Investasi Reksadana Saham Optimal di DBS Treasures

investasi reksadana saham

Reksadana merupakan wadah mengumpulkan dana dari masyarakat atau investor yang nantinya akan diinvestasikan manajer investasi menjadi portofolio ke berbagai instrumen investasi. 

Investasi reksadana saham dipilih banyak investor karena memiliki potensi keuntungan yang cukup tinggi. Nantinya, reksadana ini juga akan dikelola oleh manajer investasi yang terdiri dari komite investasi serta pengelolaan investasi.

Reksadana saham sendiri merupakan salah satu instrumen investasi dengan risiko tinggi dibandingkan jenis reksadana lainnya seperti pasar uang atau pendapatan tetap

Jenis reksadana ini sendiri melakukan investasi dengan minimal 80% dari nilai aktiva bersih berbentuk efek yang bersifat ekuitas. 

Secara umum, reksadana saham dengan investasi saham menganut prinsip yang sama yaitu high risk dan high return

Meski begitu, risiko investasi reksadana saham dinilai lebih rendah dibandingkan saham.


Langkah Investasi Reksadana Saham Terbaik

Meskipun sama-sama diinvestasikan di pasar saham, namun ada beberapa perbedaan antara investasi reksadana saham dengan investasi saham secara langsung. 

Pada reksadana saham, investasi dikelola oleh manajer investasi, sedangkan investasi saham dikelola oleh investornya sendiri. 

Bisa dikatakan bahwa investasi reksadana saham terbaik dibandingkan reksadana lainnya bagi investor dengan profil risiko agresif, meski risikonya tinggi namun potensi keuntungan yang didapatkan juga lumayan besar.

Diketahui reksadana saham masih mencatatkan hasil atau kinerja positif di tahun 2021 seiring menurunnya kasus penambahan harian kasus covid-19 di Indonesia. Reksadana ini juga dinilai ideal bagi investor dengan profil investasi berjangka panjang lebih dari 5 tahun. 

Jangan lupa, Anda juga bisa melakukan diversifikasi kepada jenis lain seperti pasar uang atau pendapatan tetap guna menjaga likuiditas.

Secara umum, kelebihan reksadana saham yaitu menjadi investasi reksadana yang paling optimal dalam potensi keuntungan dibandingkan dengan reksadana lainnya. 

Rata-rata return yang didapatkan mencapai 20% dalam setahun yang artinya dalam 5 tahun bisa mendapatkan return sebesar 100%, dengan catatan kinerja portofolio dan kondisi pasar mendukung.


Mengenal Return and Risk Reksadana Saham dan Tipsnya

Return and risk atau keuntungan dan risiko merupakan dua hal yang saling berhubungan dalam investasi reksadana saham. 

Dengan memahami keuntungan dan risiko, maka Anda akan mendapatkan hasil yang maksimal dari investasi reksadana saham. 

Pasalnya sebagai investor, Anda tidak boleh melihat satu sisi saja, tetapi harus mempertimbangkan secara menyeluruh antara return and risk agar tidak salah kaprah dan bisa investasi dengan optimal.

Seperti yang diketahui sebelumnya, selain memberikan keuntungan besar, Reksadana saham juga memiliki risiko yang tinggi karena dipengaruhi oleh saham dan fluktuasi tidak bisa diprediksi dengan mudah. Angka kerugian maupun keuntungannya bisa naik turun dengan tajam kapanpun.

Meski begitu, bukan berarti risiko merupakan penghalang untuk melakukan investasi reksadana saham, karena Anda bisa menyiasatinya dengan membuat strategi perencanaan keuangan yang baik

Selain itu, Anda juga bisa mereview kinerja reksadana saham dengan tepat agar tidak tergiur dengan laporan yang dipublikasikan media massa terkait hasil menggiurkan.

Untuk meminimalisir risiko yang didapatkan, reksadana saham juga bisa diversifikasi penyebaran uang investor ke berbagai instrumen investasi agar tidak semuanya anjlok atau turun secara bersamaan dan masih meminimalisir kerugian. 

Dalam hal ini, misalnya reksadana saham berarti tidak terfokus pada satu saham saja, tetapi membagi dananya untuk beberapa saham lainnya.


Investasi Reksadana di DBS Treasures Saja!

Reksadana saham sendiri merupakan investasi pada reksadana yang sebagian besar portofolionya untuk saham perusahaan yang ada di bursa saham.

Dalam melakukan investasi reksadana dan saham, Anda bisa memilih DBS Treasures sebagai priority banking yang tepat. 

investasi reksadana saham
sumber : @dbsbankid

Tentunya ada banyak manfaat atau keuntungan yang bisa didapatkan dari investasi Reksadana saham di DBS Treasures yaitu:

1. Pengelolaan Dana Investasi Dilakukan Profesional

Seperti yang diketahui sebelumnya bahwa Reksadana saham akan dikelola oleh manajer investasi, oleh sebab itu, Anda harus memilih manajer investasi yang profesional. 

Pasalnya semua pilihan investasi di DBS Treasures bermitra dengan manajer investasi terkemuka yang mengelola dan mengoptimalkan kinerja produk Anda.

Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir karena segala risiko sudah diperhitungkan oleh manajer investasi.

2. Mendapatkan Wawasan Investasi

Selain berkesempatan dapat keuntungan investasi yang optimal, Anda juga akan mendapatkan wawasan dalam memandu berinvestasi. 

DBS Treasures didukung oleh tim ahli finansial yang proaktif dalam menganalisis dan mengkomunikasikan risiko, kinerja, serta potensi perkembangan peluang terupdate atau terbaru yang telah dipersonalisasi untuk setiap nasabah, sehingga para nasabah dapat yakin berinvestasi di saat yang tepat. 

Wawasan akan investasi ini juga tentunya menjadi sesuatu yang berharga dan sayang untuk dilewatkan.

3. Melakukan Diversifikasi

Anda tak perlu khawatir lagi dengan risiko yang mungkin terjadi, karena reksadana saham menawarkan diversifikasi penyebaran dana ke berbagai jenis aset untuk mengurangi risiko. 

Hal ini juga nantinya akan diperhitungkan oleh manajer investasi, Anda tak perlu khawatir karena mereka pasti akan mengoptimalkan pengelolaannya.

4. Likuiditas Harian

Bagi pemegang reksadana bisa menjual kepemilikan sesuai harga nilai aktiva bersih di hari yang sama, ini disebut dengan likuiditas harian.

5. Aman

Tak sedikit orang yang belum memulai investasi karena takut tertipu atau mengalami kerugian yang besar. Anda tak perlu khawatir untuk menjalankan investasi reksadana. 

Hal ini dikarenakan Otoritas Jasa Keuangan yang mengurusi segala permasalahan finansial atau keuangan sudah memberikan pengawasan kepada investasi ini.

6. Transparan

Dalam investasi reksadana, maka semua Reksadana wajib melaporkan informasi kepada investor agar bersifat transparan dan memudahkan investor dalam membuat perbandingan.

Itulah beberapa hal mengenai langkah investasi reksadana saham terbaik yang bisa Anda ketahui. Mari mulai investasi sekarang juga bersama priority banking DBS Treasures dan rasakan manfaatnya!

24 Comments

  1. reksadana memang alat investasi yang cukup mudah yang bisa kita coba pertama kali ga sih mbak sarrah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mba Shafira investasi melalui reksadana memang relatif mudah. Tapi sebelum berinvestasi kita harus tahu dulu apa tujuan kita karena investasi reksadana memiliki beberapa jenis seperti reksadana pasar uang, reksadana pendapatan tetap,reksadana campuran dan reksadana saham.

      Delete
  2. priority banking DBS Treasures aman karena sudah diawasi OJK ya, bisa nih invest ke sini biar banyak sumber cuan :)

    ReplyDelete
  3. Bener banget kak. Reksa dana saham emang yang paling tinggi risikonya, selain investasi saham sendiri. Tapi bagi aku lumayan menantang krn peluang imbal hasilnya juga lebih tinggi dibandingkan reksa dana lainnya. Buat diversifikasi sih ok banget. Apalagi reksa dana ini cocok utk jangka panjang. Minimal 3-5 tahun lah. Cocok juga buat dana pendidikan anak yg kenaikannya selalu tiap tahun tuh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju kak Didik, saya juga baru ngeh kalo tuk dana pendidikan anak kita bisa manfaatkan berinvestasi di reksadana saham. Secara biaya pendidikan harganya luar biasa.

      Delete
  4. Dulu saya jg kepikiran kalau mau coba main saham resikonya tapi setelah dpt pencerahan kakak, toh org makan saja beresiko mati kalau makanannya kesedak. Skrg jadi makin tertarik belajar saham setelah baca artikel ini 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang belajar saham memang lagi trend ya kak. Dan ternyata investasi saham sama reksadana saham adalah dua hal yang berbeda. Di mana pada reksadana saham, investasi dikelola oleh manajer investasi, sedangkan investasi saham dikelola oleh investornya sendiri.

      Delete
  5. Teh Gita cukup paham soal reksadana saham nih kayanya, aku masih blank. tapi pengen banget mulai investasi, memikirkan usia dan masa depan anak-anak ( berat gini ya, wkwkwkwk ). But its true. makanya semua jenis investasi aku pelajari nih, investasi deposito, saham, reksadana dan crypto. aku tertarik nih dengan rekasadana, high risk high return kayanya udah jadi sifat investasi sih ya teh

    ReplyDelete
  6. Terus terang aku belum terlalu mendalami reksadana saham. Tapi baca ini jadi semakin paham. Apalagi bis melalui DBS dengan berbagai keunggulan nya

    ReplyDelete
  7. Informasi yang menarik :)

    Berinvestasi itu memang bagus ya mbak, tapi seperti kata mbak, pastinya ada return and risk, dimana keuntungan dan risiko merupakan dua hal yang saling berhubungan. Jadi penting untuk paham dulu semua hal dalam investasi reksadana saham, jangan hanya melihat dari sisi keuntungan sebagai keunggulan saja.

    ReplyDelete
  8. Aku juga pilih reksadana saham krn tujuan reksadana untuk invest jangka panjang :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali mba NIta, investasi di reksadana saham memang cocok untuk invest jangka panjang di atas 10 tahun :)

      Delete
  9. Entah mengapa kalau ngbrolin saham dan investasi otakku mendadak lemot. Berulang kali baca tulisan ini sepertinya memang memudahkan. Tapi tetap masih belum paham seutuhnya 😂

    ReplyDelete
  10. Akhir akhir ini investasi Reksadana emang lagi happening ya mbak
    Aku juga mulai tertarik sih, cuma mw belajar belajar dulu

    ReplyDelete
  11. Jadi, saya termasuk orang yang masih awam dengan dunia investasi berupa saham. Ada keinginan untuk mendalami, karena bagaimanapun investasi merupakan strategi finansial yang baik untuk masa depan.

    Cuma ya itu, dari istilah-istilahnya saja, udah gak mudeng duluan, wkwkw.. tapi begitu mendengar dan membaca artikel yang menyebut istilah "reksadana", saya jadi punya ketertarikan lagi untuk bisa lebih tahu.

    Sederhana sih, istilahnya keren! :) Artikel ini saya bookmark sebagai bahan bacaan tambahan ilmu saya tentang saham ya, kak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan kang Dirman..terima kasih udah mampir ke blog saya. Btw walaupun sama-sama ada kata sahamnya, seperti yang sudah diulas di tulisan diatas, investasi saham dan investasi di reksadana saham merupakan dua hal yang berbeda :)

      Delete
  12. Boleh nih dicoba investasi di reksadana. Blm nyobain soalnya. Untuk sementara baru nyoba invest di deposito sama saham.

    ReplyDelete
  13. aku tipe orang yang masih takut investasi saham karena belum bisa paham fundamental perusahaan. Jadi pilihan investasiku juga reksadana dan nabung emas.

    ReplyDelete
  14. Sekarang ini banyak sekali jenis investasi, hanya saja harus perlu dipelajari lebih lanjut agar nantinya tidak salah memilih investasi. Selain itu maraknya investasi di masyarakat, bisa memancing masyarakat untuk berbondong-bondong investasi tapi melalui investasi yang tak jelas, asal ada return uang yg besar, banyak sekali orang yang kepincut akan investasi ini. Padahal biasanya skema seperti ini merupakaan skema ponzi yang mana pada akhirnya, uang akan dibawa kabur juga.

    Oleh sebab itu, dengan adanya DBS semacam ini bisa menjadi solusi tepat untuk investasi yang aman. Dan, reksadana bisa menjadi pilihan. Meskipun ada pula investasi lain yang cukup menguntungkan, semisal investasi tanah, emas, property, saham, kertas berharga non uang macam obligasi juga bisa.

    ReplyDelete
  15. Investasi Reksadana saham ini seringkali disampaikan para praktisi keuangan kalau dana yg kita miliki sudah aman untuk biaya hidup dan saving. Pengen nyoba Reksadana nih, lumayan kan buat tabungan sekolah anak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali kak Sari, untuk investasi sebaiknya dilakukan kalo kebutuhan utama sudah terpenuhi. Urutannya biaya hidup, saving alias dana darurat baru kemudian investasi.

      Delete
  16. Masih di awal tahun 2022 nih kesempatan besar buat berinvestasi.
    Masa depan jadi cemerlang karena finansial yang terjaga dengan baik

    ReplyDelete
  17. Zaman sekarang kalau ada uang lebih memang lebih baik diinvestasikan ya mbak. Kalau cuma disimoan bisa kena inflasi nantinya.

    ReplyDelete
  18. Investasi reksadana saham memang risikonya tinggi, tapi untungnya juga gak tanggung-tanggung. Kalau kita tepat sasaran, bakalan untung berlipat-lipat.

    Perlu belajar dari nol nih saya, karena masih awam seputar investasi begini.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya :)
Untuk menghindari Spam yang masuk, komentarnya saya moderasi dulu ya. .