3 Cara Menaikkan Domain Authority Dalam 30 Hari

3 Cara Menaikkan Domain Authority Dalam 30 Hari - Sudah bukan rahasia umum kalo saat ini banyak klien yang menerapkan syarat minimal nilai DA (Domain Authority) untuk bekerjasama dengan para blogger. 

Dan sejak nilai DA blog saya merosot drastis, saya sering banget melewatkan kesempatan untuk mendapatkan beberapa pekerjaan hanya karena blog saya belum memenuhi syarat. Sedih ga sih? Hiks. 

“Domain authority adalah sebuah acuan bagi mesin pencari semacam Google dalam memberikan peringkat terhadap suatu situs web atau blog”.
Semakin tinggi nilai DA sebuah website/ blog maka akan semakin dinyatakan berkualitas sebuah website tersebut oleh mesin pencari. Nilai DA dihitung mulai dari 0-100. Semakin tinggi semakin bagus.

Sebenernya saya sendiri ngeblog hanya sebatas hobi saja. Tapi ketika tahu kalo blog kita bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan uang. Siapa sih yang ga mau?



cara menaikkan domain authority



Kelas Cara Menaikkan Domain Authority Blog Dalam 30 Hari


Dan begitu mendengar informasi bahwa ada kelas gratis cara menaikkan Domain Authority blog dalam 30 hari. Saya pun langsung antusias dan berharap bisa ikut kelas tersebut. Apalagi kelas naik DA dalam 30 hari ini akan dipandu langsung oleh dua orang mentor yang berpengalaman di bidang SEO (Search Engine Optimization)  yaitu mas Punto Wicaksono pemilik blog pe-we.com dan Mas Irwin Andriyanto dari Tangerang Digital. 

Kesempatan ga datang dua kali dan saya sangat bersyukur karena saya bisa ikut kelas online naik domain authority dalam 1 bulan. Yeay. Apalagi berdasarkan informasi yang saya peroleh calon peserta peminat kelas ini relative banyak. Sedangkan kuota jumlah peserta yang bisa ikut di kelas gelombang pertama ini hanya sebanyak 30 orang saja.

Kelas naik Da yang saya ikuti diadakan di grup Whats App mulai tanggal 29 April (awal bulan ramadhan) hingga tanggal 29 Mei 2020. Dan yang menarik, selain pesertanya berasal dari berbagai kota di Indonesia, dari total 30 peserta yang ada di grup, mayoritas pesertanya adalah perempuan. Dan beberapa adalah emak-emak blogger kayak saya. Jaman sekarang banyak lho ibu rumah tangga yang memiliki pekerjaan sebagai blogger. Karena waktunya yang fleksibel dan bisa dikerjakan dari rumah. Bermodalkan laptop dan jaringan internet.

Oya, di grup pembelajaran via online ini setiap peserta bebas untuk bertanya dan berdiskusi tentang hal-hal yang sedang menjadi pembahasan. Suasananya relative santai namun tetap interaktif. Bahkan setiap peserta ga sungkan untuk saling berbagi ilmu yang masing-masing miliki.

Sebagai mentor, mas Irwin dan Mas Punto bergantian memberikan materi dan arahan. Dan sebagai bentuk evaluasi setelah pemberian materi, semua peserta diberi beberapa tugas yang harus dikerjakan.  

Tugasnya terdiri dari 2 macam. Tugas utama dan ‘tugas sepanjang masa'. wah apaan tuh?..Kalo tugas utama berupa daftar tugas yang harus dikerjakan dan kemudian dikumpulkan. Sedangkan ‘tugas sepanjang masa’ adalah tugas yang sebaiknya kita lakukan secara terus menerus dan kontinyu dengan harapan hasilnya akan kita petik kemudian.

Salah satu contoh dari tugas sepanjang masa tersebut adalah memperbaiki kondisi blog sebagaimana yang tertera di aplikasi Moz.

Yap setiap peserta di berikan privilege untuk bisa mengases aplikasi moz.com sehingga bisa mengetahui kondisi kesehatan blognya masing-masing.

