Skip to main content

Keuntungan Menggunakan Top Level Domain Seperti (Dot) Com Atau (Dot) Net

Top level domain apaan tuh ?.. mungkin sebagian orang masih belum familiar dengan istilah tersebut. Beda halnya untuk para blogger, Top Level Domain itu ibarat sebuah nama yang dapat menunjukkan ‘identitas’ seorang blogger sekaligus sebagai personal branding mereka.


Top Level Domain atau TLD merupakan domain berbayar dengan nama khusus yang bisa kita pilih sendiri untuk dijadikan sebagai nama website, apakah itu website pribadi ataupun website bersama. 

Seorang blogger biasanya pertama kali ngeblog menggunakan media platform blog gratisan seperti blogspot atau wordpress tapi seiring dengan kebutuhan untuk mendapatkan penghasilan yang lebih maksimal dari blog, seorang blogger sebaiknya memiliki blog pribadi dengan TLD. Walaupun nyatanya masih banyak blogger diluar sana yang berfikir puluhan kali untuk memiliki sebuah domain berbayar, dan apakah itu termasuk anda? Hehe, don’t worry saya juga dulu sama seperti anda, butuh waktu dan mikir lamaa banget..perlu apa engga sih punya blog dengan TLD? Secara nulis masih semaunya alias blog jarang diupdate..khan sayang tuh..kalo mesti ngeluarin uang ratusan ribu. Padahal iuran TLD cukup bayar satu tahun sekali loh..worthed banget kok, dengan manfaat yang akan diperoleh. Sampai akhirnya sekitar awal oktober 2016 lalu, saya memanfaatkan sebuah promo yang ditawarkan oleh satu perusahaan jasa web dan hosting untuk akhirnya memiliki blog dengan nama saya sendiri...www.sarrahgita.com..ciee..#bangga

Walaupun masih blogger pemula, punya blog dengan TLD itu penting loh..kenapa ? karena menurut saya di era digital seperti sekarang ini, blog tidak hanya berfungsi sebagai diary online tempat kita curhat atau tempat untuk menulis hal-hal yang kita suka saja seperti kegiatan sehari-hari atau hobi tetapi saat ini blog sudah semakin berkembang dan membuka banyak peluang positif bagi para penulisnya seperti munculnya berbagai macam tawaran kerjasama untuk me-review sebuah produk ataupun tawaran untuk memasang iklan di blog kita. Yang mana dari proses kejasama tersebut blogger dapat memperoleh sejumlah uang sebagai tambahan penghasilan. Dan blog dengan TLD biasanya lebih mempunyai 'daya jual' untuk diajak kerjasama karena terkesan lebih serius dan profesional.
 
Dan untuk bisa sampai ke tahap tersebut, ada beberapa hal yang bisa blogger pemula lakukan, diantaranya :

1.  Tentukan tema.
   Ketika pertama kali menulis sebuah blog, setiap orang pasti mempunyai tujuan masing-masing,  apakah sekedar tempat curhat, tempat menyalurkan hobi atau sekedar ikut-ikutan karena membuat blog itu gratis dan cenderung mudah.
Ada baiknya kita memiliki tema yang spesifik sehingga kita bisa fokus di tema tersebut dan secara otomatis akan membangun personal branding kita. misal : tema tentang travelling, fashion atau parenting. Jadi apabila ada pembaca yang membutuhkan informasi tentang tema tertentu, mereka akan ingat pada blog anda dan langsung mengunjungi blog anda.

2. Konsisten menulis.
    Salah satu hal penting yang kadang masih sulit dilakukan oleh blogger pemula adalah konsisten menulis. Rajinlah menulis walaupun anda merasa kemampuan anda menulis masih biasa saja. Kalimat masih berantakan seperti saya ga masalah hehe, udah pede aja, saya percaya kalau Practice Makes Perfect. Dan menurut salah satu tokoh penulis favorit saya dengan rajin berlatih kemampuan menulis kita akan terus terasah sehingga kemudian bisa menghasilkan konten yang menarik dan berkualitas.
Konten yang menarik merupakan kunci utama yang dapat membuat pembaca datang kembali dan setia mengunjungi blog anda. Kalau jumlah pembaca blog anda sudah banyak anda bisa dilirik oleh beberapa perusahaan sebagai influencer yang bisa mewakili produk mereka. Keren khan?

3. Miliki nama blog yang mudah diingat.
  Sebagai orang yang hobi browsing, banyak sekali saya temui, nama-nama blog yang terkesan asal dibuat, cenderung alay dan susah diingat, padahal nama blog yang dipilih menunjukkan image dan karakter si penulis, terutama untuk personal blog. Nama yang paling mudah untuk digunakan sebagai nama domain biasanya adalah nama lengkap si penulis. Dan selain supaya lebih mudah diingat, lebih singkat dan lebih keren, anda bisa memilih domain berbayar sebagai nama blog anda.


Keuntungan Memiliki Blog Dengan Top Level Domain.

