Skip to main content

Sebesar Apa Efek Media Sosial Terhadap Kehidupanmu Sehari-hari?

Sebesar apa efek media sosial terhadap kehidupanmu sehari-hari? – Sebuah pertanyaan yang saya lontarkan untuk diri sendiri ketika akhir-akhir ini saya merasa ‘ketergantungan’ pada media sosial. Ketika saya tidak bisa lepas dari scrolling timeline media sosial, yang ternyata sanggup membuat waktu menguap dalam sekejap. Huaa.

Entahlah, ketika sedang luang ada satu ‘rutinitas’ yang saya lakukan secara refleks, yaitu tangan meraih handphone dan kemudian membuka media sosial. Padahal sebenarnya ada aktifitas lain yang lebih bermanfaat yang bisa saya kerjakan.

Dan saya sempat baca sebuah artikel, kalo hal yang yang saya lakukan tersebut menunjukkan bahwa saya adalah termasuk ke dalam kelompok orang yang suka menunda pekerjaan. Nah lho. Hayo ngaku. Haha.

Saat ini saya memiliki 4 akun media sosial, yaitu Facebook, Instagram, twitter dan Pinterest. Dan keempat akun media sosial tersebut tidak benar-benar aktif semuanya. Hanya akun Instagram pribadi saja yang lebih sering saya update. Dibanding Facebook dan Twitter yang hanya saya gunakan ketika ingin share link postingan blog terbaru atau ketika sedang mengikuti sebuah event yang mengharuskan saya melakukan live tweet. Dan akun pinterest yang saya gunakan ketika saya membutuhkan inspirasi berupa gambar atau quotes inspiratif.



Ya sebagai seorang blogger, media sosial mempunyai peran penting sebagai sarana untuk berbagi informasi yang merupakan bagian dari pekerjaan. Sebuah pekerjaan yang menyenangkan dan saya nikmati.


Cerdas Memilah Dan Memilih Informasi Dari Media Sosial


Kehadiran media sosial ini sebenarnya memiliki banyak manfaat. Selain sebagai sarana untuk bersosialisasi dan bersilaturahim, melalui media sosial kita bisa mendapatkan banyak informasi.

Namun dari sekian banyak informasi yang disampaikan melalui media sosial, sebagai netizen kita harus cerdas dan pintar dalam memilih dan menyerap informasi. Mana yang benar-benar kita butuhkan. mana yang bersifat hiburan. Dan mana yang hanya berupa berita ‘sampah’.

Dan saya merasa, saking banyaknya informasi yang berseliweran di timeline, kepala saya kadang seperti ‘overload’ kebanyakan informasi. Mungkin itu adalah salah satu pertanda kalo saya harus mulai diet dari media sosial.


Sejenak Diet Media Sosial


Tak ada salahnya kalo saya harus mulai mengurangi screen time saya untuk tidak selalu terkoneksi dengan media sosial. Jadi sebutan screen time tak hanya berlaku untuk anak kecil saja, tetapi sebagai orang dewasa kita juga harus belajar dispilin menerapkan screen time untuk diri kita sendiri.

Berikut ini jadwal no screen time yang mulai saya terapkan untuk diri sendiri, sebagai bagian dari proses diet media sosial :

  1. Stop buka handphone minimal satu jam sebelum waktu tidur. Dan yang paling jitu adalah dengan mematikan handphone, sehingga tak ada istilah masih membuka-buka handphone di tempat tidur (menjelang tidur) apalagi kalo sampai ketiduran sambil pegang handphone.
  2. Ketika bangun tidur di pagi hari, saya menghindari langsung membuka handphone. Karena sepertinya sudah menjadi ritual bagi kebanyakan orang. Kalo setiap bangun tidur benda yang paling dicari adalah handphone. Saya mengusahakan untuk fokus pada aktifitas utama saya sebagai ibu rumah tangga yaitu mengerjakan pekerjaan rumah. Kalo udah beres barulah boleh pegang handphone. Karena jujur saya pribadi, kalo udah buka handphone apalagi medsos suka jadi lupa waktu nih.
  3. Ketika sedang bekerja di rumah, saya meletakkan handphone di tempat yang ga mudah dijangkau. Sehingga kita tidak terdistraksi oleh gangguan dari notifikasi handphone seperti whatsapp misalnya.

Doakan semoga saya bisa disiplin menjalankan program diet media sosial ini. Karena walaupun saya membutuhkan media social, ada yang lebih penting dari bersosialisasi lewat media internet yaitu bertatap muka, bertemu dan berinteraksi secara langsung dengan orang-orang yang ada di sekeliling kita yaitu anggota keluarga di rumah, sanak saudara dan juga teman-teman serta sahabat.



 



Comments

Popular posts

Resep kuah suki

Suki adalah salah satu menu makanan enak dan sehat yang bisa kita nikmati rame-rame bersama teman dan keluarga.

Menu makanan khas negara-negara di Asia timur ini dikenal sebagai salah satu makanan sehat karena, minim penggunaan minyak dan bebas lemak.

Cara memasak suki yaitu dengan cara merebus. Kita tinggal memilih beraneka ragam jenis Suki yang rata-rata terbuat dari berbagai macam seafood, seperti baso udang, baso kepiting, baso ikan dan sebagainya. Dan ada  juga sayuran nya berupa sawi hijau dan jamur untuk kemudian dimasukkan / direbus ke dalam panci/pan yang berisi kuah sup panas. Suki sangat nikmat apabila disajikan hangat, tinggal diberi cocolan saus Suki yang khas.