Well, thanks to Moz.com yang udah bikin kepala saya puyeng. Mas Irwin bilang sih, kalo puyeng artinya saya sedang belajar haha. Karena setelah ngecek kondisi blog saya di aplikasi tersebut ketahuan deh masalah apa aja yang harus segera saya perbaiki. Omaygat ada ratusan bahkan lebih. Semangkaa. Semangat kakak.

Sedangkan tuk tugas dari mas Punto yang berhubungan dengan coding dan tanam-menanam link,  mata saya kok langsung siwer ya. Help.



3 Cara Menaikkan Domain Authority Blog Dalam 30 hari


Ga kerasa waktu 30 hari masa pembelajaran pun berakhir. Dan selama kurun waktu tersebut tentu saja banyak ilmu bermanfaat yang saya pelajari.

Poin-poin penting tentang cara menaikkan Domain Authority yang di share oleh mas Punto dan mas Irwin saya catat di dalam sebuah buku, lagi rajin nih judulnya haha. Bukan apa-apa sih karena berdasarkan pengalaman sebelumnya kalo ga saya catat, saya suka lupa, jadi kalo udah ada di buku saya bisa buka buku tersebut kapan pun saya membutuhkannya.

Oya dalam rangka menaikkan nilai DA blog, ada beberapa poin penting yang harus kita pahami dan pelajari terlebih dahulu. Seperti memahami fungsi GSC (Google Search Console) dan fungsi GA (Google Analytics). 

Pastikan blog kita sudah terkoneksi dengan dua fitur tersebut (GSC dan GA). Karena dari dua aplikasi tersebut kita bisa mengetahui performa dasar dari blog kita. Dari fitur GA kita bisa mengetahui siapa sajakah pembaca blog kita ( usia, gender, lokasi ), artikel mana yang paling banyak di baca, jam berapa pengunjung sering datang dan lain sebagainya. 

Sedangkan melalui fitur yang ada di GSC kita bisa mengindex tulisan kita supaya lebih terdeteksi oleh Google hingga bisa mengetahui seberapa cepat page speed blog kita sehingga mudah untuk diakses oleh para pembaca.

Setelah mengikuti kelas gratis naikin DA dalam 30 hari banyak sekali PR (pekerjaan rumah) yang harus saya kerjakan yang berkaitan dengan performa blog saya. Namun ada 3 poin utama yang saya tangkap dan kemudian saya rangkum, antara lain :

  1. Perbaiki Struktur SEO Pada Blog Kita


Man teman blogger pasti sudah familiar dengan istilah SEO. Seo adalah singkatan dari search engine optimization. Dan identik dengan sebutan keyword.

SEO terdiri dari 2 jenis. Yaitu SEO on page dan SEO off page. Jujur sebelum ikut kelas cara menaikkan DA saya belum ngeh apa itu seo on page dan seo off page. Yang pasti untuk bisa menaikkan DA blog kita harus memperbaiki kedua bagian SEO tersebut.

Untuk SEO on page lebih ke urusan internal blog kita seperti ada tidaknya meta deskripsi pada blog, jumlah kata minimal dalam setiap postingan, jumlah internal dan eksternal link pada blog, sering tidaknya kita membagikan link tulisan di social media, terdapat atau tidaknya keyword pada judul dan pada 150 karakter paragraph pertama dan lain sebagainya. And its all about keyword.

Saya pun memperbaiki beberapa postingan lama yang belum memiliki keyword yang sesuai. Termasuk memastikan bahwa setiap postingan tulisan memiliki jumlah kata minimal 600 kata. Memastikan setiap foto (image) yang ada di blog memiliki keterangan berupa kata keyword. Hal ini diperlukan karena sebagai mesin pencari Google tidak bisa mendeteksi gambar melainkan hanya tulisan.

Selain itu ada beberapa postingan lama yang saya edit karena isi postingannya berupa tulisan alay yang geje alias ga jelas hehe. Dan saya baru tahu kalo kita juga bisa mengedit judul dan permalink (permanent link) nya. Sehingga kita ga perlu menghapus tulisan yang sudah publish tersebut. Karena kalo dihapus begitu saja bisa memberikan pengaruh buruk pada performa blog kita (bounce rate tinggi).