Bagi seorang blogger memiliki blog dengan TLD merupakan kebanggaan tersendiri karena terlihat lebih PROFESIONAL, blog kita akan LEBIH MUDAH DIINGAT sehingga bisa mendatangkan PENGUNJUNG yang LEBIH BANYAK setiap harinya. Selain itu yang lebih penting adalah blog dengan TLD cenderung mendatangkan lebih banyak pemasukan karena banyak tawaran pekerjaan untuk para blogger yang salah satu syaratnya adalah blog harus TLD.

Sebagai blogger pemula, keuntungan yang saya rasakan dari memiliki blog dengan Top Level Domain adalah saya dituntut secara positif untuk lebih fokus dalam menekuni dunia blogging. Sebagai ibu rumah tangga, saya ingin tetap produktif dengan bekerja dari rumah melalui kegiatan menulis. Untuk saya pribadi, menulis merupakan terapi sekaligus penyaluran hobi yang bermanfaat. Karena apabila digeluti dengan serius, kegiatan blogging ini bisa menghasilkan uang :). Memiliki hobi menulis dan kemudian dibayar. Wahh, siapa sih yang ga mau?

Banyak lho buktinya..temen-temen blogger yang jadi rajin menulis setiap hari dan kemudian mendapatkan job-job terutama setelah berganti domain dari domain gratisan ke domain berbayar.
Jadi buat anda yang masih mikir yes or no untuk beli domain pake nama sendiri, ga usah khawatir rugi karena si TLD ini bisa dihitung sebagai investasi bisnis yang bisa menghasilkan.


Pilih domain Dotcom atau Dotnet?

Nama domain berbayar yang cukup popular di kalangan masyarakat adalah domain dengan akhiran com atau net. Dotcom dan Dotnet dirasa lebih popular karena lebih familiar di kalangan masyarakat pengguna internet. Com itu sendiri merupakan singkatan dari Commercial yang memiliki arti komersil sedangkan untuk Dotnet, akhiran Net disini adalah singkatan dari Network atau jaringan. Dan untuk personal branding atau keperluan bisnis seperti online shop misalnya, biasanya domain dengan akhiran dotcom lebih banyak disukai.

Nah, untuk blogger yang ingin lebih mengoptimalkan blog yang sudah dimiliki,  yuk segera upgrade blog anda dengan brand anda sendiri, mumpung di dotcomforme lagi ada promo istimewa beli domain Dotcom cuma Rp 100ribu/tahun sudah TERMASUK GRATIS hosting sebesar 500MB lumayan banget khan. Trus untuk anda yang tertarik dengan dunia blog dan belum punya blog..jangan khawatir, Dotcomforme juga punya Hot promo yang menarik dengan harga terjangkau yaitu paket website blogging yang terdiri dari domain Dotcom favorit anda, hosting sebesar 500 mb, Wordpress installment dan juga unlimited email personal.com dengan harga terjangkau cuma Rp 150ribu aja. Yuk manfaatin KESEMPATAN ini and Lets Blogging !


#DotcomforBlogging

Baca juga : Cara daftar Top level domain Dotcom atau Dotnet dengan harga terjangkau.

Comments

  1. Aku juga newbie pake TLD dulu pilih dotcom karena tanya sana-sini katanya mending dotcom, dan karena emang masih cupu jadi ikut aja baiknya kata temen hihihi. Keuntungan pake TLD lebih bisa maksimalkan blog, jadi alhamdulillah suka ada tambahan :)

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. :)
Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman.

Popular posts

Resep kuah suki

Suki adalah salah satu menu makanan enak dan sehat yang bisa kita nikmati rame-rame bersama teman dan keluarga.

Menu makanan khas negara-negara di Asia timur ini dikenal sebagai salah satu makanan sehat karena, minim penggunaan minyak dan bebas lemak.

Cara memasak suki yaitu dengan cara merebus. Kita tinggal memilih beraneka ragam jenis Suki yang rata-rata terbuat dari berbagai macam seafood, seperti baso udang, baso kepiting, baso ikan dan sebagainya. Dan ada  juga sayuran nya berupa sawi hijau dan jamur untuk kemudian dimasukkan / direbus ke dalam panci/pan yang berisi kuah sup panas. Suki sangat nikmat apabila disajikan hangat, tinggal diberi cocolan saus Suki yang khas.

3 Toko Kue Ulang Tahun Di Bandung Yang Recommended

Hari ulang tahun adalah hari yang istimewa bagi setiap orang. Adakalanya kita menginginkan sesuatu yang istimewa seperti halnya kue ulang tahun.
Walaupun tidak dirayakan secara meriah,biasanya kehadiran kue ulang tahun bisa membawa kesan tersendiri bagi orang yang sedang berulang tahun. #SayItWithCakes 😘
Dan saya pun kerap membeli kue ulang tahun, khusus untuk orang-orang tersayang di tiga tempat berikut :