3 Toko Kue Ulang Tahun Di Bandung Yang Recommended

Hari ulang tahun adalah hari yang istimewa bagi setiap orang. Adakalanya kita menginginkan sesuatu yang istimewa seperti halnya kue ulang tahun.
Walaupun tidak dirayakan secara meriah,biasanya kehadiran kue ulang tahun bisa membawa kesan tersendiri bagi orang yang sedang berulang tahun. #SayItWithCakes 😘
Dan saya pun kerap membeli kue ulang tahun, khusus untuk orang-orang tersayang di tiga tempat berikut :



3 Toko Kue Ulang Tahun di Bandung, Yang Recommended Versi Saya :
1.Cizz Cheesecake &  Friends
Siapa sih yang ga kenal sama toko kue Cizz, toko yang khusus menyediakan kue berbahan dasar keju yaitucheese cake. Ya toko kue Cizz adalah toko kue favorit saya, yang sudah berdiri sejak tahun 2004, dan tetap bertahan hingga saat ini.
Toko berukuran mungil yang berada di jl.Laswi no 1A Bandung ini, memang sudah memiliki banyak pelanggan setia.Dan setiap berkunjung ke toko kue Cizz saya pasti memilih Fruity Cheese Cake untuk ibu saya. Perpaduan krim keju dan buah-buahannya terasa pas di lidah…

Arti kucing datang ke rumah (belajar tentang sebuah keikhlasan dari seekor kucing)

Disadari atau tidak, banyak sekali kejadian sepele yang terjadi di kehidupan kita sehari-hari. Dan hal tersebut ternyata memiliki arti banyak untuk kita, seperti halnya sebuah kejadian yang saya alami beberapa minggu yang lalu. Hingga kemudian saya pun belajar memaknai akan arti dari kedatangan seekor kucing ke rumah saya. 
Sore itu, ketika pulang ke rumah, saya mendapati seekor kucing yang sedang duduk di bawah pohon dekat pintu pagar. Seekor kucing hitam dengan warna putih di bagian dada serta ke empat bagian ujung kakinya. Pertama melihatnya, saya langsung memanggilnya dengan sebutan kucing kaos kaki yang kemudian saya singkat dengan sebutan Mengkoska ☺.

Beberapa lama kemudian,saya masih mendapati kucing tersebut duduk di bawah pohon. Posisi badannya kelihatan sedikit terkulai,saya pun menghampirinya dan memegangnya ternyata kaki belakang si kucing  lemas sehingga si kucing tidak bisa berjalan dengan normal. Melihat hal tersebut, saya jadi merasa kasihan dan membawanya masuk ke tera…

Mie Ayam Enak Di Bandung, Yang Mana Favoritmu ?

Selain mie bakso, salah satu makanan favorit yang digemari banyak orang adalah mie ayam. Mie ayam sedikit berbeda dibanding mie bakso. Yang membedakan adalah ukuran mie nya yang sedikit lebih besar, racikan minyak, sawi hijau serta taburan ayam suir yang sudah dibumbui dengan rasa manisnya yang khas. 
Biasanya mie ayam disajikan dengan pangsit goreng, namun ada kalanya mie ayam juga dinikmati dengan tambahan bakso. Penjual mie ayam di kota Bandung identik dengan pedagang keliling dengan gerobak dorongnya yang berwarna biru tua. Walaupun ada juga beberapa penjual mie ayam yang berjualan menetap di sebuah tempat.

Keseruan Acara Hokben Blogger Gathering Bdg Bersama Menu Hoka Suka

Irasshaimase .. Ya itu adalah sambutan istimewa bagi setiap customer yang datang ke store Hokben. Sebuah sapaan hangat yang memiliki arti Selamat Datang. 
Saya jadi inget masa kuliah dulu nih, pernah ngambil jurusan bahasa Jepang, punya impian pengen pergi ke Jepang dan beberapa hari yang lalu saya baru saja berkunjung ke sebuah restoran Jepang..lengkap deh haha 😁.

Belajar Berkuda dan Memanah di Muslimah Academy

Tak kenal maka tak tahu, seperti itulah yang saya rasakan, sebelumnyasaya tidak mengenal sama sekali seperti apa kegiatan berkuda dan seperti apa kegiatan memanah. 
Yang saya tahu berkuda identik dengan hobinya princess Syahrini haha atau sebatas mengantar anak-anak untuk naik kuda di hari minggu haha (baca : naik kuda beda bangetdengan berkuda). 
Kalo naik kuda, sebagai penumpang kita cenderung 'pasrah' dan hanya duduk manis di atas kuda karena si kuda dituntun oleh si mamang, tetapi melalui berkuda kita belajar untuk menjadi seorang leader (pemimpin) untukberani mengarahkan dan mengendalikan kuda supaya berjalan sesuai tujuan. 
Begitupun dengan memanah, yang saya tahu sebelumnya, memanah hanya dilakukan oleh para atlet ataupun identik dengan sebuah aktivitas bagian dari peperangan di jaman dahulu..hehe. 
Ternyata memanah merupakan salah satu kegiatan olahraga yang bisa dilakukan oleh siapa saja, termasuk wanita dan anak-anak. Di jaman sekarang kegiatan memanah sudah mulai famili…

RS Melinda Bandung, Rumah Sakit Nyaman Dengan Pelayanan Lengkap

Setelah sekian lama tak berkunjung ke rumah sakit. Siang itu saya datang berkunjung ke RS Melinda bersama empat orang teman. Namun di kunjungan kali ini, kita tidak datang untuk berobat ataupun untuk menjenguk orang lain. Kita datang untuk melakukan hospital tour (tour berkeliling rumah sakit Melinda1 dan Melinda 2) dengan tujuan untuk mengetahui layanan dan fasilitas apa saja yang tersedia di rumah sakit Melinda.