Skip to main content

Restoran korea kekinian ala Chingu café

Di kota Bandung, ada sebuah restoran bertema Korea yang cukup happening dan digemari oleh kalangan anak muda penggemar K-pop dan drakor (drama Korea). Restoran tersebut bernama Chingu.
Chingu Korea Fan Café terletak tak jauh dari kawasan Dago tepatnya di Jalan Sawung Galing, sekitar 100 meter dari mal Baltos (Balubur Town Square) ke arah kampus Unisba (Universitas Islam Bandung).


Design interior di Chingu Cafe dipenuhi foto artis Korea yang ga saya kenal satu pun *maapkeun :p

Selamat Datang Di Chingu Cafe


Secara tak sengaja saya mampir ke Chingu cafe bersama suami. Ternyata sore itu cafe Chingu sedang dipadati oleh banyak pengunjung. Buktinya saya harus menunggu beberapa saat (masuk ke dalam daftar waiting list) sampai saya mendapatkan tempat duduk di dalam.

Sambil menunggu, ada beberapa hal menarik yang saya perhatikan disana. Seperti desain interiornya yang unik. Ada beberapa spot yang didesain mirip seperti di dalam kereta api cepat. Dan suasana ala Korea lainnya. Seperti halnya buku menu yang didesain ala Korea banget. Itu lho mata uangnya ditulis dengan mata uang Korea alias Won hehe. Unik dan kreatif juga ya. Jadi 1 won dikonversikan dengan 10 ribu rupiah.

Dan hiasan-hiasan lain yang mampu menarik perhatian anak muda. Seperti pohon kertas ini. Pohon dengan kertas warna-warni yang penuh dengan wishlist (daftar keinginan) dari para pengunjung yang datang ke Chingu cafe.

Pohon kertas penuh wishlist di pintu masuk Chingu cafe


Pilihan Menu di Chingu Cafe

Dari sekian banyak menu yang ada di Chingu cafe, akhirnya saya memesan makanan yang saya kenal dan cukup familiar yaitu Bibimbap dan Bulgogi. Ditambah dengan makanan penutup khas Korea yaitu Patbingsoo, serta kue pancake mini ala Korea yang (akhirnya) saya pesan sambil menunggu hujan reda.

Bibimbap (Korean Mixed rice)


Bibimbap alias nasi campur ala Korea

Menu Bibimbap yang ada di Chingu cafe terdiri dari nasi putih yang diberi berbagai macam topping seperti sayuran (wortel, toge dan sawi), daging cincang dan telur mata sapi goreng serta saus khas Korea yang ditaburi wijen.

Ada dua pilihan telur mata sapi yaitu telur mata sapi matang dan setengah matang. Dan saya baru tahu kalo cara makan bibimbap itu yaitu dengan mengaduk terlebih dahulu si telor setengah matang dengan nasi. Sehingga si telur pun akan berubah matang dengan sendirinya. Hmm. Tak heran mangkuk yang digunakan untuk menyajikan bibimbap adalah mangkuk panas (hot bowl). Rasa Bibimbap ini adalah gurih, manis dan agak pedas dengan bumbu khas Korea yang sudah diadaptasi terlebih dahulu ke lidah orang Indonesia.


Bulgogi (Korean Beef Barbeque)

Salah satu menu favorit saya di Chingu café adalah menu Beef Bulgogi. Menu nasi putih hangat yang disajikan dengan irisan tumis daging sapi dengan bawang bombai dan taburan wijennya yang khas.  Menurut saya daging sapi nya terasa sangat empuk di lidah. Bumbunya pun begitu meresap di setiap irisannya. Seporsi Beef Bulgogi ini sangat pas dinikmati sebagai menu makan siang. 
photo source : wikipedia.com


Patbingsoo (Classic Shaved Ice Dessert)

Sebagai penggemar dessert, saya langsung memesan salah satu menu dessert yang paling favorit di Chingu, yaitu Patbingsoo.

Patbingsoo terdiri dari beberapa jenis dan saya memesan Patbingsoo yang original

Patbingsoo ini merupakan menu pencuci mulut yang dikemas cantik dengan topping es krim di bagian tengah berbentuk mirip telur mata sapi. Ketika melihat gambar Patbingsoo di buku menu, banyak orang terkecoh dengan bentuknya yang menarik sehingga menyangka kalau itu adalah telur mata sapi betulan. Patbingsoo ini memiliki rasa manis dan segar secara terdiri dari campuran es krim, buah-buahan, jelly, nata de coco, kacang merah, susu, es batu dan sirup.
Es batu sengaja disusun di bagian mangkuk paling bawah sehingga susunan topping-topping jelly dan buah yang warna warni pun terlihat eye catchy dan instagramable banget. Desert Patbingsoo original ini cocok disantap di siang hari atau ketika cuaca sedang panas.

Pancake (Sweet Mini Pancake)


Pancake dengan vanilla ice cream | perpaduan antara cake yang hangat dan es krim yang lumer di mulut | yummy

Cuaca hujan dan suasana yang hangat di Chingu café membuat saya dan paksu seolah enggan untuk pulang, hingga kami pun memutuskan untuk memesan kembali makanan penutup berupa pancake. Waduhh, lapar atau doyan nih? hehe. Dan kami seolah lupa kalau di luar sepertinya masih ada beberapa pengunjung yang antri menunggu untuk bisa menikmati makanan khas Korea di Chingu cafe.
Dua piring kecil pancake pun menemani acara makan berdua bareng paksu di Chingu..rasanya pas banget deh suasana sore itu, kencan berdua diringi suara hujan gerimis sambil makan pancake es krim. Eciyee.


Kesan Setelah Berkunjung Ke Chingu Café


Oya Chingu Café ini terbagi menjadi dua area. Area depan disebut sebagai area Dongdaemun Street, sedangkan area belakang adalah Chagiya yaitu area dengan pilihan menu Suki  (Korean Suki & Barbeque)
Dan di Chingu Café ini terdapat juga tempat penyewaan baju tradisional Korea yaitu Hanbok, jadi pengunjung yang datang ke Chingu bisa berdandan ala Korea dengan menyewa Hanbok dan tentunya berfoto dong. Selfie atau wefie bareng teman. Say ‘Cheese’ atau..Say ‘Kimchii’ :) .  Khan lagi berasa di Korea.Haha.

Kayaknya saya bakalan datang lagi ke Chingu Cafe. Datang rame-rame bareng teman. Atau ngajak keponakan perempuan saya yang mulai doyan sama hal-hal yang berbau Korea.


FYI Chingu dalam bahasa Korea memiliki arti sebagai Teman dalam bahasa Indonesia. 
Well, tunggu aku datang lagi ya Chingu !


Chingu Korea Fan Café
Jam operasional : 10am – 10 pm
Alamat                 : Jl. Sawung Galing no 10, Bandung
Telepon               : (022) 423-9963
Twitter                 : @chinguID
Instagram            : @chingucafe
Line                     : @chingucafe


Salam,

Comments

Popular posts

Resep kuah suki

Suki adalah salah satu menu makanan enak dan sehat yang bisa kita nikmati rame-rame bersama teman dan keluarga.

Menu makanan khas negara-negara di Asia timur ini dikenal sebagai salah satu makanan sehat karena, minim penggunaan minyak dan bebas lemak.

Cara memasak suki yaitu dengan cara merebus. Kita tinggal memilih beraneka ragam jenis Suki yang rata-rata terbuat dari berbagai macam seafood, seperti baso udang, baso kepiting, baso ikan dan sebagainya. Dan ada  juga sayuran nya berupa sawi hijau dan jamur untuk kemudian dimasukkan / direbus ke dalam panci/pan yang berisi kuah sup panas. Suki sangat nikmat apabila disajikan hangat, tinggal diberi cocolan saus Suki yang khas.

3 Toko Kue Ulang Tahun Di Bandung Yang Recommended

Hari ulang tahun adalah hari yang istimewa bagi setiap orang. Adakalanya kita menginginkan sesuatu yang istimewa seperti halnya kue ulang tahun.
Walaupun tidak dirayakan secara meriah,biasanya kehadiran kue ulang tahun bisa membawa kesan tersendiri bagi orang yang sedang berulang tahun. #SayItWithCakes 😘
Dan saya pun kerap membeli kue ulang tahun, khusus untuk orang-orang tersayang di tiga tempat berikut :



3 Toko Kue Ulang Tahun di Bandung, Yang Recommended Versi Saya :
1.Cizz Cheesecake &  Friends
Siapa sih yang ga kenal sama toko kue Cizz, toko yang khusus menyediakan kue berbahan dasar keju yaitucheese cake. Ya toko kue Cizz adalah toko kue favorit saya, yang sudah berdiri sejak tahun 2004, dan tetap bertahan hingga saat ini.
Toko berukuran mungil yang berada di jl.Laswi no 1A Bandung ini, memang sudah memiliki banyak pelanggan setia.Dan setiap berkunjung ke toko kue Cizz saya pasti memilih Fruity Cheese Cake untuk ibu saya. Perpaduan krim keju dan buah-buahannya terasa pas di lidah…

