, setoples keripik atau segenggam kacang. 

Plus minuman hangat seperti secangkir hot chocolate atau segelas homemade juice, jus segar yang dibuat sendiri di rumah. Tanpa tambahan gula dan susu. Sluurp, lebih sehat tapi tetap nikmaat. 

  1. Baca Buku Sambil Ditemani Kucing Kesayangan yang Melingkar Manja di Sebelah Kita.
Memiliki binatang peliharaan adalah sesuatu hal yang menyenangkan. Apalagi kalo binatang peliharaan tersebut adalah kucing. Dengan bulunya yang lembut serta sifatnya yang manja. Kucing bisa menjadi teman setia yang menemani kita. Bahkan suara dengkuran kucing terbukti bisa memberikan rasa tenang dan mengurangi stress pada manusia.  

  1. Baca Buku di Atas Tempat Tidur, Sambil Selimutan dan Pake Kaos Kaki.
Salah satu impian saya adalah memiliki sebuah ruangan perpustakaan sendiri di rumah. Yang dilengkapi dengan kursi malas khusus tempat saya membaca buku. Tapi berhubung masih dalam angan-angan. Saat ini tempat favorit saya untuk membaca buku adalah di atas kasur alias di tempat tidur aja hehe. 

Baca buku sambil selimutan dan sambil pake kaos kaki. Widiih. Nikmat banget iniih. Kalo ga percaya cobain deh. 

  1. Baca Buku di Bawah Langit Yang Penuh Dengan Cahaya Bintang.
Saya termasuk salah seorang yang suka berkhayal dan berimajinasi. Ada kalanya saya membayangkan alangkah indahnya kalo saya bisa menikmati me time dengan membaca buku di bawah langit yang penuh dengan cahaya bintang. 

Entah itu sambil duduk di atas ayunan atau bahkan sambil tiduran di karpet yang terbentang di atas hamparan rumput luas. Apalagi kalo sambil ditemani sama pasangan. Romantis ga sih? haha. 

  1. Baca Buku di Saat Hujan Gerimis Turun.
Membaca buku disaat hujan turun buat saya terasa lebih menyenangkan dan menenangkan. Kalo saya harus disuruh memilih antara membaca buku sambil ditemani lagu kesayangan atau ditemani suara gemericik hujan. Saya akan lebih memilih membaca buku sambil ditemani suara hujan. 

Karena suara gemericik air hujan bisa membuat saya merasa lebih tenang dan lebih fokus ketika membaca buku. Beda dengan musik atau lagu yang kadang malah bikin galau atau bikin inget sama hal lain, bikin ga konsen gitu.

Itu dia 5 hal versi saya yang bisa bikin kegiatan membaca di rumah terasa lebih menyenangkan. Yuk share juga versimu!



hari buku, hari buku sedunia
Tulisan ini hadir karena terinspirasi oleh Hari Buku Sedunia yang diperingati setiap tanggal 23 April

.




16 Comments

  1. Btw mbak, kalau aku pas baca buku sambil bawa camilan atau minuman gitu, bacanya belum kelar, atau masih kurang banyak yang dibaca, itu cemilan nya udah duluan Hbis hehheehe

    Jadi, biasanya aku baca buku ngalir aja, kadang sih sambil dengerin musik, kadang sambil tiduran, sampai tertidur beneran, hehehehe. Atau sambil melakukan aktifitas menunggu makanan matang heehhehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe iya juga sih..dan tuk poin terakhir bener banget tuh emak2 banget..sambil nunggu makanan matang sambil beresin baca buku. Toss

      Delete
  2. sesungguhnya tipsnya bisa dipraktekan kecuali no 2 dan no 5 buat saya pribadi. Kucing saya barbar ga bisa diajak santai, apalagi kalau liat lembaran buku dibuka, pasti mau ikut mainin. Yang ke 5 kalau ada hujan saya typpe yang suka tidur. nyaman aja rasanya. hahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwk..tipe kucing emang beda2 ya mas. dan aku juga punya nih kucing yg tipe barbar..i feel you hihi

      Delete
  3. favoritku yang nomor 3, Baca Buku di Atas Tempat Tidur, Sambil Selimutan dan Pake Kaos Kaki, hehehe. Mengapa favorit? Posisi ini biasa saya lakukan saat malam hari, jadi kalo ngantuk bisa langsung tidur

    ReplyDelete
    Replies
    1. wih senangnyaa ada yg punya kebiasaan sama pake kaos kaki di atas tempat tidur. Favorit banget yes

      Delete
  4. Aduh aku jadi kangen baca buku. Bentuk 'me time' yang cukup menyenangkan, ga perlu kemana2. Masalahnya setelah punya anak agak menantang mencari waktu baca

    ReplyDelete
  5. Paling enak memang baca buku sambil rebahan di kasur. Terkadang ketiduran, tapi disitulah letak seninya.

    Dan semoga cita-citanya tercapai ya punya perpustakaan mandiri di rumah

    ReplyDelete
  6. Kalau menurutku, bagaimanapun keadaan pas baca, yang terbaik tetap saja baca buku baru! Menghabiskan setengah jam cuma buat cium-ciumin bukunya, baru dibaca kemudian. Hahahaha.

    Kalau dari poin di atas, aku sendiri paling setuju sama poin kelima. Hujan turun, kopi dan rokok. Waduh, nikmat sekali!

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwk..jadi bayangin emang ada ya orang yang segitunya mpe buku mpe dicium2 dulu haha. tapi bisa aja deng berlaku buat buku yg udah diincer lama banget n susah banget buat dapetinnya :)

      Delete
  7. Aku paling menikmati membaca buku dalam hening dan wajib ada secangkir kopi. Duh, jadi rindu membaca buku, udah agak lama nih abai membaca

    ReplyDelete
  8. Hai mbak..dari ke 4 poin itu..kayaknya yg pertama bakalan gak jadi baca buku deh. Yang ada malah ngemil mulu trus kekenyangan n jatohnya malah jadi ketiduran hehehe. Paling seru yang baca buku sambil ditemani bintang gemerlapan duuh asyik banget itu..

    ReplyDelete
  9. kalau nomor 3 itu aku kayanya baru bebrapa halaman aja udah keburu tidur teh, apalagi pake selimut dan kaos kaki, makin pewe aja, wkwk

    yuk teh gita, kita sama2 menguatkan doa, semoga dimudahkan dan dimampukan untuk membacanya dengan nyamann.

    ReplyDelete
  10. Setuju banget, teh..
    Aku dulu sering mendadak introvert kalau lagi nungguin anak sekolah. Sambil ngeluarin buku dalam tas, duduk dekat jendela cafe sendirian dan membaca halaman demi halaman, meresapi setiap kata yang terukir di atasnya.

    Jikalau sambil ditemani rinai hujan yang turun, malah menambah syahdu suasana membaca kala itu..

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya :)
Untuk menghindari Spam yang masuk, komentarnya saya moderasi dulu ya. .