3 Toko Kue Ulang Tahun di Bandung, Yang Recommended Versi Saya :
1.Cizz Cheesecake &  Friends
Siapa sih yang ga kenal sama toko kue Cizz, toko yang khusus menyediakan kue berbahan dasar keju yaitucheese cake. Ya toko kue Cizz adalah toko kue favorit saya, yang sudah berdiri sejak tahun 2004, dan tetap bertahan hingga saat ini.
Toko berukuran mungil yang berada di jl.Laswi no 1A Bandung ini, memang sudah memiliki banyak pelanggan setia.Dan setiap berkunjung ke toko kue Cizz saya pasti memilih Fruity Cheese Cake untuk ibu saya. Perpaduan krim keju dan buah-buahannya terasa pas di lidah…

Arti kucing datang ke rumah (belajar tentang sebuah keikhlasan dari seekor kucing)

Disadari atau tidak, banyak sekali kejadian sepele yang terjadi di kehidupan kita sehari-hari. Dan hal tersebut ternyata memiliki arti banyak untuk kita, seperti halnya sebuah kejadian yang saya alami beberapa minggu yang lalu. Hingga kemudian saya pun belajar memaknai akan arti dari kedatangan seekor kucing ke rumah saya. 
Sore itu, ketika pulang ke rumah, saya mendapati seekor kucing yang sedang duduk di bawah pohon dekat pintu pagar. Seekor kucing hitam dengan warna putih di bagian dada serta ke empat bagian ujung kakinya. Pertama melihatnya, saya langsung memanggilnya dengan sebutan kucing kaos kaki yang kemudian saya singkat dengan sebutan Mengkoska ☺.

Beberapa lama kemudian,saya masih mendapati kucing tersebut duduk di bawah pohon. Posisi badannya kelihatan sedikit terkulai,saya pun menghampirinya dan memegangnya ternyata kaki belakang si kucing  lemas sehingga si kucing tidak bisa berjalan dengan normal. Melihat hal tersebut, saya jadi merasa kasihan dan membawanya masuk ke tera…

Mie Ayam Enak Di Bandung, Yang Mana Favoritmu ?

Selain mie bakso, salah satu makanan favorit yang digemari banyak orang adalah mie ayam. Mie ayam sedikit berbeda dibanding mie bakso. Yang membedakan adalah ukuran mie nya yang sedikit lebih besar, racikan minyak, sawi hijau serta taburan ayam suir yang sudah dibumbui dengan rasa manisnya yang khas. 
Biasanya mie ayam disajikan dengan pangsit goreng, namun ada kalanya mie ayam juga dinikmati dengan tambahan bakso. Penjual mie ayam di kota Bandung identik dengan pedagang keliling dengan gerobak dorongnya yang berwarna biru tua. Walaupun ada juga beberapa penjual mie ayam yang berjualan menetap di sebuah tempat.

Keseruan Acara Hokben Blogger Gathering Bdg Bersama Menu Hoka Suka

Irasshaimase .. Ya itu adalah sambutan istimewa bagi setiap customer yang datang ke store Hokben. Sebuah sapaan hangat yang memiliki arti Selamat Datang. 
Saya jadi inget masa kuliah dulu nih, pernah ngambil jurusan bahasa Jepang, punya impian pengen pergi ke Jepang dan beberapa hari yang lalu saya baru saja berkunjung ke sebuah restoran Jepang..lengkap deh haha 😁.

Belajar Berkuda dan Memanah di Muslimah Academy

Tak kenal maka tak tahu, seperti itulah yang saya rasakan, sebelumnyasaya tidak mengenal sama sekali seperti apa kegiatan berkuda dan seperti apa kegiatan memanah. 
Yang saya tahu berkuda identik dengan hobinya princess Syahrini haha atau sebatas mengantar anak-anak untuk naik kuda di hari minggu haha (baca : naik kuda beda bangetdengan berkuda). 
Kalo naik kuda, sebagai penumpang kita cenderung 'pasrah' dan hanya duduk manis di atas kuda karena si kuda dituntun oleh si mamang, tetapi melalui berkuda kita belajar untuk menjadi seorang leader (pemimpin) untukberani mengarahkan dan mengendalikan kuda supaya berjalan sesuai tujuan. 
Begitupun dengan memanah, yang saya tahu sebelumnya, memanah hanya dilakukan oleh para atlet ataupun identik dengan sebuah aktivitas bagian dari peperangan di jaman dahulu..hehe. 
Ternyata memanah merupakan salah satu kegiatan olahraga yang bisa dilakukan oleh siapa saja, termasuk wanita dan anak-anak. Di jaman sekarang kegiatan memanah sudah mulai famili…

RS Melinda Bandung, Rumah Sakit Nyaman Dengan Pelayanan Lengkap

Setelah sekian lama tak berkunjung ke rumah sakit. Siang itu saya datang berkunjung ke RS Melinda bersama empat orang teman. Namun di kunjungan kali ini, kita tidak datang untuk berobat ataupun untuk menjenguk orang lain. Kita datang untuk melakukan hospital tour (tour berkeliling rumah sakit Melinda1 dan Melinda 2) dengan tujuan untuk mengetahui layanan dan fasilitas apa saja yang tersedia di rumah sakit Melinda.