Arti kucing datang ke rumah (belajar tentang sebuah keikhlasan dari seekor kucing)

Disadari atau tidak, banyak sekali kejadian sepele yang terjadi di kehidupan kita sehari-hari. Dan hal tersebut ternyata memiliki arti banyak untuk kita, seperti halnya sebuah kejadian yang saya alami beberapa minggu yang lalu. Hingga kemudian saya pun belajar memaknai akan arti dari kedatangan seekor kucing ke rumah saya. 
Sore itu, ketika pulang ke rumah, saya mendapati seekor kucing yang sedang duduk di bawah pohon dekat pintu pagar. Seekor kucing hitam dengan warna putih di bagian dada serta ke empat bagian ujung kakinya. Pertama melihatnya, saya langsung memanggilnya dengan sebutan kucing kaos kaki yang kemudian saya singkat dengan sebutan Mengkoska ☺.

Beberapa lama kemudian,saya masih mendapati kucing tersebut duduk di bawah pohon. Posisi badannya kelihatan sedikit terkulai,saya pun menghampirinya dan memegangnya ternyata kaki belakang si kucing  lemas sehingga si kucing tidak bisa berjalan dengan normal. Melihat hal tersebut, saya jadi merasa kasihan dan membawanya masuk ke tera…

Mie Ayam Enak Di Bandung, Yang Mana Favoritmu ?

Selain mie bakso, salah satu makanan favorit yang digemari banyak orang adalah mie ayam. Mie ayam sedikit berbeda dibanding mie bakso. Yang membedakan adalah ukuran mie nya yang sedikit lebih besar, racikan minyak, sawi hijau serta taburan ayam suir yang sudah dibumbui dengan rasa manisnya yang khas. 
Biasanya mie ayam disajikan dengan pangsit goreng, namun ada kalanya mie ayam juga dinikmati dengan tambahan bakso. Penjual mie ayam di kota Bandung identik dengan pedagang keliling dengan gerobak dorongnya yang berwarna biru tua. Walaupun ada juga beberapa penjual mie ayam yang berjualan menetap di sebuah tempat.

Keseruan Acara Hokben Blogger Gathering Bdg Bersama Menu Hoka Suka

Irasshaimase .. Ya itu adalah sambutan istimewa bagi setiap customer yang datang ke store Hokben. Sebuah sapaan hangat yang memiliki arti Selamat Datang. 
Saya jadi inget masa kuliah dulu nih, pernah ngambil jurusan bahasa Jepang, punya impian pengen pergi ke Jepang dan beberapa hari yang lalu saya baru saja berkunjung ke sebuah restoran Jepang..lengkap deh haha 😁.

Belajar Berkuda dan Memanah di Muslimah Academy

Tak kenal maka tak tahu, seperti itulah yang saya rasakan, sebelumnyasaya tidak mengenal sama sekali seperti apa kegiatan berkuda dan seperti apa kegiatan memanah. 
Yang saya tahu berkuda identik dengan hobinya princess Syahrini haha atau sebatas mengantar anak-anak untuk naik kuda di hari minggu haha (baca : naik kuda beda bangetdengan berkuda). 
Kalo naik kuda, sebagai penumpang kita cenderung 'pasrah' dan hanya duduk manis di atas kuda karena si kuda dituntun oleh si mamang, tetapi melalui berkuda kita belajar untuk menjadi seorang leader (pemimpin) untukberani mengarahkan dan mengendalikan kuda supaya berjalan sesuai tujuan. 
Begitupun dengan memanah, yang saya tahu sebelumnya, memanah hanya dilakukan oleh para atlet ataupun identik dengan sebuah aktivitas bagian dari peperangan di jaman dahulu..hehe. 
Ternyata memanah merupakan salah satu kegiatan olahraga yang bisa dilakukan oleh siapa saja, termasuk wanita dan anak-anak. Di jaman sekarang kegiatan memanah sudah mulai famili…

RS Melinda Bandung, Rumah Sakit Nyaman Dengan Pelayanan Lengkap

Setelah sekian lama tak berkunjung ke rumah sakit. Siang itu saya datang berkunjung ke RS Melinda bersama empat orang teman. Namun di kunjungan kali ini, kita tidak datang untuk berobat ataupun untuk menjenguk orang lain. Kita datang untuk melakukan hospital tour (tour berkeliling rumah sakit Melinda1 dan Melinda 2) dengan tujuan untuk mengetahui layanan dan fasilitas apa saja yang tersedia di rumah sakit Melinda.