Restoran korea kekinian ala Chingu café

by - November 19, 2016

Di kota Bandung, ada sebuah restoran bertema Korea yang cukup happening dan digemari oleh kalangan anak muda penggemar K-pop dan drakor (drama Korea). Restoran tersebut bernama Chingu.

Chingu Korea Fan Café terletak tak jauh dari kawasan Dago tepatnya di Jalan Sawung Galing, sekitar 100 meter dari mal Baltos (Balubur Town Square) ke arah kampus Unisba (Universitas Islam Bandung).


Design interior di Chingu Cafe dipenuhi foto artis Korea yang ga saya kenal satu pun *maapkeun :p

Selamat Datang Di Chingu Cafe


Secara tak sengaja saya mampir ke Chingu cafe bersama suami. Ternyata sore itu cafe Chingu sedang dipadati oleh banyak pengunjung. Buktinya saya harus menunggu beberapa saat (masuk ke dalam daftar waiting list) sampai saya mendapatkan tempat duduk di dalam.

Sambil menunggu, ada beberapa hal menarik yang saya perhatikan disana. Seperti desain interiornya yang unik. Ada beberapa spot yang didesain mirip seperti di dalam kereta api cepat. Dan suasana ala Korea lainnya. Seperti halnya buku menu yang didesain ala Korea banget. Itu lho mata uangnya ditulis dengan mata uang Korea alias Won hehe. Unik dan kreatif juga ya. Jadi 1 won dikonversikan dengan 10 ribu rupiah.

Dan hiasan-hiasan lain yang mampu menarik perhatian anak muda. Seperti pohon kertas ini. Pohon dengan kertas warna-warni yang penuh dengan wishlist (daftar keinginan) dari para pengunjung yang datang ke Chingu cafe.

Pohon kertas penuh wishlist di pintu masuk Chingu cafe


Pilihan Menu di Chingu Cafe

Dari sekian banyak menu yang ada di Chingu cafe, akhirnya saya memesan makanan yang saya kenal dan cukup familiar yaitu Bibimbap dan Bulgogi. Ditambah dengan makanan penutup khas Korea yaitu Patbingsoo, serta kue pancake mini ala Korea yang (akhirnya) saya pesan sambil menunggu hujan reda.

Bibimbap (Korean Mixed rice)


Bibimbap alias nasi campur ala Korea

Menu Bibimbap yang ada di Chingu cafe terdiri dari nasi putih yang diberi berbagai macam topping seperti sayuran (wortel, toge dan sawi), daging cincang dan telur mata sapi goreng serta saus khas Korea yang ditaburi wijen.

Ada dua pilihan telur mata sapi yaitu telur mata sapi matang dan setengah matang. Dan saya baru tahu kalo cara makan bibimbap itu yaitu dengan mengaduk terlebih dahulu si telor setengah matang dengan nasi. Sehingga si telur pun akan berubah matang dengan sendirinya. Hmm. Tak heran mangkuk yang digunakan untuk menyajikan bibimbap adalah mangkuk panas (hot bowl). Rasa Bibimbap ini adalah gurih, manis dan agak pedas dengan bumbu khas Korea yang sudah diadaptasi terlebih dahulu ke lidah orang Indonesia.


Bulgogi (Korean Beef Barbeque)

Salah satu menu favorit saya di Chingu café adalah menu Beef Bulgogi. Menu nasi putih hangat yang disajikan dengan irisan tumis daging sapi dengan bawang bombai dan taburan wijennya yang khas.  Menurut saya daging sapi nya terasa sangat empuk di lidah. Bumbunya pun begitu meresap di setiap irisannya. Seporsi Beef Bulgogi ini sangat pas dinikmati sebagai menu makan siang. 
photo source : wikipedia.com


Patbingsoo (Classic Shaved Ice Dessert)

Sebagai penggemar dessert, saya langsung memesan salah satu menu dessert yang paling favorit di Chingu, yaitu Patbingsoo.

Patbingsoo terdiri dari beberapa jenis dan saya memesan Patbingsoo yang original

Patbingsoo ini merupakan menu pencuci mulut yang dikemas cantik dengan topping es krim di bagian tengah berbentuk mirip telur mata sapi. Ketika melihat gambar Patbingsoo di buku menu, banyak orang terkecoh dengan bentuknya yang menarik sehingga menyangka kalau itu adalah telur mata sapi betulan. Patbingsoo ini memiliki rasa manis dan segar secara terdiri dari campuran es krim, buah-buahan, jelly, nata de coco, kacang merah, susu, es batu dan sirup.
Es batu sengaja disusun di bagian mangkuk paling bawah sehingga susunan topping-topping jelly dan buah yang warna warni pun terlihat eye catchy dan instagramable banget. Desert Patbingsoo original ini cocok disantap di siang hari atau ketika cuaca sedang panas.

Pancake (Sweet Mini Pancake)


Pancake dengan vanilla ice cream | perpaduan antara cake yang hangat dan es krim yang lumer di mulut | yummy

Cuaca hujan dan suasana yang hangat di Chingu café membuat saya dan paksu seolah enggan untuk pulang, hingga kami pun memutuskan untuk memesan kembali makanan penutup berupa pancake. Waduhh, lapar atau doyan nih? hehe. Dan kami seolah lupa kalau di luar sepertinya masih ada beberapa pengunjung yang antri menunggu untuk bisa menikmati makanan khas Korea di Chingu cafe.
Dua piring kecil pancake pun menemani acara makan berdua bareng paksu di Chingu..rasanya pas banget deh suasana sore itu, kencan berdua diringi suara hujan gerimis sambil makan pancake es krim. Eciyee.


Kesan Setelah Berkunjung Ke Chingu Café


Oya Chingu Café ini terbagi menjadi dua area. Area depan disebut sebagai area Dongdaemun Street, sedangkan area belakang adalah Chagiya yaitu area dengan pilihan menu Suki  (Korean Suki & Barbeque)
Dan di Chingu Café ini terdapat juga tempat penyewaan baju tradisional Korea yaitu Hanbok, jadi pengunjung yang datang ke Chingu bisa berdandan ala Korea dengan menyewa Hanbok dan tentunya berfoto dong. Selfie atau wefie bareng teman. Say ‘Cheese’ atau..Say ‘Kimchii’ :) .  Khan lagi berasa di Korea.Haha.

Kayaknya saya bakalan datang lagi ke Chingu Cafe. Datang rame-rame bareng teman. Atau ngajak keponakan perempuan saya yang mulai doyan sama hal-hal yang berbau Korea.


FYI Chingu dalam bahasa Korea memiliki arti sebagai Teman dalam bahasa Indonesia. 
Well, tunggu aku datang lagi ya Chingu !


Chingu Korea Fan Café
Jam operasional : 10am – 10 pm
Alamat                 : Jl. Sawung Galing no 10, Bandung
Telepon               : (022) 423-9963
Twitter                 : @chinguID
Instagram            : @chingucafe
Line                     : @chingucafe


Salam,

You May Also Like

0 comments

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. :)
Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman.