Monday, November 26, 2018

Sebesar Apa Efek Media Sosial Terhadap Kehidupanmu Sehari-hari?


Sebesar apa efek media sosial terhadap kehidupanmu sehari-hari? – Sebuah pertanyaan yang saya lontarkan untuk diri sendiri ketika akhir-akhir ini saya merasa ‘ketergantungan’ pada media sosial. Ketika saya tidak bisa lepas dari scrolling timeline media sosial, yang ternyata sanggup membuat waktu menguap dalam sekejap. Huaa.

Entahlah, ketika sedang luang ada satu ‘rutinitas’ yang saya lakukan secara refleks, yaitu tangan meraih handphone dan kemudian membuka media sosial. Padahal sebenarnya ada aktifitas lain yang lebih bermanfaat yang bisa saya kerjakan.

Dan saya sempat baca sebuah artikel, kalo hal yang yang saya lakukan tersebut menunjukkan bahwa saya adalah termasuk ke dalam kelompok orang yang suka menunda pekerjaan. Nah lho. Hayo ngaku. Haha.

Saat ini saya memiliki 4 akun media sosial, yaitu Facebook, Instagram, twitter dan Pinterest. Dan keempat akun media sosial tersebut tidak benar-benar aktif semuanya. Hanya akun Instagram pribadi saja yang lebih sering saya update. Dibanding Facebook dan Twitter yang hanya saya gunakan ketika ingin share link postingan blog terbaru atau ketika sedang mengikuti sebuah event yang mengharuskan saya melakukan live tweet. Dan akun pinterest yang saya gunakan ketika saya membutuhkan inspirasi berupa gambar atau quotes inspiratif.



Ya sebagai seorang blogger, media sosial mempunyai peran penting sebagai sarana untuk berbagi informasi yang merupakan bagian dari pekerjaan. Sebuah pekerjaan yang menyenangkan dan saya nikmati.


Cerdas Memilah Dan Memilih Informasi Dari Media Sosial


Kehadiran media sosial ini sebenarnya memiliki banyak manfaat. Selain sebagai sarana untuk bersosialisasi dan bersilaturahim, melalui media sosial kita bisa mendapatkan banyak informasi.

Namun dari sekian banyak informasi yang disampaikan melalui media sosial, sebagai netizen kita harus cerdas dan pintar dalam memilih dan menyerap informasi. Mana yang benar-benar kita butuhkan. mana yang bersifat hiburan. Dan mana yang hanya berupa berita ‘sampah’.

Dan saya merasa, saking banyaknya informasi yang berseliweran di timeline, kepala saya kadang seperti ‘overload’ kebanyakan informasi. Mungkin itu adalah salah satu pertanda kalo saya harus mulai diet dari media sosial.


Sejenak Diet Media Sosial


Tak ada salahnya kalo saya harus mulai mengurangi screen time saya untuk tidak selalu terkoneksi dengan media sosial. Jadi sebutan screen time tak hanya berlaku untuk anak kecil saja, tetapi sebagai orang dewasa kita juga harus belajar dispilin menerapkan screen time untuk diri kita sendiri.

Berikut ini jadwal no screen time yang mulai saya terapkan untuk diri sendiri, sebagai bagian dari proses diet media sosial :

  1. Stop buka handphone minimal satu jam sebelum waktu tidur. Dan yang paling jitu adalah dengan mematikan handphone, sehingga tak ada istilah masih membuka-buka handphone di tempat tidur (menjelang tidur) apalagi kalo sampai ketiduran sambil pegang handphone.
  2. Ketika bangun tidur di pagi hari, saya menghindari langsung membuka handphone. Karena sepertinya sudah menjadi ritual bagi kebanyakan orang. Kalo setiap bangun tidur benda yang paling dicari adalah handphone. Saya mengusahakan untuk fokus pada aktifitas utama saya sebagai ibu rumah tangga yaitu mengerjakan pekerjaan rumah. Kalo udah beres barulah boleh pegang handphone. Karena jujur saya pribadi, kalo udah buka handphone apalagi medsos suka jadi lupa waktu nih.
  3. Ketika sedang bekerja di rumah, saya meletakkan handphone di tempat yang ga mudah dijangkau. Sehingga kita tidak terdistraksi oleh gangguan dari notifikasi handphone seperti whatsapp misalnya.

Doakan semoga saya bisa disiplin menjalankan program diet media sosial ini. Karena walaupun saya membutuhkan media social, ada yang lebih penting dari bersosialisasi lewat media internet yaitu bertatap muka, bertemu dan berinteraksi secara langsung dengan orang-orang yang ada di sekeliling kita yaitu anggota keluarga di rumah, sanak saudara dan juga teman-teman serta sahabat.

#bloggerperempuan
#day5

#bpn30daychallenge2018


 



Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. :)
Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman.

Follow @sarrahgita On Instagram

© sarrah gita's blog. Made with love by The Dutch Lady Designs.