Menurut saya belajar SEO itu gampang-gampang susah. Karena ga hanya tentang keyword semata melainkan melibatkan unsur seni. Tapi sebagai acuan untuk mengetahui keyword (kata kunci) yang sesuai tuk dijadikan bahan tulisan dan banyak dicari oleh pembaca, kita bisa memanfaatkan beberapa aplikasi keyword research seperti ubersuggest misalnya.

Setelah mencobanya langsung, aplikasi ubersuggest ini cukup user friendly dan bisa kita gunakan secara gratis. Cukup login menggunakan email dan kita bisa melihat beberapa pilihan kata kunci berdasarkan search volume dan jumlah persaingan dan kemudian bisa kita terapkan dalam sebuah tulisan.


  1. Rajinlah Menulis di Situs-Situs Online Berkualitas Yang Terpercaya


Apabila tampilan blog termasuk ke dalam SEO on page. Maka menulis di situs-situs online berkualitas yang terpercaya merupakan salah satu bagian dari aktifitas SEO off page di blog kita. Maka kita bisa memulai dengan cara aktif menulis dan perbaiki kualitas tulisan kita sehingga layak untuk tayang di situs-situs online terpercaya tersebut.

SEO off page berkaitan dengan banyaknya jumlah outbound link yang masuk ke blog kita. Outbound link adalah link berkualitas yang berasal dari web orang lain dan mengarah ke web kita.

Beberapa situs online terpercaya yang bisa kita manfaatkan untuk membagikan tulisan yaitu seperti viva.co.id, ladiestory, blogger perempuan network dan masih banyak lagi. Hal tersebut menjadi bagian dari aktifitas link building yang memiliki peran dalam membantu menaikkan domain authority kita. 

Baca juga : Keuntungan Menggunakan Top Level Domain seperti (dot) com atau (dot) net

Oya tuk urusan link building ini walaupun hasilnya tidak instant. Tapi akan terlihat di kemudian hari. Ibarat menanam tanaman it takes time


  1. Lakukan Secara Konsisten Karena Setiap Usaha Membutuhkan Waktu dan Proses


Di awal ketika akan mengikuti kelas yang diminati para blogger ini, setiap peserta memiliki ekspektasi masing-masing untuk bisa mendapatkan kenaikan nilai DA. Namun pada nyatanya hasil akan sesuai dengan effort atau usaha yang masing-masing peserta kerjakan. Beberapa peserta mendapatkan kenaikan beberapa poin dan sebagian peserta ada yang tetap bertahan, bahkan ada juga yang turun. Dan saya termasuk yang istiqomah bertahan nih, *tutup muka.

Yang pasti apabila kita serius untuk menekuni dunia blogging kita harus menyediakan waktu khusus untuk merawat dan membangun blog kita. Pesan mas Punto “luangkan waktu setidaknya minimal dua jam dalam sehari”.

Terlepas dari sudah selesainya kelas pembelajaran online yang diikuti, sebaiknya kita tetap kontinyu mengerjakan hal-hal yang ada kaitannya dengan perawatan blog. Karena dunia blogging ini bukanlah sesuatu yang instant.


Kesan Setelah Mengikuti Kelas Cara Menaikkan DA Dalam 30 Hari



Semua materi yang dibagikan di kelas gelombang pertama tentunya sangat bermanfaat apalagi kalo langsung dipraktekkan di blog secara konsisten. Karena tak ada hasil tanpa usaha. Dan untuk mencapai hasil yang diharapkan tentu membutuhkan proses.

Dan balik lagi ke tujuan masing-masing blogger apakah ingin fokus dan serius untuk memonetisasi blognya atau sekedar ingin menyalurkan hobi menulis saja.

Apabila kita serius untuk menjadikan blog kita sebagai asset dan sebagai sumber mata pencaharian. Ada baiknya kita terus belajar mengupgrade diri dengan terus belajar dan berinvestasi mengikuti kelas-kelas lainnya yang ada kaitannya dengan dunia blogging.

Buat yang tertarik ingin ikut kelas gelombang 2 siap-siap aja ya..kabarnya kelas selanjutnya (gelombang 2) akan diadakan di awal bulan Juli 2020 yang akan datang.








2 comments:

  1. Mantul pembahasannya, bisa untuk nambah wawasan

    ReplyDelete
  2. Terimakasih atas penjelasannya, saya akan mencoba menerapkannya untuk blog saya...

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. :)
Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman.